Tuesday 6 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata Penghubung "melainkan". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Penghubung "melainkan"

Contoh kalimat yang menggunakan kata penghubung "melainkan" dapat dilihat pada contoh kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
  1. Ucapan Siauw Cu ini bukan untuk melucu melainkan karena dia mendongkol, akan tetapi terdengar lucu sehingga Pek Mau Lokai tertawa bergelak dan para anggota Hwa I Kaipang juga tersenyum dengan hati khawatir karena tentu gadis itu akan marah sekali.
  2. Keamanan sistem yang digunakan kemudian tidak bergantung kepada pengetahuan algoritma yang digunakan, melainkan bergantung kepada kunci yang digunakan.
  3. Dia tidak dapat melihat betapa lawannya amat lincah dan memiliki gerakan yang amat cepat, melainkan dia menganggap bahwa lawan yang sama sekali belum membalasnya itu terdesak dan gentar terhadap serangan-serangannya yang bertubi-tubi.
  4. Para operator lapangan bukan cuma harus pakar di bidangnya, melainkan juga memiliki daya kepemimpinan, jujur, dan antikorupsi.
  5. Risau karena dituduh terlibat, Dubes AS di Jakarta buru-buru bilang, itu bukan C4, melainkan amonium nitrat.
  6. Akan tetapi Thian It Tosu ini sama sekali tidak menggunakan ilmu silat Bu-tong-pai melainkan menggunakan ilmu silat yang aneh dan belum pernah mereka lihat!
  7. Lho? Artinya, empat di antara lima orang Indonesia percaya SBY tidak pro kebebasan beragama, melainkan pro-Islam radikal.
  8. “Saudara sekalian, sekarang harap kalian mempersenjatai diri, bukan dengan senjata tajam, melainkan alat-alat pemukul saja dari kayu, atau tongkat, apa saja yang dapat kita pakai untuk melawan, akan tetapi bukan untuk membunuh!” terdengar Koa Hok berteriak lantang, membuat Goan Ciang dan Shu Ta saling pandang dan tersenyum girang.
  9. Yang menentangnya akan berhadapan dengan aku, heh-heh! Aku sendiri, biarpun dicalonkan, tidak akan ikut memperebutkan kedudukan Beng-cu, melainkan kuberikan kepada Cu Goan Ciang yang lebih berhak dan lebih pantas menjadi Beng-cu!” Ucapan ini jelas menunjukkan bahwa kakek ini berdiri di belakang Cu Goan Ciang dan akan membelanya.
  10. “Pasal 1365 KUH Perdata tidaklah memberikan perumusan melainkan hanya mengatur bilakah seseorang yang mengalami kerugian karena perbuatan melawan hukum, yang dilakukan oleh orang lain terhadap dirinya, akan dapat mengajukan tuntutan ganti kerugian pada Pengadilan Negeri dengan succes”.
  11. Pada hal, yang menjadi kuncinya bukanlah mengubah pihak sana, melainkan mengubah pihak sini.
  12. Bukankah sekarangpun banyak anggota kita terpaksa tidak mengenakan pakaian berkembang agar tidak dikejar-kejar petugas keamanan? Maksudku bukan untuk menghapus nama perkumpulan kita, melainkan sementara ini, demi keselamatan kita tanggalkan dulu pakaian berkembang itu.
  13. Jangan mencari sebab dan kesalahan keluar, orang muda, melainkan carilah di dalam diri sendiri, karena sebab dan kesalahan itu berada di dalam dirinya sendiri.
  14. “Tidak ada musuh yang abadi, melainkan kepentingan yang abadi...”
  15. Mendengar jawaban bahwa sumoinya tidak mencintanya, melainkan hanya menyukainya sebagai seorang kakak, hatinya seperti ditusuk rasanya dan habislah harapannya.
  16. Pakaian butut tambal-tambalan yang mereka pakai bukan pertanda kemiskinan, melainkan lebih sebagai tanda bahwa mereka adalah anggota dari perkumpulan pengemis tertentu! Dan melihat pakaian Pek mau Lo-kai yang penuh tambalan namun bersih dan dari kain berkembang, juga ketiga orang pembantunya yang pakaian mereka juga tambal-tambalan akan tetapi dari kain berkembang, dia dapat menduga bahwa mereka itu tentulah orang-orang Hwa I Kaipang (Perkumpulan Pengemis Baju Kembang) yang pernah didengarnya sebagai perkumpulan pengemis yang kuat dan yang menentang pemerintah Mongol! Kini, tanpa disengaja, dia telah bertemu dengan ketuanya, bahkan makan dan tidur bersama di depan kuil di luar kota Nan-king itu.
  17. “Kami mengaku orang Thian-li-pang bukan untuk melakukan fitnah melainkan untuk menggugah semangat perjuangan Thian-li-pang yang agaknya menjadi lemah.” kata pula Koai Tosu penuh semangat.
  18. "Mereka bukan cuma mengikuti Pak Harto dan Ginandjar, melainkan juga mencoba menghilangkan jejaknya!"
  19. "Dalam politik,"yang diperlukan bukan masuk akal, melainkan akal masuk,
  20. “Keparat, mampuslah engkau!” Swathai Lo-kwi menyerang dengan tangan kirinya, memukul dengan telapak tangan terbuka ke arah dada Kai-ong. Pukulan ini bukan sembarang serangan, melainkan serangan maut karena tangan itu terisi tenaga sakti yang amat dingin.
  21. Tadi ketika ia ditangkap, pemuda itu bersikap sopan padanya, seolah ia bukan seorang tawanan melainkan seorang tamu.
  22. “Tetapi, katanya ada hadits yang bilang bahwa orang beriman tidak akan dibiarkan melenggang, melainkan akan terus dikejar dengan aneka cobaan dan ujian?”
  23. Kata rekan JP: Reformasi? Itu sih bukan lagu lama, melainkan sendawa orang mabok!"
  24. Misalkan kita tidak menggunakan semua operator, melainkan kita hanya menggunakan 4 operator pertama saja, yaitu:
  25. Bukan karena ia tak mau melapor melainkan hendak menunda laporannya sampai ia pulang pada sore harinya.
  26. Jelas bahwa roti dan dendeng itu bukan hasil mengemis, melainkan merupakan makanan orang mewah, lezat dan tentu mahal harganya.
  27. Semua milikku sudah diambilnya, dan sekarang masih juga hendak memeras tenagaku yang sudah tua? Dia bukan penolong, bukan dermawan, melainkan lintah darat, penjahat kejam yang bersembunyi di balik kekayaannya!”
  28. Dan perjodohan bukan hanya ditentukan oleh kalah menangnya pertandingan, melainkan oleh cocok
  29. Kedua-dua prasasti di pulau Jawa itu memperkuat pula dugaan bahwa bahasa Melayu Kuno pada ketika itu bukan saja dipakai di Sumatra, melainkan juga dipakai di Jawa.
  30. Tetapi ia urungkan niatnya ketika melihat Wawa tak menyerang lagi melainkan tegak berdiri bercekak pinggang.
  31. “Tidak, aku tidak membenci orangnya, melainkan perbuatanya.
  32. Dia terkejut dan melihat bahwa tempat dia dan kakek itu berada, telah dikepung oleh belasan orang! Ada yang berpakaian pengemis, adapula yang berpakaian perajurit! Akan tetapi mereka itu bukan menyambutnya dengan hormat, melainkan mengancamnya dengan senjata di tangan.
  33. “Bukan, bukan mereka, melainkan tiga orang lain yang kini sudah berkumpul di sana dan siap membantu kita.
  34. Mula-mula jantung­nya berdebar karena mengira bahwa Kwi Hong yang mengamuk itu, akan tetapi ternyata bukan, melainkan seorang gadis lain yang sama cantiknya dengan Kwi Hong. Bahkan gadis ini agaknya memiliki gerakan ilmu pedang yang lebih hebat daripada ilmu pedang yang dikuasai Kwi Hong juga jauh lebih ganas.
  35. Mereka menentang pemerintah penjajah bukan karena panggilan darah patriot, bukan untuk membela rakyat, bukan untuk membebaskan bangsa dan tanah air dari cengkeraman penjajah, melainkan untuk kepentingan diri sendiri, untuk mencari kekuasaan dan kemuliaan.
  36. Namun begitu mereka sampai di luar istana, mereka bukannya menyerang melainkan bergabung dengan rakyat.
  37. Untuk itu, kita harus mampu menggerakkan seluruh ke­kuatan para pejuang dan bukan hanya membunuh kaisarnya, melainkan mengalah­kan semua kekuatan mereka dan mengusir mereka dari tanah air.
  38. "Kalau begitu, pertama-tama namanya harus diganti, bukan 'sepak bola' melainkan 'seni bola'.
  39. Diam-diam telah terjadi pengelompokan, yaitu kelompok yang pro dan diperalat pemerintah Mongol, kelompok yang anti penjajahan, dan kelompok yang acuh akan urusan politik melainkan berpamrih untuk keuntungan pribadi saja.
  40. Posisi seseorang dalam masyarakat dimana pe laku yang diharapkan dari padanya tidak berdiri sendiri, melainkan selalu berada dalam kaitan dengan adanya orang lain yang berhubungan dengan orang atau aktor tersebut.
  41. Dan tidaklah dia dicabut dari sesuatu melainkan dia akan memperburuknya.” (HR. Muslim).
  42. “Liu Bi, bertaubatlah dan bubarkan perkumpulan jahatmu, lalu pergilah ke kuil menjadi biarawati, aku akan mengampunimu.” Ucapan ini bukan dimaksudkan untuk menghina, melainkan membujuk dan memberi kesempatan terakhir kepada wanita jahat itu.
  43. Kini, dia menangkap ayahnya sendiri bukan saja untuk membebaskan diri dari pengeroyokan, melainkan karena dia memang hendak menangkap ayahnya dan memaksanya pergi ke Khitan bersamanya untuk menghadap ibunya!
  44. Jadi benar ucapan Pangcu tadi, bukan kami yang memusuhi, melainkan Gosang Lama sendiri, dan karena engkau muridnya, tentu engkau akan membalaskan kekalahan gurumu itu! Thian-yang-cu melompat ke depan diikuti Bhok-im-cu dan kedua orang tosu ini berdiri di depan Keng Han dengan sikap menantang.Kalian mundurlah! kata Thian It Tosu kepada dua orang murid utamanya, kemudian dia berdiri dan menghadapi Keng Han. Gosang Lama yang memusuhi kami dan kami yang bertanggung jawab atas kekalahannya dari kami, karena itu kalau engkau hendak membalas atas ke­kalahannya itu, pinto yang akan menghadapimu, orang muda!
  45. Hei, siapa berani memandang rendah Juragan Lui? terdengar seseorang ber­teriak dan muncullah dua orang yang dari pakaiannya juga bukan nampak se­bagai nelayan, melainkan lebih mirip jagoan dengan pakaian yang ringkas.
  46. Konsumen tidak hanya sebagai peserta pasif yang menerima iklan sebelum membeli, melainkan konsumen diharapkan proaktif dan interaktif dalam pemasaran.
  47. Kalau ia datang dengan niat buruk, tantu ia tidak akan menemui penjaga, melainkan masuk dengan melompat pagar untuk mencari dan membunuhku.”
  48. Biaya ini bukan hanya terjadi, dikumpulkan, dialokasikan, kemudian hanya untuk dibebankan kepada produk, melainkan dirinci untuk dapat dikelola dengan baik.
  49. Dari sinar mata pemuda itu dia dapat menduga bahwa pemuda itu bukan orang jahat melainkan seorang yang pemberani dan keras hati.
  50. Sehingga pada saat ada konsumen yang menulis E-mail untuk bertanya atau mengomentari produk SGI, staff teknisi dan konsumen support dapat berdialog langsung dengan konsumen, bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan saja, melainkan konsumen dapat juga dilibatkan dalam pengembangan produk.
  51. Segala yang ada pada dirinya menimbulkan kesan tebal dan bulat namun tidak gemuk, melainkan kokoh.
  52. Tapi dalam pelaksanaannya kemudian Adi Sara tidak ditangkap dan dipenjarakan, melainkan dibuang ke Lembah Bangkai karena dengan demikian jejak kematian dan lenyapnya pemuda itu tidak akan diketahui orang lain.
  53. “Presiden dan Jaksa Agung maupun kabinet bukanlah Superman, melainkan manusia biasa,” katanya.
  54. Perwira itu hanya mengangguk, dan Goan Ciang juga tidak mengangkat kedua tangan, melainkan membalasnya dengan anggukan biasa pula.
  55. Yang kami musuhi bukan perorangan, melainkan penjajah.
  56. Dua orang itu bukan berebutan membuka cadar melainkan mengeroyok gadis itu.
  57. “Kakek yang baik, aku tidak mengeluh karena diri sendiri, melainkan karena mengingat keadaan orang-orang lain.
  58. Akan tetapi Cu In tidak menjawab, melainkan balas bertanya, "Apakah engkau yang bernama The Sun Tek?"
  59. Kadang-kadang, kesamaan itu amat mengagetkan karena ternyata bukan saja menyangkut unsur-unsur tertentu di dalam teks, melainkan juga wujud teks secara keseluruhan.
  60. Kiranya, tusuk sanggulnya telah dapat dicabut pemuda itu tanpa ia merasakannya! Ini saja sudah merupakan bukti nyata bahwa ia telah kalah, karena kalau pemuda itu menghendaki tadi dia telah mencabut tusuk sanggul, melainkan mencabut nyawanya melalui cengkeraman pada kepalanya!
  61. “Hok-suheng dan Sek-suheng, aku datang bukan untuk berurusan dengan kalian, melainkan dengan orang yang bernama Siauw Cu! Yang mana dia?” Ucapan itu terdengar ketus dan mata yang indah tajam itu mengamati Goan Ciang dan Shu Ta.
  62. Bukan hanya untuk membalas budi gurunya, melainkan juga untuk membalas dendam ayah bundanya.
  63. Dia masih merasa terlalu muda untuk disebut paman, dan biasanya para kuli menyebutnya toako (kakak tertua), sebutan yang juga merupakan sebutan kehormatan dalam suatu kelompok, karena toako bukan saja berarti yang tertua, melainkan juga yang terkuat, terpandai dan biasanya yang menjadi pemimpin disebut toako.
  64. Sembelit bukan merupakan suatu penyakit melainkan gejala gangguan metabolisme tubuh.
  65. “Lauw In Hwesio adalah guruku,” kata Hung Wu, “dan agaknya lo-cian-pwe tentu supek (uwa guru) Bouw In Hwesio.” Kalimat terakhir ini diucapkan dengan nada agak meragu karena kakek di depannya itu tidak gundul sepenuhnya, melainkan botak dan memelihara rambut di bagian belakang dan kanan kirinya.
  66. Dalam keadaan sakit, bagaimana mungkin tubuh mendambakan kesehatan? Yang terpenting bukan mencari-cari kesehatan, melainkan menghilangkan penyebab sakit, apakah kita butuh akan kesehatan lagi.
  67. Agaknya pulau itu tidak gundul, melainkan ditum­buhi banyak pohon-pohonan.
  68. Dan dia mengatakan b~hwa apa yang dialami orang-orang itu bukan karena dicekik atau disedot dedemit, melainkan karena keracunan!
  69. Jadi, titik tekan dalam mencermati persoalan kebudayaan Indonesia kini, mestinya tidak lagi terpaku dan berkutat pada konsep-konsep yang abstrak dan mengawang-awang, melainkan pada cara pandang dan pemahaman yang bersifat praksis.
  70. Biarpun mereka tidak mengerti mengapa para pimpinan mereka mempergunakan siasat itu, namun mereka mentaati, apa lagi karena gerakan itu sama sekali bukan berarti mereka membantu para perampok, melainkan pelaksanaan dari suatu siasat para pimpinan mereka yang tidak mereka mengerti.
  71. Cersilnya bukan saja populer sebagai cerita bersambung di majalah, melainkan ia sendiri pun menerbitkan dalam bentuk buku saku.
  72. "Sementara, para petinggi cuma bisa menjadi penonton yang, bukan cuma pasif, melainkan juga kasip."
  73. Kali ini data password yang disimpan bukanlah password yang terenkripsi saja, melainkan data yang terenkripsi yang sudah dilewatkan oleh MD5.
  74. Aku sudah berulangkali menghadiri berbagai upacara ibadat yang indah, khidmat dan mengharukan tetapi yang satu ini sungguh istimewa, luar biasa! Seorang teman mengatakan besarnya perhatian, indah dan khidmatnya perayaan Ekaristi di gereja dan upacara di krematorium itu membuktikan adanya bukan saja kwantitas melainkan kualitas juga!
  75. Bayangan ini bukan lain adalah Keng Han. Pemuda ini datang ke Bu-tong-pai bukan tertarik oleh pemilihan bengcu, melainkan dia hendak mencari ayahnya, Pangeran Tao Seng yang disangkanya bersembunyi di Bu-tong-pai.
  76. Itu bukan per­tolongan namanya, melainkan pemerasan! Engkau sepertl lintah darat, tidak baik daripada kepala perampok tadi!
  77. Tetapi, bukan karena kekurangan gizi, ia mengundurkan diri dari konvensi, melainkan karena berlangsungnya "proses tertutup", dan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung mendaftar juga untuk mengikuti acara tersebut.
  78. Aku melihat bahwa engkau bukan seorang yang tepat untuk mencapai kebahagiaan, melainkan seorang yang memiliki kemauan besar, memiliki bakat besar untuk mendapatkan kesenangan yang sebanyak-banyaknya.
  79. Kolusi bukan hanya merupakan permasalahan hukum dan prosedur melainkan juga menyangkut mengenai permasalahan kualifikasi, skill dan inefisiensi.
  80. “Ha-ha-ha, siapa yang akan berbuat jahat? Aku bukan penjahat, melainkan pejuang.
  81. Itu sebabnya, mereka tak cuma melakukan bombardemen secara membabi buta ke bumi Irak, melainkan juga melakukan pembantaian terhadap ratusan warga sipil, tak peduli perempuan dan kanak-kanak, yang tak berdosa.
  82. Siapa yang merasa sayang, boleh memakia pakaian berkembang sebelah dalam dan ditutup dengan pakaian biasa! Pula, yang penting bukan pakaiannya, melainkan semangatnya, bukan?”
  83. Bagai­mana kalau engkau roboh bukan karena terbanting melainkan terkena pukulan atau tendangan? Apakah itu juga diang­gap kalah.
  84. Jadi itu berarti bahwa engkau menolong tanpa pamrih, bukan menolong aku pribadi, melainkan aku se­bagai wanita yang terancam bahaya.
  85. Akan tetapi dia telah tewas dan yang berada di sini bukan lagi Tung-hai Lo-mo yang jahat, melainkan sebuah jenazah yang perlu diurus dan dikuburkan.”
  86. Akan tetapi dia tidak mempedulikannya lagi, melainkan cepat menyuruh tukang perahu mengembangkan layar kembali ke pantai.
  87. Sayang dia tewas tidak olehku, melainkan oleh Lama-lama Jubah Merah itu? Sumoi, bagaimana engkau dapat berada di sini.
  88. “Yang terjadi di sini, bukan utang yang berkurang, melainkan korupsinya menjadi-jadi!”
  89. “Rupanya, pemimpin yang dibutuhkan bukan yang terlalu putih atau terlalu hitam, melainkan yang ‘agak-agak’ saja...”
  90. Mengertikah engkau, twako? Bukan karena aku takut mati, melainkan aku ingin membahagiakan suci.
  91. “Hemm, tuan rumah ya? Aku datang tidak diundang olehmu, melainkan diundang oleh bau arak dan masakan.
  92. "Sebetulnya, itu bukan keluhan, melainkan peringatan kepada orang-orang yang berlomba mau jadi presiden," kata JP.
  93. Bukan bangsa Mongol, bukan bangsanya yang kami tentang, melainkan penjajahannya.
  94. Mendengar tantangan itu, diapun berkata kepada Pek Mau Lokai, “Lo-cian-pwe, perkenankan saya melayani perempuan jahat itu.” Kini, setelah dia diangkat menjadi ketua Hwa I Kaipang, Cu Goan Ciang tidak lagi menyebut pangcu (ketua) kepada Pek Mau Lokai, melainkan menyebutnya lo-cian-pwe. Mendengar ucapan itu, Pek Mau Lokai mengelus jenggotnya dan mengangguk.
  95. Kenakalan yang ada tidak sekadar pencarian jati diri ataupun pengakuan eksistensi masyarakat melainkan sudah cenderung pada sikap kurang terpuji.
  96. Seorang gadis yang manis sekali dengan pakaian tambal-tambalan dan berkembang-kembang, akan tetapi selain pakaian itu amat bersih, juga potongannya amat manis sehingga tidak seperti pakaian pengemis, melainkan seperti pakaian mode terakhir, model terbaru yang tentu akan menarik perhatian gadis-gadis lain! Rambutnya yang hitam dan lebat itu digelung ke atas, sembarangan saja agak awut-awutan dan diikat pita merah dan diperkuat tusuk sanggul dari perak berbentuk burung merak.
  97. “Akan tetapi, sekali mengemis akan membuat orang menjadi malas bekerja dan hanya mengandalkan pemberian orang saja, bahkan dia lalu mengemis bukan untuk keperluan makan, melainkan untuk mengumpulkan harta.”
  98. Artinya, sistem sosial-budaya dianalogikan sebagai sistem organisme, yang bagian-bagiannya atau unsur-unsurnya tidak hanya saling berhubungan melainkan juga memberikan peranan bagi pemeliharaan, stabilitas, integrasi, dan kelestarian hidup organisme itu.
  99. “Bagus, Cu Goan Ciang, kaulihat pedangku dan jaga serangan ini!” pedangnya berkelebat dan gadis itu sudah menyerang dengan tusukan ke arah dada Goan Ciang. Kalau Goan Ciang berani menghadapi gadis itu dengan tangan kosong, hal ini bukan karena dia sombong, melainkan karena dia sudah tahu atau dapat memperhitungkan sampai di mana tingkat kepandaian sumoi dari kakak beradik Koa yang sudah dia ketahui kepandaian mereka itu.
  100. Demikianlah, si Rajawali Lembah Huai, Cu Goan Ciang yang ketika kecilnya hanya seorang anak dusun yang amat miskin, yang pernah menjadi kacung di kuil, pernah menjadi penggembala ternah pernah pula menjadi gelandangan, berhasil menjadi Kaisar. Bukan hanya Kaisar, melainkan menjadi pembebas tanah air dan bangsanya dari penjajahan bangsa Mongol.
  101. Yang dimusuhi bukanlah orangnya melainkan perbuatannya.
  102. “Itu bukan cuma bentuk desakralisasi terhadap posisi pejabat tertinggi negara, melainkan juga dekonstruksi terhadap norma lama tentang sopan-santun, harga diri, dan martabat...”
  103. Dendam ibunya kepada ayahnya sedemikian mendalam sehingga ia tidak puas kalau harus membunuhnya sendiri melainkan menyuruh anak kandung mereka yang membunuhnya.
  104. Kita sejak kecil mempelajari ilmu bukan untuk berperang, bukan untuk menyeret diri ke dalam bahaya, melainkan untuk dapat hidup senang, bukan? Nah, kalau kalian semua memilih aku, aku akan memimpin kalian untuk menuju kepada hidup bahagia itu, dan persetan dengan perjuangan!”
  105. Dan biarpun ia cucuku, akan tetapi engkau tidak berkelahi melawannya, melainkan hanya bertanding untuk diuji kepandaianmu olehnya.
  106. Untuk menjawab tantangan zaman ini jelah bukan tangungjawab generasi terdahulu melainkan tangungjawab generasi sekarang.
  107. “Ingat, nona, bukan pemberontak, melainkan pejuang, seperti para pimpinan Beng-pai di sini.”
  108. Selain itu ada juga servis yang dijalankan tidak melalui inetd.conf melainkan dijalankan sebagai daemon yang berjalan di belakang layar.
  109. Maka ketika Nio-cu bertanya tentang cinta, terus terang dia mengatakan bahwa dia tidak mencinta Nio-cu sebagai seorang pria mencinta wanita, melainkan sebagai murid men­cinta guru atau seorang sahabat men­cinta sahabatnya.
  110. MESKIPUN sudah di-reshuffle, kabinet baru itu dinilai Mas Amien "tidak dibentuk untuk memecahkan masalah nasional", melainkan "untuk mengabdi kepada kepentingan politik dan kekuasaan Gus Dur".
  111. Melalui jalur pendidikan formal ini siklus tindakan preventif penanggulangan narkoba tidak dibatasi oleh kegiatan tertentu melainkan dapat berjalan bertahap sehingga proses ini benar-benar mujarab.
  112. "Tidak oleh tangan, melainkan harus dijangkau oleh hati yang penuh cinta kasih."
  113. Kedua matanya basah air mata, bukan hanya karena keharuan melainkan karena sedih hatinya bahwa ibu kandungnya sendiri yang hendak memaksa ia membunuh ayah kandungnya.
  114. Biarlah Lee Siang mati sebagai pupuk bagi tercapainya cita-cita! Dan diapun duduk bersila di luar gubug itu, tidak berani tidur sama sekali, melainkan waspada menjaga kalau-kalau ada ancaman bahaya bagi mereka, yaitu dia dan Yen Yen.
  115. Anaknya! Tiba-tiba dia menghunus pedang dan meloncat ke dalam pertandingan itu, sama sekali bukan untuk mengeroyok Keng Han, melainkan dia menggunakan pedangnya menyerang Swat-hai Lo-kwi!
  116. “Heh-heh-heh, yang demikian bukan pengemis namanya, melainkan penipu.
  117. “Sekali lagi, kami tidak bermaksud menghina, melainkan bicara sebenarnya, taijin.
  118. Intinya, kebijakan pemerintah untuk mengentas kemiskinan tidak dilakukan secara mendasar -misalnya, menciptakan UU yang prowarga miskin seperti UU Kesehatan ala Obama-, melainkan hanya tambal sulam, apalagi hanya dilakukan menjelang pemilu.
  119. Kakek tua itu tak menyahut melainkan menggangguk kepala.
  120. Situs Web perusahaan bukan hanya sekedar menyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan konsumen secara On-line, bulletin boards, kuesioner elektronik, mailing lists, dan pengiriman surat elektronik.
  121. TETAPI,"tiga generasi" koruptor kini tampaknya tengah bersiaga - bukan untuk menghadapi KPTPK, melainkan untuk beraksi kembali- menyongsong cairnya hibah, dan utang baru dari Bank Dunia, yang akan dikucurkan untuk dikorupsi melalui lima proyek, dengan nilai total sekitar US$ 700 juta.
  122. "Keng Han, manusia tidak dapat dinilai dari cantik tidaknya wajahnya, melainkan dari budi pekertinya.
  123. “Kata pakar, kalau yang dibidik adalah jumlah perokok, yang dinaikkan bukan harganya, melainkan cukainya.
  124. 1. Komisi I DPR RI mendesak Direksi TVRI untuk terus memperjuangkan peningkatan status karyawan honorer TVRI serta tidak melakukan pengangkatan karyawan baru melainkan memanfaatkan karyawan yang ada, yang kinerjanya baik, dengan meningkatkan profesionalismenya.
  125. Tidak ada orang lain mendengar bisikan Shu Ta tadi, juga tidak ada yang melihat bahwa yang diberikan oleh panglima itu kepada A Sam, bukan uang receh seperti yang diberikannya kepada pengemis lain, melainkan sehelai kertas yang dilipat-lipat sekecil uang receh.
  126. Tentang lagu dari album terbarunya, ia mengatakan: "Di Chrysalis, saya membandingkan perempuan itu... bisa selembut merpati, secantik kupu-kupu, tapi bisa lebih ganas dari ular kobra.... Perempuan itu bukan cuma angel, bukan cuma setan, melainkan dua-duanya," katanya.
  127. Aku tidak memilih yang muluk-muluk, melainkan yang berhati bersih, jujur dan mencintaku tanpa pamrih."
  128. “Yang selalu mengajak kembali ke sejarah masa lalu juga bukan rakyat, melainkan perilaku para petinggi!” kata MH.
  129. Terus mainnya tidak pakai kaki, melainkan kepala."
  130. Dia disegani dan disuka karena dia tidak bersikap jagoan, melainkan bersikap sebagai pemimpin.
  131. “Mungkin SP seharusnya tidak bertanya lagi, melainkan menjawab saja,“ kata Maman Halmahera (MH). Misalnya, ‘Di dalam tubuh yang Golkar, terdapat jiwa yang korup’, atau, ‘Di dalam tubuh yang korup, terdapat jiwa yang Golkar’…”
  132. Nilai taksiran terhadap suatu objek barang yang akan digadaikan tidak ditentukan sebesar harga pasar, melainkan setelah dikalikan dengan presentase tertentu.
  133. “Akan tetapi semua kegagalan itu bukan kesalahan kami, melainkan karena rahasia kita telah bocor dan pihak musuh mengetahui akan semua rencana kita.
  134. Tindak pidana korupsi yang meluas dan sistematis juga merupakan pelanggaran terhadap hak-hak sosial dan hak-hak ekonomi masyarakat, dan karena itu semua maka tindak pidana korupsi tidak lagi dapat digolongkan sebagai kejahatan biasa, melainkan sudah dapat dikualifikasi sebagai extra ordinary crimes.
  135. Laku tubuh, gaya bicara dan seluruh penampilannya yang kenes, njawani, dan press friendly, tak cuma bisa membuat para pemujanya “jatuh cinta lagi”, melainkan juga bisa membuat para pesaingnya blingsatan, dan harus bolak-balik berkaca lagi.
  136. Pesaingpun bukan hanya berasal dari dalam negeri saja melainkan dapat berasal dari luar negeri.
  137. Melihat betapa semua serangan Gu Lam Sang bukan sekedar untuk menguji kepandaian, melainkan benar-benar menyerang dengan serangan maut yang berbahaya, Bhe Seng Kok terpaksa mengimbanginya dengan ilmu pedangnya yang kokoh kuat.
  138. Betapa kagetnya hati para pimpinan gerombolan tukang pukul itu ketika dari depan, datang bagaikan banjir, banyak sekali penghuni dusun yang semua memegang pentungan! Jumlah mereka jauh lebih banyak, ada dua ratus orang! Dan di depan mereka berjalan dengan gagahnya, bukan hanya Cu Goan Ciang dan Shu Ta, melainkan juga Koa Hok, Koa Sek, dan juga nona majikan mereka sendiri, Ji Kui Hwa! Tentu saja hal ini membuat mereka merasa jerih, akan tetapi sudah kepalang, mereka sudah berhadapan dan dengan nekat para pimpinan tukang pukul, dikepalai Bong Kit yang tinggi besar bermuka bopeng, dan Ban Su Ti yang pendek genduk, menggerakkan golok mereka menyerbu sambil memberi aba-aba kepada anak buah mereka.
  139. Sejarah pun bersaksi: dua pemilu yang disebut-sebut "paling demokratis" di negeri ini, 1955 dan 1999, hanya membuktikan betapa "demokrasi" sungguh-sungguh dibaca tidak hanya sebagai terbukanya ruang bagi "pluralitas", melainkan juga bagi arogansi, anarki, dan disintegrasi.
  140. Akan tetapi dia tidak mau berbuat demikian, melainkan dia mencokel pedang itu dengan kakinya dan pedang itu melayang ke arah pemiliknya.
  141. TETAPI, tahun 2001 tak cuma tahun baru, melainkan juga awal dari abad yang baru dan milenium baru.
  142. Setelah keluar dari perkampungan Khitan, Keng Han tidak langsung menuju ke selatan seperti yang disangka ibunya, dan kakeknya, melainkan dia membelok ke timur karena dia hendak lebih dulu pergi ke pantai lautan timur untuk men­cari pulau yang diceritakan ibunya itu.
  143. Kini bukan lagi Lee Siang yang harus dikenang, melainkan Yen Yen! Gadis inipun hebat, seperti Lee Siang, bahkan lebih lagi.
  144. Sebelum berangkat para kuli itu tidak minum the earlgrey atau capoccino, melainkan minum air gula aren dicampur jadam untuk menimbulkan efek tenaga kerbau yang akan digunakan sepanjang hari.
  145. Bahasa Indonesia pada masa depan bukan hanya menjadi bahasa negara, melainkan juga menjadi bahasa dari suatu tribe (suku) yang mengglobal.
  146. Siauw Cu tidak menjawab dengan kata-kata, melainkan mengangguk.
  147. Ahhh....! Keng Han berseru kaget sekali, bukan hanya kaget mendengar sumpah yang aneh itu, melainkan kaget sekali terutama karena tanpa langsung gurunya itu telah menyatakan cinta ke­padanya!
  148. Ketika kita mengalami musibah, bukannya jadi bersatu, melainkan saling fitnah, saling menyalahkan, dan asal menuduh," katanya.
  149. “Minta maaf? Aku tidak bersalah, melainkan mereka yang bersalah.
  150. Korupsi merupakan permasalahan universal yang dihadapi oleh seluruh negara dan masalah yang pelik yang sulit untuk diberantas, hal ini tidak lain karena masalah korupsi bukan hanya berkaitan dengan permasalahan ekonomi semata melainkan juga terkait dengan permasalahan politik, kekuasaan, dan penegakan hukum.
  151. "Berjuang untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, berjuang untuk kemerdekaan tanah air dan bangsa." kata pula Kai-ong dan ketika mengucapkan kata-kata ini, dia tidak lagi tertawa melainkan berkata dengan suara dan wajah serius.
  152. “Sekarang bukan lagi menjadi hwesio, melainkan seorang biasa bernama Bouw In dan dia telah berkeluarga, menikah dengan seorang janda cantik adapun dua orang yang lain adalah suhu dan subo dari Hek I Kai-pangcu sendiri, dan engkau tahu siapa mereka? Mereka adalah Huang-ho Siang Lomo, sepasang kakek nenek suami isteri yang sudah lama mengundurkan diri dari dunia kang-ouw akan tetapi sekarang siap membantu murid mereka.”
  153. Jadi kejahatan tuan-tuan dan nyonya di mata saya, bukan murni karena korupsi itu, melainkan justru karena anda munafik.
  154. Balasan serangan pemuda itu bukan untuk mendesak, melainkan hanya dilakukan untuk membendung serangan lawan saja.
  155. “Engkau memang tidak berbohong, melainkan dibohongi orang.
  156. Apakah seorang murid akan berhasil menjadi sarjana hanya karena dia memiliki cita-cita untuk menjadi sarjana? Bukankah yang mengantarkan dia menjadi seorang sarjana itu adalah CARA-nya, yaitu ketekunan dan kesungguhannya untuk belajar? Dapatkah seseorang menjadi pedagang yang sukses hanya karena cita-citanya? Ataukah yang membuat dia berhasil itu karena ketekunan dan kesungguhan dalam pekerjaan itu? Jadi, yang penting bukan cita-citanya, melainkan caranya.
  157. Tiadalah yang mereka nanti-natikan melainkan (berlakunya) sunnah (Allah yang telah berlaku) kepada orang-orang yang terdahulu.
  158. Karena itulah, aku sengaja tidak mengaku sebagai ayahmu, melainkan menghasutmu agar engkau membenci Pangeran Mahkota dan membunuhnya.
  159. Tetapi, ia murka bukan karena masalah besar kenegaraan, melainkan hanya karena foto dirinya diinjak-injak dan dibakar para pendemo.
  160. Tidak nampak Yen Yen di situ, melainkan seorang pemuda remaja yang pakaiannya seperti pemuda petani desa, pakaian butut dan muka serta tangannya tidak bersih, kepalanya tertutup caping petani butut pula.
  161. MESKIPUN popularitas dan kredibilitasnya dinilai makin merosot, Presiden Megawati Soekarnoputri bukannya mawas diri, melainkan justru terus menambah musuh.
  162. Dia tidak mengkhawatirkan dirinya sendiri, melainkan khawatir terhadap dua orang pemuda yang mencoba untuk membelanya itu.
  163. Sekarangpun, kami hendak menyerbu ke sana bukan untuk memusuhi ayahmu, melainkan untuk menghajar para tukang pukul ayahmu dan bekas tukang pukul ayah kami yang bergabung ke sana.
  164. Kami kira nona Mimi juga merasa bahwa ia bukan dijadikan tawanan melainkan menjadi tamu terhormat kami.”
  165. Bhe Seng Kok tersenyum lebar dan berkata, “Orang muda, menjadi bengcu bukan diukur dari ilmu silatnya saja, melainkan harus pula memiliki kebijaksanaan dan rasa keadilan.
  166. Pedang itulah yang membuat semua mata pria yang memandang tidak me­mandang langsung, melainkan melirik karena mereka agak gentar melihat pe­dang di punggung itu.
  167. Semua yang kami terima dari pajak itu tidak masuk ke kantong kami, melainkan ke kantong para pejabat.
  168. "Hemmm, Cu In, jangan sebut subo kepadanya, melainkan ibu!" kata The Sun Tek, kini hampir yakin bahwa gadis itu pasti anaknya dari Hong Bwe.
  169. "Ada tiga hal yang Immaterial, yang tidak hanya berguna, melainkan esensial bagi Hidup," katanya.
  170. Aku tak bermaksud menghina tuan melainkan hanya memintakan keadilan bagi Gajah, seorang anak Sudra, seorang bhaktadasa yang sudah sebatang kara dan dihina oleh masyarakat desanya.
  171. Dia lalu mengambil lagi tubuh Cu ln dan memanggulnya, tidak lagi lembut dari mesra seperti tadi, melainkan dengan kasar dia memanggul tubuh itu dan ke­duanya lalu melanjutkan perjalanan, hen­dak menuju ke tempdt tinggal Ang Hwa Nio-nio dan Lo-kwi yang menjadi pe­nunjuk jalan.
  172. Bahkan cara-cara melakukan pekerjaan itu tidak sembarangan saja, melainkan teratur, dengan cara-cara tertentu sehingga pekerjaan itu sekaligus merupakan semacam latihan untuk memperoleh kekuatan dan juga keringanan tubuh.
  173. Dusun itu dalam suasana pesta, bukan pesta makan minum, melainkan pesta meriah yang nampak di wajah, senyum, dan suara mereka. Orang bergembira ria dan merasa seperti orang-orang yang tiba-tiba saja dibebaskan dari hukuman berat.
  174. Dia melihat gadis itu tidak memandang kepadanya, melainkan ke depan agak kana.
  175. Artinya, titik paling jauh permukaan Bumi dari inti Bumi bukanlah di puncak gunung Everest, melainkan di puncak gunung berapi di Ekuador yang lebih dekat ke khatulistiwa.
  176. “Yang selalu memadamkan harapan bukan rakyat, melainkan kekuasaan yang korup!” kata JP.
  177. “Nona, bukan kehendakku untuk menjadi pembantu kakekmu, melainkan beliau sendiri yang mengkehendakinya.”
  178. Mata­nya berseri dan sinarnya tidak setajam tadi, melainkan lembut.
  179. Akan tetapi pada saat itu, Keng Han sudah melangkah maju menghadapi ketua Bu-tong-pai itu dan berkata dengan suara nyaring, Bu­tong Pangcu, saya bernama Si Keng Han dan saya datang bukan untuk urusan pemberontakan, melainkan untuk bertanya kepada Bu-tong-pai mengapa Bu-tong­-pai memusuhi guruku yang tidak ber­salah.
  180. Kwi Hong tidak me­mandang rendah lawan, maka tonjokannya tidak dilakukan dengan setengah tenaga melainkan dengan cepat dan amat kuat.
  181. Kakeknya tak menyahut melainkan pejamkan mata bersemedhi.
  182. Bu Tong teringat kepada Siu Lan. Dia pernah jatuh cinta kepada sumoinya itu dan ingin memperisterinya, akan tetapi ternyata Siu Lan tidak mencintanya, melainkan suka sebagai seorang kakak.
  183. Hati-hati, kalau lain kali kalian gagal melaksanakan perintahku, bukan hanya telingamu yang kubuntungi, melainkan leher kalian! Hayo cepat per­gi!
  184. "Yang empat kali itu bukan ganti presiden, melainkan bebek dansa di kuali dipotong nona empat kali!"
  185. Berita yang ditulis bukanlah berita copy paste dari media internet, tapi melainkan diolah lagi menjadi berita radio khas Trijaya, yakni
  186. Bukkk....! Pukulan tangan Keng Han mengenai dada kakek itu, akan tetapi bukan kakek itu yang roboh melainkan Keng Han sendiri yang terlempar dan terjengkang ke atas tanah.
  187. Ayahnya bukan seorang yang difitnah melainkan yang memfitnah, bukan yang dijahati melainkan yang jahat.
  188. Siu Lan tidak marah melainkan menghela napas lagi.
  189. Siauw Cu tidak menjawab, melainkan menarik tangan Shu Ta dan tanpa memperdulikan lagi kepada gadis itu, dia berkata, “Sute, mari kita pergi!” Diapun mengajak sutenya pergi ke kuburan ayah dan ibunya yang berada di sudut kiri tanah kuburan itu.
  190. Sesungguhnya bukan dia yang mengajarkannya, Subo, melainkan aku belajar sendiri dari dalam sebuah gua di Pulau Hantu.
  191. “Bukan cuma janji, melainkan juga restu dan izin!”
  192. Gerakannya tangkas dan kuat, dan ketika dia melakukan tendangan, kedua lengannya berkembang seperti sayap rajawali dan tendangan berputar itu kuat dan cepat, juga tegak dan dia melanjutkan dengan tendangan berikutnya, diulang bukan hanya dua kali seperti yang diminta Teng-kauwsu, melainkan lima kali berturut-turut dan diakhiri dengan kuda-kuda merendah dengan kedua tangan disilangkan depan dada, berjaga-jaga!
  193. Nah, aku bukan hwesio Siauw-lim-pai, bukan pula murid Siauw-lim-pai. Apakah engkau juga masih hendak menghalangiku? Aku bukan menjadi penjahat, melainkan menjadi calon Beng-cu. Apa salahnya memimpin dunia kang-ouw, membawa mereka ke jalan benar?”
  194. Bukan gembira palsu, melainkan ia benar-benar gembira dan merasa berbahagia melihat sucinya merayakan pesta pernikahannya dengan Cu Goan Ciang! Bahkan ia sendiri yang membantu sucinya berias, dengan penuh kebanggaan dan kegembiraan melihat betapa cantiknya sucinya dalam pakaian pengantin! Sungguh luar biasa sekali perasaan kasih sayang dan kesetiaan dalam hati Lee Siang terhadap sucinya.
  195. Bagi peribadiku, kasta itu bukanlah mengunjukkan harkat dan martabat jiwa seseorang, melainkan hanya penggolongan dari asal kelahirannya saja ..."
  196. Keng Han tidak menjawab melainkan berpaling kepada semua orang yang hadir.
  197. “Kalau begitu, gunakan tiga opsi penangkal: tidak usah mempertanyakan melainkan jawab saja langsung, pakailah logika nonformal, dan kejarlah tanda tanya kecil saja,” kata Maman Halmahera (MH).
  198. Isteriku, pedang ini kutinggalkan bukan hanya sebagai kenang-kenangan, melainkan juga sebagai tanda bahwa yang membawa pedang ini adalah keluargaku.
  199. Dalam keadaan seperti ini, sebaiknya kalau tidak langsung menyerang pasukan pemerintah, melainkan lebih dahulu menyusun kekuatan dan kalau mungkin menguasai dunia kang-ouw.
  200. Kedua jenis teknologi di atas tidak berdiri sendiri, melainkan memiliki banyak teknologi dan standar yang berbeda (dan bahkan terdapat konflik).
  201. “Kalau yang dibidik pemerintah adalah penambahan dana Rp 300 trilyun, yang digenjot bukan harga rokok, melainkan para koruptor.
  202. Saya mohon ayah juga menyadari kekeliruan sikap hidup ayah yang sudah-sudah, tidak lagi menindas penghuni dusun, melainkan mengulurkan tangan membantu mereka agar kehidupan di dusun ini menjadi makmur, tenteram dan damai.”
  203. Sikap kalian bukan seperti pangeran melainkan seperti orang-orang jahat!
  204. "Jadi, menurut logika dalam kasus ini," kata rekan Joko Parepare lagi, "DPR tidak bisa digunakan untuk hal-hal yang diuraikan pertama, melainkan hanya untuk satu hal yang disebutkan terakhir."
  205. Tidak termasuk pengertian pesawat udara adalah alat-alat yang dapat terbang bukan oleh daya angkat dari reaksi udara, melainkan karena reaksi udara terhadap permukaan bumi, misalnya roket.
  206. Tetapi, yang dihadapi SBY sejak hari-H bukan cuma itu, melainkan juga pers bebas yang dikriminalisasi (halo, BHM!), ratusan ribu TKI yang dipulangkan, para TKW yang diancam hukuman maksimal di Singapura, harga BBM, gaji guru, nasib para karyawan PTDI, Dubes Amrik Boyce yang mengobok-obok Polri dalam kasus Ba’asyir dan Buyat, ‘Hadiah (Mudik-Balik) Lebaran’.
  207. Bukan berarti lalu ber­henti dan jatuh, melainkan tetap ber­usaha hanya tidak tenggelam ke dalam duka dan putus harapan.
  208. Daapat dikatakan bahwa lagi-lagi Amerika digambarkan sebagai negara ‘pahlawan’ yang mampu menjaga keamanan tingkat dunia, sebab tentunya persoalan alien dalam kisah ini tidak hanya terjadi di sekitar wilayah Amerika saja, melainkan sudah menjadi masalah global.
  209. Dia tidak. segera pulang melainkan mendatangi rumah panglima The Sun Tek yang dikenalnya sebagai Panglima besar yang memiliki ilmu silat tinggi.
  210. Atribut yang digunakan Jaka juga tidak seperti Si Buta, yang berpakaian kulit ular, melainkan baju biasa berlilit sarung.
  211. Kini Cu Goan Ciang yang berkata, “Memang benar, akan tetapi kami menawan nona Mimi bukan karena memusuhinya, melainkan mempergunakan sebagai umpan siasat kami agar pasukan penjajah menyerang kami.
  212. Di dalam proses globalisasi, posisi yang harus diambil bukan sebagai objek perubahan, melainkan harus menjadi subyek.
  213. Keduanya berlari cepat menuju ke istana Pangeran Tao Kuang. Ternyata mereka semua tidak beristirahat melainkan berkumpul di ruangan depan, juga menanti sesuatu yang pasti akan terjadi.
  214. Kakek iblis, bukan engkau yang hendak membunuhmu, melainkan aku yang akan membunuhmu.
  215. Tetapi, “Saya dihukum bukan karena melakukan kesalahan, melainkan karena dikorbankan,” kata mantan Gubernur Timor Timur itu.
  216. Thian Moko tertawa dengan suaranya yang kecil tinggi, lalu berkata, “Bukan main! Sejak dahulu menjadi seorang hwesio sampai sekarang, Bouw In Hwesio memang seorang yang aneh dan menyimpang dari orang lain, ingin sekali kami berdua melihat apakah ilmu kepandaianmu juga tetap aneh dan menyimpang dari orang lain! Dahulu ketika engkau menjadi hwesio, engkau tidak pernah tinggal di kuil mengajarkan agama, tidak pernah mengemis makanan, melainkan berkelana seperti seorang petualang sejati.
  217. Bukan hanya perang antar negara, bukan hanya perang antar kelompok dan antar agama, melainkan perang di dalam batin kita sendiri.
  218. Pada keesokan harinya, benar saja Thian It Tosu keluar dari dalam kamarnya dan murid kepala memberi laporan bahwa keadaan Bu-tong-pai baik-baik saja dan bahwa Gu Lam Sang telah pulang akan tetapi karena ada urusan ke dusun di kaki bukit, pagi-pagi tadi sudah berangkat meninggalkan Bu-tong-pai! Tentu saja tidak ada yang tahu kecuali Thian Yang Cu dan Bhok Im Cu yang mengetahui bahwa Gu Lam Sang tidak turun gunung, melainkan menyamar sebagai Thian It Tosu yang dihadap para murid itu.
  219. Tidak lagi buyut itu menimbang sanggahan Anuraga dari sudut undang2, melainkan dari rasa keangkuhannya sebagai seorang buyut dan berkatalah ia dengan nada tinggi "Desa Madan-Teda ini merupakan desa pelayangan atau penyeberangan sungai.
  220. Dia masih mencoba mengerahkan tenaga dan menyerang dengan dahsyat, namun tentu saja dengan mudah serangannya dapat dipatahkan Goan Ciang, sekali ini bukan mengelak melainkan menangkis sambil mengerahkan tenaganya.
  221. Pada awalnya disebut program Operasi Pasar Khusus (OPK), kemudian diubah menjadi Raskin mulai tahun 2002, Raskin diperluas fungsinya tidak lagi menjadi program darurat (social safety net) melainkan sebagai bagian dari program perlindungan sosial masyarakat.
  222. Dia tidak seharusnya hanya mencurahkan perhatiannya untuk membalas kepada orang-orang seperti ketua Jang-kiang-pang dan perwira Khabuli saja, melainkan kepada pusatnya, yaitu kepada pemerintah Mongol, sang penjajah yang menjadi biang keladi kesengsaraan rakyat, kesengsaraannya.
  223. Ia tidak takut, melainkan mengumpulkan tenaga, siap untuk mem­berontak dan menyerang kalau dirinya dibebaskan dari ikatan tali dan jala itu.
  224. Nah, dengarlah kalian berdua? Pa­ngeran Tao Kuang, malah mintakan ampun untuk kalian! Baiklah melihat per­mohonan Tao Kuang, kalian tidak di­hukum mati melainkan dihukum buang ke Sin-kiang selama dua puluh tahun!
  225. “Negeri dan bangsa yang besar ini, dikesankan akan dipimpin bukan oleh para ksatria, melainkan oleh para sudra dan paria!”
  226. Tetapi, terhadap pertanyaan: "Siapakah di antara para tersangka koruptor yang paling gagah berani menghadapi semua risiko, dengan tidak bersakit-sakit dahulu, berenggan-enggan jadi pesakitan, melainkan langsung dikirim ke Nusakambangan?" Ada yang menjawab: "Para anggota DPRD DKI, yang menolak melaporkan kekayaannya kepada KPKPN!" Tetapi, ada juga yang menjawab: "Penegak hukum!"
  227. Bukan dari segi teknologi, melainkan dari sisi militernya sendiri khususnya untuk kualitas angkatan lautnya.
  228. Engkau tidak akan kuhukum mati, melainkan harus menjadi pelayanku selama satu minggu!”
  229. Bukan cuma terlalu menggiurkan, melainkan juga menjadi seperti black hole: gemar menyedot liur para petinggi RI...!
  230. “Tentu saja tidak dengan kekerasan, karena maksud kita bukan membasmi perkumpulan itu dan memusuhi anggotanya, melainkan menundukkan para pimpinannya agar kita dapat mengembalikan Hek I Kaipang ke jalan perjuangan.”
  231. Bukan karena saya memihak pemberontak, melainkan karena di antara para pemberontak itu terdapat banyak sahabat-sahabat baik saya.
  232. MESKIPUN Menko Rizal Ramli sudah gusar, dan menyatakan bahwa yang dilakukannya bukan bailout -(penalangan utang) oleh pemerintah- melainkan restrukturisasi, para pengamat ekonomi menyatakan, restrukturisasi adalah bagian dari bailout.
  233. Kalau tadinya, di antara para kaipang terdapat persaingan biasa, akan tetapi yang dilakukan perkumpulan pengemis yang telah menjadi pengkhianat bangsa itu bukan persaingan, melainkan mereka diperalat oleh orang-orang Mongol untuk menumpas kami.
  234. Akulah yang menolongnya, bersama mendiang ayahku Aku menjadi saksi bahwa Pangeran Tao Kuang tidak melakukan fitnah, melainkan benar-benar.
  235. Anak buah Hwa I Kaipang juga banyak yang hadir, akan tetapi mereka berbaur dengan para pendatang lainnya dan tidak mengenakan pakaian perkumpulan mereka. Pemilihan ini merupakan pemiihan pemimpin kang-ouw umum, bukan pemimpin perkumpulan, maka mereka tidak mewakili perkumpulan, melainkan sebagai orang-orang kang-ouw.
  236. Gadis itu dikeroyok oleh sedikitnya tiga puluh orang, akan tetapi berbeda dengan ketika Kwi Hong dikeroyok para murid Pek-­houw Bu-koan dan yang membuat dia terpaksa turun tangan membantu, gadis ini agaknya sama sekali tidak perlu di­bantu! Setiap kelebatan pedangnya me­robohkan seorang pengeroyok, bukan ha­nya melukai ringan, melainkan meroboh­kan dan menewaskannya seketika!Melihat orang-orang dusun yang me­nonton bersorak setiap kali ada pengero­yok yang roboh, Keng Han mengambil kesimpulan bahwa gadis itu tentulah orang yang dianggap baik oleh penduduk dusun dan mungkin sekali pembela me­reka.
  237. Alat-alat produksi (ada teknologi didalamnya) tidak pernah bersifat surut melainkan terus maju disebut sebagai Tenaga produktif masyarakat yaitu kekuatan yang mendorong perkembangan masyarakat.
  238. “Paman yang baik, suheng bukan lagi Siauw Cu (Cu Kecil), melainkan seorang pemuda dewasa, namanya Cu Goan Ciang.”
  239. Tiba-tiba seorang pengemis yang berjenggot lebat, bertubuh tinggi besar dan memegang golok, sudah menerjang ke depan dan mengayun goloknya, akan tetapi tidak menyerang dirinya, melainkan membacok ke arah tubuh Pek Mau Lokai yang masih tidur pulas! Siauw Cu heran dan terkejut, akan tetapi dia cepat menggerakkan pedangnya sambil meloncat, melindungi kakek itu.
  240. Totiang, ingatlah bahwa per­juangan kita ini bukan sekadar hendak menjatuhkan seorang kaisar untuk di­ganti kaisar baru, melainkan mengusir penjajah dari tanah air.
  241. Kalau memang tidak diharuskan melakukan kejahatan, melainkan untuk perjuangan, lebih baik dia taat agar Thian It Tosu tidak terbunuh.
  242. Tidak ada siksaan atas mereka melainkan satu teriakan saja; maka tiba-tiba mereka semuanya mati.
  243. Swat-hai Lo-kwi mencari tempat peng­asingan yang tidak terganggu orang lain bukan karena ingin bertapa, melainkan karena dia sedang melatih diri dengan semacam ilmu silat yang amat hebat dan dia tidak ingin orang lain melihatnya.
  244. Sebenarnya jika dicermati yang sering terjadi di Maluku bukanlah rawan pangan jika melihat ketersedian pangan lokal yang ada, melainkan krisis beras, karena rata-rata pangan masih selalu diidentikan dengan ketersediaan beras dan pola konsumsi beras tinggi dan ketika beras tidak tersedia rawan pangan “semu” itu terjadi.
  245. Jadi kebangsaan bukanlah suatu kenyataan, melainkan suatu cita-cita, aspirasi dan tuntutan khas Indonesia.
  246. “Ha-ha-ha, ketua Jang-kiang-pang muncul ke sini bukan untuk ikut pemilihan Beng-cu, melainkan untuk urusan dendam pribadi! Kita semua adalah orang-orang dunia persilatan yang menghargai kegagahan dan juga yang berani bertanggung jawab atas perbuatan kita.
  247. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya kelembutan tidaklah ada pada sesuatu melainkan pasti akan memperindahnya.
  248. Bukan hanya terkenal karena ilmu silatnya, melainkan lebih terkenal lagi bahwa murid-murid Bu-tong-pai merupa­kan pendekar-pendekar yang gagah per­kasa dan pembela kebenaran dan keadilan.
  249. Akan tetapi, di dalam hatinya, dia bukan minta waktu untuk mempertimbangkan penawaran kedudukan itu, melainkan minta waktu agar dia dapat menyelidiki keadaan di bandar dan mendapat jalan bagaiman sebaiknya untuk menolong nasib para pekerja kasar di sana.
  250. “Tetapi, yang seharusnya bertarung dengan SBY-JK memang bukan MS-HM atau W-SW, melainkan G-TS,” kata MH.
  251. Kiranya mereka itu sekarang bukan lagi mengemis sendiri melainkan menjadi pemeras para pengemis.
  252. TETAPI, menurut Prof Sukarna dari Unpad, penyakit keropos tulang (osteoporosis) tidak hanya menimpa orang tua, melainkan bisa juga menyerang secara dini, pada usia di bawah 40 tahun.
  253. Seperti tadi, keduanya tak mau memacu kuda tunggangan, melainkan bergerak perlahan
  254. Sebab, andilnya sebagai pusat pendidikan kesenian tidak hanya penting secara nasional, melainkan juga di tingkat regional!”
  255. Treartha (1980) mengemukakan bahwa “Iklim” tidak menyatakan keadaan, melainkan suatu bentuk konsep abstrak yang menyatakan kebiasaan cuaca dan unsur-unsur atmosfer disuatu daerah selam a kurun waktu yang panjang”.
  256. Kehi dupan yang tercerai dari agama bukanlah kehidupan manusia, melainkan satwa."
  257. Puteranya! Akan tetapi tidak terasa ada keharuan dalam hati yang sudah mengeras itu, melainkan perasaan girang karena mungkin dia akan mendapatkan seorang pembantu yang amat berguna.
  258. Kwi Hong sendiri agaknya lupa bahwa ia sedang menyamar, bukan sebagai puteri Pangeran Mahkota, melainkan sebagai gadis kang-ouw biasa! Beberapa orang murid Bu-tong-pai sudah mengepung tempat itu dan siap untuk turun tangan.
  259. Kiranya gadis itu bukan Yen Yen, melainkan seorang gadis yang lebih muda dari Yen Yen, cantik pula, dengan pedang di tangan.
  260. Bukankah selama dua tahun ini teecu melaksanakan segala perintah dan tugas dengan sebaiknya tanpa mengeluh dan tanpa bertanya-tanya? Kalau sore ini teecu terpaksa bertanya bukan karena teecu tidak sabar lagi, melainkan karena teecu ingin tahu dan ingin memperoleh kepastian apakah teecu di sini akan mempelajari ilmu silat ataukah tidak.”
  261. Omitohud....! Gosang Lama itu suhu­mu? Ahhh, engkau tentu tidak tahu siapa Gosang Lama yang kau angkat menjadi guru itu, Kongcu. Dia tidak dibunuh, melainkan menerima hukuman dari semua kejahatannya.
  262. Bahkan, dalam tradisi subkultur kita, kisah semacam itu bukan hanya ada pada Roro Mendut-Pronocitro, melainkan juga pada Layonsari-Jayaprana (Bali), Roro Anteng-Joko Seger (Jawa), dan Saijah-Adinda (Banten).
  263. “Khabuli? Maksudmu, perwira yang menjadi komandan Wu-han itu? Yen-moi, engkau tahu bahwa kita telah mengubah cara perjuangan, tidak menggunakan kekerasan menyerbu benteng, melainkan menyusun kekuatan dan...”
  264. Alangkah indahnya hidup ini kalau kita dapat berkorban demi orang lain....” Gadis itu terisak, akan tetapi bukan karena duka, melainkan karena bahagia.
  265. Semua keterangan atau data yang ditemukan dari kegiatan penelitian tidak dimaksudkan untuk mempertanggungjawabkan kesalahan pada pihak-pihak yang terkait, melainkan untuk mencegah jangan sampai terjadi lagi kecelakaan pesawat udara dengan penyebab yang sama.
  266. Sejak ia dipaksa mengikuti Tay-lek Kwi-ong, ia sengaja menggosok kedua pipinya sehingga warna kecoklatan buatan itu luntur dan nampak kedua pipinya putih kemerahan, juga ia tidak lagi menggunakan suara pria, melainkan menggunakan suaranya sendiri.
  267. Akan tetapi kenapa Kongcu hendak di­bunuh oleh mereka ini? Siapakah Kong­cu? Dia bertanya dengan ragu karena kini dia melihat bahwa pemuda itu me­ngenakan pakaian yang amat mewah, tidak seperti seorang kongcu (tuan muda) bisa, melainkan seperti seorang pemuda bangsawan tinggi.
  268. Bahkan ia tidak mencabut pedangnya, melainkan hanya membagi-bagi tamparan dan tendangan saja.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.