Monday 16 November 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "wawancara". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "wawancara"


Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat untuk kata "wawancara", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "wawancara" dalam bahasa Indonesia?
Contoh kalimat yang menggunakan kata "wawancara" dapat dilihat pada contoh kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "wawancara"

  1. Seperti kutipan wawancara berikut dengan koordinator liputan:
  2. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada para responden.
  3. Seperti yang dikatakan Asrie Subagyo dalam wawancara dengan penulis mengatakan:
  4. Proses pengumpulan data dengan wawancara mendalam penulis membaginya menjadi dua tahap, yakni :
  5. Dalam sebuah wawancara dengan AFP, Obama mengaku bahwa hidup di Indonesia telah membuka matanya.
  6. Seperti kutipan wawancara penulis dengan koordinator liputan, Gaib Maruto Sigit sebagai berikut:
  7. Seperti yang dikatakan salah satu reporter Trijaya, Anang Purwanto dalam wawancara dengan penulis:
  8. Sebelum wawancara dilaksanakan peneliti bertanya kepada subjek tentang kesiapanya untuk diwawancarai.
  9. Namun apabila tidak memungkinkan maka peneliti sesegera mungkin mencatatnya setelah wawancara selesai.
  10. Serta secara konsisten mendapatkan data dari wawancara langsung ataupun observasi langsung dari lapangan.
  11. Pedoman wawancara ini berisi pertanyaan-pertanyaan mendasar yang nantinya akan berkembang dalam wawancara.
  12. Setelah wawancara dilakukan, peneliti memindahakan hasil rekaman berdasrkan wawancara dalam bentuk tertulis.
  13. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara mendalam, tape recorder dan catatan lapangan (field note).
  14. Dalam wawancara sebuah majalah beberapa waktu lalu, menegaskan tentang pengertian belajar pada anak usia dini.
  15. Peneliti membuat kesepakatan dengan subjek mengenai waktu dan tempat untuk melakukan wawancara berdasarkan pedoman yang dibuat.
  16. c. Mengadakan wawancara dengan pemiliknya atau dengan orang yang bertanggung jawab terhadap sistem penjualan kredit dan piutang
  17. Survei ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara terstruktur, dimana kuisioner dibacakan oleh enumerator kepada responden.
  18. Khusus, untuk melakukan wawancara dengan pejabat negara dan CEO perusahaan, wartawan juga dituntut untuk berpakaian rapih dan sopan.
  19. Hal ini dapat dilakukan, misalnya, dengan wawancara dan pemberian kuesioner kepada siswa (Harris dan Smith, 1986; Harris dan Sipay, 1980).
  20. Pada Desember 2007, Aa Gym muncul untuk pertama kalinya pada acara wawancara Kick Andy di Metro TV setelah absen akibat kontroversi poligami.
  21. Pertama peneliti membuat pedoman wawancara yang disusun berdasarkan demensi kebermaknaan hidup sesuai dengan permasalahan yang dihadapi subjek.
  22. Data primer adalah data yang diperoleh melalui lapangan atau daerah penelitian dari hasil wawancara mendalam dengan informan dan observasi langsung.
  23. Selain itu, pembahasan juga didasarkan pada wawancara dengan beberapa guru sekolah bahasa Indonesia di beberapa tempat di negara Victoria, Australia.
  24. 4. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN, pada bab IV berisi identitas narasumber, keterangan wawancara, dan data analisis dari hasil wawancara dengan narasumber.
  25. Peneliti turun langsung ke daerah penelitian untuk mengumpulkan data dalam berbagai bentuk, seperti rekaman hasil wawancara dan foto kegiatan di lapangan.
  26. Setelah mendapat masukan dan koreksi dari pembimbing, peneliti membuat perbaikan terhadap pedoman wawancara dan mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara.
  27. Metode wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung terhadap pihak-pihak yang terkait atau terhadap objek penelitian.
  28. Pedoman wawancara yang telah disusun, ditunjukan kepada yang lebih ahli dalam hal ini adalah pembimbing penelitian untuk mendapat masukan mengenai isi pedoman wawancara.
  29. Metode pengumpulan data yang kami lakukan dengan cara pembacan yang intensif wawancara dengan pakar, pencatatan data, dihimpun dan selanjutnya dianalisa dan dideskripsikan.
  30. Maksudnya, bila sudah melakukan wawancara pada responden pertama maka responden kedua adalah orang ketiga yang ditemui kemudian, bukan orang berikutnya yang langsung ditemui.
  31. Dari proses wawancara peneliti berharap akan mendapatkan data-data seperti, ketahanan pangan di Maluku, kinerja Badan Ketahanan Pangan, serta penganekaragaman pangan berbasis lokal di Maluku.
  32. Namun demikian meskipun film ini begitu menonjolakan kekuatan unsur militer Amerika namun berdasarkan hasil pengamatan dari dokumentasi wawancara diketahui bahwa film ini tidak memiliki Agenda Politik.
  33. Namun, di sisi lain, bila wartawan membutuhkan wawancara dengan tokoh penting, seringkali melalui prosedur tertentu atau tidak selamanya selalu mudah dan lancar, mengingat kesibukan para tokoh tersebut.
  34. “Bikin acara nonton bareng Piala Eropa, dan sediakan door prize beberapa tiket ke Portugal! Atau, para kandidat langsung ke Portugal, wawancara dan tatap muka dengan Zinedine Zidane atau David Beckham.
  35. Pedoman wawancara digunakan untuk mengingatkan interviewer mengenai aspek-aspek apa yang harus dibahas, juga menjadi daftar pengecek (check list) apakah aspek-aspek relevan tersebut telah dibahas atau ditanyakan.
  36. Penelitian yang memperoleh data secara langsung dari nara sumber langsung (tidak melalui perantara), yaitu dengan cara melakukan wawancara dan jawaban terbuka sesuai dengan argumentasi dari narasumber di LPP TVRI
  37. Dengan pedoman tersebut interviwer harus memikirkan bagaimana pertanyaan tersebut akan dijabarkan secara kongkrit dalam kalimat tanya, sekaligus menyesuaikan pertanyaan dengan konteks aktual saat wawancara berlangsung.
  38. Setelah melakukan wawancara dengan nara sumber dan observasi mengenai proses produksi, peneliti akan meneliti urutan-urutan proses produksi dalam menyajikan program buletin radio yang berbeda dari program buletin radio lainnya.
  39. Penulis dalam melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, pedoman wawancara (interview guide) agar wawancara tetap berada pada fokus penelitian, meski tidak menutup kemungkinan terdapat pertanyaan-pertanyaan berlanjut.
  40. Laporan hasil penelitian ini disusun berdasarkan analisis data sekunder, pengamatan lapangan, dan wawancara mendalam dengan beberapa tokoh masyarakat setempat (participatory rapid assessment), diramu dengan data kuantitatif hasil survei.
  41. Bertemu dengan Biatra dari sekolah balet Calosa, wawancara mengenai sifat sifat dasar anak umur 6-8 tahun dalam belajar dan bermain, menurut wawancara anak umur 6-8 tahun sangat suka belajar dengan buku bergambar dan sangat senang belajar melalui step step gambar.
  42. Berdasarkan hasil wawancara penulis juga dengan salah satu kritikus perfilman Eric Sasono, beliau mengatakan bahwa peeperangan yang digambarkan diadakan di Mesir secara tersirat menyampaikan bahwa Amerika masih memiliki pengaruh atau dominasi di negara timur tengah.
  43. Pada tahap selanjutnya, setelah memperoleh data hasil wawancara yang berupa rekaman MP3, catatan lapangan, dan pengamatan lainnya, peneliti melakukan transkrip data untuk mengubah data hasil wawancara, catatan lapangan dalam bentuk tulisan yang lebih teratur dan sistematis.
  44. Ia merasa berat tampil di media massa karena berpendapat bahwa ia telah didzolimi oleh pers setelah berpoligami, walaupun akhirnya menyanggupi hadir pada wawancara ini dan dipertemukan dengan "Aa Jimmy" versi komedi dari Aa Gym yang mengisi kekosongan Aa Gym di media saat ia absen.
  45. Tahap persiapan selanjutnya adalah peneliti membuat pedoman observasi yang disusun berdasarkan hasil observasi terhadap perilaku subjek selama wawancara dan observasi terhadap lingkungan atau setting wawancara, serta pengaruhnya terhadap perilaku subjek dan pencatatan langsung yang dilakukan pada saat peneliti melakukan observasi.
  46. Setelah mengetahui proses produksi program Trijaya News Round Up yang penulis dapatkan melalui metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, langkah selanjutnya adalah menganalis proses produksi terhadap strategi positioning yang program TNRU gunakan dalam memproduksi dan mempertahankan posisi sebagai media pemberitaan radio.
  47. Jadi misalnya kita pengen Nurdin diganti, nah berarti fokusnya Nurdin harus turun, nah kita setting tuh, jadi si Akmal tanya pendapat-pendapat di DPR, Si Iman ke Menpora dan si Anang ke PSSI, si Desi minta vox pop pendapat masyarakat mengenai mengenai Nurdin, dan supaya lebih kuat kita meminta reporter wawancara khusus dengan pengamat mengenai Nurdin yang keukeh.
  48. Banyak hasil penelitian kualitatif diragukan kebenarannya karena beberapa hal, yaitu subjektivitas peneliti merupakan hal yang dominan dalam penelitian kualitatif, alat penelitian yang diandalkan adalah wawancara dan observasi mendukung banyak kelemahan ketika dilakukan secara terbuka dan apalagi tanpa kontrol, dan sumber data kualitatif yang kurang credible akan mempengaruhi hasil akurasi penelitian.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.