Friday 2 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri


Menulis teks cerita ulang biografi artinya menulis perihal perjalanan kehidupan seseorang. Dalam penulisan ini kalian wajib menganalisis dan menginterpretasi sejumlah peristiwa dalam kehidupannya, termasuk peristiwa luar biasa yang pernah dialaminya. Tugas kalian selanjutnya adalah mencari dan menemukan hubungan antarperistiwa yang dialami oleh sang tokoh dan apa pengaruhnya pada kehidupan banyak orang. Dalam hal ini, perlu juga dijelaskan dengan argumen pendukung makna dari setiap aktivitasnya hingga yang bersangkutan mencapai prestasi gemilang.

Satu hal yang perlu kalian ingat sebelum menenyimpulkan bahwa seseorang itu layak disosokkan sebagai orang hebat dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan sederhana: Apa yang membuat seseorang itu menjadi spesial dan menarik untuk dipercakapkan? Pertanyaan selanjutnya: Seberapa jauh prestasi dan mutu kinerjanya yang memiliki manfaat bagi kehidupan umat manusia?

Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri
Walt Disney
Setelah jawaban pertanyaan di atas sudah terbayang di dalam benak kalian, langkah selanjutnya adalah mencari data dan informasi otentik dari berbagai sumber. Setelah terkumpul, barulah data dan informasi itu diikelompokkan, lalu dianalisis sesuai dengan ketentuan penulisan cerita ulang biografi.

Kalian sudah mengenal berbagai tokoh dunia, baik politisi, seniman, atau olahragawan. Tugas kalian selanjutnya adalah membuat sebuah teks cerita ulang biografi mengenai seorang tokoh dunia yang terbilang unik. Tokoh yang satu ini dikenal sebagai penguasa kerajaan dongeng. Dialah yang pertama sekali yang memproduksi film animasi panjang. Namanya Walt Disney, nama yang telah tercatat dengan tinta emas dalam dunia hiburan.

Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai Walt Disney dari berbagai sumber. Kelompokkan informasi yang telah kalian himpun sesuai dengan kebutuhan, seperti informasi dasar (nama, tempat dan tanggal lahir, serta riwayat keluarga) mengenai tokoh. Demikian juga urutan peristiwa kehidupannya, seperti pengalaman hidup, momentum bersejarah yang dilaluinya hingga menjadi sosok yang terpandang, juga persoalan kehidupan yang pernah dialaminya. Setelah semua informasi diklasifikasikan dengan baik, mulailah membuat teks cerita ulang biografi dengan bahasa kalian sendiri. Di dalam menulis dan memproduksi teks cerita ulang biografi secara mandiri

dapat juga kalian lakukan dengan mencermati langkah berikut ini. Carilah beberapa contoh teks cerita ulang biografi yang menggambarkan riwayat hidup tokoh dunia. Cermatilah teks yang telah kalian temukan itu, apakah teks itu mempunyai struktur teks orientasi^urutan peristiwa kehidupan tokoh^reorientasi. Jika teks itu mempunyai struktur teks yang berbeda, tatalah kembali dengan urutan yang sistematis. Apakah teks cerita ulang biografi yang kalian temukan itu sudah disajikan dengan menggunakan kaidah kebahasaan dan teknik penulisan baik? Jika belum, perbaikilah teks itu sesuai dengan tata penulisan yang kalian pelajari!

Sumber : buku pegangan siswa bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XI


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.