Monday 4 April 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "perjuangan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "perjuangan"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "perjuangan" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "perjuangan", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "perjuangan" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "perjuangan"

  1. Meskipun demikian perjuangan kita tetap berat.
  2. Semuanya mesti tunduk pada perjuangan kemerdekaan.
  3. Tiada kemuliaan dalam Islam tanpa perjuangan mereka
  4. "Kukira, cara perjuangan kita harus diubah."katanya.
  5. Yakin karena keyakinan pada kebenaran perjuangan kita.
  6. Belum pernah aku melihat semangat perjuangan sesuci ini.
  7. Tetapi di sana pula letak kelemahan tenaga perjuangan kita.
  8. Tanpa bantuan rakyat, perjuangan kita takkan mungkin berhasil.
  9. Namun ada kalanya, hasil perjuangan tidak sesuai dengan harapan.
  10. Tampilnya seorang pemimpin pada situasi perjuangan sangat diperlukan.
  11. "Itu, pasti bukan perjuangan untuk mendapatkan dana rekanan!" kata MH.
  12. Sekarang, mari kita bicara, tentang keadaan kita dan perjuangan kita."
  13. Selama perjuangan kita hanya bisa jalan karena massa yang kenoa pesona.
  14. Dengan motivasi itulah perjuangan yang dilakukan akan berharga dan bernilai.
  15. Cita-cita kemanusian kami, kami yakin bersatu dengan Tuhan dalam perjuangan kami.
  16. Dia rela untuk tidak menikah hanya demi tuntutan keberhasilan perjuangan revolusi.
  17. Barulah perjuangan kita ada artinya dan lebih banyak harapan untuk dapat berhasil."
  18. Dia masih belum tahu apakah bumi itu yang menjadi ibu, atau perjuangan kemerdekaan.
  19. Prinsip perjuangan IPNU adalah perwujudan dari tugas pesan kenabian dalam konteks IPNU.
  20. Oleh karena itu, perjuangan kemerdekaan harus tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  21. Kalau sudah mendapatkan bengcu yang baru tentu kita dapat memulai dengan perjuangan kita."
  22. Jika terlalu kooperatif akan dianggap terlalu lemah untuk bisa mewakili perjuangan kaumnya.
  23. Bagi kami sekarang yng penting adalah perjuangan kemerdekaan kami, cita-cita kebebasan kami.
  24. Dalam melakukan aktivitas-aktvitas perjuangan dan pengembangan IPNU di tengah-tengah masyarakat.
  25. Dia sudah tahu bahwa sutenya ini selalu bicara tentang perjuangan melawan pemerintah penjajah Mongol.
  26. Dia harus dapat melakukan sesuatu untuk perjuangan mengusir penjajah Mongol dari tanah air, pikirnya.
  27. Kami beruntung punya pemimpin yang dengan perjuangan pribadinya memberi teladan yang baik pada rakyat.
  28. Strategi perjuangan yang kooperatif juga ditampilkan oleh Pramoedya melalui tokoh ayah dalam novel BPM.
  29. Dalam melakukan aktivitas-aktivitas perjuangan dan pengembangan IPNU, azas-azas yang di gunakan adalh :
  30. "Biarkanlah kalau dia pergi setiap hari, karena tentu dia ada hubungannya dengan usaha perjuangan kita.
  31. Nilai kemanusiaan harus mendasari dan sekaligus mengatasi setiap tindakan dalam rangka perjuangan kemerdekaan.
  32. Mereka adalah orang-orang golongan sesat yang meng­gunakan kedok perjuangan untuk keuntung­an mereka sendiri.
  33. Selesai perjuangan Irian Barat (Irian Jaya), Adam Malik memegang jabatan Menko Pelaksana Ekonomi Terpimpin (1965).
  34. Bahkan dengan ekstrim dinyatakan bahwa yang menjadi penggerak dan pemikir utama perjuangan revolusi adalah Syahrir.
  35. Sulitnya perjuangan membebaskan pikiran dan kenyataan bahwa apa yang dimakan anggota keluarganya bukan hasil korupsi.
  36. Karenanya, perjuangan keislaman dalam konteks kebangsaan Indonesia senantiasa bergulir setiap waktu, tidak pernah usai.
  37. "Begitulah seharusnya sikap seorang pahlawan! Mendahulukan kepentingan perjuangan dan mengesampingkan kepentigan pribadi.
  38. "Pouw-pangcu benar, akan tetapi perjuangan bukan berarti dengan nekat menyerang dan mati konyol, mengorbankan banyak teman.
  39. Pengorbanan dalam rangka pencapaian tujuan perjuangan seringkali harus berbenturan dengan kepentingan yang sifatnya pribadi.
  40. Nasionalisme kini lebih berarti pada hikmah jati diri perjuangan melawan sang kuasa lalim baik perorangan maupun struktural.
  41. "Artinya, perjuangan hak demi political games semata -- bukan untuk kepentingan rakyat banyak -- dikalahkan oleh akal sehat."
  42. Percayalah, kami tidak akan mengganggumu, hanya menawanmu sebagai tamu kami demi kepentingan perjuangan kami," kata Cu Goan Ciang.
  43. Justeru niat ini timbul setelah aku menyadari kebenaran ucapan kalian tadi bahwa perjuangan bukan sekedar membenci pemerintah Mongol.
  44. Berdasarkan penggambaran Teto, di pihak Belanda atau penjajah pada umumnya strategi perjuangan diplomasi merupakan strategi yang jitu.
  45. Berbagai pembajakan pesawat sebagai publikasi perjuangan rakyat Palestina membuat PLO dikecam oleh opini dunia, dan Yordania pun dikucilkan.
  46. Risalah ini sudah dimulai sejak nabi Muhammad saw memperkenalkan perjuangan suci yang mengubah peradaban gelap menuju peradaban yang tercerahkan.
  47. Bersamaan dengan itu, sejarah pun sungguh-sungguh bersaksi: di masa silam telah berlangsung sebuah perjuangan panjang dan sengit bagi kemerdekaan.
  48. Modal utama dalam perjuangan selain pengorbanan, kebersamaan dan yang tak kalah penting adalah adanya keyakinan dalam diri setiap pejuang revolusi.
  49. Kesenjangan itulah secara sosiologis akan melahirkan perjuangan hak-hak bagi mereka yang tertindas demi perjuangan nasib dan perubahan kelas sosial.
  50. Sayangnya, para pejuang GPST di Kabupaten Poso tak ada yang mengikuti jejak Sulaeman Alim Sandagang untuk mendukumentasikan sejarah perjuangan mereka.
  51. Sehingga dirasa mendesak adanya suatu rumusan pandangan hidup organisasi berupa prinsip perjuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan bangsa.
  52. Sebelum kita dapat mengusir penjajah Mongol dari seluruh daratan Cina, perjuangan kita belum selesai, dan untuk itu kita harus dapat menarik dukungan rakyat.
  53. Mereka lalu berbincang-bincang, atau lebih tepat lagi, Cu Goan Ciang mendengarkan penjelasan mereka tentang keadaann Hwa I Kaipang dan perjuangan perkumpulan itu.
  54. Sebagai generasi pelajar dan santri yang mewarisi ruh perjuangan panjang dinegeri ini, IPNU terpanggil untuk memberikan yang terbaik bagi tanah air yang tercinta.
  55. - Melihat perkembangan ini, FIFA perlu memberi dukungan bagi perjuangan melawan rasisme dengan aturan-aturan, walaupun hal itu boleh diartikan sebagai langkah mundur.
  56. Nasionalisme kini lebih pada hikmah jati diri perjuangan melawan sang kuasa lalim yang secara peroangan maupun struktural dan demi hari depan yang lebih baik dan adil.
  57. Kalau kita berdua nekat dan mati bersama, lalu bagaimana dengan perjuangan? Kita disuruh tetap hidup agar kita dapat melanjutkan perjuangan ini, menghancurkan penjajah.
  58. Sutenya adalah seorang pejuang sejati yang membenci penjajah, bahkan rela memasuki bahaya dengan menjadi perwira untuk membantu perjuangan menjatuhkan pemerintah Mongol.
  59. Di samping itu juga dilandasi oleh adanya kesadaran bahwa perjuangan Indonesia pasti mendapat perlindungan dari Tuhan, karena bangsa Indonesia berada dipihak yang benar.
  60. Agar kita selalu ingat bahwa perjuangan yang kita lakukan dengan mempertaruhkan segalanya ini adalah demi membebaskan tanah air dan rakyat dari pada cengkeraman penjajah.
  61. Bahkan kalau mungkin, kita harus mendekati Hek I Kaipang dan membujuk agar mereka kembali ke jalan suci perjuangan menentang penjajah dan membebaskan rakyat dari penindasan."
  62. TETAPI, setiap bulan Agustus, bangsa ini selalu teringat atau diingatkan kepada heroisme, patriotisme, semangat kemerdekaan, dan perjuangan tanpa pamrih, demi nusa dan bangsa.
  63. Tidak mungkin! Perjuangan kita akan diselewengkan oleh mereka yang me­mang sesat itu dan selain perjuangan akan gagal, juga nama baik kita sebagai pendekar akan menjadi rusak.
  64. Ketika kaum muslimin berkemas untuk berangkat menuju perang mu'tah, kaum muslimin berkata: Allah akan menemani kalian dan membantu perjuangan kalian, lalu Ibnu Rawahah berkata:
  65. Ketika masih muda, ia pernah men­jadi puteri angkat ketua Lembah Ban­kwi-kok, yaitu ketua Pouw-beng-pai, juga sebuah perkumpulan sesat yang berkedok perjuangan melawan penjajah.
  66. Empat orang perwira ini adalah orang-orang sehaluan dengan dia, yaitu mereka yang berjiwa pahlawan dan bermaksud untuk membantu perjuangan menggulingkan pemerintah penjajah Mongol.
  67. Wawasan kekaderan, wawasan yang menempatkan organbisasi sebagai wadah untuk membina anggota, agar menjadi anggota yang bamemiliki komitmen pandangan hidup dan perjuangan organisasi.
  68. "Kami mengaku orang Thian-li-pang bukan untuk melakukan fitnah melainkan untuk menggugah semangat perjuangan Thian-li-pang yang agaknya menjadi lemah." kata pula Koai Tosu penuh semangat.
  69. Pek Mau Lokai menoleh kepada tiga orang muridnya dan berkata, "Kalian beri gambaran yang jelas kepada Siauw Cu, tentang keadaan kita, tentang perjuangan kita, tentang keadaan pihak musuh.
  70. Yang melakukan perampokan harus dihukum berat, dan terutama yang membunuh rakyat dan memperkosa wanita harus dihukum mati! Kita sedang berjuang, dan perjuangan kita masih jauh dan panjang.
  71. Pouw Sen, ketua tinggi kurus muka putih yang memimpin cabang di timur berkata dengan nada memrotes, "Akan tetapi, kalau kita menghentikan serbuan-serbuan kita, berarti perjuangan kita mundur.
  72. dan ekstern NU adalah bagian dari muda Indonesia yang memiliki tangung bjawab kelangsungan hidup bangsa dan negara dan merupakan bagian tak terpisahkan dari mupaya dan cita-cita perjuanganNU.
  73. Dia memperkenalkan empat orang perwira pembantunya yang juga merupakan orang-orang sehaluan, yang membantu perjuangan dengan mempersiapkan diri sebagai perwira sehingga dapat membantu dari dalam.
  74. Siasat ini harus dilaksanakan sebaik mungkin karena kalau gagal, membahayakan keselamatan kita dan berarti menggagalkan pula perjuangan kita." Dia lalu bicara berbisik-bisik namun singkat dan jelas.
  75. Pengaruh Boedi Oetomo 1908 serta keterlibatan pemuda Maluku dalam sumpah pemuda 1928 membuktikan pemuda–pemuda Maluku yang tergabung dalam Jong Ambon juga berperan aktif dalamperjuangan untuk merdeka.
  76. Aku mau mengorbankan apa saja, bahkan nyawaku, demi perjuangan membebaskan bangsa dari cengkeraman penjajah, akan tetapi aku tidak mau mengorbankan engkau, aku tidak rela melihat engkau diganggu siapapun.
  77. Dan jatuhkan kartu itu satu per satu." Itu adalah sebaris kalimat bijak Ali Alatas yang mungkin menjadi rahasia di balik setiap optimismenya dalam menghadapi nada-nada pesimistis pada perjuangandiplomasi.
  78. Presiden/Panglima Tertinggi dapat memberikan anugerah Bintang Gerilya kepada warga-negara asing terkemuka sebagai penghormatan Republik Indonesia atas jasa-jasanya untuk perjuangan negaranya masing-masing.
  79. Lalu Aswad al- Ra'i maju kedepan barisan pertempuran untuk membantu perjuangan kaum muslimin, lalu ia terkena tendangan kuda hingga menewaskannya, padahal belum sekalipun ia melakukan shalat dihadapan Allah Swt.
  80. Dan kalau ada kelompok yang melakukan kejahatan mengganggu rakyat jelata, kita harus membasmi mereka. Dengan cara demikian, kita akan mmperoleh dukungan rakyat jelata, setiap perjuangan tidak akan berhasil baik."
  81. Biarpun dia rela berkorban nyawa sendiri demi perjuangan membebaskan tanah air dan bangsa dari cengkeraman penjajah Mongol, akan tetapi agaknya dia akan merasa berat kalau harus mengorbankan diri Mimi yang dicintanya.
  82. Melalui pertimbangannya yang mendalam, Mochtar Lubis menegaskan bahwa dalam perjuangan tidak sebatas adanya strategi tetapi yang lebih penting harus ada landasan filosofis yang mendasari setiap tindakan yang dilakukan.
  83. "Hemm, bocah sombong, berani engkau berkata demikian kepadaku? Aku tahu bahwa para pemberontak adalah orang-orang jahat yang mempergunakan kedok perjuangan untuk menutupi kejahatan mereka. Mereka hanya perampok dan mencuri.
  84. Dia seorang diri saja, menggunakan tenaga dan kepandaiannya, bagaiman mungkin mampu berjuang, apa lagi kalau perjuangan itu bercita-cita mengusir penjajah dari tanah air? Menghimpun tenagapun tidak merupakan hal yang mudah.
  85. Sama halnya dengan perjuangan suatu masalah untuk masuk ke dalam agenda kebijakan, dalam tahap perumusan kebijakan masing-masing alternatif bersaing untuk dapat dipilih sebagai kebijakan yang diambil untuk memecahkan masalah.
  86. MESKIPUN bangsa ini masih membutuhkan pemikiran, kearifan, kesederhanaan, serta perjuangan dan komitmennya yang tinggi terhadap keislaman, demokrasi, kerukunan, kebangunan bangsa dan masyarakat madani, Tuhan sudah memanggil Cak Nur pulang ke rumah-Nya.
  87. Menghidupi cita-cita perjuangan dan tantangan social tersebut mendorong IPNU untuk merumuskan konsepsi idiologis [pandangan hidup yang diyakininya] berupa prinsip perjuangan IPNU sebagai landasan berfikir, analisis, bertindak, berprilaku, dan berorganisasi.
  88. Semoga perjuangan kalian berhasil karena kalian memang benar!" kata Bouw Ku Cin. Cu Goan Ciang memberi perintah kepada selosin pembantunya untuk mengawal putera Mongol itu agar dapat keluar dari pintu gerbang dengan amat, dan memberinya seekor kuda yang tangkas.
  89. Mereka para sahabat yang mulia sungguh telah memerankan perjuangan yang abadi sehingga hidup mereka menjadi cahaya penyinar bagi ummat Islam sampai hari kiamat, dengan perbuatan-perbuatan dan ucapan-ucapan mereka, ummat ini seolah – olah dapat diterangi dari kegelapan.
  90. Keadilan gender adalah wujud dari komitmen pada penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia laki-laki maupun perempuan sebagai makhluk Tuhan yang harus diperlakukan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaannya dan bukan semata-mata perjuangan kepentingan salah satu gender.
  91. Tahun 1958, Gan KL mengirimkan karya sadurannya yang pertama berjudul Pendekar Padang Rumput (Sai Wai Qi Xia Chuan/Tjhau Goan Eng Hiong ) buah karya Liang Yusheng, yang berkisah tentangperjuangan suku minoritas di Sin Kiang melawan kaum penjajah, ke harian Sin Po tempat ia bertugas.
  92. Para sahabat memiliki sifat-sifat yang sangat terpuji seperti sifat jujur, ikhlas, percaya diri dan saling mencintai, tunduk lagi khusyu', taat beribadah dan berdzikir, menafkahkan harta dijalan Allah dan bagiperjuangan Islam, sayang kepada sesama mukmin, keras dan tegas terhadap orang - orang kafir.
  93. Dan Menteri Bayan yang cerdik itu mempergunakan keadaan ini untuk keuntungan pemerintahnya, yaitu sengaja dia mengirim orang-orang untuk menyusup ke dalam perkumpulan-perkumpulan itu mengadu domba dan menyelewengkan gerakan perjuangan menjadi gerakan persaingan antara gerombolan yang berebutan kekuasaan!
  94. Pemerintah bermaksud pula, agar supaya pemberian Bintang Gerilya dapat diperluas kepada pejabat‑pejabat negara asing yang datang berkunjung ke Indonesia, sebagai pemberian anugerah secara timbal‑balik dan sebagai penghormatan Republik Indonesia atas jasa‑jasa untuk perjuangan negaranya masing‑masing.
  95. Mampu menerima hasil perjuangan apa adanyaadalah bijaksana, tetapi mau tetap bangkit dengan apa adanya kita hari ini adalah luar biasa!!! Selama kita telah berjuang memberikan yang terbaik dari yang kita miliki, apa pun hasilnya, sukses atau gagal, yang pasti semangatperjuangan itu telah memiliki nilai kesuksesan tersendiri...
  96. Pertanyaan ini dilontarkan sebanyak tiga kali kepada mereka, ketika mereka menyadari bahwa tidak ada lagi keinginan yang akan mereka pinta, mereka berkata: Ya Allah, kami ingin Engkau mengembalikan nyawa – nyawa kami kedalam tubuh – tubuh kami sehingga kami dapat merasakan gugur dalam perjuangan di jalanMu (mati syahid) sekali lagi.
  97. Hakikat ipnu adalah wadah perjuangan NU untuk mensosialisasikan komitmen nilai-nilai keislaman, kebangsaan, keilmuan, kekaderan dan keterpelajaran dalam upaya pengalian dan pembinaan kemampuan yang dimiliki sumberdaya anggota, yang senantiasa mengamalkan kerja nyata demi tegaknya ajaran islam ahlussunah wal jama'ah dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia yang berdasarkan pancaasila dan UUD 1945.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.