Friday 4 December 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "musim". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "musim"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "musim" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "musim", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "musim" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "musim"

  1. Ada empat musim yang berbeda.
  2. Apakah yang baru di musim ini?
  3. Ada dalam mode musim panas ini.
  4. Apa warna terbaru di musim ini?
  5. Pada musim semi pohon ceri mekar.
  6. Ada perbedaan besar pada musim puncak.
  7. Ini adalah gaya terbaru musim panas ini.
  8. Orang Jepang suka musim semi yang panas.
  9. Hawanya lembab pada musim panas di Jepang.
  10. Ini adalah fashion terbaru musim panas ini.
  11. Pergantian musim sekarang sukar diramalkan.
  12. Bagaimana Anda menghabiskan liburan musim panas Anda?
  13. Sekarang adalah musim tiram, sehingga mereka akan baik.
  14. Hangat mentari musim semi, mandikan ini dengan cahayamu
  15. Ini bukan hanya panas tapi sangat lembab di musim panas.
  16. Semua pendakian memang dilarang keras karena musim hujan.
  17. Terik sinar matahari menjelang musim kemarau berhembus augin silir.
  18. Ini dikenal dengan angin musim timur laut dan angin musim tenggara.
  19. Benih padinya disebar di areal ladang petani pada awal musim hujan.
  20. Namun kalau tidak , saya yakin musim kemarau panjang pasti kesulitan.
  21. Apalagi di musim kemarau, airnya hitam keruh, berbau, dan banyak nyamuk.
  22. Siang itu musim kemarau, riak-riak arus air Kali Bekasi pun berjalan tenang.
  23. Pada musim barat ketika nelayan enggan melaut, menu utama itu adalah ikan gabus.
  24. Kota yang kini kalau musim hujan sudah bisa menyaingi Jakarta dengan lautan airnya.
  25. Pengaruh iklim ini adalah Indonesia mempunyai 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.
  26. Penanaman padi dimulai pada saat atau menjelang musim hujan (bulan September-Oktober).
  27. Pada musim kemarau kemungkinan air akan menurun karena tidak ada penambahan air hujan.
  28. Setiap akhir pekan atau di musim libur, mereka selalu pergi ke mana saja melakukan hiking.
  29. Menurut kepala desa dan beberapa informan setempat, di musim panas populasi lalat meningkat.
  30. Untuk mengharap pertolongan, adalah ibarat mengharap turunnya hujan di tengah musim kemarau.
  31. "Aku kan sudah bilang kalau musim hujan tuh jangan naek gunung!" Neni menimpali dengan sewot.
  32. Kejadian diare masih dipertanyakan kaitannya dengan peningkatan populasi lalat di musim kering.
  33. Apalagi di saat musim penghujan yang arus airnya deras, jumlah penumpang pun lebih dibatasi lagi.
  34. Bermacam bunga ditanam di taman itu dan kebetulan sekali waktu itu musim bunga sedang berkembang.
  35. Oleh karena itu, jenis semen ini hanya dapat dipergunakan untuk negara yang mempunyai musim dingin.
  36. Pengambilan rumput bahkan terus naik ke atas hingga ke batas vegetasi (kendhit) ketika musim kemarau.
  37. Apalagi waktu itu musim kemarau dan sungai menjadi mengering serta dangkal sehingga sulit diseberangi.
  38. Seringkali berkurang airnya pada musim kemarau, secara kuantitatif sulit untuk menjamin kontinuitasnya.
  39. Kalau musim menangkap ikan tiba, engkau mengharuskan mereka me­nyerahkan seluruh hasil tangkapan ikan kepadamu.
  40. Bermacam-macam orang hari ini yang bisa dilihat Roy. Di musim liburan para sopir bis dan kondektur memang panen.
  41. Maaf, kami sudah penuh untuk musim liburan Natal, tapi kami punya kursi kosong pada tanggal dua puluh dua Desember.
  42. Bencana alam seperti kebakaran hutan di musim kemarau menyebabkan kerusakan dan matinya organisme di hutan tersebut.
  43. Kamboja beriklim Tropis dengan musim kemarau (November-Mei) yang diakibatkan adanya pengaruh angin musim timur laut.
  44. Setelah mengabdi waktu musim kelaparan dahsyat di Banglades, sekitar tahun 70-an, dokter muda itu melintasi perbatasan.
  45. Misalnya ia mener-jemahkan "San Qiu" menjadi "di musim TJioe", yang sebenarnya, "di musim gugur" atau "di musim rontok".
  46. Ada yang 2 meter, ada yang kurang dari itu bahkan di beberapa lokasi ada yang dalamnya semata kaki di saat musim kemarau.
  47. Dari gunung itu, Anda dapat melihat seluruh kota. Selama musim ini, berbagai macam bunga bermekaran. Mereka sangat indah.
  48. Israel secara sepihak menyatakan bahwa mulai musim panas 1980 kota Yerussalem yang didudukinya itu resmi sebagai ibukota.
  49. Karena letaknya di tebing sungai, maka tempat itu tidak pernah terancam banjir kalau musim hujan tiba dan air sungai meluap.
  50. Wilayah pantai barat mengalami musim hujan saat berhembus angin barat daya dan musim kemarau saat berhembus angin timur laut.
  51. Ketika musim kering yang berkepanjangan datang melanda Cina, banyak sekali rakyat kecil yang meninggal dunia karena kelaparan.
  52. Dari sisi produksi, sektor pertanian diperkirakan tumbuh 2,7 persen didorong oleh kondisi iklim dan musim tanam yang lebih baik.
  53. TETAPI, tentang kegaduhan menyangkut masa cuti bagi presiden dan wakil presiden pada musim kampanye nanti, rekan JP juga tercenung.
  54. Namun, karena kini sepi, perahunya yang dibuat pun didesain hanya untuk menampung maksimal 8 orang saja, itupun di saat musim kemarau.
  55. Para penduduk di wilayah ini sering mengalami kebakaran, terutama pada musim kemarau, yang menimpa rumah di sekitar pasar desa Galing.
  56. "Nasib para petani, tak jelas siapa yang bisa menjamin prioritas pasokan air bagi tanaman mereka, bayangkan pula jika musim kemarau tiba!"
  57. Pemandangan sebaliknya terjadi saat musim penghujan, airnya meninggi dan dapat membanjiri rumah-rumah yang memang dibangun di bantaran kali.
  58. Karena di selatan khatulistiwa terjadi pembelokan ke kiri, maka terjadi angin muson barat laut yang mengakibatkan musim hujan bagi Indonesia.
  59. “Nasib para petani, tak jelas siapa yang bisa menjamin prioritas pasokan air bagi tanaman mereka, bayangkan pula jika musim kemarau tiba!”
  60. Penelitian dilakukan pada musim hujan 2005/2006 (Desember 2005- April 2006) pada lahan sawah tadah hujan di KP. Pleihari, Kabupaten Tanah Laut.
  61. Ini khusus untuk mengantisipasi kerawawan pangan jika cuaca dan musim yang berakibat terhambatnya pasokan bahan makanan melalui transportasi laut.
  62. Di musim penghujan, jika hujan turun di malam hari, ia langsung datang melihat perahu dan membuang air yang masuk ke dalamnya agar perahu tak tenggelam.
  63. Kepulauan Maluku beriklim tropis dan iklim mozon dimana iklim inin sangat dipengaruhi oleh lautan yang luas dan berlangsung seirama dengan musim yang ada.
  64. Penanaman kedua dilakukan pada musim hujan berikutnya, setelah sebelumnya dilakukan koleksi dan pembibitan tanaman lokal di Kebun Bibit Desa yang dibangun.
  65. Jika dahulu, saat musim penghujan, ikan-ikan akan berdatangan melawan arus menuju ke hulu sungai karena rawa-rawa yang di Babelan, Bekasi Utara kebanjiran.
  66. "Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang; "Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."
  67. Pengetahuan ini juga akan banyak membantu mereka ketika mereka belajar tentang musim di Indonesia dan akan menjelaskan bagaimana angin membawa hujan di daerah di Indonesia.
  68. Walaupn negerinya termasuk kaya dan berpengaruh dalam perkembangan ekonomi dunia, dia tetap saja seorang mountain keeper, yang cuma bekerja di saat musim dingin dinegerinya.
  69. 1. Hampir seluruh peserta diskusi sepakat bahwa pasokan air dari mata air semakin lama semakin berkurang debitnya, dan bahwa di musim kemarau sangat sulit untuk mendapatkan air.
  70. "Itu artinya, benih-benih terorisme (di mata Amerika) dan semangat jihad para gerilyawan (di mata negara-negara tertindas) terus disemaikan, untuk dipanen pada musim berikutnya!"
  71. Wilayah pantai timur mengalami musim hujan saat berhembus angin musim timur laut dari Samodera Pasifik, sedangkan musim kemarau datang pada saat berhembus angin muson barat daya.
  72. Mungkin karena di desa Kayubihi dibangun TPA sampah kota Bangli; mungkin juga akibat kebiasaan petani menggunakan pupuk kandang mentah di perkebunan mereka, atau akibat musim buah.
  73. Renungan : Angin baratan khatulistiwa kuat yang dibawa Walker barat menjelang musim dingin Asia menahan gerak PPAT ke selatan, dn menjelang musim panas menghambat gerak PPAT ke utara ?
  74. Iklim di kawasan Asia Tenggara dipengaruhi oleh angin muson yang setiap setengah tahun berganti arah yang berlawanan sehingga mengakibatkan terjadinya 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.
  75. Arti kontinuitas disini adalah bahwa air baku untuk air bersih tersebut dapat diambil terus menerus dengan fluktuasi debit yang relatif tetap, baik pada saat musim kemarau maupun musim hujan.
  76. Musim hujan terjadi pada bulan Mei-September karena pengaruh angin musim barat daya, musim kemarau terjadi bulan Oktober-Aprilkarena pengaruh angin musim dari daratn Asia yang bersifat kering.
  77. "Apa!" teriak sang Semut dengan terkejut, "tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?"
  78. Di beberapa negara bagian yang dikunjungi selama musim kampanye, Obama selalu mengungkapkan bahwa dirinya akan mewujudkan jaminan sosial bagi rakyat seperti yang selama ini diterima para angota kongres.
  79. Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut yang telah bekerja keras sepanjang musim panas untuk mengumpulkan makanan, mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas.
  80. Pengalaman saat ini ketika terjadi panen raya , petani selalu dirugikan . Untuk mencegah kerugian yang diderita oleh petani pada saat musim panen akibat anjloknya harga gabah, Perum pegadaian meluncurkan gadai gadai gabah.
  81. Dengan sistem ini, petani menggadaikan gabahnya pada musim panen, untuk ditebus dan dijual ketika harga gabah kembali normal.Petani menggadaikan sebagian gabahnya pada musim panen pada perum pegadaian dengan harga yang berlaku saat itu.
  82. Daerah pantai dan dataran rendah menerima hujan sebanyak 2.500 mm/th, sedangkan di daerah perbukitan di sebelah selatan curah hujannya sekitar 4.000 mm/th. Musim hujan terjadi pada bulan November-Mei dan musim kemarau bulan Juni-Agustus.
  83. Masyarakat beranggapan bahwa kelangkaan air adalah salah satu faktor langsung yang mempengaruhi kawasan . Saat ini, beberapa tempat mengalami kekeringan, terutama di musim kemarau, serta banyak mata air yang hilang atau berkurang debitnya.
  84. Laos beriklim Tropis dengan suhu rata-rata tahunan 260 C dan curah hujan antara 1.500-2.500 mm/th. Laos memiliki 3 musim, yaitu: Musim hujan yang panas (Juni-Oktober), musim kemarau yang sejuk (November-Februari), dan musim pancaroba yang kering dan panas (Maret-Mei)
  85. "Membuat lagu katamu ya?" kata sang Semut, "Baiklah, sekarang setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!" Kemudian semut-semut tersebut membalikkan badan dan melanjutkan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan sang Belalang lagi.
  86. Mungkin perbedaannya, buruh pabrik di negeri Roy masih tetap berkutat dengan persoalan-persoalan normatif: upah yang masih jauh di bawah kebutuhan fisik minimum dan kebebasan berserikat, sementara buruh dinegerinya sudah bisa mengisi liburan musim panasnya dengan keliling dunia.
  87. Iis tersadar lagi kalau di sebelahnya ada orang lain, yang kalau ditilik dari penampilannya tidak jauh beda dengan Wawan. Memang bukan hal aneh untuk zaman sekarang, melihat anak-anak muda menyandang ransel di musim liburan, menyusuri jalan, menapaki bukit dan gunung untuk mengusir kejenuhan.
  88. 1. Asumsi awal bahwa kegiatan agrofarming dapat memberikan solusi bagi permasalahan konservasi di kawasan ini tampaknya akan mengalami tantangan, karena rendahnya kepemilikan lahan masyarakat dan ketika musim kemarau permasalahan kelangkaan air menyebabkan masyarakat masih tetap akan mencari rumput di dalam kawasan.
  89. Beberapa kalangan berpendapat bahwa terpuruknya perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, salah satu penyebabnya adalah korupsi yang telah merasuk ke seluruh lini kehidupan yang diibaratkan seperti jamur di musim penghujan, tidak saja di birokrasi atau pemerintahan tetapi juga sudah merambah ke korporasi termasuk BUMN.
  90. Perumputan. Pada musim penghujan jumlah rumput sebagai pakan alami cukup banyak, tetapi ketika musim kemarau, masyarakat sekitar mengambil pakan ternaknya sampai daerah yang cukup tinggi bahkan hingga batas vegetasi, tanpa mengindahkan jenis tumbuhan yang diambil (pembahasan lebih lanjut mengenai perumputan ini dapat dilihat di bab 3).
  91. Kalau hasil panen mereka baik panen hasil tanaman di sawah ladang, maupun panen hasil penangkapan ikan di perairan, sebagian dari hasil mereka masuk ke dalam gudang pejabat daerah, dan mereka masih untung mendapatkan sisa hasil itu untuk dimakan sekeluarga mereka. Akan tetapi, celakalah kalau alam tidak membantu mereka, kalau terjadi banjir atau musim kering yang lama.
  92. Bahkan ketika isterinya meninggal, siapa yang memberinya uang sehingga dia dapat mengubur mayat isterinya dan membayar semua keperluan sembahyang? Aku! Ketika terjadi musim kering, siapa yang memberi pinjaman kepadanya untuk makan setiap hari dan untuk membeli benih padi? Aku! Tidakkah sudah sepatutnya kalau dia kini bekerja untukku? Dia membandel, membangkang, sudah sepantasnya kalau dia dihajar!”
  93. Tahap pertama yaitu pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang ayam dan pupuk urea yang disesuaikan dengan perlakuan, diberikan 3 kali selama musim tanam pada 3 minggu sebelum tanam, saat tanam dan umur 6 minggu setelah tanam, sedangkan pupuk KCl dan Sp-36 diberikan saat tanam, 3 minggu setelah tanam dan 6 minggu setelah tanam dengan cara mem-buat lubang di sekitar tanaman dengan kedalaman 10 cm dengan jarak antar lubang 7 cm.
  94. Langit di musim libur panjang di pertengahan tahun ini begitu bersahabat dan ramah kepada anak muda, yang akan mengisinya dengan beragam acara setelah usai menerima rapor atau ijazah dan berteriak girang: Aku naik kelas! Aku lulus! Yang punya deposito tentu tinggal membuka-buka brosur serta merencanakan liburannya ke tempat-tempat populer dan nyaman, sedangkan yang gemar bertualang biasanya membobol celengan ayamnya atau tembak sana tembak sini, asal cukup buat makan selama di perjalanan saja.
  95. Kemudian Khubaib menjadi tawanan bani Harits sampai mereka sepakat untuk membunuhnya, ketika itu ada seorang wanita bernama Mawiyah yang telah memeluk Islam, ia adalh budaknya Hajir, ia menceritakan: bahwa ketika Khubaib berada dalam tawanan bani Harits, ia di kurung dirumahnya, suatu hari aku menjenguknya, dan aku melihat ditangan Khubaib ada segenggam buah anggur, untuk dimakan, yang aku tahu bahwa ketika itu sedang tidak musim anggur lagi (sungguh sebuah rezki dan karamah yang diberikan kepada wali Allah).
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.