Friday 27 November 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "asing". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "asing"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "asing" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "asing", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "asing" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "asing"

  1. Aqua sebenarnya bukan nama asing baginya.
  2. Maafkan saya. Saya juga orang asing disini.
  3. Saya benar - benar orang asing di tempat ini.
  4. Pencuri asing mendapatkan sampai US$ 4 milyar.
  5. Apalagi, silat bukanlah hal yang asing baginya.
  6. Saya ingin melaporkan ada orang asing di jendela saya.
  7. Apakah ada tempat pertukaran uang asing di sekitar sini?
  8. Ada peraturan bagi orang asing untuk nienukar dolar di bank.
  9. Di atas dada itu terpampang rajah tiga angka yang tak asing lagi.
  10. Dapatkah orang asing memiliki akses ke buku-buku di perpustakaan ini?
  11. "Pertama, aku seorang pendatang asing dan pandai besi ini penduduk desa tuan.
  12. Akan tetapi aku melihat gerakan ilmu silatmu tadi sama sekali tidak asing bagiku.
  13. Ya, kadang-kadang ada juga sih, makhluk asing itu jadi kesurupan bila malam tiba.
  14. Perusahaan angkutan udara asing dilarang melakukan angkutan udara niaga di dalam negeri.
  15. Dipake bersamaan kalo keluar rumah or di rumah tapi ada pria asing yang bukan mahram kamu.
  16. Sushi sudah bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia apa lagi bagi anak muda.
  17. Si Perwira yang sudah tak asing lagi dengan bau seperti itu segera tunggingkan bagian mulut tabung.
  18. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan asing membanjir sampai di pelosok tanah air kita.
  19. 2. Periode pengaruh Hindhu dan Budha, terutama dalam bentuk senkretisasi budaya asing dengan budaya setempat.
  20. Tahu apa yang nanti ia kerjakan? Dia akan menjual hasil penelitiannya kepada asing dan kita tetap saja miskin.
  21. Seperti juga dalam cerita Nyai Roro Kidul, siswa belajar tentang kerajaan, dan nama-nama yang asing bagi mereka.
  22. Dimana bangun datar ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan tetapi bagaimana dengan persegi panjang keemasan.
  23. Maafkan aku. Saya orang asing di sini. Haruskah saya tanya pria itu untuk Anda, kalau Anda mau? Tunggu sebentar ya.
  24. e.Memasuki dinas angkatan perang negara asing dengan tidak mendapat ijin dahulu dari Pemerintah Republik Indonesia.
  25. Perhatian pembelajar asing terhadap nilai-nilai budaya yang ada dalam cerita tradisi lisan tersebut juga akan dianalisis.
  26. “Tetapi, para calon investor asing masih meragukan kesungguhan pemerintah dalam memberikan kepastian berusaha,” kata JP.
  27. Untunglah, hingga kini terbukti tak ada seorangpun lembaga, negara, pemerintah apalagi asing yang tertarik membeli gagasanku.
  28. Selain dia menjembatani karya asing kepada pembaca sastra, ia patut dihargai sebagai orang yang melahirkan bentuk sastra baru.
  29. 9. Pesawat udara sipil asing adalah pesawat udara yang didaftarkan dan/atau mempunyai tanda pendaftaran negara bukan Indonesia;
  30. Nah, bukankah kita tidak asing lagi satu sama lain? Atau.... eng­kau yang tidak suka melakukan perjalan­an bersamaku, Han-ko?
  31. Syukurlah sikap seperti itu mulai disadari, dan diambil langkah-langkah nyata mengganti kata-kata asing dengan kata-kata Indonesia.
  32. Soeharto membuka investasi asing untuk meningkatkan produksi padi, memperkuat kebijakan pertanian dengan membuat kebijakan harga gabah.
  33. Tenaga instrukturnya adalah volunteer yang harus warga asing (karena tak diberi gaji), dan juga penduduk lokal yang diberi gaji lumayan.
  34. Pada triwulan I/2006, surplus neraca modal dan finansial meningkat cukup besar dengan masuknya modal asing terutama modal jangka pendek.
  35. Ilmu silat mu­ridnya itu demikian aneh dan asing ge­rakannya, akan tetapi semua pukulannya meleset dan tidak pernah mengenai sa­saran.
  36. Sedangkan investasi langsung asing (neto) mencapai US$ 0,2 miliar, lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya (US$ 0,3 miliar).
  37. Pembahasan utama dari makalah ini adalah daya tarik penggunaan cerita tradisi lisan bagi pembelajar asing dibandingkan dengan materi noncerita.
  38. Selain itu dia juga menerjemahkan karya asing seperti karya Hemmingway The Old Man and the Sea, Daisy Manis (Henry James), semuanya pada 1970-an.
  39. Seluruh saham PT. Indosat dengan modal asing ini pada akhir tahun 1980 dibeli oleh Negara Republik Indonesia dari Amrican Cable & Radio Corporation.
  40. (3) Penggunaan pesawat udara negara asing dari dan ke atau melalui wilayah Republik Indonesia, hanya dapat dilakukan berdasarkan izin khusus Pemerintah.
  41. Sementara itu neraca modal dan finansial dihadapkan pada terbatasnya investasi langsung asing (neto) serta tingginya pembayaran utang luar negeri swasta.
  42. Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan komposisi udara dari keadaan normalnya.
  43. “Jadi, kapal-kapal dan pesawat asing yang nyelonong tanpa kontrol itu, dengan dalih kirim bantuan, sebetulnya rawan ‘maksud terselubung’?” kata JP.
  44. Persaingan juga meningkat untuk menarik investasi asing terutama oleh negara-negara di kawasan Asia dan Amerika Latin dalam upaya mendorong perekonomiannya.
  45. Menyinggung kasus kapal-kapal asing pencuri ikan atau penyelundup, ia menyatakan: "Kita akhirnya selalu dag-dig-dug," ujarnya, disambut tawa dan tepuk tangan.
  46. Pada triwulan II/2005, investasi langsung asing (neto) mengalami surplus sebesar US$ 2,2 miliar terutama didorong oleh masuknya penyertaan saham Phillips Morris.
  47. Engkau tahu revolusi kemerdekaan kita adalah untuk melepaskan bangsa kita dari kekuasaan asing yang sekian lama telah menghisap darah dan tulang sunsum rakyat kita
  48. Ini sudah keterlaluan, ayah! Andai kata tidak ada dua orang pemuda asing itu muncul, aku sendiri kalau melihatnya tentu akan menghajar orang-orang kita sendiri.”
  49. Namun kini membuat patung bagi Suku Asmat tidak sekadar memenuhi panggilan tradisi, sebab hasil ukiran itu juga mereka jual kepada orang asing di saat pesta ukiran.
  50. Memasuki tahun 2006 nilai tukar rupiah menguat antara lain didorong oleh arus masuk modal asing melalui SBI, SUN, dan pasar modal; serta menurunnya kebutuhan impor.
  51. Begitu dia menyadari orang asing di depannya beriktikad baik, diceritakannya kondisi ibunya yang sedang sakit. Dibawanya Roy ke rumahnya yang sempit di lantai bawah.
  52. Sekaligus aku akan buktikan bahwa sesungguhnya, akulah yang menjadi korban karena ada sesosok makhluk asing yang melibatkan aku ke dalam persoalan yang demikian pelik.
  53. Ia beralih profesi terjun ke bidang hukum dan membuka kantor konsultan hukum yang memberi jasa pengurusan naturalisasi warga negara asing menjadi warga negara Indonesia.
  54. Investasi langsung asing (neto) mengalami surplus US$ 1,8 miliar, investasi portfolio surplus sebesar US$ 6,1 miliar, dan arus modal lainnya defisit sebesar US$ 10,7 miliar.
  55. Aih, apakah engkau.... tidak me­rasa....janggal, Hong-moi? Melakukan perjalanan bersama Seorang pemuda se­perti aku yang sama sekali asing bagi­mu? Apa akan kata orang nanti?
  56. Kehadiran bahan atau zat asing di dalam udara dalam jumlah tertentu serta berada di udara dalam waktu yang cukup lama, akan dapat mengganggu kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.
  57. Saya berbicara sedikit. Tapi berbicara dan memahamkan adalah dua hal yang berbeda. Misalnya, saya tahu kata " asing " - tapi saya tidak bisa membedakan mana batas untuk orang asing.
  58. (1) Setiap pesawat udara sipil Indonesia atau asing yang tiba di atau berangkat dari Indonesia, hanya dapat mendarat di atau tinggal landas dari bandar udara yang ditetapkan untuk itu.
  59. Maka, dengan sejumlah pasal baru dalam RUU Sumber Daya Air, pihak asing –yang di DKI Jakarta sudah menguasai 95% saham PDAM– bisa menguasai seluruh hak guna usaha air di negeri ini.
  60. Selanjutnya, meningkatnya investasi langsung asing (neto), terjaganya investasi portfolio, dan menurunnya defisit arus modal lainnya akan meningkatkan surplus neraca modal dan finansial.
  61. Melihat The Sun Tek bercakap-cakap dengan seorang wanita asing di taman dalam suasana yang begitu akrab, memegang kedua tangan, dia berhenti melangkah, memandang dan tidak berani bertanya.
  62. Akan tetapi mereka sendiri tidak pernah usil mencampuri urusan orang lain sehingga biarpun ada orang asing memasuki wilayah mereka asal orang asing itu tidak mengganggu, juga tidak dilarang.
  63. Para penumpang, penduduk lokal dari kampung terakhir di kaki bukit yang akan mereka kunjungi di utara India, persis di gugusan Pegunungan Himalaya, memandang ke arah para petualang asing itu.
  64. Pemakaian (adopsi) istilah asing yang banyak dipakai dan sudah disesuaikan ejaannya dengan kaidah Bahasa Indonesia dapat dipertimbangkan dan dibenarkan, jika istilah asing itu memenuhi syarat :
  65. Maka, dengan sejumlah pasal baru dalam RUU Sumber Daya Air, pihak asing – yang di DKI Jakarta sudah menguasai 95 persen saham PDAM – bisa menguasai seluruh hak guna usaha air di negeri ini.
  66. Perkembangan ini mendorong dengan cepat perusahaan-perusahaan di Indonesia ke dalam kancah persaingan dengan perusahaan-perusahaan asing yang telah lebih lama dan berpengalaman dalam dunia bisnis.
  67. “Masuk UT”, kalimat ini sudah tidak asing lagi menjadi buah pembicaraan kalangan pendidik baik dilingkungan tempat mereka bekerja maupun di tempat-tempat lain mereka berkumpul dalam komunitasnya.
  68. Tentu saja, ada beberapa aspek kehidupan dalam masyarakat Indonesia yang sulit diterima dan dimengerti oleh pembelajar asing karena, memang, kebudayaan Indonesia berbeda dengan kebudayaan bangsa lain.
  69. Ia adalah seorang buyut yang berkuasa penuh atas desanya dan brahmana itu seorang pendatang asing serta Gajah itupun hamba gajihannya "Perlukah tuan mengatakan hal itu kepadaku?" serunya kurang senang.
  70. Enam tahun kemudian, XL mengambil suatu langkah penting seiring dengan kerja sama antara Rajawali Group-pemegang saham PT. Grahametropolitan Lestari– dan tiga investor asing (NYNEX, AIF, dan Mitsui).
  71. Dalam makalah ini pembahasan utama adalah daya tarik penggunaan cerita tradisi lisan bagi pembelajaran asing dibandingkan dengan materi noncerita berdasarkan pengalaman mengajar di Universitas Melbourne.
  72. Bukan apa-apa, Su-i. Akan tetapi eng­kau adalah bibi guruku, dengan adanya hubungan ini, tidak pantaskah kalau aku mengenalmu lebih baik lagi? Agar eng­kau tidak menjadi seperti orang asing lagi bagiku.
  73. Presiden/Panglima Tertinggi dapat memberikan anugerah Bintang Gerilya kepada warga-negara asing terkemuka sebagai penghormatan Republik Indonesia atas jasa-jasanya untuk perjuangan negaranya masing-masing.
  74. (2) Penggunaan pesawat udara sipil asing dari dan ke atau melalui wilayah Republik Indonesia, hanya dapat dilakukan berdasarkan perjanjian bilateral atau perjanjian multilateral atau izin khusus Pemerintah.
  75. Yang ditekankan, bagaimana bangsa Indonesia menyikapi pengaruh asing dan menempatkan tradisi sebagai bagian dari masa lalu yang harus dibenamkan semati-matinya atau justru dijadikan sebagai sumber inspirasi.
  76. Begitu selalu sapanya, setiap kali menyaksikan puluhan wartawan baik lokal maupun asing menyerbunya dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkutat pada “akankah ASEAN memiliki suatu mekanisme HAM tersendiri”.
  77. Ketergantungan pada pihak asing yang seiama ini terjadi berpengaruh secara nyata pada banyak segi, diantaranya pasokan bahan baku komoditas pangan, teknologi pengolahan dan proses, dan pola konsumsi masyarakat.
  78. Sepanjang kebutuhan angkutan udara di Indonesia belum terpenuhi, pesawat udara yang dimiliki oleh warga negara asing atau badan hukum asing, dapat didaftarkan di Indonesia apabila memenuhi ketentuan dalam ayat ini.
  79. Dalam kerangka pengembangan produk inilah, kami, PT Grasindo mengadakan jalinan kerja sama dengan beberapa penerbit negara asing seperti Inggris, Belanda, Jerman, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Amerika.
  80. Bantuan oleh sekitar 20.000 tentara asing – 16.500 di antaranya dari Amerika Serikat –dinilai lebih efektif, dan banyak yang berharap mereka tinggal lebih lama di Serambi Mekkah, tanpa boleh dicurigai sedikit pun.
  81. Jalan itulah yang harus diambil Ayah. Membelok ke kiri.” Kini Cu In sudah tidak asing lagi menyebut ayah kepada The Sun Tek dan hal ini benar-benar membahagiakan hati panglima itu dan juga menyenangkan hati Keng Han.
  82. 3. Bahasa asing meliputi bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, dan bahasa Rusia merupakan bahasa pengantar utama dalam penyelenggaraan siaran internasional TVRI sesuai dengan kebutuhan dan khalayak sasaran.
  83. Bahkan secara tidak langsung ketergantungan pangan pada pihak asing dapat mempengaruhi pemerintah Indonesia daiam pengambilan keputusan dan sikap yang erat kaitannya dengan aspek politik, ekonomi hingga pertahanan dan keamanan.
  84. Kebijakan pertanian pada masa awal kekuasaan Soeharto mengundang investasi asing untuk meningkatkan produksi padi melalui gerakan Revolusi Hijau cenderung membiarkan kekuatan asing mencengkram Indonesia dengan hutang luar negeri.
  85. Syaratnya, wisatawan asing ini harus berada di Thailand kurang dari 180 hari dalam setahun, bukan kru penerbangan, dan berangkat dari Thailand melalui pesawat udara di bandara internasional (Bangkok, Chiang Mai, Hat Yai atau Phuket).
  86. Dan, begitu Menlu Australia Alexander Downer tiba di Jakarta, ia mengaku dapat bisikan dari, katanya, seorang perwira Polri, yang mendapat SMS tentang kemungkinan pengeboman terhadap kedubes asing di Jakarta, 45 menit sebelum ledakan terjadi.
  87. Melihat wajah mereka yang nampak tegang, Kui Hwa menduga bahwa mereka tentu sedang membicarakan peristiwa yang terjadi pada Lurah Koa itu, dan mungkin juga karena laporan dua orang tukang pukul ayahnya yang tadi dihajar oleh dua orang pemuda asing itu.
  88. Sisi penting dari makalah ini adalah upaya menjawab pertanyaan mengenai keunggulan dan kelemahan dalam menggunakan cerita tradisi lisan, dan tentang ketertarikan pembelajar asing atas cerita tradisional dibandingkan dengan pengajaran secara konvensional.
  89. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya, dan persatuan dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri, serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia.
  90. Sementara itu surplus neraca modal dan finansial diperkirakan sebesar US$ 3,4 miliar didorong oleh meningkatnya investasi asing langsung (neto) sebesar US$ 2,3 miliar, portofolio sebesar US$ 3,7 miliar, dan investasi lainnya (neto) defisit sebesar US$ 3,1 miliar.
  91. (2) Pesawat udara Indonesia atau pesawat udara asing dilarang terbang melalui kawasan udara terlarang, dan terhadap pesawat udara yang melanggar larangan dimaksud dapat dipaksa untuk mendarat di pangkalan udara atau bandar udara di dalam wilayah Republik Indonesia.
  92. Maka, begitu melihat ada seorang asing memasuki kuil, sedikitnya tiga puluh pasang mata mengikuti gerak-gerik Goan Ciang dengan penuh perhatian dan kecurigaan, Tak seorangpun dari mereka rela kalau ada sudut yang telah menjadi tempat tinggal mereka terganggu orang asing.
  93. MESKIPUN Indonesia sangat kaya plasma nuftah dan aneka mikroorganisme, ternyata kekayan itu banyak dicuri peneliti asing dan dipatenkan oleh mereka untuk berbagai keperluan ekonomis, terutama untuk pembuatan aneka enzim yang menghasilkan obat-obatan, kosmetika, dan makanan.
  94. “Tetapi, sebenarnya siapa sih, yang paling diuntungkan oleh kenaikan harga BBM? Seluruh atau sebagian besar rakyat Indonesia yang makin miskin? IMF yang ngotot mau meliberalkan segala urusan? Atau para investor asing yang sudah dapat izin buka ratusan pompa bensin di sini?”
  95. Dalam hal pesawat udara asing mengalami kecelakaan di wilayah Republik Indonesia, wakil pemerintah tempat pesawat udara didaftarkan, wakil perusahaan angkutan udara yang bersangkutan, dan wakil pabrik pesawat udara yang bersangkutan dapat disertakan sebagai peninjau dalam penelitian.
  96. b. Dimiliki oleh warga negara asing atau badan hukum asing dan dioperasikan oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia untuk jangka waktu pemakaiannya minimal dua tahun secara terus menerus berdasarkan suatu perjanjian sewa beli, sewa guna usaha atau bentuk perjanjian lainnya;
  97. Tidak ada yang menyatakan keberatan lagi setelah mereka mengerti apa yang dimaksudkan Yen Yen. Mereka semua tidak merasa asing kalau kini Yen Yen mewakili kakeknya, karena biasanya ia memang seringkali mewakili kakeknya dalam banyak hal, hanya biasanya belum diresmikan oleh ketua Hwa I Kaipang.
  98. Barangsiapa mengoperasikan pesawat udara asing dari, ke atau melalui wilayah Republik Indonesia dengan melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda setinggi-tingginya Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah).
  99. Dusun di Lembah Sungai Huai itu merupakan dusun kecil yang tidak pernah dikunjungi orang luar, maka kedatangan setiap orang asing tentu akan menarik perhatian mereka. Itulah sebabnya, ketika dua orang pemuda itu melangkah perlahan memasuki dusun, mereka semua memandang penuh perhatian dan keheranan.
  100. Pemerintah bermaksud pula, agar supaya pemberian Bintang Gerilya dapat diperluas kepada pejabat‑pejabat negara asing yang datang berkunjung ke Indonesia, sebagai pemberian anugerah secara timbal‑balik dan sebagai penghormatan Republik Indonesia atas jasa‑jasa untuk perjuangan negaranya masing‑masing.
  101. Pengaruh arus globalisasi dalam identitas bangsa itu tecermin, antara lain, dari sikap lebih mengutamakan penggunaan bahasa asing (disingkat BA) daripada penggunaan BI, misalnya dalam penamaan kompleks perumahan, dan sikap mementingkan kegiatan tertentu, misalnya demi kegiatan pengembangan pariwisata dan bisnis.
  102. Jika perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak memperoleh perlindungan yang memadai dari Pemerintah, agak susah mereka dalam jangka panjang memenangkan persaingan dengan perusahaan-perusahaan asing yang umumnya mampu menghasilkan produk dan jasa yang dilemparkan mereka ke pasar dengan efisiensi produksi yang tinggi.
  103. Komik strip asing , seperti Flash Gordon, Rip Kirby, Prince Valiant, Tarzan dan Superman yang masuk indonesia lewat surat kabar, juga menjadi pendorong penciptaan karya komik-komik Indonesia.pada masa sekarang, memang kita harus banyak belajar dari negara Jepang, bukankah komikus kita sebenarnya memiliki kemampuan.
  104. Baru setelah gadis, ia bertemu kembali dengan ayah bundanya dan sekarang ia menjadi isteri Pangeran Cia Sun, hidup berbahagia dengan suami­nya tercinta di kota raja.Pemuda itu adalah putera mereka, anak tunggal yang diberi nama Cia Kun. Sebagai putera ayah ibu yang pandai, tentu saja dia tidak asing dengan ilmu silat.
  105. Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keadaan, dalam Peraturan Pemerintah dapat diatur mengenai bentuk-bentuk perjanjian lainnya yang dapat dipergunakan sebagai dasar untuk mendaftarkan di Indonesia, pesawat udara milik warga negara asing atau badan hukum asing, dengan tetap memperhatikan ketentaun dalam Undang Undang ini.
  106. Pertanyaan yang dapat kita ajukan adalah: apa yang dimaksud dengan kebudayaan Indonesia? Apakah kebudayaan Indonesia yang baru itu, semua unsurnya diambil dari kebudayaan asing atau kebudayaan daerah yang menyerap pengaruh asing? Perdebatan dalam Polemik Kebudayaan itu juga ternyata sama sekali tidak merumuskan konsep kebudayaan Indonesia.
  107. Kini tubuhnya melayang dan berloncatan tinggi ke atas, lalu menyambar turun dengan serangan yang amat dahsyat dan asing bagi Siauw Cu! Pemuda ini berusaha untuk mempertahankan diri, namun dia hanya mampu bertahan selama sepuluh jurus saja menghadapi ilmu silat aneh itu dan akhirnya dadanya dapat diterjang Lauw In Hwesio sampai dia jadi terjengkang!
  108. Kami adalah pembantu Juragan Lui. Kehidupan para nelayan ini sepenuhnya ditanggung oleh Juragan Lui dan hasil tangkapan ikan mereka harus diserahkan kepada Juragan Lui untuk membayar hutang mereka. Kalau kalian mengganggu mereka, bagaimana mereka dapat men­cari ikan? Kalian tiga orang asing per­gilah dari dusun ini dan jangan mem­buat ribut di sini atau kami akan menghajar kalian!
  109. Sepuluh orang penunggang kuda, di­ kepalai oleh seorang kepala suku Khitan yang tinggi kurus datang dan berlompat­an turun dari kuda masing-masing. Ke­pala suku Khitan yang tinggi kurus itu adalan Khalaban, ayah Silani. Melihat puterinya bercakap-cakap dengan seorang pemuda asing dan di situ terdapat seekor bangkai ular besar, Khalaban segera lari menghampiri puterinya dan menegur.
  110. Mereka telah dihina orang di depan nona mereka lagi, dan yang membuat mereka menjadi semakin mendongkol adalah karena justeru nona majikan mereka itu memuji dan bersorak berpihak kepada dua orang pemuda asing yang telah menghina mereka. Mereka segera mencabut golok yang tadi mereka lempar ke tanah dan memutar golok itu di atas kepala, siap menyerang dua orang pemuda yang nampak tenang-tenang saja.
  111. Dalam beberapa artikel Alisjahbana yang lain yang kemudian menjadi Polemik Kebudayaan itu, di satu pihak, ia memberi penyadaran pentingnya orientasi bangsa Indonesia dalam membangun kebudayaan sendiri, dan di lain pihak, memberi penekanan pada pengaruh asing (Barat) yang bagi Alisjahbana, mesti disikapi dengan menyerap pengaruh itu dan menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari kebudayaan dunia.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kaian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.