Monday 4 April 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "Nusantara". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "Nusantara"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "Nusantara" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "Nusantara", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "Nusantara" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "Nusantara"

  1. 5. Sastrawan Nusantara dari Negeri Johor,
  2. Tempat : Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Gedung Nusantara II
  3. Bahasa ini telah menjadi bahasa lebih dari 200 juta rakyat di Nusantara Indonesia.
  4. b) Pabrik Semen gresik, Smen Cibinong, Semen Tiga Roda, dan Semen Nusantara di Jawa.
  5. Demikianlah babak pertama kekuasaan Melayu di Nusantara yang masih bercirikan Hindu/ Buddha.
  6. Di hari lain di ruang fraksi PDIP di lantai 6 gedung Nusantara I, DPR, digelar pertemuan kembali.
  7. Pasalnya, jauh sebelum Sumpah Pemuda, bahasa Melayu telah menjadi lingua franca bagi penduduk di wilayah Nusantara ini.
  8. Karya-karya itu sangat pantas menjadi bahan awal untuk memperkenalkan berbagai kultur etnik yang tersebar di Nusantara ini.
  9. Bahkan aplikasi e-commerce akan menjadi salah satu aplikasi pemacu di Indonesia (melalui "Telematika Indonesia" dan Nusantara ).
  10. Terdakwa Dudhie bersama-sama anggota Komisi IX DPR dari FPDIP mengikuti rapat di ruang fraksi PDIP di lantai 6, Gedung Nusantara I, DPR.
  11. Kemunculannya mengikat kembali serpihan-serpihan kerajaan di Nusantara yang telah terserak kembali karena runtuhnya dominasi kekuasaan Majapahit.
  12. 10. Seulawah รข€” Antologi Sastra Aceh (editor bersama L.K. Ara dan Hasyim K.S.), Yayasan Nusantara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Khusus Istimewa Aceh (1995)
  13. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu, sebuah bahasa Austronesia yang digunakan sebagai lingua franca di Nusantara kemungkinan sejak abad-abad awal penanggalan modern.
  14. Menempatkan kesusastraan Indonesia sebagai pintu masuk menuju pemahaman pluralitas budaya dan keberagaman etnik masyarakat di wilayah Nusantara ini, tentu saja bukan tanpa alasan.
  15. Kedua, pluralitas kultural yang dimiliki suku-suku bangsa di wilayah Nusantara merupakan lahan yang tak bakal habis digali dan dimanfaatkan bagi pemerkayaan khazanah sastra Indonesia.
  16. Dalam kontek ini, Kabupaten Sambas merupakan salah satu dari pelabuhan perikanan yang ditetapkan pemerintah yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat," kata dia, kemarin, di redaksi.
  17. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu, sebuah bahasa Austronesia yang digunakan sebagai lingua franca di Nusantara kemungkinan sejak abad-abad, Bentuk yang lebih resmi, disebut Melayu Tinggi.
  18. 4. P sebagai huruf awal dari kata PEMERSATU yang berarti "merupakan lembaga penyiaran public yang mempersatukan bangsa Indonesia yang tersebar di Bumi Nusantara yang sangat luas dan terdiri atas ribuan pulau".
  19. Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985, kemudian direkstrurisasi, menjadi Dirgantara Indonesia (PT DI) pada Agustuts 2000.
  20. Oleh karena itu berdatanglah raja-raja di Nusantara tersebut kepada Sang Sapurba untuk mempersembahkan barang-barang berharga yang indah dan mahal serta memperkenalkan kekayaan alam dan kerajinan tangan rakyat negerinya masing-masing.
  21. Dalam voting di ruang Komisi IX DPR di gedung Nusantara I, Miranda Goeltom akhirnya terpilih sebagai DGS BI. Tak lama kemudian, Dudhie ditelepon Panda Nababan untuk menemui seseorang di Restoran Bebek Bali untuk menerima titipan dari Nunun Nurbaiti berupa sebuah travellers cheque (TC) BII senilai Rp 9,8 miliar.
  22. Tampilnya Maharaja Imam Sambas H. Muhammad Basyuni Imran sebagai tokoh Islam dikerajaan pantai utara Kalimantan Barat menempatkan Sambas sebagai bagian dari pusat-pusat Islam yang berperan besar dalam membangun Nusantara Baru dan sekaligus mempersiapkan kualitas mental dan spiritual masyarakat Sambas untuk menyongsong dan membangun Indonesia merdeka.
  23. TETAPI, JP harus bilang apa, jika tentara menjual bedil dan amunisi kepada lawan, polisi menjual ganja dan narkoba kepada bandar dan penggemar -lalu baku hantam dan baku tembak sesama petugas keamanan- sedangkan jaksa-hakim-pengacara menjual perkara kepada terdakwa, dan para wakil rakyat menjarah uang rakyat dengan segala cara di seluruh Nusantara -di depan mata 40,7 juta jiwa anak telantar?
  24. Khusus untuk masyarakat di Indonesia, sejarah masa lampau mengajarkan bahwa sistem ekonomi, politik, dan kebudayaan dari kerajaan-kerajaan besar di Asia seperti India dan Cina, yang diadopsi dan diadaptasi oleh kerajaan-kerajaan di Nusantara ini, seperti Sriwijaya dan Majapahit, namun fakta sejarah tidak membuktikan bahwa orang-orang Sriwijaya dan Majapahit, dalam pengadopsian dan pengadaptasian nilai-nilai kebudayaan tadi sekaligus menjadi orang India atau Cina.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.