Monday 7 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Memahami Karakter Cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina”. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Memahami Karakter Cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina”

Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola, yaitu peristiwa monologis yang adalah penggambaran keadaan dan kedirian yang bersifat tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya adalah dialogis, yang adalah penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu keadaan tempat dan waktu tertentu. Baik peristiwa monologis atau dialogis selalu ada dalam sebuah cerpen.

Bacalah cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina” berikut ini. Perhatikan dua peristiwa itu yang membangun cerpen itu.


Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina
Hanna Fransisca


Kemilau emas memancar saat Zhu membentangkan benang emas di sudut kain pelepai. Sinar perak jarum di tangannya menyulam satu kehidupan tajam yang menusuk. Udara Danau Menjukut berbau bunga kopi, bertiup perlahan memasuki rongga hati, dan menghempas dada Zhu pada barisan awan di langit menuju ke arah lau, ke arah pantai, ke arah teluk Tanjung Cina. Di sanalah Sulaiman, lelaki yang telah menebas separuh umurnya, telah terkubur dan pergi.
“Sulaiman. Sulaiman. Itulah Zhu, dan aku bicara padamu!”
Bukit Barisan Selatan yang memanjang bergelombang seperti hidup, karang-karang yang menjorok runcing dan tegak menuju ke arah perih laut Hindia, dari Krui hingga Pulau Betuah. Dan bunga-bunga kopi, dan pucuk-pucuk damar, dan awan awan biru-semua jelmaan tanah Tuhan ini, semata tercipta untuk kesetiaan cinta pada Sulaiman.
Kegembiraan separuh umur, dan kesedihan pada ujung hidupnya, menciptakan runcing jari-jari Zhu pandai menari. Menari dan bernyanyi di atas hamparan kain sulaman. Menyerut seluruh jiwa yang sedih, yang gembira, yang mabuk, dan putus asa. Lautan asmara, nyanyian cinta, kerinduan perih, dan pujian kepada tanah tempat lelakinya terkubur. Dia menyeru di atas sehelai kain pelepai, menggambar pola-pola yang rumit, dan membayangkan seluruh dirinya masuk. Menjadi naga yang menggerakkan seluruh gelombang tanah, bukit, gunung-gunung, menjadi liukan benang-benang emas dan rajutan benang-benang perak yang berkelit dan berkelindan dalam gulungan warna aroma ombak, hijau daun, putih awan.
Ada merah api cinta yang semerbak disana, ada kuning sejarah yang membentang di atas helai kain pelepai setelah dicipta berhari-hari. Begitu indah, dan selalu: delapan belas hari lalu ia akan berjalan dari Danau Menjukut ke arah bukit. Mencari angin yang bisa menyampaikan gema suaranya ke arah laut. Mencari tempat dimana dia bebas memandang pada titik pantai Tanjung Cina, yang diapit Selat Sunda serta Samudera Hindia. Di atas batu dia selalu akan meniru gerak laut, mengibarkan kain tapis dan berteriak gembira.
“Sulaiman. Sulaiman. Itulah kain tapismu yang ke 340! Akulah Zhu, istrimu. Perempuan yang telah menciptakan tarian sulaman benang dari separuh jiwaku. Dan kini aku bicara padamu! Sulaiman. Sulaiman. Itulah Zhu, dan aku bicara padamu.”

***
Setiap puncak Krakatau menyembul saat gelombang laut surut di pagi hari, maka akan terlihat ribuan walet terbang berputar-putar mencari kehangatan perpaduan kepundan dan matahari-yang kehangatan udaranya mungkin tak akan pernah diketemukan di benua manapun. Lalu menjelang sepenggalah hari, gerombolan hitam ribuan burung laut yang gesit itu akan bergerak cepat memintas selat menuju teluk Lampung dan Teluk Semangka. Di sanalah surga dari segala keriangan makhluk hitam itu tersedia, dari pagi hingga petang. Dari rantai makanan hingga kenyamanan angin, udara, dan matahari, yang mencipta gairah untuk syarat berkembang-biak—ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun—tersedia secara alamiah sepanjang hari. Seiring waktu bergeser, hingga senja mulai membayang, mereka lalu akan bergerombol berlesatan menuju pulau Tabuan, menunggu gelap sempurna.

Lantas gerombolan hitam itu akan memecah diri menjadi kelompok-kelompok kecil, dan bergerak bercericit menuju berbagai arah mata angin: Kota Agung, Kalianda, dan Bandar Lampung. Dikota -kota beraroma pantai itulah, mereka menemukan sarang. Istana tempat terlelap di malam hari, yakni rumah-rumah gelap, lembab dan nyaman, berupa gedung-gedung tinggi menjulang berbentukkota k beton tidak berjendela.

Hamparan ratusankota k beton di seanterokota -kota itu, adalah jebakan cerdik yang dibikin oleh manusia untuk memindahkan mereka dari kehidupan lepas di pantai-pantai berkarang sepanjang Bukit Barisan Selatan. Sesungguhnyalah, wallet adalah makhluk yang mencintai kenyamanan, kemudahan, dan jalan pintas yang praktis. Mereka tentu tidak diciptakan Tuhan untuk berpikir mengenai kebebasan. Maka bermigrasilah, setiap hari ratusan hingga ribuan walet memadati jebakan-jebakan nyaman yang dibuat untuk diburu. Diburu sarangnya, yang kelak diperjualbelikan sebagai barang ajaib dengan harga teramat tinggi.Migrasi walet yang membawa harta karun dari sarangnya yang tidak ternilai, adalah juga berarti migrasi manusia (para pemburu walet) yang bergelombang datang dari berbagai pulau seberang. Maka begitulah sejarahkota  lalu terbentuk, mejadi bandar yang ramai, menjadi tempat singgah para pelancong yang akhirnya menetap—kawin dan beranak-pinak. Maka begitu jugalah sejarah kehadiran Zhu yang tiba pertama kali ke Bandar Lampung, dengan membawa pesona kecerdasan dan keuletan, serta aroma kecantikan perempuan matang di usia remaja—seorang anak saudagar besar dengan bakat cemerlang.
Zhu mengawali sejarah dengan melaksanakan perjalanan jauh dari pulaunya, Kalimantan Timur. Meninggalkan leluhur menuju satu titik:kota  berteluk hangat di Selat Sunda. Para pedagang antar pulau telah mengabarkan sebuah rahasia besar di hadapan ayahnya, Zhu Miau Jung, “Ada ratusan ribu walet memadati puncak gunung tengah laut di Selat Sunda. Ada teluk di ujung timur pulau Sumatera, yang memanjang dengan tebing-tebing karang menuju deretan Bukit Barisan. Adakota -kota beraroma pantai. Ada beberapa orang berhasil membuat jebakan rumah untuk ribuan walet yang malang!”
Begitulah Zhu, memulai sejarah dengan membuat jebakan dari sepetak tanah yang dia beli, dan membangunnya menjadi istana walet, dengan keahlian yang tidak diragukan. Ya ya ya, dialah perempuan dengan aroma laut yang berpadu keindahan teratai. Dialah perempuan dengan masa depan gemilang, dari kegigihan dan keuletan. Dialah yang sejak lahir dididik sebagai pemburu walet ulung yang kelak berhak menyandang keahlian serta nama besar Zhu Miau Jung—pemburu walet paling terkenal lantaran ketajaman instingnya.
Konon Zhu Miau Jung telah melahirkan legenda, bahwa hanya dialah yang bisa mengerti bahasa burung! Nyaris seluruh pedagang besar di Nusantara Timur percaya. Maka saat berita keajaiban mengenai Selat Sunda tiba, dia tertantang untuk mendorong putri satu-satunya pergi. “Bukan lantaran usiaku telah mulai tua. Bukan itu. Petualangan untuk sebuah penaklukan tidak pernah mengenal umur. Tapi kau wajib segera menetapkan pilihan hidupmu. Pergilah, Zhu, kau sudah pantas dan matang untuk memulai. Buru dan tangkap walet-walet itu, dan letakkan dalam jumlah ribuan di dadamu, untuk melanjutkan nama besar ayahmu, untuk nama baik leluhurmu!”
Ada deraian hujan pada matanya sempit, membuat setiap orang yang dijumpainya tunduk dengan senang hati. Keramahan pada rambutnya panjang berkibar, kesopanan pada putih kulit seterang bulan, dan lesung pipitnya yang berkali membikin lelaki mabuk lantaran rindu. Zhu Ni Xia, menjadi terkenal seantero mata angin.
Dari Liwa hingga Kotabumi, bahkan orang-orang Menggala seringkali singgah untuk menukar pisang dan getah damar, dengan beras dan gula. Dari walet menjadi bandar, meluaskan niaga dengan membangun puluhan gudang: tempat menukar damar menjadi gula, atau ratusan karung kopi ditukar dengan kain dan gemerincing mata uang. Kapal-kapal barang yang singgah selalu menjabat tangan Zhu dengan hormat, dan menyampaikan salam kebesaran atas nama marga Zhu. “Selamat dan sejahtera, pada bisnis Nona Zhu yang semakin maju.”

***
Akulah lelaki yang menentang angin di malam saat serentetan tembakan menggema sepanjang malam. Nyala api membumbung, membakar lumbung, membakar atap dan dinding-puluhan rumah. Demi tuhan, kesedihan turun lewat langkah-langkah bergegas,dan teriakan kematian menggema pada lading-ladang kopi. Sayup dibalai kampong sekumpulan lelaki memainkan gamelan bamboo cetik, dengan nada putus-asa, seolah dengan pukulan-pukulan itu mereka menyatakan bahwa mereka adalah sekelompok petani pribumi yang punya hak sama, dan tidak sudi untuk pergi.
Sejak sore hari, menjelang magrib, tanda-tanda itu sudah dimulai. Made sukari berlari menurunin bukit, sambil terus menunjukan ke arah lembah,”celaka. Mereka betul-betul tengah bergerak! Mereka hendak menyerbu!”
Dua ekor gajah telah mati,seminggu sebelum kegawatan semakin memuncak, dan made sukari berlari member tanda menurunin bukit. Wajah-wajah pucat dan gemetaran menjalar, melewati lading, kebun, dan rumah-rumah yang langsung siaga.
“siapa lagi yang telah membunuh gajah-gajah itu? Demi tuhan,ini pertanda celaka!”

Dua gajah telah mati. Sebelumnya, empat ekor gajah di temukan tanpa nyawa dengan leher terbelah dan gading lenyap meninggalkan dua bolongan kasar di kepala. Tak ada petani di kualakambas yang tega membunuh makhluk raksasa bermata lembut. Puluhan, bahkan ratusan kali mereka menghalau gajah-gajah yang tersesat di lading, hanya dengan teriakan serta sapaan,” pergilah manis,hus,hus,pergilah dari ladng kami.”antara gajah dan petani telah mempunyai tautan hati yang sama. Tak perlu ada perang menempel, apalagi sampai memebelah leher.

Mereka akan pergi dengan langkah lamban,dan anak-anak seringkali menyanyikan nyanyian gembira sebagai pengiring, “pergilah wahai barisan gendut, menuju hutan,bersama angin,menyongsong hujan….”
Tapi gajah-gajah itu telah terlanjur mati,dibunuh dengan keji. Dan gajah yang mati akan menuntut balas dari Negara. Sudah terlalu lama kampong ini berurusan dengan Negara. Bahkan 18 tahun silam, ayahku terbunuh bersama 200 petani kopi yang dianggap membangkang,memberontak,hanya lantaran dia kukuh berkata:” sudah berpuluh tahun kami berdiam disini, sebelum kawasan hutan Negara ditetapkan. Kami tidak tinggal di hutan, tidak merusak hutan, dan tidak punya niat menjarah hutan. Kami adalah petani! Kami adalah pribumi, walaupun leluhur kami berasal dari berbagai pulau dan berbagai suku!kami adalah…”
Akulah lelaki yang menentang angin di malam saat serentetan tembakan menggema sepanjang malem. Akulah yang seringkali berkata kepada mereka, bahwa kematian gajah-gajah hanyalah alas an agar kami semua dianggap bersalah, dan berhak untuk dipaksa pergi. “pergilah kalian, bakar kebun kopi dan lading, dan berhak untuk dikembalikan menjadi hutan!” begitulah yang seringkali kudengar dari mulut ibuku saat menceriterakan bagaimana ayahku mati. Maka tidak perlu lagi bertanya mengenai siapa pembunuh gajah, kenapa gajah wajib dibunuh. Demi tuhan, saat made sukari berlari menuruni bukit, dan para lelaki berkumpul dibalai kampong lalu memainkan gamelan bamboo cetikdengan putus asa, aku sudah berkata : “ larilah ke hutan. Carilah jalan.”
Tapi mereka bergeming. Lalu suara tembakan, lalu asap pertama mengepul, lalu suara-suara jeritan, teriakan dan entah-barangkali kematian. Gelap aku menerabas pepohonan,menyeretn tanggan Nyiwar-ibuku.berkelebetan di pekat hutan, terus berlari, menerabas berhari-hari.entah berapa waktu telah hilang digerus perih dan lapar,dan kesakitan. Hinggah tiba di kampong yang entah,sebuah jalan raya, dan truk pengangkut karet membawaku ke depan pintu gerbang ini.
“ tolong bukakan gerbang.katakan pada Nona Zhu, saya sulaiman. Saya tidak sedang membawa barang. Saya wajib ketemu Nona Zhu.”

***
Sulaiman, dan berpuluhan lelaki yang dia kenal baik, biasanya datang membawa karung-karung biji kopi kering dengan kualitas terbaik. Tapi kali ini, Zhu melihat sesosok lelaki berantakan, penuh goresan luka, serta menggengam bungkusan kain-yang jelas pastilah bukan biji kopi- dan memandang padanya dengan tatapan gawat. Zhu melangkah mundur dengan refleks, “ cepat masuk!”
“mohon maaf,Nona Zhu, ini ibu saya,”sulaiman memperkenalkan Nyiwar. “saya tidak membawa…”

“sutinaaa,” Zhu memanggil pelayan, lalu menatap sulaiman, “kalian belum makan berhari-hari? Demi tuhan,aku sudah mendengar berita-berita soal kerusuhan di kualakambas. Hampir semua supir menceritakan isu-isu simpang siur. Astaga.”

“saya, Nona,” seorang pelayan perempuan muncul. “ segera siapkan makanan!” Zhu menghirup nafas dalam-dalam. “ setiap petugas yang dating memeriksa gudangku, selalu aku kataka, bahwa aku tidak pernah menerima biji kopi dari perkampungan yang masuk kawasan hutan Negara. Tapi kau tahu, sulaiman, bertahun-tahun aku tetap menerima kopi dari kalian. Selalu dalam pikiranku, bahwa ada sesuatu yang salah dari negeri ini. Nah, sampai dua hari lalu, aku memperoleh penekanan yang lebih keras, bahkan ancaman, jika ada karung-karung biji kopi yang dicurigai berasal dari kawasan hutan Negara, gudangku akan dibakar. Nah, bisa apa aku, sulaiman?sekarang engkau makanlah bersama ibumu. Sutinah sudah menyiapakannya. Setelah itu, pergilah…. Demi tuhan, sulaiman, aku tidak bisa berbuat apa-apa. Bisa apa aku, dalam kondisi seperti ini? Aku tidak bisa menawarkan kalian untuk tinggal.”
“saya memang tidak tahu dimana saya wajib tinggal,Nona. Saya dating ke sini lantaran bertahun-tahun Nona melindungi kami, dengan cara tetap membeli kopi dari kebun kami walaupun teramat besar resiko buat Nons. Tentu say tak akan lagi merepotkan….”
Ada nada perih, dan Zhu tidak sanggup menatap wajah lelaki itu.
[….]
Selalu dia berkata:”belum saatnya engkau mengerti,Zhu. Tetap tinggallah di kamar. Jangan keluar rumah.jagan bercerita pada siapa pun, bahwa ada banyak orang dirumah ini. Engkau mengerti?”

Dan dia hanya mengangguk.dan bertahun-tahun kemudian, barulah dia mengerti.

Lalu kini, di hadapannya, seorang lelaki muda dan seorang perempuan tua, menjadi perlarian dan datang di depan gerbang pintu rumahnya. Dia melihat kedua orang itu dari jauh, dari sebrang meja makan, dan air mata Zhu menitik dalam diam. Demi tuhan, bukan dua sosok di meja makan itulah yang dia lihat, tapi bayangan sebelas tahun silam serta keagungan ayahnya yang mampu berdiri tegak diantara para perlarian, walaupun penuh resiko.
“terimakasih, Nona. Hanya delapan belas kain tipis itulah barang yang bisa kami bawa. Terserah Nona, mau dinilai berapa. Kami membutuhkan uang untuk pergi ke jawa.delapan belas kain tipis ini, disulam ibu saya dengan sepenuh jiwa bertahun-tahun,” begitulah sulaiaman berkata.
Lalu Zhu melihat kepergian dua orang itu. Terpaksa hanya bisa melihat. Dengan hati perih.
***
Siapa nanya, bahwa delapan belas helai kain tapis bikinan tangan Nyiwar, telah membuat batin Zhu tercabik parah dan gila, begitu teramat menderita. Dia tak pernah membayangkan, bahwa sehelai kain akn menyimpan getaran dahsyat yang langsung menusuk pada jiwanya yang paling dalam. Pola-pola dari silangan benang emas dan benang perak, liuk-liukan garis yang menyerupai api, cinta, dendam, serta gambar gambar dekoratif dalam olahan lambang daun, tanah, laut, dan langit,telah menuntutnya untuk berkaca pada dirinya, serta hatinya. Alangkah dalam sentuhan jiwa yang paling perih, alangkah gila cinta yang tertahan rindu dan kehilangan, alangkah ganas dendam yang terekam dalam keputusasaan, alangkah inday jiwa-jiwa yang halus! Sungguh Zhu merasa telanjang dan malu. Betapa dia malu.
Dengan segera dia menyebar orang-orang untuk mencari jejak Sulaiman.
“Carilah mereka. Geledah setiap kamar penginapan. Periksa setiap ruas jalan pintas perkampungan. Mereka baru pergi dua belas jam! Kalian paham? Bawa mereka kesini, bawalah mereka…”
Zhu memberi perintah pada semua yang ada, setengah memohon, setengah menangis. Dia lantas berlari ke tengah halaman, melihat langit, dan mencoba menemukan wajahnya sendiri di keluasan langit. Pada awan-awan yang berarak. Pada biru warna yang menyerupai cermin. Hingga larut malam tidak ada kabar. Hungga Zhu tertidur memeluk delapan belas kai tapis.
Hingga harapan pagi harinya berubah semakin tipis. Dan pada siang hari, seorang pencari mengetuk ruangan Zhu sambil berkata,
“Merekaa suda ada di depan, Nona.”
Alangkah aneh, saat Zhu langsung menghambur dan memluk Nyiwar, “Tidak sepatutnya aku meminta kalian pergi. Aku meminta maaf. Tinggallah disini.”
“Terimakasih Nona. Tapi kenapa ?” Sulaiman menyela.
Dia merasa heran.
“Aku malu dengan kebesaran Ayah, kemuliaan leluhur, yang menitipkan namanya padaku. Kami pernah mengalami hal serupa denganmu, Sulaiman. Dan kini, aku siap dengan segala resiko. Sekali lagi, aku mohon, maafkan keputusanku yang terburu-buru kemarin. Tinggallah di sini.” Betapa Zhu ingin terus memeluk Nyiwar,melihat kedalaman matanya, merasakan kerut tanganya, dan melihat ada apakah dibalik tubuh ringkih yang sesunggunya eramat perkasa ini? Dari mana datangnya kehalusan jiwa sehingga tangan keriput ini bisa mengalirkan keindahan,kobaran cinta, kerinduan sedih, serta dendam putus-asa, lewat tarian sulaman kain tapis yang begitu menggetarkan? Dia ingin bertanya. Dia ingin menyelam. Dia ingin merengkuhkan seluruh tubuhnya, dan dengan hormat memanggil “Ibu.”
Maka setiap malam, dia selalu datang mengajak Nyiwar menyelami langit di halaman, duduk berdua, meliat laut melewati bulan.
“Bulatan cahaya bulan,bunga, kopi, dan warna laut diatas kain tapis,seperti hamparan tanah,Nona. Benang emas akan mengalir dengan gerak batang jarum sebagai takdir. Seperti harapan saat membesarkan Sulaiman. Seperti cinta yang tidak habis pada ayah Sulaiman. Seperti mencintai rumah dan tanah. Cobalah Nona genggam sekepal tanah,rasakan denyutnya. Kain tapis, benang, warna-warna , semua akan berdenyut jika dirasakan dengan benar….”
Nyiwar akan terus bicara, dan Zhu dengan sungguh-sungguh menyimak.
Kadang mengenai masa kecil Sulaiman,. Tentang penembakkan. Tentang air mata yang mengalir saat menanam benih kopi. Tentang gelak tawa.

Tentang air hujan. Tentang pembakaran rumah. Tentang apa saja.

“Jadi Ibu membesarka sulaiman sendiri?”
“Dengan tanaman kopi, ya, dengan sedikit getah damar. Semua,semua,semua adalah tinggal keringat kami. Dan juga doa.”

Nyiwar kadang terkekeh saat menceritakan Sulaiman.
“Dia seperti ayahnya, dengan naluri besar melindungi dan membela para petani. Menyelundupkan biji-biji kopi agar tetap bisa dijual, dan berbagai upaya agar petani bisa bertahan, ditengah berbagai ancman. Dia seperti ayahnya. Tak bisa melihat orang lain menderita. Kau tahu, Nona, dia melihat dengan kepala sendiri, saat ayahnya ditembak mati.

Adakah yang gentar menolak takdir? Saat cahaya langit terus berganti,maka cahaya hati juga bisa berganti.Setiap kali Zhu memandang di kejauhan kamar, tempat lelaki itu membuka jendela, dia selalu melihat bayangan ribuan kunang-kunang yang melesat memnuhi hatinya. Dia tiba-tiba saja merasakan bagaiman angin yang bertiup dari kamar Sulaiman, adala tiupan harum seribu bunga. Dia benci jatuh cinta, tapi dia juga tidak bisa menolak jatuh cinta. Berhari, berminggu, kekaguman pada lelaki itu semakin tumbuh. Wawasanya yang luas, cara bicaranya yang sopan, dan terutama; tindakan-tindakan berbahaya yang terus dia lakukan walaupun ia dalam persembunyian. Dia terus menggalang kontak dengan para petani, mencatat data, mencari bukti-bukti. Berkali sulaiman tidak pulang dan Zhu menjadi cemas. Maka berkali saat akhirnya Sulaiman muncul, rona wajah Zhu menjadi purnama.
Zhu Ni Xia, perempuan matang yang kini telah memilih takdirnya. Pada malam saat barang singgah dibandar, dia menitipkan pesan untuk ayahnya.
“Aku telah menemukan lelaki,Ayah! Dan aku jatuh cinta kepadanya. Datanglah segera untuk menjadi wali putrimu tercinta.”
Ada purnama, ada cahaya, tapi ada lautan yang mengirimkan badai.
“Sampaikan pada Sulaiman, aku bersedia menjadi istrinya,” begitu dia meminta kepada Nyiwar, dan begitulah Nyiwar mengatakan pada Sulaiman. Lalu bulan berganti.
Ketika madu tumpah dilautan, saat ia telah resmi memanggil Ibu kepada Nyiwar, dan begitulah Nyiwar –perempuan lembut sekokoh karang-dan dia resmi memanggil Abang kepada suami; angin ibukota tiba-tiba mengirimkan badai lebih besar pada parasnya yang jelita.
Dari Teluk Jakarta sebuah kapal perang berpenumpang ratusan prajurit merapat di Bandar, mengendap di subuh hari. Mengepungkota , menyisir gunung. Berita pemberontakan petani kopi kembali pecah menjadi prahara.
Segerombolan lelaki garang mendobrak gerbang pintu rumah pengantin jelita, membakar gudang dan memporakporandakan segala.
Teriakkan kata penghianat dan penadah, mengawali letusan tembakkan dipagi buta. Sulaiman digelandang paksa meninggalkan ceceran darah, dan tatapan penu cinta.
Kegembiraan separuh umur, dan kesedihan pada ujung hidupnya, menciptakan runcing jari-jari Zhu pandai menari. Menari dan bernyanyi diatas hamparan kain sulaman. Menyerut seluruh jiwa yang sedih, yang gembira, yang mabuk dan putus asa. Larutan asmara, nyanyian cinta, kerinduan perih dan pujian kepada tana tempat lelakinya terkubur.
Dia menyeru diatas ssehelai kain pelepai, menggambar pola-pola yang rumit,dan membayangkan seluruh dirinya masuk. Menjadi naga yang mengerakkan seluru gelombang tanah, bukit, gunung-gunung, menjadi liukan benang-benang emas dan rajutan benang-benang perak yang berkelit dan berkelindan dalam gulungan warna aroma ombak, hijau daun, putih awan. Ada merah api cinta yang semerbak disana, ada kuning sejarah yang membentang diatas helai kain pelepai setelah dicipta berhari hari.

Begitu indah, dan selalu:delapan belas hari lalu ia akan berjalan dari Danau Menjukut ke arah bukit. Mencari angin yang bisa menyampaikan gema suaranya ke arah laut. Mencari tempat di mana dia bebas memandang pada titik pantai Tanjung Cina, yang diapit Selat Sunda serta Samudera Hindia. Diatas batu dia selalu akan meniru gerak laut, mengubarkan kain tapis dan berteriak gembira, “Sulaiman. Sulaiman. Itulah kain tapismu yang ke 340! Akulah Zhu, istrimu. Perempuan yang telah menciptakan tarian sulaman benang dari separuh jiwaku. Dan kini aku bicara padamu! Sulaiman. Sulaiman. Itulah Zhu, dan aku bicara padamu!”
*****


Setelah membaca cerpen itu, cobalah kerjakan tugas berikut ini!
  1. Buatlah struktur teks cerita pendek “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina” di atas
  2. Sekalipun ada peristiwa monologis dan dialogis sebagai peristiwa pembangun cerita, tetapi hakikatnya peristiwa itu menunjukkan karakter yang sama, yaitu peristiwa sebagai pembangun cerpen selalu terbentuk atas tokoh, latar, dan alur. Ketiganya adalah pembangun cerita yang konkret atau disebut juga fakta. Fakta yang konkret ini secara eksplisit membangun cerpen ataupun fiksi lainnya sehingga ketiganya disebut sebagai fakta cerita. Melalui fakta cerita itulah tema, pesan, amanat, tujuan, suasana, dan sudut pandang diaktualisasikan. Oleh karena itu, belajar menulis cerpen harus diawali dengan pemahaman fakta cerita ini. Ketiga unsur itu dijalin menjadi satu kesatuan peristiwa yang indah, menghibur, dan memiliki konflik yang menarik.

(a) Tokoh dalam cerita merujuk pada “orang” atau “individu” yang hadir sebagai pelaku dalam sebuah cerita, yaitu orang atau individu yang mengaktualisasikan ide-ide penulis. Lewat tokoh itulah penulis menyampaikan gagasannya. Agar kalian lebih memahami tokoh dan penokohan itu, identifikasilah tokoh yang terdapat dalam cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina” itu, lalu deskripsikanlah tokoh itu.
(b) Latar cerita merupakan lingkungan, yaitu dunia cerita sebagai tempat terjadinya peristiwa. Dalam latar itulah segala peristiwa yang menyangkut hubungan antartokoh terjadi. Latar dalam cerita biasanya mempunyai dua tipe. Pertama, latar yang diceritakan secara detail. Hal ini biasanya terjadi jika cerpen fokus pada persoalan latar. Kedua, latar yang tidak menjadi fokus utama dalam masalah. Biasanya latar di sini hanya disebut sebagai background saja sebagai tempat peristiwa, tidak dideskripsikan secara detail.
(c)Setelah kalian membaca cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina” itu, gambarkanlah latar yang membangun cerpen itu.
(d) Alur merupakan keseluruhan sekuen (bagian) peristiwa yang terdapat dalam cerita. Alur adalah peristwa yang terbentuk karena proses sebab akibat (kausal) dari peristiwa lainnya, yang membentuk rangkaian peristiwa dalam cerita, dan berbagai peristiwa yang ada dalam cerita memiliki hubungan yang erat, karena kehadiran satu peristiwa menyebabkan hadirnya peristiwa yang lain. Alur itulah yang menjadi struktur pembangun teks cerita pendek, yang di dalamnya terdapat abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Alur dalam cerita biasanya mempunyai kaidah sendiri, yang meliputi tiga hal. Pertama, kemasukakalan (plausibilitas), artinya cerita memiliki kelogisan. Kedua, rasa ingin tahu (suspense), artinya perasaan kurang pasti terhadap peritiwa yang terjadi, khususnya yang menimpa tokoh yang kemudian diberi simpati oleh pembaca. Keberadaan suspense ini akan mendorong, menggelitik, dan memotivasi pembaca untuk setia mengikuti cerita dan mencari jawaban terhadap kelanjutan cerita. Ketiga, adanya kejutan (surprise), artinya peristiwa yang berisi kejutan dalam cerita. Biasanya peristiwa yang dibangun pengarang di luar dugaan pembaca. Dengan adanya kejutan, sebuah cerpen menjadi tidak membosankan. Keempat, kepaduan (unity), artinya berbagai unsur yang ditampilkan dalam alur cerita haruslah memiliki kepaduan. Setiap unsur yang ada hendaknya membentuk satu kesatuan yang utuh sehingga keberadaan antarunsurnya menentukan keberadaan unsur yang lain.

Kalian sudah memahami alur yang membangun cerita pendek di atas. Apakah kalian menemukan keempat kaidah alur itu di dalam cerpen yang ada? Uraikanlah jawaban kalian.


Sumber : Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Maryanto dkk



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.