Friday 7 November 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Kerja Sama Membangun Teks Cerita Pendek. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Kerja Sama Membangun Teks Cerita Pendek

Cerpen merupakan rangkaian peristiwa yang terjalin menjadi satu yang di dalamnya terjadi konflik antartokoh atau dalam tokoh itu sendiri dalam latar dan alur. Peristiwa dalam cerita berwujud hubungan antartokoh, tempat, dan waktu yang membentuk satu kesatuan. Peristiwa dalam cerpen ini bersifat imajinasi sebab peristiwa dideskripsikan dengan kata sebagai perasaan imajinasi pengarang terhadap sesuatu yang dibayangkannya. Rangkaian peristiwa itulah yang kemudian membentuk genre cerpen sehingga baik-buruknya suatu cerpen ditentukan pada penggambaran peristiwa yang dilukiskan oleh pengarangnya.

Pada kegiatan ini kamu  diajak untuk membangun sebuah peristiwa berdasarkan imajinasi kamu . Peristiwa itu dapat kamu  tuangkan ke dalam tokoh dengan latar dan alur yang kamu  ciptakan. Dengan merekonstruksi nilai-nilai dan tujuan sosial yang menerapkan kebahasaan yang lazim digunakan serta mengikuti tahapan struktur teks yang telah ditetapkan, kamu  diharapkan secara bersama bisa membangun sebuah cerita pendek.
Kerja Sama Membangun Teks Cerita Pendek

Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola, yaitu peristiwa monologis yang merupakan penggambaran keadaan dan kedirian yang bersifat tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya adalah dialogis, yang merupakan penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu keadaan tempat dan waktu tertentu. Baik peristiwa monologis maupun dialogis selalu ada dalam sebuah cerpen.


Sumber : Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Maryanto dkk



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.