Wednesday 30 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "kemerdekaan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "kemerdekaan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "kemerdekaan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "kemerdekaan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "kemerdekaan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "kemerdekaan"

  1. Ikut dalam revolusi kemerdekaan bangsanya.
  2. Dia harus punya kemerdekaan mengadakan pilihan.
  3. Dalam MdC makna kemerdekaan dimaknai sebagai berikut.
  4. Kami berjiwa patriot yang mendambakan kemerdekaan bangsa.
  5. Bahasa Indonesia diresmikan pada kemerdekaan Indonesia tahun 1945.
  6. Dan terutama sekali mereka adalah pejuang kemerdekaan yang teruji.
  7. Kami adalah pejuang-pejuang yang memperjuangkan kemerdekaan rakyat.
  8. Revolusi kita adalah revolusi untuk kemerdekaan dan kemudian manusia.
  9. Dia cinta pada Maria seperti juga dia cinta pada kemerdekaan bangsanya.
  10. TETAPI, begitulah cara kita mengisi kemerdekaan -dan memuliakan perbedaan.
  11. Nampaknya dalam pemberontakan merebut kemerdekaan ini kita kurang berfilsafat.
  12. Bagaimana perilaku pemimpin-pemimpin kita seandainya kemerdekaan sudah ada di tangan.
  13. Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan perlu didukung oleh motivasi kolektif yang kuat.
  14. Inilah hakikat kemerdekaan manusia, untuk menggenggam nasibnya sendiri dalam tangannya.
  15. Oleh karena itu, perjuangan kemerdekaan harus tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  16. Dalam novel MdC, TAE, BBM BBR, dan BPM juga dikemukakan makna kemerdekaan di mata rakyat.
  17. Di dalam negeri kami hendak membina kemerdekaan manusia, kerakyatan, dan kedilanm sosial.-
  18. Bagi kami sekarang yng penting adalah perjuangan kemerdekaan kami, cita-cita kebebasan kami.
  19. Karena Belanda rupanya menganggap prinsip-prinsip kemerdekaan hanya berlaku buat diri mereka.
  20. Kebangkitan semangat manusia untuk membina persaudaraan dalam kemerdekaan dan martabat manusia
  21. Sebagian lagi, demi kemerdekaan pers, kepastian berbisnis, dan hantu otoritarianisme, menolaknya.
  22. Kalau sudah tiba saatnya, tentu kami akan bergerak dengan rakyat jelata me­nuntut kemerdekaan kami.
  23. Kami memang bukan pemberontak, Cia-te. Akan tetapi cita-cita kami untuk kemerdekaan bangsa tidak pernah padam.
  24. Gerakan Palestina yang menuntut kemerdekaan total menteror ke tengah masyarakat Israel dengan bom "bunuh diri".
  25. Pak Wasit bilang: Lho, kemerdekaan untuk ngerumpi itu dijamin UU, dan itu merupakan hak demokrasi serta hak asasi.
  26. Kesederhanaan pemikiran rakyat tentang makna kemerdekaan itu digambarkan dengan gamblang dalam novel-novel tersebut.
  27. Sehari sebelum habisnya perwalian Inggris di Palestina, para pemukim Yahudi memproklamirkan kemerdekaan negara Israel.
  28. Putra-putra Indonesia cukup banyak yang bersedia memberikan perngorbanan setinggi-tingginya untuk kemerdekaan bangsanya.
  29. Seusai perang kemerdekaan Amerika, wilayah-wilayah bebas itu kemudian membentuk federasi yang kemudian mereka sebut Amerika Serikat.
  30. Apakah itu berarti bahwa Pangcu tidak menyetu­jui niat guru kami yang berjiwa patriot? Demi kemerdekaan bangsa, kami rela mempertaruhkan nyawa.
  31. Adam Malik pada usia 17 tahun telah menjadi ketua Partindo di Pematang Siantar (1934- 1935) untuk ikut aktif memperjuangkan kemerdekaan bangsanya.
  32. Selanjutnya, pasca perang kemerdekaan Kantor Jawatan Pegadaian kembali lagi ke Jakarta dan Pegadaian kembali dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia.
  33. Kemajuan ini pada akhirnya berperan besar didalam mengharumkan nama Sambas dan dapat mengikut-sertakan masyarakat untuk menyongsong kemerdekaan Indonesia.
  34. Bila dihubungkan dengan nasionalisme dan wawasan kebangsaan, pemahaman kemerdekaan bagi rakyat sebagaimana digambarkan di atas merupakan suatu fenomena tersendiri.
  35. Engkau tahu revolusi kemerdekaan kita adalah untuk melepaskan bangsa kita dari kekuasaan asing yang sekian lama telah menghisap darah dan tulang sunsum rakyat kita
  36. Tak mungkin, tak masuk akal pemimpin-pemimpin kita yang kini hidup serba sederhana, dan yang telah membuktikan kesediaan mereka berkorban untuka kemerdekaan akan mengkhianati revolusi
  37. Apakah Paduka tidak mempunyai keinginan untuk memerdekakan tanah air dan bangsa dari belenggu penjajah? Salahkah itu kalau seseorang bercita-cita untuk kebebasan dan kemerdekaan bangsanya?"
  38. Ah mengapa ada manusia yang kalah? Bolehkah tanpa berkhayal hampa kita mendambakan satu dunia sesudah perang kemerdekaan ini, yang menghapus dua kata kalah dan menang: dari kamus hati dan sikap kita
  39. Menjelang 17 Agustus 1945, bersama Sukarni, Chaerul Saleh, dan Wikana, Adam Malik pernah melarikan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok untuk memaksa mereka memproklamasikankemerdekaan Indonesia.
  40. Bukankah kalian menyadari betapa rakyat jelata berhak untuk merebut kembali kemerdekaan mereka? Apakah kalian ternyata juga orang-orang yang suka menjajah bangsa lain dan hendak mempertahankan penjajahan Mongol?"
  41. Dengan dimensi yang berbeda, dalam novel Bukan Pasar Malam (BPM) Pramoedya menampilkan tokoh ayah, seorang pejuang yang rela mengorbankan apa yang dimilikinya, termasuk harus mengabaikan anak-anaknya demi kemerdekaan bangsanya.
  42. "Berjuang untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, berjuang untuk kemerdekaan tanah air dan bangsa." kata pula Kai-ong dan ketika mengucapkan kata-kata ini, dia tidak lagi tertawa melainkan berkata dengan suara dan wajah serius.
  43. Harus diakuinya bahwa ia mencinta Shu Ta, dan bahwa ia tidak bisa membenci para pejuang yang dianggapnya sebagai orang-orang gagah yang berhak memperjuangkan kemerdekaan mereka. Akan tetapi, bagaimanapun juga ia adalah seorang wanita Mongol.
  44. Untuk mencapai cita-cita tersebut, bangsa kita telah pula bersepakat membangun kemerdekaan kebangsaan dalam susunan organisasi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Hukum yang bersifat demokratis (democratische rechtsstaat) dan sebagai Negara Demokrasi konstitutional (constitutional democracy) berdasarkan Pancasila.
  45. Hal itu disebabkan nasionalisme kini berarti berjuang dalam membela kaum manusia yang terjajah, miskin dalam segala hal termasuk miskin kemerdekaan dan hak penentuan pendapat diri sendiri; manusia yang tak berdaya menghadapi para penguasa yang sewenang-wenang yang telah merebut bumi dan hak pribadinya dan memaksakan kebudayaan serta seleranya kepada si kalah.
  46. Kita tahu bahwa agenda tahunan disetiap tanggal 20 Mei tersebut sejak mula memang dimaksudkan mengenang tahun-tahun keemasan di masa lalu yang telah berhasil melahirkan sumpah pemuda dankemerdekaan 1 Agustus 1945 dan melahirkan tidak sedikit figur pemimpin yang ganjuran langkahnya jauh menerobos mengatasi kepentingan golongan, yang memiliki visi jauh ke depan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.