Tuesday 24 November 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "daratan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "daratan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "daratan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "daratan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "daratan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "daratan"

  1. Wilayah udara adalah ruang udara di atas wilayah daratan dan perairan Republik Indonesia;
  2. Di­bantu oleh Keng Han, dia mendayung perahunya ke daratan pulau dengan muka pucat ketakutan.
  3. ARKHYTIREMA terbang menuju ke daratan terdekat dan berharap bisa menemukan makhluk cerdas penghuni planet ini.
  4. Musim kemarau : terjadi pada bulan April-Oktober, ketika angin muson tenggara bertiup dari Australia menuju daratan Asia.
  5. Daerah tengah daratan Singapura berbukit-bukit dengan 4 puncaknya: Bukit Timah (tertinggi, 162 m), Gombak, Mandai, dan Panjang.
  6. Karena sudah dekat dengan daratan yang berbatu-batu, Ji Koan menggulung layarnya dan melanjutkan luncuran pe­rahu dengan menggunakan dayung.
  7. Pada abad 16, Origami berkembang di Spanyol, daratan Arab, dan juga di Jepang, dimana diperkenalkan oleh seorang dokter pribadi kaisar Jepang, yakni dr.
  8. Awal abad ke 7 pelaut-pelaut dari daratan Cina pada masa Dinasti Tang yang telah menyinggahi daerah-daerah di Kepulauan Maluku untuk mencari rempah-rempah.
  9. Sebelum kita dapat mengusir penjajah Mongol dari seluruh daratan Cina, perjuangan kita belum selesai, dan untuk itu kita harus dapat menarik dukungan rakyat.
  10. Berhubung tekanan akibat bobot dari es di daratan telah berkurang karena mencair, tanah di bawahnya telah memantul dan menyebabkan Bumi menjadi lebih lonjong.
  11. Sang Nila Utama menginjakkan kaki ke daratan pulau untuk berburu, dan belum jauh melangkah terpandanglah olehnya seekor binatang buas yang langsung diburunya.
  12. Yang dimaksud dengan lapangan terbang dalam ketentuan ini adalah kawasan di daratan atau perairan yang dipergunakan untuk lepas landas dan/atau pendaratan pesawat udara.
  13. Menguasai Pulau Andalas dan seluruh daratan tanah Jawa! Bidadariku, siapa namamu? Sambil bertanya Datuk Lembah Akhirat selinapkan tangan kanannya ke balik dada pakaian si gemuk.
  14. 12. Pangkalan udara adalah kawasan di daratan dan/atau di perairan dalam wilayah Republik Indonesia yang dipergunakan untuk kegiatan penerbangan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia;
  15. Ketika memasuki gapura pintu desa dan tiba di daratan tempat dahulu ia berkelahi dengan Wawa, tiba-tiba ia terkejut mendengar longlong jeritan seorang anak yang disusul dengan lengking tangis.
  16. Wilayah udara yang berupa ruang udara di atas wilayah daratan dan perairan Republik Indonesia merupakan kekayaan nasional sehingga harus dimanfaatkan bagi sebesar-besar kepentingan rakyat, bangsa, dan negara.
  17. Lalu lintas dan angkutan jalan yang mempunyai karakteristik dan keunggulan tersendiri perlu dikembangkan dan dimanfaatkan sehingga mampu menjangkau seluruh wilayah pelosok daratan dengan mobilitas tinggi dan mampu memadukan mode transportasi lain.
  18. Tadi ketika dia menyeberangi sungai dan di daratan timur bertemu dengan belasan orang itu yang mengeroyoknya dengan pedang, dia sudah menduga bahwa mereka tentulah anak buah Kwi-kiam-pang. Agaknya di antara mereka ada yang mengenal ia yang pernah bermusuhan dengan Toat-beng Kiam-sian Lo Cit.
  19. Meskipun di daerah Maluku tidak ditemukan fosil/ kerangka manusia purba, namun ada asumsi yang mengatakan bahwa di Maluku sudah pernah hidup manusia purba yang mempunyai kemuripan dengan manusia Homosapiens yang hidup sekitar 40.000 tahun SM di daratan Jawa dan di pulau – pulau lain di Nusantara.
  20. Lalu ‘Ikrimah berkata: apabila ikhlas tidak dapat menyelamatkanku dilaut, maka tidak ada yang dapat menyelamatkanku di daratan kecuali Dia, Wahai Tuhan aku bersumpah kepadamu, apabila Engkau menyelamatkanku dari badai yang tengah menimpaku ini, aku akan mendatangi Muhammad dan aku akan meletakkan tanganku diatas tangannya sungguh aku mendapatinya sebagai orang yang pema’af lagi baik hati.
  21. Mampu menjangkau seluruh pelosok wilayah daratan mengandung pengertian bahwa lalu lintas dan angkutan jalan memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan sampai ke seluruh pelosok wilayah daratan baik melalui prasarana lalu lintas dan angkutan jalan itu sendiri atau merupakan keterpaduan dengan lintas sungai atau danau maupun keterpaduan dengan mode transportasi perkeretaapian, laut dan udara.
  22. Untuk mencapai daya guna dan hasil guna nasional yang optimal, di samping harus ditata dengan mode transportasi laut dan udara, lalu lintas dan angkutan jalan yang mempunyai kesamaan wilayah pelayanan di daratan dengan perkeretaapian, angkutan sungai, danau dan penyeberangan, maka perencanaan dan pengembangannya perlu ditata dalam satu kesatuan sistem secara tepat, serasi, seimbang, terpadu dan sinergetik antara satu dengan lainnya.
  23. Daerah Kabupaten ketapang mempunyai luas wilayah 35.809 Km 2 (± 3.580.900 Ha) yang terdirid ari 33.209 Km 2 wilayah daratan dan 2.600 Km 2 wilayah perairan serta memiliki 15 Kecamatan yaitu Kecamatan Matan Hilir Utara, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kecamatan Kendawangan, Kecamatan Sukadana, Kecamatan Teluk Batang, Kecamatan Simpang Hilir, Kecamatan Pulau Maya Karimata, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Marau, Kecamatan Manis Mata, Kecamatan Jelai Hulu, Kecamatan Sandai, Kecamatan Nanga Tayap, Kecamatan Sei Laur dan Kecamatan Simpang Hulu.
  24. b. bahwa transportasi di jalan sebagai salah satu modal transportasi tidak dapat dipisahkan dari modal-modal transportasi lain yang ditata dalam sistem transportasi nasional yang dinamis dan mampu mengadaptasi kemajuan di masa depan, mempunyai karakteristik yang mampu menjangkau seluruh pelosok wilayah daratan dan memadukan modal transportasi lainnya, perlu lebih dikembangkan potensinya dan ditingkatkan peranannya sebagai penghubung wilayah baik nasional maupun internasional, sebagai penunjang, pendorong, dan penggerak pembangunan nasional demi peningkatan kesejahteraan rakyat;
  25. Bahkan kemudian, setelah mencatat nama keluarga para pemimpin pemberontakan yang selama ini dapat dihancurkan, Menteri Bayan mengeluarkan usulnya yang amat kejam, yaitu agar Kaisar memerintahkan pasukan di seluruh negeri untuk mencari dan membunuh semua pribumi yang mempunyai nama keluarga Chang, Wang, Liu, Li dan Chao! Pada hal, lima nama keluarga ini merupakan keluarga terbanyak di seluruh daratan Cina, sehingga andai kata perintah itu dikeluarkan, usul Menteri Bayan itu diterima oleh kaisar, tentu akan ada jutaan manusia dibantai dan lebih dari setengan jumlah rakyat akan habis binasa! Namun, Kaisar Togan Timur tidak menerima usul ini.

Bagaimana teman-teman? jika kalian punya kalimat lain, silahkan tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.