Tuesday 24 November 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lautan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lautan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "lautan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "lautan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "lautan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "lautan"

  1. Orang-orang berjubel dalam lautan warna.
  2. Akhirnya tibalah dia di pantai lautan timur.
  3. Gelombang lautan sedemikian hebat­nya mengguncang perahu.
  4. Yang jelas, lautan itu menyimpan misteri ya, Roy. Seperti juga hidup."
  5. "Kalau begitu," kata Joko Parepare, "Kita masih bisa hidup di lautan air mata!"
  6. "Semoga anak itu diberi kekuatan lahir bathin dalam mengarungi lautan derita ..."
  7. Dan sinarnya mulai membuat jalan jalur kemerahan di permukaan lautan yang tenang.
  8. Kota yang kini kalau musim hujan sudah bisa menyaingi Jakarta dengan lautan airnya.
  9. Dengan sendirinya, mereka juga mempelajari nama lautan yang ada di sekitar Indonesia.
  10. “Kalau begitu,” kata Joko Parepare, “kita masih bisa hidup di lautan air mata!”
  11. Dia me­mandang jauh ke timur, ke arah lautan dan dia melihat pemandangan yang amat menakjubkan.
  12. “Ibarat kata pepatah, kuman dari seberang lautan menyengat, gajah di pelupuk mata ngibrit…,” kata MH.
  13. Dia teringat akan cerita ibunya ketika bertamasya dengan ayahnya, juga naik perahu ber­layar di sepanjang lautan ini.
  14. Alun-alun Bandung bukan lagi lapangan rumput, tapi sudah berubah bentuk menjadi tembok beton, air mancur, dan lautan manusia.
  15. Selama menjadi kaki tangan Datuk-Lembah Akhirat dosamu sedalam lautan setinggi langit! Terlebih lagi kau telah menodai muridku ... .
  16. Mereka menyadari tingginya langit dalamnya lautan dan mau bergabung dengan kami! Sang Datuk lalu berpaling pada Sutan Alam Rajo Di Bumi.
  17. “Akan tetapi kita tidak tinggal diam Kongcu! Dendam sedalam lautan ini harus ditebus dengan kematian Pangeran Tao Kuang dan kaisar!”
  18. Bukan main gi­rangnya hati Silani. Selamanya belum pernah ia melihat lautan dan kini ia dapat berlayar mengarungi samudera yang amat luas itu.
  19. Tidak salah lagi! Pulau itu tentu­lah Pulau Es yang dikabarkan sudah teng­gelam di lautan itu dan engkau telah mewarisi peninggalan Keluarga Pulau Es!
  20. Kepulauan Maluku beriklim tropis dan iklim mozon dimana iklim inin sangat dipengaruhi oleh lautan yang luas dan berlangsung seirama dengan musim yang ada.
  21. Perubahan iklim disebabkan oleh posisi matahari, tinggi rendahnya suatu daerah, pengaruh lautan dan keadaan wilayahnya, berbukit-bukit atau padang terbuka.
  22. Di atas lautan India selatan timbulnya sel-sel tekanan tinggi selain diikuti dengan landaian tekanan ke arah timur kurang juga diikuti angin selatan yang lebih kuat.
  23. “Nyonya, hari ini pinceng akan pergi melanjutkan perjalanan pinceng, harap engkau baik-baik menjaga dirimu dan jangan menenggelamkan hati dan pikiran ke dalam lautan duka.”
  24. Dia tidak dapat mengira-ngirakan apa yang sesungguhnya telah terjadi di dasar lautan itu, meng­apa ada pulau dapat lenyap ditelan air dan kini muncul kembali dalam bentuk lain.
  25. 2. Bentang air: berupa bentang air tawar yang meliputi sungai, danau dan waduk, serta bentang air asin, yang meliputi lautan (Laut Cina Selatan, laut Banda, laut Jawa, Laut Andaman, Laut Arafuru dll)
  26. Adapun ‘Ikrimah menuju lautan dan badai menerpanya, kemudian nakhoda kapal berkata kepada seluruh penumpang kapal: sudah, menyerahlah kalian, karena tuhan – tuhan kalian tidak dapat menolong kalian disini.
  27. Padahal, ibunya pernah bercerita bahwa kabarnya pulau itu dahulunya disebut Pulau Es yang lenyap di telan air lautan puluhan tahun yang lalu dan lima belas tahun yang lalu lahir atau timbul kembali mun­cul dari dalam lautan.
  28. Di atas lautan India sel tekanan tinggi yang kemarin ada tanda mau berpisah menjadi tiga sel, hari ini yang di bagian barat dan bagian timur masih belum banyak berubah, tetapi dengan yang ada di atas Australia selatan sudah berpisah.
  29. Di atas lautan India utara daerah tekanan tinggi yang kemarin terlihat agak ke barat terlihat meluas ke arah baratdaya; landaian tekanan ke arah timur masih kuat dan angin meridional (ke arah selatan) terlihat masih besar dan terletak lebih ke barat.
  30. Aku ingin sekali pergi melihat lautan seperti yang kau­janjikan, naik perahu layar mengarungi samudera luas! Silani merengek dan karena memang dia sudah berjanji di waktu berpengantinan, Pangeran Tao Seng akhirnya tidak dapat menolak per­mintaan itu.
  31. Setelah keluar dari perkampungan Khitan, Keng Han tidak langsung menuju ke selatan seperti yang disangka ibunya, dan kakeknya, melainkan dia membelok ke timur karena dia hendak lebih dulu pergi ke pantai lautan timur untuk men­cari pulau yang diceritakan ibunya itu.
  32. Lajur tengah sepanjang sekitar khatulistiwa dilalui angin baratan yang kuat tetapi kurang awan, dan lajur selatan yang dicirikan dengan sifat massa udara lautan India yang agak panas dengan banyak awan yang ditimbulkan dari hasil proses pertukaran momentum antara angin baratan khatulistiwa dan angin selatan tenggara dari lautan India selatan.
  33. Dengan ditetapkannya Undang –Undang RI No 46 Tahun 1999 tentang pembentukan pembentukan Provinsi Maluku Utara, Kabupaten buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, secara geografis Provinsi Maluku terletak antara 30- 80 3 Lintang Selatan dan 125045 - 1350 Bujur Timur dengan luas wilayah 712.479,69 Km2 terdiri dari 658.294,69 Km2 lautan dan 54.185 Km2 daratan.22
  34. Di atas lautan India bergesernya sel tekanan tinggi subtropik utara ke arah barat dan baratdaya menambah tingginya sel tekanan tinggi khatulistiwa di dekat sebelah timur Afrika dan memperkuat angin timurlaut di kawasan mendekati jazirah Arab; tetapi makin ke timur angin timur laut makin lemah dan sudah berbelok siklonan di sebelah utara khatulistiwa sehingga garis geser angin (near equatorial trouh) di sebelah utara khatulistiwa masih terlihat.

Bagaimana teman-teman? jika kalian punya kalimat lain, silahkan tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.