Friday 4 December 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lahan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lahan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "lahan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "lahan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "lahan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "lahan"

  1. Lahan ini merupakan lahan warisan turun temurun.
  2. Peternakan Unud, di lahan ini masih dipelihara 7 ekor sapi.
  3. Sebelum lahan diolah, lahan diber-sihkan dari sisa tanaman.
  4. Pembudidayaan rumput gajah ditanam mengelilingi area lahan ini.
  5. 4. Mempertahankan lahan produktif dan suplai air untuk pertanian.
  6. Pemuda desa setempat meminjam lahan ini untuk bermain sepak bola.
  7. Akibatnya, kepemilikan lahan pertanian di desa ini semakin terbatas.
  8. Upaya meningkatkan kesuburan dan produktivitas tanah di lahan kering.
  9. Hampir sebagian (836 RTP - 48.9%) RTP masih pemiliki lahan pertanian.
  10. a. Sebagai lahan percontohan untuk peningkatan produktifitas pertanian.
  11.  TETAPI, para koruptor tidak akan pernah kehilangan lahan dan dana korupsi.
  12. Gambar 20: Kendala untuk menyediakan rumput dari lahan milik sendiri (N=381)
  13. Meningkatkan produksi padi di lahan sawah keracunan besi di Kalimantan Selatan.
  14. Perkembangan Kualitas lahan dan potensi Pengembangan Kopi Arabika di Indonesia.
  15. Rata-rata luas lahan yang dimiliki keluarga sangat terbatas - kurang dari 0.5 ha.
  16. Nampaknya, sudah sejak lama lahan ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh Fak.
  17. Di desa ini ada 262 KK miskin (51.7%) yang mengembangkan kopi di lahan perkebunannya.
  18. Dari lahan pertanian padi tersebut dihasilkan padi sebanyak 89.875 ton beras per tahun1.
  19. Di lahan pertanian KK miskin juga ditanam budi daya tanaman jangka menengah yaitu jeruk.
  20. Si bandel itu sedang mencari-cari lahan kosong untuk menuliskan nama dan tanda tangannya.
  21. Kecocokan lahan di Maluku dengan siklus tumbuh tanaman sagu belum dimaksimalkan potensinya.
  22. Berdasarkan hasil survei, 378 KK miskin (74.6%) di desa ini mengaku memiliki lahan sendiri.
  23. Pulau lain tidak bisa dikembangkan menjadi lahan persawahan karena resistensinya sangat tinggi.
  24. Semakin padat populasi manusia, lahan yang semula produktif menjadi tidak atau kurang produktif.
  25. Adapun sektor pertanian hanya tumbuh 2,5 persen antara lain karena berkurangnya luas lahan pertanian.
  26. Hasil survei secara khusus menjelaskan budi daya tanaman yang dikembangkan di lahan pertanian KK miskin.
  27. Luas lahan yang dimiliki antara 50 M2 sampai 60.000 M2. 317 KK (62.5%) mengaku memiliki pendapatan tetap.
  28. Selain itu, Fakultas Peternakan Unud juga memanfaatkan lahan ini dengan pendekatan sistem pertanian tiga strata.
  29. Masyarakat desa tradisional di Bangli bagian utara ini hidupnya sangat tergantung dari sistem pertanian lahan kering.
  30. (d) Kabupaten Sleman: mulai landai hingga lahan yang memiliki kelerengan sangat curam dengan ketinggian 100 - 1.500 m dpl.
  31. Sayangnya, sekitar 76% masyarakat disini tidak memiliki lahan yang dapat digunakan sebagai lahan untuk pakan ternak mereka.
  32. Sistem pertanian lahan kering di desa ini hanya mengandalkan curah hujan selama enam bulan dalam setahun (Oktober –April).
  33. Secara umum, pelaksanaan penelitian ini difokuskan untuk pengembangan masyarakat miskin di lahan kering dikaji dari aspek gizi.
  34. Surve ini menunjukkan bahwa peternakan khsususnya sapi di lahan kering seperti Desa Pengotan cukup potensial untuk dikembangkan.
  35. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan tingkat kepemilikan lahan dan produktivitas lahan pertanian keluarga miskin yang juga rendah.
  36. “ketersediaan lahan untuk pangan lokal seharusnya dapat diberdayakan, dan itu merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Daerah.
  37. Bentang budaya pedesaan didominasi oleh lahan pertanian dan pemukiman, sedangkan bentang budaya perkotaan didominasi oleh bangunan.
  38. Peternakan. Ke depan, Unud perlu lebih mengefektifkan lahan ini baik untuk kepentingan akademis maupun untuk pengembangan masyarakat.
  39. 1 Alih fungsi lahan pertanian ke penggunaan lain telah menjadi salah satu ancaman yang serius terhadap keberlanjutan swasembada pangan.
  40. Pengunjung masih harus berjalan satu kilometer lagi menapaki lahan tandus berbatu dan membelah perkebunan jambu mete milik PT Perhutani.
  41. Lahan pertanian yang dimiliki petani harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, demikian pula dengan lahan pekarangan masing-masing KK miskin.
  42. Provinsi Maluku memiliki lahan pertanian padi seluas 21.252 Ha3, dengan perincian 18.545 Ha3 lahan padi sawah dan 2.207 Ha3 lahan padi ladang.
  43. Penelitian dilakukan pada musim hujan 2005/2006 (Desember 2005- April 2006) pada lahan sawah tadah hujan di KP. Pleihari, Kabupaten Tanah Laut.
  44. Ada 148 KK miskin (29.2%) yang menanam jeruk di lahan pertaniannya dan menjadi komoditas utama pertanian untuk meningkatkan pendapatan keluarga.
  45. Di Dusun Delod Umah, pada pertengahan tahun 1990an Universitas Udayana merencanakan untuk mengembangkan farming system di atas lahan seluas 2 Ha.
  46. Masalah-masalah seperti konversi lahan dan kompetisi penggunaan SDA untuk penggunaan pertanian dan non-pertanian menjadi masalah yang kian serius.
  47. Menurut De Geus (1973), tanaman jagung biasanya di tanam pada lahan kering dan memperlihatkan tanggapan yang cukup besar terhadap pe-mupukan anorganik.
  48. Adanya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Maluku walaupun masih relatif kecil merupakan ancaman dalam rangka pengembangan penyediaan pangan.
  49. Tanaman yang dibudidayakan di lahan petani harus bisa dikonsumsi keluarga untuk meningkatkan gizi, sekaligus dijual untuk meningkatkan daya beli keluarga.
  50. Secara umum penggunaan pupuk kandang di desa ini memiliki peluang besar untuk dikembangkan mengingat rendahnya tingkat kesuburan lahan pertanian di desa ini.
  51. Biaya tetap merupakan biaya besar kecilnya yang tidak mempengaruhi produksi secara langsung yaitu sewa lahan, dalam percobaan ini biaya sewa lahan sebesar Rp.
  52. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi dalam negeri adalah melalui pemupukan serta penggunaan benih jagung hibrida yang dibudidayakan pada lahan kering.
  53. Sehingga untuk memenuhi pakan ternak tersebut mereka mengambil rumput di dalam kawasan bahkan mengunakan lahan untuk ditanami rumput sebagai pakan ternak mereka.
  54. Keterbatasan luas lahan yang dimiliki KK miskin harus dicarikan solusi agar mampu meningkatkan produktifitas lahan dan persediaan pangan serta daya beli keluarga.
  55. Hilangnya keanekaragaman hayati di lahan pertanian lantaran hanya mengandalkan beras sebagai tumpuan ketahanan pangan sangatlah beresiko bagi kehidupan masyarakat.
  56. Seperti yang disampaikan oleh Sukir (Kelompok 3), Ya tidak cukup mas karena lahan yang dimiliki masyarakat kecil-kecil mas jadi kalau yang ukuran hektar hampir tidak ada.
  57. Di demplot ini diperkenalkan sistem pertanian lahan kering menggunakan teknologi tepat guna (pemilihan bibit, cara menanam, dan pemupukan lahan menggunakan pupuk organik).
  58. Melakukan analisa kimia tanah dan pupuk kandang ayam sebelum dilakukan penelitian untuk memastikan unsur hara dan kualitas dari lahan dan pupuk kandang ayam yang digunakan.
  59. 3. Data kuantitatif lahan dan produksi pangan lokal terutama sagu hendaknya di update 1 tahun sekali sebagai bahan perbandingan informasi terhadap ancaman alif fungsi lahan.
  60. Pelatihan kewirausahaan akan disinergikan dengan demplot dan lahan Unud menjadi “sekolah atau laboratorium lapangan” untuk mengembangkan ketiga unit usaha tersebut di atas.
  61. “anggaran tersebut untuk menggalakkan sagu, serta pangan lokal lainnya jagung dan umbi-umbian sesuai potensi, karakteristik dan luas lahan di masing - masing kabupaten/kota,"
  62. Secara letak geografis Maluku adalah Provinsi kepulauan yang hampir keseluruhan daerah lahan pertanian tidak cocok ditanami padi dan seringkali harus mengimpor dari luar daerah.
  63. Dari analisis data sekunder – laporan tentang profil Desa Pengotan tahun 2008 diketahui bahwa Rumah Tangga Petani (RTP) yang memiliki lahan perkebunan sendiri berjumlah 362 RTP.
  64. 4. Lahan yang digunakan untuk mengambil rumput pada umumnya merupakan lahan kehutanan atau lahan di gunung yang masuk ke dalam kawasan TNGM dan sudah dianggap sebagai lahan sendiri.
  65. Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan dan diskusi informal dengan beberapa tokoh masyarakat, kegiatan pembukaan lahan dengan mengkonversi hutan di kawasan TNGM semakin meluas.
  66. (9) Mereka berpikiran sama dengan Djo Koplak, pemilik rumah ini tentu sangat kaya, terbukti mampu membeli lahan luas di pinggir jalan, dan kemudian membangun rumah sebegitu besarnya.
  67. Kedua, pluralitas kultural yang dimiliki suku-suku bangsa di wilayah Nusantara merupakan lahan yang tak bakal habis digali dan dimanfaatkan bagi pemerkayaan khazanah sastra Indonesia.
  68. Sebagai manusia perempuan mempunyai apa yang oleh Maslow disebut sebagai self-actualization needs, mereka butuh lahan untuk mengekspresikan dan mengembangkan potensi intelektualitasnya.
  69. MESKIPUN kebakaran adalah bencana, sudah lama hal itu dipersepsi juga sebagai rekayasa dari para cukong yang bernafsu untuk mencaplok lahan di lokasi kebakaran bagi kepentingan bisnisnya.
  70. Penambangan ini terkadang tidak menghiraukan kondisi bentukan lahan, sehingga bentukan lahan menjadi berubah, contohnya bentukan lahan yang pada awalnya adalah tebing berubah menjadi dataran.
  71. Padahal, idealnya, olahraga yang memuat nilai-nilai kesetaraan antarmanusia, peniadaan sekat sosial-politik-ekonomi, ras, dan golongan menjadi lahan subur bagi apresiasi tentang kesamaan hak.
  72. “Padahal, ketersediaan lahan di Maluku untuk itu cukup besar, akan tetapi ketergantungan terlihat jelas, karena proses pemaksimalan pemanfaatan lahan belum dapat dilakukan secara baik.” 50
  73. Berdasarkan pengukuran menggunakan PUTS, lahan penelitian mempunyai kandungan P dan K yang rendah sehingga dosis pupuk P dan K yang diberikan masing-masing adalah 100 kg SP-36/ha dan 100 kg KCl/ha.
  74. Total luas perkebunan 8949 ha di Kecamatan Kintamani, 5656 ha-nya merupakan lahan pertanaman kopi; dan sisanya 2498 ha untuk cengkeh, 425 ha untuk kelapa, dan 82 ha untuk kakao (Anonim, 2000; 1999).
  75. Ketersediaan sumberdaya lahan di Provinsi Maluku relatif terbatas, karena kondisi geografis wilayah yang mencirikan Provinsi Maluku sebagai daerah kepulauan, dengan luas laut yang lebih luas dari daratan.
  76. Selain karena lahan pertanian di Maluku secara keseluruhan tidak cocok ditanami padi, distribusi pangan beras seringkali terkendala dengan medan letak geografis daerah Maluku yang merupakan daerah kepulauan.
  77. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Maryono (Kelompok 3), dari koperasi punya sewa lahan sedikit untuk memenuhi 80 sapi dengan teknologi tertentu tanpa harus merumput ditempat orang lain atau bahkan ke hutan
  78. Sebagian besar wilayah desa ini (670 ha atau 78.8%) dimanfaatkan untuk lahan pertanian, 167 ha (hampir 20%) untuk perkebunan rakyat, 11.95 ha (1.4%) untuk fasilitas umum, dan 16.36 ha (1.9%) untuk pemukiman warga.
  79. Namun jika dicermati produksi padi di Maluku kadang tidak mencukupi tingkat konsumsi beras masyarakat Maluku, sehingga harus mengimport beras dari daerah lain, padahal potensi lahan sagu di Maluku sangatlah besar.
  80. 6. Pada umumnya masyarakat tetap mengambil rumput di kawasan Gunung Merapi karena lahan milik pribadi atau pekarangan yang dimiliki tidak cukup luas sehingga rumput yang ada tidak mencukupi kebutuhan pakan ternak.
  81. Kebutuhan rumput yang semakin tinggi ditambah dengan keterbatasan lahan dan rendahnya kesadaran akan pentingnya konservasi TNGM menyebabkan rusaknya kawasan-kawasan yang memiliki nilai keanekaragaman hayati tinggi.
  82. Lahan kering dalam hal ini merupakan lahan pertanaman yang dikelola dengan sistem budidaya intensif dengan meng-gunakan pupuk anorganik dan pemenuhan kebutuhan air sepenuhnya tergantung pada air hujan (Sarief, 1993).
  83. Namun demikian, hasil pra-survei memperlihatkan bahwa kendala untuk menyediakan rumput dari lahan milik sendiri adalah karena 76% respoden (N=381) tidak memiliki lahan sebagaimana terlihat dalam gambar 19 di bawah ini.
  84. Menurut Ryan--bukan nama sebenarnya--siswa kelas I yang ikut duel itu, penataran brutal ini diprakarsai siswa kelas II dan III yang kesal lantaran adik kelasnya berani memarkir sepeda motor di lahan parkir depan sekolah.
  85. (c) Kabupaten Magelang: tiga kecamatan terpilih merupakan bagian lereng Gunung Merapi yang ke arah Barat, yang terletak pada ketinggian sekitar 500 m dpl, makin ke arah puncak Gunung Merapi kelerengan lahan semakin curam.
  86. Contoh lain pemilihan bibit unggul sehingga dalam satu kawasan lahan hanya ditanami satu macam tanaman, disebut pertanian tipe monokultur, dapat mengurangi keanekaragaman sehingga keseimbangan ekosistem sulit untuk diperoleh.
  87. Pengembangan sistem pertanian terpadu dengan sasaran keluarga miskin di desa lahan kering ini harus mampu mendorong setiap KK miskin di desa ini menjadi Keluarga Harapan Desa yang akan membangun desanya lebih maju di masa depan.
  88. Daya dukung lahan untuk pembangunan terutama yang sesuai bagi pembangunan pertanian adalah luas lahan yang sesuai bagi pembangunan pertanian dan perkebunan berdasarkan persyaratan yang dikehendaki komoditas yang akan diusahakan.
  89. Sebagai makanan pokok masyarakat Maluku, pohon sagu dari tahun ke tahun semakin berkurang, baik karena hasil panen secara eksploitatif maupun karena alih fungsi lahan untuk usaha lainnya bahkan untuk keperluan pembangunan lainnya.
  90. Di buminya sendiri Roy tak bisa berbuat apa-apa ketika nasib rakyat kecil semakin terpuruk, lahan produktif mereka dibuldoser dengan uang ganti beberapa ratus perak per meter, demi pemuasan nafsu serakah orang-orang kaya dari kota.
  91. Waluyo menyatakan17 bahwa, permasalahan fundamental yang dihadapi oleh daerah otonom untuk ketahanan pangan antara lain: Kebijakan ketahanan pangan, penataan dan pemanfaatan lahan pertanian, lumbung pangan, sebagaimana uraian berikut:
  92. Pengabaian potensi lokal dan pemfokusan pangan ke beras sehingga data tentang lahan sagu serta produksi sagu kurang digali oleh pemerintah setempat padahal hampir setiap daerah di Maluku terdapat kawasan sagu yang tumbuh secara alamiah.
  93. Kebijakan raskin dirubah menjadi pangkin, dari sisi sumber daya, BKP seharusnya mampu memaksimalkan potensi sagu sebagai pangan lokal, namun kurangnya perhatian pemerintah terhadap lahan sagu, sehingga banyak lahan sagu yang dialih fungsikan.
  94. Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang keanekaragaman hayati terbukti dari kecenderungan masyarakat untuk mengutamakan rumput daripada tanaman lainnya, contohnya dengan mengganti pohon di lahan dengan rumput untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak.
  95. Untuk itu penelitian guna mengetahui pengaruh waktu pemberian serta dosis penambahan pupuk kandang ayam yang sesuai dalam kaitannya dengan peng-gunaan dosis pupuk urea terhadap per-tumbuhan dan produksi jagung hibrida di lahan kering perlu dilakukan.
  96. Rendahnya hasil padi ini disebabkan adanya kendala biofsik lahan seperti rendahnya kesuburan tanah, gangguan hama penyakit, dan belum optimalnya input produksi yang diberikan oleh petani, yang berakibat rendahnya juga produktivitas dan pendapatan petani.
  97. Kalau ada perda sagu, maka lahan sagu tidak bisa diganggu gugat.”57 Komisi B DPRD Maluku juga mendorong berbagai proses itu, sehingga kemandirian masyarakat dalam hal pangan dapat segera terpenuhi dan tak bergantung lagi dari daerah lain seperti saat ini.
  98. Saat ini nilai penjualan salak per kg mencapai Rp 2.500,00 dan jumlah salak yang dipanen tiap harinya mencapai 30-40 kg. Tetapi berkembangnya pertanian salak juga memberikan dampak buruk yaitu banyaknya lahan yang dikonversi menjadi lahan salak, termasuk daerah penangkap air.
  99. Lahan sawah tadah hujan di Kalimantan Selatan seluas 163.258, merupakan salah satu potensi sebagai sumber produksi padi, namun demikian hasil padi di lahan sawah tadah hujan ini umumnya masih rendah yaitu rata-rata baru mencapai hasil sekitar 3,5 t/ha (Diperta Kal-Sel, 2004).
  100. Memperhatikan fungsi jalan, penggunaan lahan dan kepadatan arus lalu lintas sebagaimana diuraikan di atas, adalah wajar bila timbul pertanyaan mengenai kondisi lalu lintas jika Perumahan d’SPRING of TOMORROW Kecamatan Taman Sidoarjo selesai di bangun dan dihuni secara tetap.
  101. Distribusi RTP di desa berdasarkan kepemilikan luas lahan adalah 2.3% (39 RTP) tidak memiliki lahan pertanian, 24.9% (427 RTP) memiliki lahan kurang dari 0.5 ha, 19.9% (341 RTP) memiliki lahan antara 0/5-1 ha, dan hanya sedikit yaitu 3.9% (66 RTP) yang memiliki lahan lebih dari 1 ha.
  102. Sementara itu, Heru (Kel. 1) menuturkan, lahan yang semula berbukit-bukit diolah menjadi tanaman salak sehingga tidak menutup kemungkinan jika tanaman keras itu dipertahankan karena terkadang pingin punya lahan yang lebih sehingga tanaman keras itu tersingkir, dipotong untuk diolah..
  103. BKP dalam mewujudkan ketahanan pangan melihat adanya peluang sagu sebagai pangan lokal memiliki potensi, namun alih fungsi lahan oleh karena modernisasi pembangunan mekipun karakteristik sagu cocok dengan geografis Maluku, lambat laun akan hilang oleh karena ketidaktersedianya lahan pertanian.
  104. Untuk mengatasi ancaman pengambilan rumput, salah satu asumsi yang semula diambil (sebelum dilakukan pengumpulan data kawasan, baik melalui observasi, FGD, dan survei ) adalah dengan memperkenalkan teknik untuk optimalisasi lahan milik sendiri sebagai areal penanaman rumput untuk pakan ternak (agrofarming).
  105. "Karena Maluku memiliki lahan yang luas, maka harus menjadi catatan Pemerintah Daerah, bahwa selama ini pemanfaatan lahan dan kepedulian pemerintah sepertinya terlewatkan dan tidak terngiang, dan ada indikasi pura-pura tidak tahu, padahal itu ada di depan mata bahwa ini menandakan bahwa kita tidak mandiri.56
  106. 1. Asumsi awal bahwa kegiatan agrofarming dapat memberikan solusi bagi permasalahan konservasi di kawasan ini tampaknya akan mengalami tantangan, karena rendahnya kepemilikan lahan masyarakat dan ketika musim kemarau permasalahan kelangkaan air menyebabkan masyarakat masih tetap akan mencari rumput di dalam kawasan.
  107. Seperti yang disampaikan oleh Bu Udi (Kelompok 4) , kebanyakan lahan sendiri . Lahan sendiri yo punya kehutanan juga . Sementara itu, Marniah (Kel. 4) menyatakan, babatnya itu dapat seberapa terus Nanem rumputnya itu dapat seberapa didukung oleh Maryati dari kelompok diskusi yang sama, kalo babatnya luas ya kita punya tempat rumputnya itu luas.
  108. Hasil penelitian Sarwani et al (!995) di lahan sawah tadah hujan di Desa Pampain, Kalimantan Selatan menunjukkan pemberian bahan organik dengan dosis 5,0 t/ha dari jerami padi, kompos jerami padi, kotoran sapi, kotoran ayam dan sesabania sp mampu meningkatkan hasil padi berturut-turut 3,93 t/ha, 4,10 t/ha, 3,84 t/ha, 5,68 t/ha, dan 4,11 t/ha dibandingkan tanpa bahan organik 3,02 t/ha.
  109. Dari pengertian tersebut, maka bengkitan perjalanan merupakan tahap pemodelan transportasi yang bertugas untuk memperkirakan dan meramalkan jumlah (banyaknya) perjalanan yang berasal (meninggalkan) dari suatu zona/kawasan/petak lahan dan jumlah (banyaknya) perjalanan yang datang/tertarik (menuju) ke suatu zona/kawasan/petak lahan pada masa yang akan datang (tahun rencana) persatuan waktu.
  110. Peraturan Pemerintah No.68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan sebagai peraturan pelaksanaan UU No.7 tahun 1996 menegaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, upaya penyediaan pangan dilakukan dengan mengembangkan sistem produksi pangan yang berbasis pada sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal, mengembangkan efisiensi sistem usaha pangan, mengembangkan teknologi produksi pangan, mengembangkan sarana dan prasarana produksi pangan dan mempertahankan serta mengembangkan lahan produktif.
  111. Disamping itu hutan sagu yang merupakan salah satu sumbedaya alam yang menghasilkan berbagai unsur untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sudah mulai langkah disebabkan telah terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dan ketergantungan masyarakat pada sumber pangan berupa beras serta alihfungsi lahan hutan menjadi perkebunan masyarakat dan pemukiman menyebabkan hutan sagu mengalami penurunan ketersediaan di alam misalnya banyaknya program transmigrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan mengalihkan hutan sagu di Maluku menjadi pemukiman masyarakat.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

1 comment:

Note: only a member of this blog may post a comment.