Sunday 7 September 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek

Cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Sebuah cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa, dan pengalaman. Tokoh dalam cerpen tidak mengalami perubahan nasib. Adapun ciri-ciri sebuah cerpen adalah sebagai berikut.
  1. Bentuk tulisan singkat, padat, dan lebih pendek daripada novel.
  2. Tulisan kurang dari 10.000 kata.
  3. Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari, baik pengalaman sendiri maupun orang lain.
  4. Tidak melukiskan seluruh kehidupan pelakunya karena mengangkat masalah tunggal atau sarinya saja.
  5. Habis dibaca sekali duduk dan hanya mengisahkan sesuatu yang berarti bagi pelakunya.
  6. Tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konflik sampai pada penyelesai­annya.
  7. Penggunaan kata-katanya sangat ekonomis dan mudah dikenal masya­rakat.
  8. Meninggalkan kesan mendalam dan efek pada perasaan pembaca.
  9. Menceritakan satu kejadian dari terjadinya perkembangan jiwa dan krisis, tetapi tidak sampai menimbulkan perubahan nasib.
  10. Beralur tunggal dan lurus.
  11. Penokohannya sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang pembangunan konteks dan pemodelan teks cerita pendek, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Dalam hidup, permasalahan datang silih berganti. Istilah life is never flat memiliki makna bahwa kehidupan yang dihadapi manusia di dunia ini tidak pernah datar begitu saja. Artinya, merupakan sebuah kewajaran jika seseorang mengalami riak dalam menjalani kehidupan. Ada saatnya seseorang itu tertimpa masalah, baik kecil maupun besar, dan ada pula saatnya ia memperoleh kebahagiaan yang tiada tara. Hidup itu memang sebuah misteri yang penuh liku. Seseorang yang hidup tanpa menemukan masalah tidak akan menemukan makna hidup yang sesungguhnya karena ia hanya akan terdiam dan terpaku pada kondisi yang sama setiap waktu.

Setiap orang akan menghadapi permasalahan yang berbeda-beda. Masalah merupakan sesuatu yang menghadang seseorang dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Besar atau kecil masalah yang dihadapi tetaplah dikatakan sebagai sesuatu yang perlu ditindaklanjuti dan ditangani dengan penuh kesabaran, ketulusan, dan keseriusan. Permasalahan yang berbeda tentu saja harus ditangani dengan cara yang berbeda pula. Namun, yang pasti, jika seseorang mau berusaha keras menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, akan selalu ada jalan keluar untuk mengatasinya. Hal itulah yang disebut solusi.

Seseorang yang bijak tidak akan memandang masalah sebagai sebuah beban. Akan tetapi, ia akan memandang masalah itu sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki kualitas kehidupan. Dari situlah kesuksesan itu berawal saat seseorang mampu menghadapi suatu masalah. Jika berpikir seperti itu, seseorang akan menjadikan masalah sebagai sebuah batu pijakan untuk meraih kesuksesan pada masa mendatang. Itulah karakter orang sukses yang harus dimiliki setiap orang.

Dalam pelajaran ini, kalian akan diajak menemukan solusi atas masalah kemirausahaan. Kewirausahaan memiliki kata dasar wirausaha. Kata wirausaha berasal dari dua bentuk, yaitu wira dan usaha. Wira adalah bentuk terikat. Sebenarnya masih banyak bentuk terikat yang sering kita dengar dan kita pakai dalam bahasa tulis, di antaranya pasca-, pra-, nara-, dan eka-. Bentuk terikat tersebut, sesuai dengan namanya, akan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Contohnya adalah pascasarjana, prasejarah, narahubung, dan ekaprasetya. Bentuk terikat wira, jika kita lihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna 1) pahlawan; laki-laki; 2) bersifat jantan (berani); perwira. Wira dapat diikuti oleh kata usaha dan swasta sehingga menjadi wirausaha dan wiraswasta. Kedua kata ini mempunyai makna yang sama, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan baru, memasarkannya, serta mengatur permodelan operasinya. Karena sudah mengandung pengertian orang, kata wiraswasta tidak perlu lagi diberi akhiran –wan. Jadi, bentuk wiraswastawan merupakan bentuk pleonastis atau bentuk berlebihan.

Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru hingga memahami pemasarannya, wirausaha ini kerap meraih kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan ini terlihat pada kehidupan beberapa tokoh yang dijadikan contoh berikut ini. Mereka antara lain adalah Irwan Hidayat, Chairul Tanjung, Elang Gumilang, dan Dian Pelangi. Mereka adalah sosok yang memiliki usaha berbeda—seperti pengusaha jamu, ritel digital, properti, dan busana— dengan keberanian menghadapi masalah kewirausahaan. Dengan melakukan perjuangan yang panjang, akhirnya mereka menemukan solusi yang tepat sehingga menjadi orang yang sukses dalam bidangnya.

Sosok pemberani yang pertama adalah Irwan Hidayat. Dia adalah orang yang berperan penting dalam perkembangan industri jamu di Indonesia. Untuk memajukan usahanya, ia berani menerjang gelombang krisis ekonomi dan moneter tahun 1998. Sementara itu, banyak perusahaan di Indonesia gulung tikar karena dampak dari peristiwa dahsyat itu. Untuk memajukan usahanya, Irwan Hidayat harus melakukan banyak terobosan, di antaranya dengan mencanangkan pembangunan pabrik jamu besertifikasi dan laboratorium farmasi yang terstandardisasi sebagai laboratorium. Berbagai terobosan baru dilakukan oleh Irwan Hidayat untuk mengangkat gengsi jamu sebagai obat alternatif yang teruji keabsahan dan keilmiahannya.

Dari dunia herbal dalam negeri, kini kita beralih pada satu sosok luar biasa di balik megahnya bangunan Carrefour. Di balik meroketnya salah satu pusat perbelanjaan di negeri ini, terdapat nama yang tidak asing lagi, yaitu Chairul Tanjung. Kesuksesan pria kelahiran Jakarta tahun 1962 itu tidak diraih begitu saja. Sebelum menduduki puncak karier seperti itu, ia pernah mengalami berulang-ulang kegagalan. Kesuksesan yang ia raih sekarang dapat menjadi bukti bahwa seorang Chairul Tanjung memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi persoalan dalam hidup.

Setelah Chairul Tanjung, kalian akan diperkenalkan kepada seorang pemuda yang dalam usia muda sudah meraup sukses yang luar biasa. Nama pemuda itu adalah Elang Gumilang. Sebelum menjadi salah seorang pengusaha di dunia properti, Elang berulang-ulang mengasah naluri bisnisnya dengan berjualan donat, minyak goreng, dan lampu.

Berkali-kali Elang menemui masalah dalam dunia bisnis yang digelutinya, tetapi ia dapat membuktikan bahwa ia mampu mengatasi hal itu dan pada akhirnya meraih sukses. Bagi Elang, bekerja keras merupakan satu kewajiban karena sukses adalah hal yang tidak dapat diraih dengan gratis.

Selanjutnya, kalian tentu mengenal salah seorang perancang yang fenomenal di dunia busana muslim tanah air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta kelahiran Palembang tahun 1991 itu dalam usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara. Kemampuannya untuk membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan gaya tersendiri menempatkan Dian Pelangi sebagai seorang perancang yang patut diperhitungkan. Usaha yang ia jalankan berkembang pesat hanya dalam tempo hitungan tahun. Munculnya Dian Pelangi di dunia industri busana, negeri ini melahirkan gelombang baru konsep busana muslim, yaitu hijaber.

Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Bill Gates
Satu tokoh lain yang akan diperkenalkan kepada kalian adalah tokoh yang memberikan dampak pada peradaban kita. Kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari peran Bill Gates. Sosok wirausaha itu dapat kalian kenali lebih dekat dengan menjawab pertanyaan berikut. (1) Siapakah Bill Gates menurut kalian? (2) Sejak kapan Bill Gates menekuni dunia usahanya? (3) Di mana Bill Gates pertama kali mendirikan usahanya? (4) Apa saja permasalahan yang dihadapi Bill Gates pada saat merintis usahanya? (5) Bagaimana Bill Gates mengatasi masalah persaingan dunia usaha dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi akhir-akhir ini?

Tentu masih banyak sosok wirausaha sukses selain mereka. Bahkan, kalian mungkin telah kenal dengan wirausaha sukses yang ada di sekitar kalian, seperti pengusaha makanan atau minuman. Melalui pelajaran ini kalian diajak menyelami dunia usaha yang berliku penuh dengan kompetisi. Setiap masalah kewirausahaan perlu memperoleh solusi yang tepat agar usaha yang sedang dijalankan tidak terhenti, tetapi berkembang maju atau lebih pesat lagi. Pertanyaan bagaimana menemukan solusi atas masalah kewirausahaan tentu tidak dapat dijawab seragam. Setiap dunia usaha akan berbeda masalahnya dan berbeda pula solusinya. Kisah perjuangan para wirausaha yang inspiratif tersebut dapat kita jadikan sumber ide atau gagasan untuk membuat cerita pendek yang menarik.



Sumber : Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Maryanto dkk



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.