Monday 12 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata Penghubung "sekalipun". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Penghubung "sekalipun"


Contoh kalimat yang menggunakan kata penghubung "sekalipun" dapat dilihat pada contoh kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
  1. Sampai mati sekalipun aku tidak ingin membantumu.
  2. jangankan manusia, gajah sekalipun akan kaku tegang oleh totokan ini.
  3. Salah sekalipun anaknya, tetap yang dicari kesalahannya fihak anak lain.
  4. “Seorang kaisar sekalipun tentu tidak akan menjadi kaisar kalau tidak ada rakyatnya.
  5. Ada beberapa konsumen yang tidak suka memberikan informasi pribadinya di internet, sekalipun nama dan alamat.
  6. Selama 53 tahun menjadi tukang perahu, tak pernah sekalipun ada penumpangnya mengalami kecelakaan yang berarti.
  7. Orang akan dapat melalui keadaan yang bagaimana hebat dan seng­sara sekalipun kalau memiliki sikap se­perti itu.
  8. Tidak lama kemudian wafatlah Umar bin Aqyash, dan iapun masuk surga, belum sempat ia melaksanakan shalat sekalipun .
  9. Sering dijumpai bahwa proses perencanaan kebijakan yang baik sekalipun tidak dapat menjamin keberhasilan dalam implementasinya.
  10. Sampai saat ini, penulis ini masih dikenal misterius karena tertutup dan jarang sekali tampil walau dibayar mahal sekalipun dalam sebuah seminar.
  11. Fungsi-fungsi semacam itu tentu tidak ditemukan pada tuturan (17b), sekalipun dari segi informasi lebih jelas atau lengkap daripada (17) dan (17a).
  12. Membebani kehidupan yang bahkan cenderung merosot karena kamu kian terpaksa bertahan sekalipun ditempuh dengan berbagai cara—ini tanda-tanda kemerosotanmu.
  13. Dan Pemerintah Sulawesi Tengah, tak pernah sekalipun memberi usulan untuk menampilkan sosok para pejuangnya yang sesungguhnya sangat layak mendapat bintang jasa itu.
  14. Akhirnya kelak tahu juga aku, bahwa ayah Tuan itu tidak lain daripada salah seorang pemimpin pemerintahan gerilya – sekalipun jadi pengawas sekolah angkatan Belanda
  15. Tetapi tak pernah mengatakan bahwa kasta Sudra yang paling rendah itu, bukan insan manusia! Rendah dan hina sekalipun kasta Sudra itu, namun mereka tetap titah manusia.
  16. Akan tetapi ingat, kalau sampai besok malam engkau belum memberi jawaban berati sudah terlambat untuk menolong sumoi.. Bahkan obatku sekalipun tidak akan ada gunanya lagi.
  17. Dan karena Raja berada di sudut, sehingga sekalipun pertahanannya melonggar, namun jalur escape Raja akan sangat sedikit bila sang Raja tidak segera pindah agak ke tengah.
  18. Fenomena sosial-budaya yang begitu banyak dan begitu luas kemudian "bisa dilipat-lipat" untuk dihadirkan di dalam ruang-ruang yang sempit sekalipun seperti ruang keluarga di dalam rumah.
  19. Pada saat itu, sekalipun tidak secara terbuka menyatakan ASEAN akan memiliki suatu badan HAM, tapi Ali Alatas dengan optimis mengatakan ASEAN bukan jenis organisasi yang menomorduakan perlindungan HAM.
  20. Kebebasan untuk menjebol kebekuan ini hanya perlu sedikit waktu dan satu ayat bahwa Tuhan tidak membenci makluknya untuk mengumpat sekalipun ke angkasa atau kepada diri-Nya kecuali bagi mereka yang teraniaya.
  21. Lalu Aswad al- Ra’i maju kedepan barisan pertempuran untuk membantu perjuangan kaum muslimin, lalu ia terkena tendangan kuda hingga menewaskannya, padahal belum sekalipun ia melakukan shalat dihadapan Allah Swt.
  22. Disaat yang bersamaan, respon pemerintah Sulawesi Tengah juga tak pernah sekalipun mau membuka lembaran sejarah itu sebagai bagian dari sebuah gerakan perlawanan mempertahankan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia.
  23. Sementara itu, dengan cara berpikir modern tanpa  melupakan pentingnya religiusitas, Mangunwijaya mampu pula menggambarkan agungnya cinta, kesetiaan, dan pengorbanan sekalipun itu harus berhadapan dengan kekuasaan yang menakutkan.
  24. Sedangkan perbuatan-perbuatan yang tidak dilarang oleh undang-undang, sekalipun perbuatan-perbuatan ini bertentangan dengan keharusan dan kepatutan, yang diharuskan dalam pergaulan masyarakat bukan merupakan perbuatan melawan hukum.
  25. Tidak perlu berterima kasih, Nona. Aku tahu bahwa tanpa dibantu sekalipun Nona akan mampu menghajar mereka semua, akan tetapi melihat demikian ba­nyaknya orang pria mengeroyok seorang gadis, bagaimana aku dapat tinggal di­am? Terpaksa aku mencampuri, Nona.
  26. Menurut Simon Winchester, sekalipun apa yang terjadi dalam kehidupan Krakatau yang dulu sangat menakutkan, realita-realita geologi, seismik serta tektonik di Jawa dan Sumatera yang aneh akan memastikan bahwa apa yang dulu terjadi pada suatu ketika akan terjadi kembali.
  27. Lalu dengan suara meyakinkan dia berkata: Melihat kesungguhan hati kekasihmu itu mencarimu aku yakin sekali dia tetap mencintaimu! Tetap akan memperistrikanmu sekalipun kemudian dia mengatahui bahwa kau hamil akibat perbuatan bejat gurumu itu! Aneh... benar-benar aneh.
  28. Ibnu Hazm rahimahullah berkata, “Aku berfikir tentang usaha para cendikiawan, maka aku melihat bahwa usaha mereka mengarah pada satu hal, sekalipun jalan dan cara mendapatkannya berbeda-beda, aku melihat mereka semua berusaha untuk menghilangkan rasa bimbang dan kebimbangan dari diri mereka.
  29. Andai kata sebaliknya sekalipun dan kedudukan Beng-cu tidak dapat diraih oleh pihak yang pro pemerintah, sudah direncanakan untuk menimbulkan kekacauan dan menggagalkan pemilihan itu sehingga secara resmi tetap saja tidak ada Beng-cu yang dipilih dan dunia kang-ouw belum menemukan Beng-cu dan karenanya akan mudah diadu domba.
  30. Sementara kran induknya berada dalam rumah di tingkat atas namun penghuninya tidak bersedia memenuhi permintaan untuk menutup kran induk (mematikan) tersebut; sekalipun padanya telah dijelaskan bahwa dengan tidak ditutupnya kran induk maka akan timbul kerusakan besar pada barang yang tersimpan dalam gudang karena tergenang air.
  31. Maka Rasulullah Saw bersabda: Tidak pernah sekalipun Allah berbicara dengan seorang manusia, kecuali dari balik tabir atau hijab, dan beruntung sekali bagi ayahmu, Allah berbicara langsung kepadanya tanpa pembatas, ayahmu lalu berkata: ini yang aku harapkan, dan ia berkata: Ya Allah hidupkan aku kembali sehingga aku bisa terbunuh dijalanMu sekali lagi.
  32. Anas bin Malik radhiallahu anhu berkata: Ketika perang Uhud Rasulullah Saw berdiri didekat sosok Hamzah yang sudah dipotong – potong, kemudian beliau bersabda: jika engkau tidak menemukan kejernihan dalam dirinya, aku akan membiarkannya hingga Allah menghisabnya kelak di hari mahsyar ( kebangkitan) di tempat ini sekalipun akan dimakan binatang buas dan burung.
  33. Pengadilan Tinggi (Hof) sebaliknya membatalkan keputusan Pengadilan Negeri dengan mempertimbangkan bahwa sekalipun karyawan tersebut melakukan perbuatan yang bertentangan dengan undang-undang, yakni telah melanggar suatu kewajiban hukum, namun tidak berlaku bagi Cohen karena Undang-undang tidak melarang dengan tegas bahwa mencuri informasi adalah melanggar hukum.
  34. Setiap teks teks karya sastra sudak dibukukan dan terjilid rapi dalam sebuah karya yang beredar di tangan pembaca bukanlah rekaan sematam namun rekaan tersebut dilahirkan dari potret dan fragmentasi kejadian nyata dalam kehidupan masyarakatm sekalipun telah mengalami rekayasa wacana, namun setiap teks sebuah wacana yang telah diciptakan para penyair secara kontekstual merupakan tiruan wacana masyarakat dimana mereka berada.
  35. Telaah yang demikian, menghasilkan telaah yang belum mencapai makna yang maksimal, dan kurang menyentuh pada aspek makna kontekstual yang secara sosial dan fungsional terkair dengan fenomena yang ada di masyarakat, sekalipun tidak menafikkan elemen fiksionalitas sebagai ornamen stilistik yang menjadikan karya sastra semakin indah untuk dinikmati dan diapresisiasi secara sosial fungsional karya yang komplek dan menyentuk fenomena kemasyarakatan (literary is sosiocultural bounds).


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.