Friday 4 December 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "panen". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "panen"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "panen" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "panen", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "panen" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "panen"

  1. Penanganan pasca panen sangat mempengaruhi mutu kopi.
  2. 4. petani tidak memiliki informasi kalender panen raya
  3. 1. petani ingin langsung dapat cash saat panen utk segera bayar hutang
  4. Sebagai contoh adalah ungkapan rasa syukur menjelang panen padi di desa-desa.
  5. Alasannya, Februari nanti petani akan panen raya, stok nasional tidak terancam.
  6. Harga yang ada pada saat penjualan hasil panen akan menentukan besarnya nilai penerimaan.
  7. Rata - rata indeks panen akibat interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dan dosis pupuk urea.
  8. “Belum juga jelas berapa sebenarnya hasil panen raya nanti, sekarang stok beras di pasar berkurang.
  9. Lalu, jika Pak Kiai sanggup menjaga kebersihan dan menepis segala godaan sudah pasti akan panen pujian.
  10. Petani hanya punya waktu 2 hari utk bertahan karena hari ke-3 hasil panen akan membusuk dan harganya=0.
  11. Mutu kopi rakyat yang masih rendah karena kurang tepatnya penanganan pasca panen sering menjadi masalah.
  12. Pemungutan hasil atau panen berupa tongkol jagung dilakukan setelah jagung cukup masak, yaitu pada umur 95 hst.
  13. Pen-dapatan usahatani diperoleh dari jumlah hasil panen dengan harga yang berlaku pada saat penjualan hasil panen.
  14. Namun kenyataan bicara lain, sang tengkulak tahu persis bhw saat panen adalah saat yg paling lemah bagi para petani.
  15. Hasil indeks panen akan berpengaruh pada bobot total pertanaman yang nantinya menentukan produksi bobot kering ton/ha.
  16. Rata - rata indeks panen akibat interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dan dosis pupuk urea disajikan pada Tabel 12.
  17. Tanda – tanda tongkol siap panen adalah klobot jagung sudah berwarna coklat muda dan ada tanda hitam pada pangkal bijinya.
  18. Sedangkan penerimaan usahatani dapat diperoleh dari jumlah hasil panen dengan harga yang berlaku pada saat penjualan hasil panen.
  19. Apabila penggunaan dosis pupuk urea ditingkatkan dari 250 menjadi 450 kg urea/ha tanpa pupuk kandang ayam indeks panen meningkat sebesar 1.04%.
  20. Ketika panen raya (bulan Desember-Januari), masyarakat dapat memperbaiki kehidupan ekonominya meskipun saat ini nilai penjualan tidak terlalu tinggi.
  21. Indeks panen juga lebih tinggi pada penggunaan dosis 450 kg urea/ha tanpa pupuk kandang ayam dibandingkan dosis 2.3 dan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha.
  22. Begitupula dengan peningkatan dosis pupuk urea dari 250 kg/ha menjadi 350 kg urea/ha pada perlakuan 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha indeks panen meningkat sebesar 1.51%.
  23. Potensi sagu di tingkat petani saat ini belum optimal pemanfaatannya, hal ini ditandai dengan : 1) banyak tanaman sagu yang layak panen tetapi tidak dipanen dan akhirnya rusak.
  24. Begitupula apabila penggunaan pupuk kandang ayam ditingkatkan dari tanpa pupuk kandang ayam menjadi 2.3 ton/ha pada perlakuan 350 kg urea/ha indeks panen meningkat sebesar 1.48%.
  25. Betapa hebat jiwa rakyat di balik perasaan dendam, masih sanggup berpikir bahwa pedang dan parang lebih berguna bila digunakan untuk panen kacang ketimbang untuk menebas leher orang.
  26. Apabila penggunaan pupuk kandang ayam dinaikkan dari tanpa pupuk kandang ayam menjadi 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha pada perlakuan 250 kg urea/ha indeks panen meningkat sebesar 1.00%.
  27. Indeks panen yang dihasilkan lebih tinggi pada penggunaan dosis 350 kg urea/ha dikombinasi dengan dosis 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha dibandingkan tanpa pupuk kandang ayam dan dosis 4.6 ton/ha.
  28. Tujuan memperoleh hasil panen yang baik tanpa bekerja keras dan tekun, tidak ada gunanya sama sekali, sebaliknya dengan bekerja keras dan tekun hampir dapat dipastikan mendatangkan hasil panen yang baik.
  29. Indeks panen akan lebih tinggi pada penggunaan dosis 250 kg/ha dikombinasi dengan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha dibandingkan dosis 350 dan 450 kg urea/ha dikombinasi dengan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha.
  30. “Menteri perdagangan pun, sesudah menuai protes para petani soal izin impor beras yang dikeluarkannya -- padahal harga stabil dan panen surplus -- dengan gampang ia berkilah, kalau stok cukup, ya Bulog tak harus impor.
  31. Pengalaman saat ini ketika terjadi panen raya , petani selalu dirugikan . Untuk mencegah kerugian yang diderita oleh petani pada saat musim panen akibat anjloknya harga gabah, Perum pegadaian meluncurkan gadai gadai gabah.
  32. Dengan keberagaman tanaman, persediaan pangan dapat terjaga sehingga bila sewaktu-waktu terjadi kegagalan panen masyarakat  tidak kesulitan untuk memperoleh sumber pangan pengganti dan tidak perlu mengimpor dari daerah lain.
  33. Indeks panen yang dihasilkan lebih tinggi pada penggunaan dosis urea 350 kg/ha dikombinasi dengan 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha dibandingkan dosis urea 250 dan 450 kg/ha dikombinasi dengan dosis 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha.
  34. Sebagai makanan pokok masyarakat Maluku, pohon sagu dari tahun ke tahun semakin berkurang, baik karena hasil panen secara eksploitatif maupun karena alih fungsi lahan untuk usaha lainnya bahkan untuk keperluan pembangunan lainnya.
  35. "Dengan adanya jembatan tersebut, ada penekanan biaya, karena penduduk dapat membawa hasil panen mereka lebih cepat ke ibukota kecamatan," ujar Camat Tebas Heryanto saat ditemui kunjungan kerja tim PSF Bank Dunia di desa Bukit Segolar.
  36. Dengan sistem ini, petani menggadaikan gabahnya pada musim panen, untuk ditebus dan dijual ketika harga gabah kembali normal.Petani menggadaikan sebagian gabahnya pada musim panen pada perum pegadaian dengan harga yang berlaku saat itu.
  37. Bila petani tidak perlu mengembalikan uang pinjamannya, dan mereka punya penghasilan lain selama menunggu panen dari hutan tanaman untuk kehidupan sehari-hari keluarganya, break even akan terjadi pada tahun ke-11 dengan saldo Rp 3,75 juta.
  38. Pada perlakuan dosis pupuk urea yang diberikan, terlihat bahwa penggunaan dosis 250 kg urea/ha dikombinasi dengan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha indeks panen yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan tanpa pupuk kandang ayam dan dosis 2.3 ton/ha.
  39. Secara umum Tabel 12 terlihat bahwa indeks panen tertinggi dicapai pada perlakuan 450 kg urea/ha tanpa pupuk kandang ayam, 350 kg urea/ha dikombinasi dengan 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha dan 250 kg urea/ha dikombinasi dengan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha.
  40. Selanjutnya pada perlakuan dosis pupuk kandang ayam yang diaplikasikan, terlihat bahwa penggunaan dosis urea 450 kg/ha tanpa pupuk kandang ayam/ha indeks panen yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dosis urea 250 dan 350 kg/ha tanpa pupuk kandang ayam.
  41. Sedangkan dosis 250-350 kg urea/ha tanpa pupuk kandang ayam, dosis 250 dan 450 kg urea/ha dikombinasi dengan 2.3 ton pupuk kandang ayam/ha dan dosis 350-450 kg urea/ha dikombinasi dengan 4.6 ton pupuk kandang ayam/ha indeks panen yang dihasilkan lebih rendah.
  42. MESKIPUN setengah juta hektare sawah dilanda kekeringan, sebagian tanaman pangan gagal panen alias puso, waduk-waduk mengering, rakyat terpaksa menggunakan air kotor, dan pasokan energi listrik terancam, Menteri Pertanian Bungaran Saragih menyatakan, stok pangan Indonesia masih cukup untuk 12 bulan ke depan.
  43. Dari sawah ladang atau dari perairan mereka tidak memperoleh hasil, dan dari para pejabat mereka tidak menerima bantuan, bahkan kesempatan itu dipergunakan oleh para tuan tanah dan para pejabat untuk mengulurkan hutang kepada mereka dengan bunga yang akan mencekik leher mereka di kala alam lebih ramah dan panen berhasil baik.
  44. Kalau hasil panen mereka baik panen hasil tanaman di sawah ladang, maupun panen hasil penangkapan ikan di perairan, sebagian dari hasil mereka masuk ke dalam gudang pejabat daerah, dan mereka masih untung mendapatkan sisa hasil itu untuk dimakan sekeluarga mereka. Akan tetapi, celakalah kalau alam tidak membantu mereka, kalau terjadi banjir atau musim kering yang lama.
  45. Penelitian terhadap mutu fisik dan citarasa hasil panen kopi arabika varietas S 795 dilakukan di Laboratorium Pasca panen Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Jember sebagai lanjutan dari hasil penelitian di lapangan yang dilakukan pada pertanaman kopi arabika pada umur produktif milik petani di Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, pada tahun 2002-2003.
  46. Salah satu inovasi produk yang diluncurkan oleh pegadaian adalah Program Kredit Tunda Jual Komoditas Pertanian yang saat ini lebih dikenal dengan Gadai Gabah.program ini diluncurkan atas landasan pemikiran bahwa dalam rangka mengurangi kerugian petani akibat perbedaan harga jual gabah pada saat panen raya.sasaran utama program ini adalah membantu petani agar bisa menjual gabah yang dimilikinya sesuai dengan harga dasar yang ditetapkan oleh pemerintah.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.