Friday 4 December 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "menjelang". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "menjelang"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "menjelang" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "menjelang", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "menjelang" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "menjelang"

  1. Saat ini sebenarnya pagi menjelang siang.
  2. "Selamat sore menjelang Magrib." Rangga tersenyum.
  3. Malam baru saja menjelang dan hujan semakin membesar.
  4. Di sebuah kota menjelang Semarang, bis memasuki terminal.
  5. Peristiwa menghebohkan itu terjadi menjelang hari kebangkitan.
  6. Terik sinar matahari menjelang musim kemarau berhembus augin silir.
  7. Sebagai contoh adalah ungkapan rasa syukur menjelang panen padi di desa-desa.
  8. Justru menjelang pemilu, PDI-P membuat blunder besar, komentar Joko Parepare.
  9. Penanaman padi dimulai pada saat atau menjelang musim hujan (bulan September-Oktober).
  10. Kala itu menjelang tengah hari, ia meneduh dibawah pohon yang tumbuh ditepi sungai kecil.
  11. Suasana Partai Demokrat (PD) menjelang pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) makin memanas.
  12. Strip hitam di dada dan kaki belum nampak dan berangsur-angsur akan semakin jelas menjelang dewasa.
  13. Karena itu, jauh lewat tengah malam, menjelang pagi, mereka baru sampai di kaki bukit dengan selamat.
  14. Perahu meluncur cepat dan menjelang senja, perahu mendarat di kaki sebuah bukit yang penuh hutan belukar.
  15. Kinerja pasar modal di Bursa Efek Jakarta meningkat meskipun sempat menurun menjelang akhir Agustus 2005.
  16. Hal yang paling menggembirakan menjelang Lebaran bagi kebanyakan orang adalah mendapat kiriman kartu Lebaran.
  17. Kalau anda bersikap kritis kemudian banyak pejabat datang dan kasih uang apalagi menjelang pemilu seperti sekarang.
  18. Mujahadah tidaklah cukup sekali atau dua kali, namun ia harus dilakukan sepanjang hayat hingga menjelang kematiannya.
  19. Entah bagaimana, anak kecil yang menjelang berumur sepuluh tahun itu, tiba-tiba mempunyai angan2 seperti orang dewasa.
  20. Musibah itu, secara dini, direaksi oleh Mbak Ega dengan aksi "mau mandi" menjelang nama-nama menteri baru itu diumumkan.
  21. Karena malam sudah jatuh dan menjelang fajar, Wawan duduk-duduk saja di bangku penjagaan, walaupun sesekali terpejam juga.
  22. Kurs rupiah sempat melemah tajam hingga menyentuh Rp 12.000,- per USD pada perdagangan harian menjelang akhir Agustus 2005.
  23. Mereka berlari terus dan menjelang pagi, Yen Yen baru mengajak Siauw Cu berhenti di dalam sebuah gubuk di tepi sungai kecil.
  24. Di wilayah Indonesia, transit Venus dapat disaksikan mulai pukul 12.00 siang hingga menjelang magrib, jika cuaca cerah tentunya.
  25. Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Jakarta sempat menurun di bawah 1.000 menjelang akhir Agustus 2005 pada saat rupiah melemah.
  26. “Pasalnya, hasil jajak pendapat yang beredar menjelang pemilihan presiden putaran kedua dikhawatirkan akan menyesatkan...,” katanya.
  27. Estetika bisa dipastikan tidak ada lagi,hanya kesemrawutan,apalagi dalam pengalaman pribadi saya sebagai calon anggota legislatif menjelang Pemilu 2009.
  28. Sejak Gus Dur diangkat sebagai "manager" merangkap "coach", hingga kini, menjelang injury time, publik dan suporter dibikin tak berhenti tersentak-sentak.
  29. Berbagai program seperti raskin (beras miskin), bantuan langsung tunai (BLT), dan kebijakan populer lainnya seakan menggelontor menjelang pemilihan presiden.
  30. Tetapi, dari 141 partai yang terdaftar menjelang Pemilu 1999, cuma 48 partai yang boleh ikut pemilu, dan cuma 21 partai yang berhasil menempatkan wakilnya di DPR.
  31. Dengan perut perih karena lapar, tubuh dingin karena udara menjelang malam itu dingin dengan angin dari timur, tubuh lelah walaupun kini luka-lukanya telah sembuh semua.
  32. Sementara itu, SBY yang dicitrakan sebagai pemimpin prorakyat kecil, terutama menjelang pemilihan presiden 2009, tampaknya tak berlanjut ketika rakyat kembali memilihnya.
  33. Duh, duh, tidak akan pernah ada lagi yang membawakanmu nasi bungkus dan dongeng menjelang tidur ya, Dik! Sebilah belati sudah menghancurkan mimpi si Abang dan si Buntung.
  34. Sampai sekitar 15 menit menjelang pukul tiga sore, sebuah bintik hitam yang ukurannya tak biasa dan bentuknya bulat hampir sempurna terlihat di sebelah kiri cakram matahari.
  35. Dia tahu kalau hari ini adalah hari pertempuran si kecil yang terakhir .Tinggal beberapa saat lagi menjelang buka puasa, dan sepeda yang dijanjikan Rangga pun akan didapatnya.
  36. Servis ringan / tune up-lah mesin mobil anda seminggu atau lebih sebelum melakukan perjalanan jauh/mudik, karena banyak bengkel mobil yang tutup menjelang hari raya Idul Fitri.
  37. TETAPI, menjelang 100 hari usianya, pemerintahan SBY yang dinilai lembek, mengumumkan ambisinya membangun 91 proyek infrastruktur – termasuk untuk Aceh – senilai Rp 202 trilyun.
  38. Renungan : Angin baratan khatulistiwa kuat yang dibawa Walker barat menjelang musim dingin Asia menahan gerak PPAT ke selatan, dn menjelang musim panas menghambat gerak PPAT ke utara ?
  39. Pasukan yang kuat telah dikumpulkan dan tak lama kemudian, Panglima Shu sendiri yang memimpin pasukan itu, menjelang pagi bergerak menuju ke Bukit Bambu Kuning di lembah sungai Yang-ce.
  40. Demikian seperti yang telah dilakukan selama berpekan-pekan ini, menjelang mentari turun kebalik gunung, ia segera menggiring kambing sambil melamun cerita yang dituturkan kakek tua siang tadi.
  41. Sementara kecamatan lain yang mendapatkan manfaat dari P2DTK adalah kecamatan Galing yang berjarak empat jam dari ibukota kabupaten serta dua jam perjalanan menjelang perbatasan Indonesia dengan Malaysia.
  42. Obama menunjukkan kepada SBY dan rakyat Indonesia ketika dia menunda kunjungan ke Jakarta -di antaranya bernostalgia di sebuah SD negeri di Menteng- menjelang disahkannya Undang-Undang Kesehatan yang sangat bersejarah.
  43. Setelah kami menjelang dewasa, ketika itu aku berusia enam belas tahun dan dia berusia dua puluh tahun, pada suatu malam dia mendengar bahwa aku bukan adik kandungnya, bahkan bukan apa-apanya, dia....dia mencoba merayuku.
  44. Senja menjelang malam itu menjadi waktu bagi burung-burung untuk terbang kembali ke sarangnya dan inilah yang menarik per­hatian Keng Han. Dia pergi ke sebatang pohon besar di mana nampak banyak burung terbang berputaran.
  45. Wajah yang pucat itu, mata yang sayu dan kini dibuka lebar-lebar, bibir yang setengah terbuka dan gemetar, kembali mengingatkan Bouw In Hwesio kepada isterinya, menjelang kematian isterinya yang terluka parah oleh serangan penjahat.
  46. Intinya, kebijakan pemerintah untuk mengentas kemiskinan tidak dilakukan secara mendasar -misalnya, menciptakan UU yang prowarga miskin seperti UU Kesehatan ala Obama-, melainkan hanya tambal sulam, apalagi hanya dilakukan menjelang pemilu.
  47. Hiburan yang menyemarakan pesta perkawinan itupun merupakan hiburan kelas satu yaitu serombongan pemain gamelan terkenal yang pada menjelang tengah malam akan disambung dengan permainan wayang kulit oleh ki dalang Ronggo Suwito dari Madiun.
  48. Berbicara ASEAN tanpa menyebut Ali Alatas bagai sayur tanpa garam, sehingga berita meninggalnya diplomat senior Indonesia itu yang hanya empat hari menjelang pengesahan pemberlakukan Piagam ASEAN pada 15 Desember 2008, meninggalkan kisah sedih bagi ASEAN.
  49. Gubernurnya yang kini ditahan polisi? Surat kawat Mendagri yang tak dibacakan ketua DPRD menjelang pemilihan? Presiden Megawati yang lima kali diminta oleh rombongan DPRD Lampung tapi tak mau bertemu? Para pimpinan DPRD yang kini dimosi-tidak-percaya? Moral? Hukum? Pemerintah?
  50. Tidak ada baliho kandidat calon presiden yang menghiasi jalan-jalan Washington DC yang lebih dingin dan sendu dari yang biasanya pernah saya rasakan karena dampak badai Sandy, berbeda dengan morat-maritnya Jakarta sebagai ibu kota saat masa kampanye menjelang pemilihan presiden.
  51. Tetapi, kata Kepala Stasiun Reformatologi Surabaya, "Tak jelas, apakah itu siklon anti-Gus Dur atau anti-Golkar." Yang jelas, Menteri Pertahanan Moh. Mahfud MD menyatakan siap mempertanggungjawabkan tudingannya bahwa Golkar menerima sumbangan ilegal Rp 90 milyar dari Bulog menjelang Pemilu 1999.
  52. Amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku tokoh menjelang cerita berakhir, dapat pula secara eksplisit yaitu dengan penyampaian seruan, saran, peringatan, nasehat, anjuran, larangan yang berhubungan dengan gagasan utama cerita.
  53. Yang empat itu bisa disebut "empat sekawan" (seperti dalam khazanah bacaan anak-anak), bisa juga "the gang of four" (dari Revolusi Kebudayaan Cina), kalau bukannya "punakawan plus" (dalam lakon wayang, yang tampil dalam gorogoro setelah adegan rampogan, pengerahan pasukan ke medan laga, menjelang perang besar).
  54. Sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang bijak, “Kemuliaan diri yaitu ketika kamu dapat menanggung hal-hal yang tidak menyenangkanmu sebagaimana kamu sanggup menghadapi hal-hal yang memuliakanmu.” Diriwayatkan bahwa suatu ketika Khalifah Umar bin Abdul Aziz sedang pergi berangkat ke masjid pada waktu menjelang subuh (waktu sahur, suasana masih gelap).
  55. Menurut survey yang diadakan di Desa Sipange, Kecamatan Tukka di dapat keluarga yang mempunyai anak balita sebanyak 50 keluarga, dan di desa Sipange, anak-anak banyak yang tidak terpenuhi kebutuhan bermainnya.Hal ini disebabkan mayoritas penduduk Sipange adalah bertani, dan di Desa Sipange tidak ada sekolah taman kanak-kanak (TK) dan play group dan akhirnya banyak keluarga yang membawa anak-anak ke tempat bekerjanya (sawah atau kebun) dan anak baru pulang bersama orang tuanya ke rumah menjelang sore.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.