Friday 2 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Membandingkan Teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” dengan Teks “John F. Kennedy: Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu”. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Membandingkan Teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” dengan Teks “John F. Kennedy: Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu”


Bacalah teks berikut dengan cermat, lalu kerjakan soal yang menyertainya.

Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia

1. Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Ia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang lalu menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya

2 Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan. Pada 1929 ia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, sebab aktivitas politiknya, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Ia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, lalu ke Bengkulu, sampai ia dibebaskan oleh Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno memperoleh kesempatan lebih besar untuk mempromosikan cita-cita nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan Sekutu. Sikap mau bekerja sama dengan Jepang ini tidak pelak mengundang kritik keras dari pelbagai kalangan “garis keras” yang menginginkan sikap nonkooperasi dengan Jepang.
Membandingkan Teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” dengan Teks “John F. Kennedy: Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu”
Soekarno dan JFK

3 Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari lalu Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda. Pada masa itu Soekarno-Hatta sempat dibuang kembali ke Parapat dan Bangka. Namun, saat secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden kembali dipulihkan.

4 Ketika sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berjalan efektif, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran semua partai politik. Ia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959, dan pada tahun selanjutnya membubarkan parlemen terpilih. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya akan tiga pilar kekuatan bangsa, yaitu Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Namun, kondisi krisis ekonomi dan politik dalam negeri terus bertambah runyam.

5 Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga pada AS dan kekuatan Barat. Untuk mengimbagi kekuatan Barat, ia berperan sebagai pemimpin nengara-negara baru melawan kekuatan kolonial dan “neokolonial”. Ia berhasil “memaksa” Belanda untuk menyerahkan Irian Barat (kemudian pada 1963 disebut Irian Jaya, kini Papua). Soekarno mempermaklumkan “konfrontasi” dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk pada 1963. Pada 1965 Indonesia keluar dari PBB dan Soekarno semakin aktif sebagai tokoh negara-negara “new emerging forces”. Kharismanya yang hebat tidak hanya memengaruhi rakyat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa yang baru merdeka di Asia-Afrika. Ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara Nonblok yang paling terkemuka.

6 Situasi politik Indonesia memuncak dengan perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965. Kejadian ini lalu berlanjut dengan pembunuhan besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, dan buntutnya Soekarno tersingkir. Pemimpin militer Mayjen Soeharto meminta Soekarno untuk menyerahkan kekuasaan efektifnya melalui Supersemar pada Maret 1966. Soeharto lalu menjadi presiden menggantikan Soekarno pada 1968. Sampai kematian Soekarno di Jakarta pada 21 Juni 1970, ia masih berada dalam status tahanan rumah. Namun, pemerintah menganugerahinya Pahlawan Proklamasi.

7 Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang. (Diadaptasi dari Ready Susanto, 2008, 100 Tokoh Abad Ke-20 Paling Berpengaruh, Cetakan II, Bandung: Penerbit Nuansa, hm. 301—303) Setelah kalian membaca teks cerita ulang biografi “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” itu, coba kalian diskusikan beberapa hal berikut.

(1) Bagaimana pendapat kalian setelah membaca biografi Soekarno itu?
(2) Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar pada perjalanan sejarah dunia. Oleh sebab itu, Soekarno bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Setelah membaca teks itu, apakah kalian berkeinginan untuk meneruskan cita-cita sang proklamator itu?
(3) Apa yang menyebabkan Soekarno beberapa kali masuk penjara?
(4) Kapan tepatnya Soekarno-Hatta resmi menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia?
(5) Bagaimana kiprah Soekarno dalam politik luar negeri?

Apakah kalian sudah memahami isi teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia”? Jika belum, bacalah sekali lagi dengan saksama. Setelah itu, bandingkanlah teks itu dengan teks cerita ulang lainnya yang berjudul “John F. Kennedy: Jangan Tanya Apa yang Negerimu Berikan Padamu”. John F. Kennedy—terkenal dengan sebutan JFK—adalah orang Amerika termuda yang terpilih sebagai presiden. Presiden Amerika yang tewas terbunuh sebelum genap tiga tahun menjadi presiden ini memberikan pengaruh yang luar biasa dalam sejarah dunia. Dia berhasil mencegah dunia memasuki perang nuklir dalam Krisis Rudal Kuba. Apakah kalian penasaran? Mari kita baca teks berikut dengan saksama!

John F. Kennedy:

Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu

1 John F. Kennedy (JFK) adalah anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan Joseph Patrick Kennedy dan Rose Fitzgerald. Keluarga ini adalah keluarga Amerika yang terpandang dan kaya. Ayah JFK telah mengumpulkan kekayaan melalui bisnisnya yang mencakup bidang perfilman, galangan kapal, real estate, dan spekulasi di pasar bursa.

2 Sejarah politik keluarga Kennedy sudah sangat panjang. JFK mewarisi darah politik dari kedua orang tuanya. Rose Fitzgerald adalah putri John F. Fitzgerald, mantan Wali Kota Boston, yang akrab dipanggil “Honey Fitz” saat menjabat. Sementara Joseph Kennedy adalah putra Patrick Kennedy, seorang usahawan sukses dan politisi Boston yang ternama.

3 Pada usia 13 tahun JFK masuk ke sebuah sekolah swasta, Canterbury School, di New Milford, Connecticut, tetapi lalu keluar sebab sakit. Ia meneruskan studinya ke Choate Prepatory School di Wallingford pada 1935, lalu masuk ke Universitas Princeton. Lagi-lagi penyakit menyebabkan ia meninggalkan sekolah. Akan tetapi, pada tahun selanjutnya dia melanjutkan studinya di Universitas Harvard.

4 Meskipun sering sakit, JFK termasuk atlet baik. Ketika di Harvard, ia menekuni olahraga renang dan bersama saudaranya, Joe, pernah memenangi suatu kejuaraan layar. Dia lulus dari Harvard pada 1940, bahkan karya tulisnya lalu menjadi dasar penulisan buku Why England Slept memperoleh perhatian di AS dan Inggris. Selang beberapa bulan selanjutnya, ia masuk ke sekolah bisnis Universitas Stanford, lalu pergi ke Amerika Selatan.

5 Perang dunia meletus pada 1939, dan AS mulai terlibat saat Jepang mulai menyerah pada Pearl Harbor, Hawaii, pada Desember 1941. JFK yang ditolak bergabung dengan Angkatan Darat AS sebab pernah cedera semasa kuliah, akhirya bisa masuk Angkatan Laut. Pada awal 1943 JFK berdinas sebagai komandan PT Boat 109 di Pasifik Selatan.

6 Pada Agustus 1943 kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang di perairan New Georgia, Kepulauan Solomon. Kapal terbelah dua dan dua belas orang awaknya tewas. JFK dan awak kapal yang selamat selama satu jam menantikan pertolongan. Namun, pertolongan tidak kunjung datang sehingga mereka wajib berenang ke sebuah pulau kecil yang berjarak lima kilometer dari situ. Di sinilah JFK melaksanakan tindakan heroik menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka dengan cara menjepit jaket kru itu di antara giginya.

7 Selama empat hari selanjutnya JFK berenang sepanjang rute yang biasa digunakan oleh kapal-kapal AS. Ia dan krunya akhirnya selamat setelah ditemukan oleh penduduk asli di Cross Island. Untuk “keberanian, daya tahan, dan kepemimpinannya yang luar biasa”, JFK menerima Medali Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

8 JFK terjun ke dunia politik setelah kakak tertuanya, Joseph, tewas dalam sebuah misi pengeboman di Belgia pada 1944. Dia tercatat menjadi anggota House of Representatives selama tiga kali masa jabatan dan pernah juga menjadi anggota Kongres dan Senat. JFK mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 1960. Para pemimpin partai menganggap dirinya terlalu muda dan tidak cukup pengalaman sebagai seorang kandidat presiden. JFK yang beragama Katolik Roma juga diragukan bisa menang di negeri yang mayoritas Protestan. Namun, terbukti kemudian, dari penampilan pertamanya dalam debat televisi, JFK bisa mengatasi usia dan kekurangan pengalamannya. Dia akhirnya mengalahkan calon dari Partai Republik, Richard Nixon.

9 JFK dilantik pada 20 Januari 1961. Dia menyampaikan pidatonya yang memesona, menyerukan “penerapan hukum yang baru, di mana yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian dijaga.” Dia menyadari kesulitan yang akan dihadapinya. “Semua ini tak akan selesai dalam 100 hari pertama,” katanya. “Tidak akan selesai dalam 1.000 hari, tidak juga selama pemerintahan ini, bahkan mungkin tidak sepanjang masa hidup kita di planet ini. Akan tetapi, mari kita mulai.” Dalam pidato inilah ia mengucapkan kata-katanya yang terkenal dan sering dikutip: “Jangan tanya apa yang dapat diberikan oleh negerimu—tanyalah apa yang dapat kauberikan kepada negerimu.”

10 Kabinet JFK dipenuhi oleh para akademisi dan intelektual. Dia juga menjadikan Gedung Putih sebagai sebuah pusat kebudayaan. Dia mengundang para penulis, artis, penyair, ilmuwan, dan musisi sebagai tamu makan malam. Dia juga dikenal sebagai presiden yang selalu mempunyai sense or humour, bahkan dalam menghadapi hal-hal terburuk sekalipun.

11 Momen terbaik JFK sebagai presiden terjadi dalam suatu peristiwa yang dikenal dengan nama Krisis Rudal Kuba. Saat itu dunia nyaris masuk ke perang nuklir, saat pemimpin Soviet (Khrushchev) menyuplai Kuba dengan misil nuklir yang dapat menjangkau AS. Pesawat pengintai AS berhasil memergoki kegiatan itu.

12 Setelah berunding dengan para penasihatnya selama tujuh hari, JFK meminta Uni Soviet memindahkan rudal itu, dan menyatakan perairan Kuba sebagai daerah karantina. JFK meminta Khrushchev untuk menghentikan operasi rahasia dan memperingatkan bahwa serangan Kuba atas setiap negara Barat akan dianggap sebagai serangan Soviet atas AS.

13 Pada saat yang sama tentara AS dikirim ke Florida, bersiap-siap untuk melaksanakan serangan ke Kuba. Pasukan udara juga siaga penuh. Kapal-kapal AS memblokade Kuba dengan perintah untuk mencari kapal-kapal Soviet yang mencurigakan. Setelah beberapa hari perundingan yang tegang, Khrushchev yang menyadari posisinya yang lemah setuju memindahkan misil itu dari Kuba. Sebagai imbalan, JFK berjanji tak akan menyerang Kuba dan menarik sebuah rudal tua AS yang ada di Turki.

14 JFK tewas dalam suatu pembunuhan pada 22 Novenber 1963. Saat itu dia bersama istrinya berada dalam sebuah mobil berkap terbuka mengikuti suatu parade di Dallas, Texas. Dua peluru ditembakkan kepadanya, yang satu menyerempet bahu dan yang kedua tepat tentang kepala JFK. Dia jatuh dan tidak sempat sadar hingga dinyatakan meninggal beberapa jam kemudian.

15 Pembunuhan JFK sampai kini masih menimbulkan kontroversi. Pembunuhnya, Lee Harvey Oswald, memang dapat ditangkap hari itu juga. Namun, dua hari kemudian, saat dia akan dipindahkan ke penjara yang lain, Oswald tewas ditembak oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam. (Sumber: Ready Susanto, 2008, 100 Tokoh Abad Ke-20 Paling Berpengaruh, Cetakan II, Bandung: Penerbit Nuansa, hlm. 177—181)

(1) Apa yang terlintas di benak kalian setelah membaca teks itu?
(2) Menurut kalian, bagaimana kepribadian John F. Kennedy?
(3) Setujukah kalian dengan apa yang dinyatakan JFK: “Jangan tanya apa yang dapat diberikan oleh negerimu—tanyalah apa yang dapat kau berikan kepada negerimu”? Mengapa? Bagaimana kalian menyikapi apa yang dinyatakan itu? Coba kalian renungkan apa yang telah kalian persembahkan kepada tanah air tercinta ini.
(4) Hikmah apa yang bisa kalian petik dari pengalaman JFK itu?
(5) Silakan kalian bercerita di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri mengenai teks yang telah kalian baca.

Soekarno dan John F. Kennedy adalah dua sosok kepala negara yang mempunyai dedikasi tinggi pada kehidupan bangsanya serta berusaha menjaga martabat negerinya di mata dunia. Setelah membaca kedua teks mengenai mereka, tugas kalian selanjutnya adalah membandingkannya. Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” dan “John F. Kennedy: Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu”? Apa sajakah perbedaan itu? Sudahkah kalian pahami teks cerita ulang biografi mengenai Soekarno dan John F. Kennedy itu? Apakah kedua teks itu mengandung ciri linguistik sebagaimana layaknya sebuah teks cerita ulang? Untuk mengetahui hal itu lebih jauh, silakan kalian mengerjakan tugas berikut.

(1) Perjalanan hidup Soekarno dan JFK, mulai mereka lahir hingga wafat, mengalami pasang-surut. Begitu banyak peristiwa yang mereka alami. Untuk lebih memahami lika-liku kehidupan kedua tokoh dunia ini, coba kalian perhatikan urutan tiap peristiwa yang mereka alami. Tentu saja rentetan peristiwa itu disertai keterangan waktu dan tempat. Kolom dalam tabel berikut ini memuat peristiwa yang serta waktu dan tempat kejadian yang dialami oleh Soekarno dan JFK sepanjang hidup mereka. Namun, masih terdapat beberapa bagian yang rumpang. Tugas kalianlah untuk melengkapinya.
(2) Sesudah urutan peristiwa kalian buat, tentu kalian sudah paham bagaimana riwayat hidup Soekarno dan John F. Kennedy, bukan? Menurut kalian, apakah informasi mengenai mereka ini sudah lengkap? Coba kalian bandingkan kedua teks itu. Adakah perbedaannya? Jika ada, cobalah kalian tuliskan perbedaan itu dalam kolom di bawah ini.
(3) Masih ingatkah kalian apa yang yang dimaksud dengan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat? Sebagaimana dijelaskan, konjungsi intrakalimat, antara lain, digunakan untuk merangkaikan klausa yang satu dengan klausa yang lain dalam sebuah kalimat. Di pihak lain, konjungsi antarkalimat digunakan untuk merangkaikan kalimat yang satu dengan kalimat selanjutnya. Tugas kalian adalah membuat contoh penggunaan kedua jenis konjungsi itu dan/atau mengutipnya dari dari teks yang telah ada.

Sumber : buku pegangan murid bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XI


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.