Friday 18 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "pantai". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "pantai"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "pantai" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "pantai", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "pantai" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "pantai"

  1. Menyajikan pemandangan pantai yang indah.
  2. Malamnya makan seafood di pantai Jimbaran.
  3. Akhirnya tibalah dia di pantai lautan timur.
  4. Angin pantai begitu lembut ditimpali debur ombak.
  5. Tengoklah ke pantai di waktu pagi jika punya waktu.
  6. Yang pantai yang paling populer dengan anak-anak setempat?
  7. Dia melihat di ujung pantai sudah tidak ada siapa-siapa lagi.
  8. Disepanjang pantai merupakan dataran rendah alluvial yang subur.
  9. Bagian pantai berupa dataran pantai rawa-rawa dengan hutan bakau.
  10. Akan tetapi Keng Han yang duduk di atas pasir pantai itu terpesona.
  11. Kabarnya dia juga mengepalai para bajak yang gentayangan di pantai selatan.
  12. Keadaan pantai masih sepi sekali, para nelayan belum membuat persiapan di hari itu.
  13. Ada bocah-bocah nelayan yang sehat dan hitam kulitnya berlarian di pantai yang lembut.
  14. Di pantai banyak turis asing, domestik, dan beberapa petualang antre berebut naik ke perahu.
  15. Kalau begitu, tinggallah saja di pe­rahu ini, di dekat pantai biar aku sendiri yang mendarat.
  16. Karang Gontor? mengulang Sri Baginda. Apa perlunya penyelidikan dilakukan di tempat di pantai selatan itu?
  17. Maukah engkau mengarungi samudera kehidupan yang buas ini bersamaku, mencari pantai bahagia untuk kita berdua?"
  18. Kondisi ini telah banyak dijumpai khususnya di daerah-daerah dekat pantai atau laut seperti Jakarta dan Surabaya.
  19. Padahal selagi mereka sekuat tenaga menarik jaring, para tengkulak di pantai sudah mengipas-ngipaskan lembaran uang.
  20. Populasi suku Asmat terbagi dua yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di bagian pedalaman.
  21. Sektor ekonomi utama adalah pertambangan minyak bumi, ladang minyak di Seria, lepas pantai Kuala Belait, Ampar, dan Jerudong.
  22. Wilayah pantai barat mengalami musim hujan saat berhembus angin barat daya dan musim kemarau saat berhembus angin timur laut.
  23. Jika ia tidak bilang begitu, nanti disangka kebanyakan makan pil koplo, atau kebanyakan mengintip bule berjemur di pantai Sanur.
  24. Tadinya, tepi pantai itu terhalang oleh batu-batu besar se­hingga dia tidak dapat melihat apa yang terjadi di balik batu-batu itu.
  25. Setelah tiba di pantai lautan, Tao Seng menyewa sebuah perahu layar dan dengan pertolongan seorang nelayan me­reka pun pergi berlayar.
  26. Tak sampai empat bulan, kebocoran minyak di lepas pantai itu bisa diatasi dan kerusakan segera diperbaiki serta korban mendapat ganti rugi.
  27. Yaitu, bocornya tambang milik British Petroleum (BP) di lepas pantai Teluk Meksiko sehingga terjadi pencemaran laut dan pantai yang dahsyat.
  28. Di bagian selatan, lereng Merapi terus turun dan melandai hingga ke pantai selatan di tepi Samudera Hindia, melintasi wilayah kota Yogyakarta.
  29. Tapi pantai-pantai di selatan masih bisa bernapas lega, karena tidak ada cerobong-cerobong pabrik yang meracuni paru-paru seperti di pantai Gresik.
  30. Ingat peristiwa-di sebuah pulau di pantai barat Andalas beberapa waktu lalu? Kau dan Tua Gila menjebloskan aku ke dalam sebuah makam batu tanpa nisan!
  31. Populasi pesisir pantai selanjutnya terbagi ke dalam dua bagian yaitu Suku Bisman yang berada di antara Sungai Sinesty dan Sungai Nin serta Suku Simai.
  32. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer.
  33. Mereka sudah cukup jauh meninggal­kan pantai dan selagi Tao Seng hendak memerintahkan tukang perahu untuk kembali ke daratan, tiba-tiba air bergelom­bang dengan hebatnya.
  34. Malaysia Timur terletak di Pulau Kalimantan bagian Utara, terdiri dari dataran pantai sempit yang didominasi oleh rawa-rawa pantai dan pegunungan tinggi yang disebut Crocker.
  35. Wilayah pantai timur mengalami musim hujan saat berhembus angin musim timur laut dari Samodera Pasifik, sedangkan musim kemarau datang pada saat berhembus angin muson barat daya.
  36. Kekhawatiran akan meningkatnya emisi CO2 yang mempercepat laju pemanasan bumi yang antara lain mengakibatkan naiknya permukaan laut sehingga sebagian besar pantai dunia akan tergenang.
  37. Akan tetapi, apakah di daerah selatan ini saja yang perlu diamankan? Bagaimana dengan dunia kang-ouw jauh di utara, di barat dan di timur sepanjang pantai lautan?" tanya Yauw-Ciangkun.
  38. Karena perahu itu hanya mempunyai sebuah dayung, Han Li lalu meminta dayung itu dari gurunya dan sebagai seorang murid yang baik, ialah yang mendayung perahu itu menyeberang ke pantai timur.
  39. Dewa Tuak setelah mengurus jenazah iblis Putih Ratu Pesolek dihadiri oleh semua orang yang ada di tempat itu, bersama-sama Puti Andini memencilkan diri di dua tempat terpisah di pantai selatan.
  40. Menyerang Jepang atau bertempur melawan Belanda di rawa-rawa pantai Sumatera adalah perbuatan-perbuatan tanpa pertimbangan dingin antara melakukan kewajiban yang membawa maut atau melarikan diri.
  41. Orang-orang perahu pun menyantap makan malamnya dengan nikmat di geladak, sambil menikmati bintang yang bertaburan dan kerlap-kerlip lampu di sepanjang pantai yang kelihatan seperti kunang-kunang.
  42. Baru setelah perahu meluncur dengan lajunya ke pantai dan laut tidak ber­gelombang lagi, Pangeran Tao Seng ber­tanya lebih lanjut tentang pulau itu ke­pada tukang perahu, didengarkan pula oleh Silani dan Kalucin.
  43. Sementara kawan-kawan seumur kalian saat ini mungkin sedang tidur siang dengan nyenyaknya, atau ada yang sedang tertawa gembira bermain pasir di pantai bersama keluarganya, atau yang sedang perang-perangan di lorong-lorong kampung.
  44. Daerah pantai dan dataran rendah menerima hujan sebanyak 2.500 mm/th, sedangkan di daerah perbukitan di sebelah selatan curah hujannya sekitar 4.000 mm/th. Musim hujan terjadi pada bulan November-Mei dan musim kemarau bulan Juni-Agustus.
  45. Indonesia juga adalah negara agraris, mempunyai hutan–hutan tropis serta garis pantai yang terpanjang di dunia, sehingga perubahan iklim yang akan berpengaruh terhadap pemanasaan global merupakan masalah yang menjadi perhatian negara ini.
  46. Nama semen portland (Portland Cement) diusulkan oleh Joseph Aspdin pada tahun 1824 karena campuran air, pasir, dan batu – abatuan yang bersifat pozzolan dan berbentuk bubuk ini pertama kali diolah di Pulau Portland, dekat pantai Dorset, Inggris.
  47. Tercatat jumlah korban yang tewas mencapai 36.417 orang berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak (Serang) hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian selatan.
  48. Setelah keluar dari perkampungan Khitan, Keng Han tidak langsung menuju ke selatan seperti yang disangka ibunya, dan kakeknya, melainkan dia membelok ke timur karena dia hendak lebih dulu pergi kepantai lautan timur untuk men­cari pulau yang diceritakan ibunya itu.
  49.  TETAPI, Dunia Beradab juga sudah lama kehilangan kota cantik nan indah lain di Timur Tengah: Beirut, kota tepi pantai Laut Tengah, di jantung Lebanon, yang compang-camping oleh perang saudara (1975-1990), dan setiap saat dibombardir oleh rezim zionis Israel yang keji.
  50. Dia amat terkenal di dunia kang-ouw sebagai seorang tokoh sesat yang amat lihai dan bertenaga gajah, dan dia dikenal dengan nama julukan Tay-lek Kwi-ong (Raja Setan Tenaga Besar), seorang jagoan di sepanjang pantai timur, juga terkenal di sepanjang sungai Yang-ce sebagai bajak sungai tunggal.
  51. Hampir tiga tahun yang lalu dia merantau sampai ke daerah Secuan, menyusuri sepanjang sungai Yang-ce. Pada suatu senja, ketika dia mendayung sebuah perahu kecil sederhana yang dibelinya dari seorang nelayan, tiba-tiba dia mendengar jerit seorang wanita di pantai yang sunyi dan penuh semak belukar itu.
  52. Penyelidikan membuktikan CFC menyumbang 15 – 20 % terjadinya pemanasan global yang berakibat naiknya suhu bumi sehingga bisa mengakibatkan mencairnya es yang ada di kutub menyebabkan naiknya permukaan air laut dan ini dikhawatirkan beberapa kota bahkan negara yang rendah atau dekat dengan pantai kemungkinan akan tenggelam.
  53. Tampilnya Maharaja Imam Sambas H. Muhammad Basyuni Imran sebagai tokoh Islam dikerajaan pantai utara Kalimantan Barat menempatkan Sambas sebagai bagian dari pusat-pusat Islam yang berperan besar dalam membangun Nusantara Baru dan sekaligus mempersiapkan kualitas mental dan spiritual masyarakat Sambas untuk menyongsong dan membangun Indonesia merdeka.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.