Friday 2 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kerja Mandiri Membangun Teks Cerita Ulang Biografi : Mengabstraksi dan Menyunting Teks “Pele”. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Kerja Mandiri Membangun Teks Cerita Ulang Biografi : Mengabstraksi dan Menyunting Teks “Pele”

Membangun teks secara mandiri adalah puncak dari seluruh kegiatan penyusunan teks dengan segala isinya. Pada kegiatan sebelumnya, kalian sudah memahami struktur teks cerita ulang biografi dan bagaimana isi teks itu sendiri. Kalian juga sudah memahami kaidah kebahasaan yang lazim digunakan dalam sebuah teks cerita ulang biografi. Dalam kegiatan ini kalian diharapkan dapat membuat teks cerita ulang secara mandiri.

Mengabstraksi Teks “Pele”

(1) Perhatikanlah ilustasi berikut ini!

A. Ilustrasi 1

Pernahkah kalian mendengar kata sepak bola? Ya, istilah lainnya adalah football atau soccer. Bahkan, beberapa orang menyebutnya dengan the beautiful game atau the world game. Sepak bola pertama kali dimainkan pertengahan abad ke-19 di Inggris. Cabang olahraga ini menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing beranggotakan sebelas orang. Dalam memasuki abad ke-21 olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang akhirnya menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola memiliki tujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang di atas rumput atau rumput sintetis.

Kejuaraan sepak bola internasional terbesar ialah Piala Dunia, yang diseleng­garakan oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan dimulai di Uruguay pada 1930. Pencetus ide itu adalah Jules Rimet, seorang pengacara dan pengusaha Prancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris pada 1924.

Salah satu pesepak bola yang mengguncang dunia adalah Pele. Pele dikenal sebagai seniman sepak bola indah. Selama dua dasawarsa dia mendominasi dunia sepak bola. Ia berhasil membawa Brasil beberapa kali menjadi juara Piala Dunia. Pele adalah bintang, bahkan pahlawan untuk para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya ia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.

B. Ilustrasi 2

Mengabstraksi Teks “Pele”

Pele menangis saat meraih gelar Piala Dunia pertama

C. Ilustrasi 3

Biodata Pele
1. Nama Lengkap : Edson Arantes do Nascimento
2. Nama Gelar : Pele (panggilan di keluarga: Dico)
3. Tempat dan Tanggal Lahir : Tres Coracoes, Brasil, 23 Oktober 1940
4. Nama OrangTua : Dodinho dan Dona Celeste Arantes
5. Riwayat Singkat Karier

  1. Pele memulai karier profesionalnya di Klub Santos.
  2. Dalam penampilan pertamanya di Piala Dunia, Pele membawa Brasil menjadi juara dunia (1958).
  3. Pele bermain dalam Piala Dunia dan klubnya (Brasil) meraih kemenangan (1970).
  4. Pele mengisyaratkan akan berhenti sebagai pesepak bola dengan meletakkan bola 20 menit sebelum pertandingan final dan berlutut di tengah lapangan (1974).
  5. Karena kesulitan keuangan, Pele menerima tawaran main untuk Klub Cosmos, New York (1975).
  6. Pele pensiun dari Cosmos (1977).
  7. Pele ditunjuk menjadi Menteri Olahraga Brasil (1994).

Setelah membaca ketiga ilustrasi di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

(a) Apa pendapat kalian mengenai ilustrasi yang disajikan itu?
(b) Informasi apa yang kalian peroleh melalui ilustrasi itu?
(c) Siapakah tokoh yang diangkat dalam ilustrasi itu?
(d) Berapa jumlah ilustrasi yang kalian temukan? Apa saja ilustrasi itu?

Ketiga ilustrasi yang dikemukakan di atas dimaksudkan untuk membantu kalian dalam mengumpulkan informasi mengenai seorang tokoh sepak bola kaliber dunia yang bernama Pele. Dalam memproduksi sebuah teks cerita ulang biografi, kalian wajib menggali sebanyak-banyaknya informasi yang berkaitan dengan tokoh yang akan dikenalkan dalam teks itu. Data atau informasi itu ada yang berkaitan langsung dengan sang tokoh atau berupa informasi tambahan yang relevan.

Sesungguhnya metode penulisan cerita ulang biografi seorang tokoh sangat sederhana. Sama seperti saat kalian memperkenalkan diri di depan kelas atau pada saat mengisi formulir data diri untuk sebuah keperluan. Tentu kalian akan menyebutkan nama, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan, agama, keluarga, hobi, riwayat pekerjaan atau aktivitas, cita-cita, harapan, dan sebagainya. Demikian pula halnya dalam mengumpulkan data atau informasi saat kalian akan menulis teks cerita ulang biografi seorang tokoh. Mudah, bukan? Begitu juga halnya dalam mengumpulkan bahan informasi mengenai Pele. Kalian bisa menggunakan koran, majalah, buku, atau internet sebagai rujukan atau sumber tulisan kalian nanti. Sekali lagi, jangan lupa mencatat informasi sekecil apa pun yang berkaitan dengan tokoh sepak bola dunia itu.

Dalam mengerjakan tugas ini kalian diminta membuat intisari teks cerita ulang biografi mengenai Pele.

Setelah data dan informasi yang kalian kumpulkan dipilah-pilah dengan baik, tugas kalian selanjutnya adalah membuat abstrak teks cerita ulang biografi yang akan kalian bangun. Sekarang tuliskanlah abstrak mengenai profil Pele di bawah ini.


Menyunting Teks “Pele”

Setelah mengumpulkan dan mencatat bahan dan informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan profesi Pele, tugas kalian selanjutnya adalah mengolah catatan itu.

(1) Kelompokkanlah semua informasi yang diperlukan untuk membangun bagian orientasi pada teks cerita ulang biografi Pele itu.

......

(3) Berikutnya yang akan kalian lakukan adalah sampaikan pendapat kalian tentang sosok Pele dan kehidupannya. Bagian ini akan menjadi tahap reorientasi dalam teks cerita ulang biografi yang akan kalian bangun.

........

(4) Setelah semua informasi terkumpul dan dikelompokkan dengan baik, rangkailah dengan kalimat yang runtut dan bernalar sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam menyusun teks cerita ulang biografi. Cermati secara saksama pemilihan kata dan struktur kalimat yang kalian pergunakan.

Selanjutnya, kembangkanlah abstrak yang telah kalian buat itu menjadi sebuah teks cerita ulang biografi yang menceritakan riwayat hidup Pele, pesepak bola dunia itu. Untuk memudahkan pengerjaannya, berikut ini disediakan orientasi, paragraf pembuka sebagai pengantar berbagai peristiwa dalam perjalanan karier Pele. Berikutnya, lanjutkanlah urutan peristiwa yang terjadi sesuai dengan hasil pengamatan kalian. Urutan peristiwa itu dapat kalian bagi ke dalam beberapa tahap bergantung pada informasi yang akan kalian sampaikan. Dalam bagian penutup, kalian bisa menyampaikan pendapat pribadi tentang tokoh yang kalian ceritakan itu.

Sumber : buku pegangan siswa bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XI

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.