Wednesday 30 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "ketahanan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "ketahanan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "ketahanan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "ketahanan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "ketahanan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "ketahanan"

  1. a. Mendeskripsikan ketahanan pangan lokal di Maluku.
  2. Dengan program ini ketahanan pangan masyarakat diharapkan terjaga.
  3. Sedangkan BKP itu lebih mengutamankan ketahanan pangan berbasis lokal"
  4. Presiden SBY mencontohkan adanya ketahanan pangan di Indonesia saat ini.
  5. Keanekaragaman pangan pada dasarnya merupakan fondasi dari ketahanan pangan.
  6. Dalam mewujudkan ketahanan pangan dan mengurangi ketergantungan terhadap beras.
  7. 2. Pengembangan dan pemantapan ketahanan pangan masyarakat, daerah, dan nasional;
  8. 1. Peningkatan kualitas pengkajian dan perumusan kebijakan pembangunan ketahanan pangan;
  9. Politik Pangan di Maluku studi kasus kebijakan tentang ketahanan pangan lokal di Maluku.
  10. Pada masa orde baru pemerintah menganut paradigma kebijakan pangan yakni ketahanan pangan.
  11. Semen portland yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang.
  12. Program pembangunan ketahanan pangan yang dilaksanakan melalui Badan Ketahanan Pangan bertujuan:
  13. 5. Tipe V, Semen portland yang dalam penggunaaimya memerlukan ketahanan yang tinggi terhadap sulfat.
  14. Daerah Maluku memiliki potensi pangan lokal yang bisa dikembangkan untuk menciptakan ketahanan pangan.
  15. Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup dan setiap waktu merupakan dimensi pertama ketahanan pangan.
  16. Dalam pelaksanaan kebijakan ketahanan pangan lokal BKP mengalami hambatan yang akan diuraikan lebih lanjut
  17. Tetapi diam-diam ia kagum atas ketahanan napas anak perempuan yang dapat meniup seruling sampai begitu lama.
  18. Intinya sistem dan seluruh kelembagaan dalam masyarakat harus memiliki visi untuk mencapai ketahanan pangan.
  19. Dengan perkiraan penerimaan dan pengeluaran tersebut, maka ketahanan fiskal diperkirakan akan tetap terjaga.
  20. Pertanian, untuk meningkatkan sarana dan prasarana pertanian guna mendukung ketahanan pangan dan agribisnis;
  21. Ketersediaan beras di gudang Bulog kerap di jadikan basis ketahanan pangan di level propinsi maupun kabupaten.
  22. Dalam pelaksanaannya BKP memiliki faktor pendukung dalam menciptakan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku.
  23. Keseriusan pemerintah dalam meningkatkan ketahanan dan kemandirian bangsa juga patut untuk selalau diperhatikan.
  24. Masalah ketahanan pangan tidak dapat dipisahkan dari berbagai masalah-masalah besar dalam skala nasional lainnya.
  25. 2. Tipe II, semen portland yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang.
  26. Sehingga sasaran makro BKP Maluku yang hendak dicapai dalam pemantapan ketahanan pangan Tahun 2010-2014, meliputi: 
  27. Saat pelaksanaannya BKP miliki faktor penunjang serta faktor penghambat dalam menciptakan ketahanan pangan di Maluku.
  28. Oleh sebab itu ketahanan pangan hanyalah satu elemen dari sistem sosial suatu kelompok masyarakat secara keseluruhan.
  29. BKP awalnya berada di bawah pengawasan langsung Dinas Pertanian Maluku, yang dulunya hanyalah bidang ketahanan pangan.
  30. Infrastruktur irigasi, untuk mempertahankan tingkat pelayanan jaringan irigasi guna mendukung program ketahanan pangan;
  31. Dalam konteks ketahanan pangan lokal di Maluku yang menjadi kekuatan BKP dalam menjalankan program kerja sebagai berikut:
  32. Kondisi ini sangat mengawatirkan bagi ketahanan pangan suatu Negara yang hanya bergantung pada satu macam bahan pangan saja.
  33. b. Menunjukan secara ilmiah implementasi kebijakan politik pangan di Provinsi Maluku demi terciptanya ketahanan pangan lokal.
  34. 1. Implementasi Peraturan Daerah Maluku No 04 tahun 2010 tentang Badan Ketahanan Pangan Maluku terhadap ketahanan pangan lokal
  35. 2. Apa faktor-faktor penunjang dan penghambat Badan Ketahanan Pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku?
  36. Sistem ketahanan pangan sudah didesentralisasikan ke seluruh daerah otonom yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
  37. Penguatan internal birokrasi BKP (sumber daya manusia) harus bisa menjalankan program ketahanan pangan yang efektif dan efisien.
  38. Selain itu kemunduran kondisi fisik akibat proses ketuaan dapat mempengaruhi ketahanan tubuh terhadap gangguan infeksi dari luar.
  39. C2S memberikan ketahanan terhadap serangan kimia (chemical attack) dan mempengaruhi susut terhadap pengaruh panas akibat lingkungan.
  40. 3. Peningkatan koordinasi dalam perumusan kebijakan, dan pengembangan ketahanan pangan, serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaannya.
  41. Keterbatasan pemenuhan sumber pangan akan mengakibatkan situasi rawan pangan, untuk itu harus dibuat suatu mekanisme ketahanan pangan.
  42. Aspek Keamanan pangan pada ketahanan pangan harus sesuai dengan kaedah-kaedah dan standar yang berlaku, serta tidak dapat dikompromikan.
  43. Oleh karena itu, upaya pemantapan ketahanan pangan harus terus dikembangkan dengan memperhatikan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal.
  44. Peraturan daerah ini diharapkan menjadi legitimasi hukum Badan Ketahanan pangan dalam menciptakan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku.
  45. Padahal Maluku memiliki potensi yang besar sebagai lumbung pangan "sagu" sebagai basis ketahanan pangan lokal dalam menghadapi krisis pangan.
  46. Jika Bulog lebih kepada penyediaan dan pengaturan harga beras, BKP berupaya menciptakan ketahanan pangan, dengan memanfaatkan potensi pangan lokal.
  47. Salah satu indikator penting untuk melihat kondisi ketahanan pangan suatu negara secara agregat adalah melalui angka rata-rata ketersediaan pangan.
  48. Krisis moneter tahun 1998 merupakan awal pelaksanaan Raskin yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan rumah tangga terutama rumah tangga miskin.
  49. Pemasyarakatan kata masa bakti, persatuan dan kesatuan, ketahanan nasional, rawan pangan, daerah tertinggal, pengentasan kemiskinan, negara hukum, dll.
  50. Peraturan daerah tentang Badan Ketahanan Pangan adalah sebuah kebijakan yang diusulkan oleh pemerintah dengan tujuan mewujudkan ketahanan pangan di Maluku.
  51. Dalam mewujudkan diversifikasi pangan, potensi pangan sagu yang banyak tumbuh di Maluku diupayakan untuk dijadikan sebagai ketahanan pangan berbasis lokal.
  52. Pandangan publik seperti ini masih berlaku dan harus diluruskan untuk dapat lebih memajukan penganekaragaman pangan dan mencapai ketahanan pangan nasional,
  53. Dalam praktiknya, pemerintah menerjemahkan ketahanan pangan sebatas ketersediaan beras dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.
  54. Pendek kata, diversifikasi pangan dapat mendukung stabilitas ketahanan pangan sehingga dapat dipandang sebagai salah satu pilar pemantapan ketahanan pangan.
  55. Dari permasalahan inilah pemerintah Provinsi berupaya mengupayakan diversifikasi pangan berbasis pangan lokal "sagu" agar tercipta ketahanan pangan yang mandiri.
  56. Aspek terakhir yang harus dipenuhi untuk pencapaian ketahanan pangan nasional ialah ketersediaan pangan yang merata dan teqangkau bagi' seluruh populasi Indonesia.
  57. Hilangnya keanekaragaman hayati di lahan pertanian lantaran hanya mengandalkan beras sebagai tumpuan ketahanan pangan sangatlah beresiko bagi kehidupan masyarakat.
  58. Seiring dengan otonomi daerah, maka setiap level daerah dapat menyusun strategi dan kebijakan ketahanan pangan yang paling sesuai dengan karakter wilayah dan ekologinya.
  59. Namun oleh karena ketahanan pangan menjadi isu sentral maka bidang ketahanan pangan diberikan kemandirian guna melaksanakan tugas dalam pemenuhan pangan di Provinsi Maluku.
  60. Terkhususnya pada bidang ketahanan pangan yang mewujudkan ketahanan rumah tangga yang mandiri, berbasis pada kepulauan dan sumber daya lokal secara efektif dan berkelanjutan.
  61. Jika hutang belum terbayarkan maka distribusi beras tidak akan dikirim, ketahanan pangan masyarakat terkena dampaknya, apalagi pola konsumsi pangan masih bergantung pada beras.
  62. "bulog dan BKP saling bekerja sama dalam menciptakan ketahanan pangan, namun secara prosedural berbeda, bulog lebih kepada penyediaan logistik beras, dan menentukan harga beras.
  63. Adapun tujuan BKP Maluku adalah Memberdayakan masyarakat agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang dikuasainya untuk mewujudkan ketahanan pangan secara berkelanjutan, dengan cara:
  64. Dari proses wawancara peneliti berharap akan mendapatkan data-data seperti, ketahanan pangan di Maluku, kinerja Badan Ketahanan Pangan, serta penganekaragaman pangan berbasis lokal di Maluku.
  65. Selain itu Gu dan Wen (1981) menyatakan bahwa penambahan pupuk organik dapat menurunkan ketahanan tanah terhadap penetrasi, karena meningkatnya porositas total dan kemampuan tanah memegang air.
  66. Untuk mencapai visi ketahanan pangan tersebut diperlukan tiga dimensi ketahanan pangan, yaitu: dimensi ketersediaan (availability), dimensi akses (access), dan dimensi pemanfaatan (utilization).
  67. Pangan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama seperti yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 68 Tahun 2002 tetang ketahananpangan.
  68. Pangan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama seperti yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 68 Tahun 2002 tentang ketahananpangan.
  69. 1. Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Maluku No 04 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku?
  70. Perwujudan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah (Badan Ketahanan Pangan) bersama masyarakat, dengan pangan lokal diharapkan Provinsi Maluku dapat menuju kemandirian pangan.
  71. Jika dikaitkan dengan teori awal bahwa dominasi global dapat menggunakan pangan sebagai instrumen politik, maka mewujudkan kemandirian pang an sangat bemilai melebihi hanya sebagai cara mencapai ketahanan pangan.
  72. Karena itu, jika kesadaran tentang ketahanan pangan telah menjiwai kebijakan pemerintah, maka akan terlihat dari kebijakan baik di bidang ekonomi, politik, lingkungan, maupun sosial dan budaya masyarakat tersebut.
  73. Sementara permasalahan di daerah ini menyangkut ketahanan pangan adalah pemikiran masyarakat yang selalu tergantung pada beras, dan mengkonsumsi umbi-umbian, jagung dan sagu, statusnya lebih rendah dari makan nasi.
  74. Kebijakan fiskal tahun 2007 tetap diupayakan untuk mewujudkan ketahanan fiskal yang berkelanjutan (fiscal sustainability) dengan memberikan stimulan terhadap perekonomian dalam batas-batas kemampuan keuangan negara.
  75. Hal ini sangat penting karena memahami konsep ketahanan pangan adalah memahami sebuah proses yang saling memiliki keterkaitan dari awal sampai akhir dimulai dari produksi, distribusi sampai kepada aktivitas konsumsi.
  76. "Badan Ketahanan Pangan adalah merupakan unsur pendukung tugas Gubernur di bidang ketahanan pangan,30 Badan Ketahanan Pangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang ketahanan pangan."
  77. Secara kelembagaan BKP yang dulunya hanya menjadi divisi pada Dinas Pertanian sekarang terpisah dan diberikan kemandirian menjadi lembaga yang membantu Gubernur membuat dan melaksanakan kebijakan teknis ketahanan pangan.
  78. Nainggolan menyatakan bahwa, otonomi daerah memberikan keleluasaan dalam menetapkan prioritas pembangunan masing-masing daerah, diantaranya melalui pembangunan ketahanan pangan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  79. 2. Menunjang percepatan pembangunan sarana dan prasarana di daerah pesisir dan kepulauan, daerah perbatasan darat dengan negara lain, daerah tertinggal/terpencil serta daerah yang termasuk kategori daerah ketahanan pangan;
  80. Bentuk intervensi yang akan diterapkan di desa ini harus diarahkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga miskin sebagai bagian dari strategi penurunan risiko masalah gizi pada balita dan ibu hamil.
  81. Alhamdulillah.Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas ridho dan rahmatNya, skripsi yang berjudul "Politik Pangan di Maluku studi tentang kebijakan ketahanan pangan lokal di Maluku" dapat terselesaikan.
  82. Waluyo menyatakan17 bahwa, permasalahan fundamental yang dihadapi oleh daerah otonom untuk ketahanan pangan antara lain: Kebijakan ketahanan pangan, penataan dan pemanfaatan lahan pertanian, lumbung pangan, sebagaimana uraian berikut:
  83. Namun dalam pelaksanaan mewujudkan ketahanan pangan berbasis pangan lokal Badan Ketahanan Pangan Maluku masing mendapat kendala oleh karena paradigma masyarakat Maluku yang lebih memprioritaskan makan beras ketimbang pangan lokal "Sagu".
  84. Efek samping lain yang dapat terjadi tetapi tidak terkait dengan tingkat dosis yang diberikan, dapat termasuk berkeringat, sembelit, otot dan tulang sendi sakit, nafsu seks berkurang, ketahanan cairan, hilang nafsu makan dan gigi membusuk.
  85. Berdasarkan data yang dipaparkan maka teori kebijakan sangat relevan untuk menganalisis implementasi peraturan daerah No 04 tahun 2010 tentang tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku terhadap ketahanan pangan lokal.
  86. Oleh sebab itu memelihara tradisi penyediaan lumbung pangan yang pernah ada, baik secara individu maupun secara kolektif, untuk cadangan pangan demi keberlanjutan kehidupan masyarakat merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan ketahanan pangan.
  87. "kami adalah lembaga yang membantu gubernur dalam pelaksanaan teknis ketahanan pangan, kami bekerja secara fungsi mandiri guna menciptakan ketahanan pangan tapi kordinasi dengan lembaga lain itu perlu dilakukan, dan yang paling sering adalah dinas pertanian"
  88. b. Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Peraturan Daerah Maluku No 04 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku serta faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap ketahanan pangan lokal di Provinsi Maluku.
  89. Stabilitas ekonomi juga akan didukung dengan ketahanan sektor keuangan melalui penguatan dan pengaturan jasa keuangan, perlindungan dana masyarakat, serta peningkatan koordinasi berbagai otoritas keuangan melalui jaring pengaman sistem keuangan secara bertahap.
  90. Namun demikian, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembangunan, Presiden SBY telah menetapkan prioritas kerja yaitu menurunkan tingkat kemiskinan, meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan aktivitas perekonomian, meningkatkan ketahanan pangan dan energi.
  91. Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan kembali diversifikasi pangan menuju produksi dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, serta yang terpenting adalah berbasiskan sumberdaya lokal.
  92. Subeno menjelaskan bahwa, basis konsep ketahanan pangan nasional adalah ketahanan pangan di tingkat rumah tangga, terutama di pedesaan.16 Proporsi pengeluaran rumah tangga terhadap bahan pangan merupakan salah satu indikator ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.
  93. a. bahwa transportasi mempunyai peranan penting dan strategis untuk memantapkan perwujudan wawasan nusantara, memperkukuh ketahanan nasional, dan mempererat hubungan antar bangsa dalam usaha mencapai tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
  94. Dari pemikiran inilah Pemerintah Provinsi Maluku untuk membentuk Badan Ketahanan Pangan Maluku dan kemudian dijadikan Perda No 04 tahun 2010 Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku (BKP) dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi ketahanan pangan.
  95. Pemerintah daerah membentuk Badan Ketahanan Pangan sebagai badan pembantu Gubernur dalam membuat dan melaksanakan kebijakan teknis tentang ketahanan pangan dan kemudian di buatkan peraturan daerah No. 04 tahun 2010 tentang organisasi tata kerja badan ketahanan pangan Maluku.
  96. Menimbang: a. Bahwa transportasi mempunyai peranan penting dan strategis untuk memantapkan perwujudan wawasan nusantara, memperkukuh ketahanan nasional, dan mempererat hubungan antar bangsa dalam usaha mencapai tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945;
  97. Tantangan ini tetap besar dengan adanya potensi gejolak moneter internasional yang terkait dengan ketidakseimbangan global, tingginya harga minyak dunia, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi ketidakseimbangan eksternal, ketahanan fiskal, dan stabilitas moneter di dalam negeri.
  98. Pemantapan sistem ketahanan pangan terus digalakkan pada berbagai level mulai tingkat nasional, regional sampai dengan tingkat rumah tangga yang dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi sehingga dapat meminimalkan kekurangan pangan dan mengakseskan pangan masyarakat ke pangan lokal.
  99. Jika kandungan C3S lebih banyak maka akan terbentuk semen dengan kekuatan tekan awal yang tinggi dan panas hidrasi yang tinggi, sebaliknya jika kandungan C2S lebih banyak maka akan terbentuk semen dengan kekuatan tekan awal yang rendah dan ketahanan terhadap serangan kimia yang tinggi.
  100. Dalam UU/No 7/Tahun 1996 dan disempurnakan menjadi UU/No 68/Tahun 2002 tentang ketahanan pangan dijelaskan bahwa: " Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.