Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat untuk kata "radio", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.
Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "radio" dalam bahasa Indonesia?
Contoh kalimat yang menggunakan kata "radio" dapat dilihat pada contoh kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "radio"
- Saya mau radio perekam kaset portabel.
- Sedangakan program TRNU dan radio Trijaya
- Ketika memperdengarkan radio pun sajian sama.
- Ada 4 tabung audience di radio Trijaya, yaitu:
- Melakukan kerjasama dengan stasiun radio setempat.
- Adult Contemporary adalah format musik radio Trijaya.
- Saya ingin mengembalikan radio yang saya beli kemarin.
- Personifikasi pendengar radio Trijaya sebagai berikut:
- menigkatkan posisi radio Trijaya sebagai radio berita.
- News Round Up berbeda dari buletin berita radio lainnya.
- Gambar 14: Jumlah responden yang mendengarkan radio (N=147)
- Motion Radio adalah stasiun radio yang berasal dari Jakarta.
- Dengan berakhirnya monopoli berita oleh radio pemerintah (RRI).
- Ulie dan tim Kampanye Bangga Konservasi, tim radio, radio terkait
- Media radio lebih banyak didengarkan oleh ibu rumah tangga dan guru.
- Pertama, tidak semua peristiwa layak menjadi berita radio radio Trijaya.
- Radio Trijaya memiliki slogan “The Real radio - More Than Just Music”
- Tabel 16: Program acara radio favorit berdasarkan jenis pekerjaan (N =267)
- Program Trijaya News Round Up adalah unggulan program news di radio Trijaya.
- Dari aspek aksesibilitas, radio mempunyai tingkat aksesibilitas yang tinggi.
- Secara umum, program radio yang paling digemari adalah musik dangdut (N=40).
- Gambar 4.2 Transkrip Lead tanggal 2 Februari 2011 dari reporter radio Trijaya
- Tetapi yang jelas kalau menggunakan frekuensi radio ATM tersebut terganggu juga.
- Tabel 11: Tingkat kepercayaan terhadap radio berdasarkan jenis pekerjaan (N=381)
- “Round up itu satu-satunya buletin berita radio yang lahir pertama di Indonesia.
- Target audiens memiliki radio atau ada media yang biasa didatangi untuk berkumpul.
- Lagu konservasi, artis lokal, peralatan rekam, radio terkait, narasumber, factsheet
- Up ini dibuat untuk para professional muda yang tidak bisa tune in radio setiap saat.
- Radio Trijaya adalah leader radio swasta berformat informasi, inspiring dan lifestyle.
- Gambar 11: Jumlah responden yang mendengarkan radio berdasarkan jenis pekerjaan (N=381)
- Dari sisi sasaran peserta jelas bahwa aksesibilitas radio dan televisi tidaklah rendah.
- Untuk itu, radio Trijaya juga mengaplikasikan strategi postioning radio sebagai berikut:
- Namun demikian, masing-masing radio digemari oleh pendengar dengan karakteristik berbeda.
- Menyusun program berita dan musik yang akan disiarkan melalui radio beserta jadwal siaran.
- Gambar 4.4 Grafik listening pattren dari senin sampai minggu radio Trijaya dan Kompertitor
- Tingkat kepercayaan masyarakat desa target terhadap televisi, radio dan surat kabar (N=381)
- Adanya batasan jangkauan radio dan interferensi menyebabkan ketersediaan servis menjadi terbatas.
- Namun demikian ada beberapa stasiun radio yang siarannya tidak dapat ditangkap di daerah kontrol.
- Namun kenyataannya televisi dan radio belum besar perannya dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia.
- Factsheet, kelompok pemuda peduli konservasi, syair dan lirik lagu, peralatan rekaman, radio terkait
- Berikut adalah contoh naskah berita radio program Trijaya News Round Up edisi sore, 02 Februari 2011 :
- Format radio dengan konsep tersebut telah mengudara selama 20 tahun yaitu dari tangal 1 Desember 1990.
- Informasi mengenai program dari jaringan radio ini dapat diperoleh melalui website www.trijaya-fm.com.
- Salah satu reporter radio Trijaya, Anang Purwanto juga mengatakan hal yang serupa dalam mencari berita.
- Program Trijaya News Round Up mengudara secara langsung dari studio radio Trijaya di MNC Tower lantai 2.
- Bagi kelompok pemuda (N=37), radio Geronimo (52%) dan radio UNISI FM (52%) merupakan pilihan terfavorit.
- Gambar 11 di bawah ini memperlihatkan preferensi mendengarkan radio berdasarkan segmentasi jenis pekerjaan.
- TETAPI, inilah bukti rekaman percakapan radio antara kapal perang Amerika dan otoritas Kanada, Oktober 1995:
- Secara umum, jumlah responden desa target yang menggunakan televisi (96%) lebih banyak daripada radio (70%).
- Hal ini tentu sangat berbeda dengan kasus telekonferensi baik audio maupun video, siaran radio dan televisi.
- Tingkat pemilikan radio di sembilan wilayah perkotaan dengan angka penetrasi sebesar 40% (Katili-Niode, 2002).
- Ketiga media/teknologi tersebut adalah radio dan televisi, telekonferensi, dan pembelajaran berbantuan komputer.
- Trijaya memang merupakan radio yang unggul dalam soal pemberitaan untuk para pendengarnya yaitu profesional muda.
- Point yang dibuat bukan berbentuk naskah, karena radio Trijaya menginkan laporan yang bersifat santai dan pribadi.
- Oleh karena itu kampanye melalui radio dalam bentuk berita (talkshow) dan adlib dapat menjangkau target secara luas.
- Kimiawi; berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak.
- Dalam hal radio hanya ada satu institusi yang mempunyai daya jangkau secara nasional, yaitu Radio Republik Indonesia.
- Tingkat kepercayaan terhadap televisi, umumnya adalah netral (49,9%) begitu pula dengan koran (50,4%) dan radio (52,5%).
- Data di atas sangat mendukung program Trijaya News Round Up sebagai media pemberitaan radio untuk para profesional muda.
- Namun diantara stasiun-stasiun radio swasta, radio Trijaya-lah yang paling menonjol dan memiliki segmen yang lebih jelas.
- Koresponden yang digunakan ada dua jenis, yakni koresponden yang radio Trijaya bina dan koresponden dari grup MNC Network.
- Jadi, arti program Trijaya News Round Up adalah Seputar berita yang dikemas oleh radio Trijaya untuk para profesional muda.
- Untuk menjual suatu program ke pendengarnya diperlukannya nama program yang sesuai dengan konsep radio dan target pendengar.
- Program Trijaya News Round Up menyiarkan berita yang sesuai bedasarkan karakter radio Trijaya dan karakter profesional muda.
- Mulai dari menyaksikan reklame-reklame kota sepanjang perjalanan, mendengar iklan di radio dan menyaksikan iklan di televisi.
- Seperti halnya keunggulan media radio yang personal dan akrab, jadi dalam menyampaikan berita pun program Trijaya News Round Up
- Berita radio bersifat sekilas, jadi bagaimana yang sekilas itu dikemas sedemikian rupa supaya menjadi ada dipemikiran pendengar.
- Inilah yang membedakan program Trijaya News Round Up dari program berita di radio lainnya, yakni topik yang dibahas lebih beragam.
- Jadi tidak sembarangan berita bisa siarkan, harus liat dan pilih bedasarkan karakter radio Trijaya dan karakter profesioanal muda.
- Di berita radio tadi pagi, pemerintah mengumumkan siapa pelaku pemerkosaan dan pembunuhan terhadap wanita-wanita muda di pondok itu.
- Kampanye melalui radio dalam bentuk jingle dan lagu konservasi akan dapat menjangkau target dengan musik dan lirik yang ear-catching.
- Berita yang ditulis bukanlah berita copy paste dari media internet, tapi melainkan diolah lagi menjadi berita radio khas Trijaya, yakni
- Siaran radio hanya menyuguhkan aspek audio sehingga masyarakat hanya bisa mendengar tanpa bisa melihat wajah dan ekspresi penyiar radio.
- Program Trijaya News Round Up adalah program unggulan News radio Trijaya, sehingga suatu program harus dikemas secara total dan layak siar.
- Dalam konteks Indonesia agak sulit bagi sebuah stasiun radio swasta lokal untuk mendapatkan 1250 pendengar bagi setiap siaran pendidikannya.
- Contohnya, koresponden radio Trijaya di Papua mendapatkan penugasan mengenai Freeport kemudian koresponden tersebutlah yang melusuri beritanya.
- Pemilihan desa kontrol ini cukup sulit sebab hampir seluruh kawasan sekitar Gunung Merapi sudah terjangkau oleh media seperti radio dan televisi.
- Memang setelah radio Trijaya sukses menjangkau segmen ini, banyak radio lain yang mencoba menggarap pasar sasaran yang sama dengan format serupa.
- Latihan membaca berita radio pun dilakukan oleh penyiar sehingga pada saat on air, penyiar bisa menyampaikan berita radio dengan baik dan sempurna.
- Adult Contemporary yang disiarkan radio Trijaya adalah penggabungan jenis musik seperti musik pop, rock, jazz dan easy listening dengan mengutamakan
- Sedangkan yang bersedia mengalokasikan waktu antara 20 – 60 menit per hari hanya sebesar 20 % dari total stasiun pemancar radio yang dijadikan sampel.
- Masyarakat desa kontrol lebih sering menonton televisi ( 92,5%, N=147) daripada mendengarkan radio bahkan cenderung tidak mendengarkan radio (44,9%, N=147).
- Dari total 70,1% (N=267) responden yang mendengarkan radio, umumnya terdapat 3 stasiun radio yang menjadi favorit, yaitu GCD FM, Retjo Buntung, dan Geronimo.
- Sebagai radio yang memposisikan sebagai radio berita untuk para profesional muda, radio Trijaya juga melakukan beberapa langkah-langkah untuk menciptakan dan
- Radio Trijaya menjadi nomer satu sebagai radio berformat inspiring, information dan lifestyle pada tahun 2010 hasil survei dari Global Nielsen Media Research.
- Daya jangkau stasiun radio swasta yang pada umumnya menggunakan gelombang FM pada frequensi 88 – 108 MHz tidak lebih dari radius 100 km (Radio Nederland, 2001).
- Bedasarkan data di atas, terlihat bahwa radio Trijaya mendapat respon pendengar paling tinggi dengan jumlah pendengar 472 orang, Pas FM 159 pendengar dan Delta FM
- “Trijaya itu kan radio lifestyle, target audience-nya professional muda, jadi kalau namanya, “kumpulan berita” kan enggak menjual, nah namanya harus menjual.
- Spot iklan dapat diselipkan melalui program musik pop (30,8% dari responden menyatakan bahwa program radio yang paling sering didengarkan adalah program musik pop).
- Namun demikian, jika dilihat dari jenis pekerjaannya, saluran informasi yang relatif dipercaya oleh petani adalah yang berasal dari televisi (38,5%) dan radio (32%).
- Dalam menyajikan keunggulan program-program Trijaya, radio Trijaya mengaplikasikan strategi produksi untuk menetapkan posisi mereka sebagai radio berita dengan cara:
- Secara umum tingkat kepercayaan responden desa target (N=381) terhadap informasi dari televisi, surat kabar, dan radio adalah seperti yang terlibat pada tabel di bawah ini.
- Yang kedua, radio itu adalah media yang cepat dan selintas, tak jarang banyak pendengar, yakni profesional muda yang ketinggalan informasi penting mengenai suatu peristiwa.
- Radio Trijaya adalah radio yang selalu memberikan informasi serta hiburan yang sesuai dengan karakter radio Trijaya serta keinginan, kebutuhan dan prilaku profesional muda.
- Dalam aktivitas pengecekan dari segi naskah, bukan hanya produser saja yang melihat dan mengoreksi naskah, tetapi seluruh divisi news yang berada di dalam studio radio Trijaya.
- 12.00 WIB dan 16.30 WIB grafik intensitas pendengar radio Trijaya pun tinggi, yakni pada tingkat 35 % pada pukul 06.00 WIB, 5 % pada pukul 12.00 WIB dan 50 % pada pukul 16.00 WIB.
- Lebih jauh studi tersebut menyatakan bahwa kesediaan radio lokal untuk mengalokasikan waktu untuk siaran pendidikan pada umumnya (53 % dari responden) maksimum 60 menit per minggu.
- Dokumentasi yang kedua adalah hasil positioning dan grafik positioning radio Trijaya dan kompetitornya di wilayah Jakarta bedasarkan hasil survei Nielsen Media Research tahun 2010.
- Jika headline telah ditentukan, produser membuat rundown program dan menulis naskah berita radio dari lead yang dikirimkan oleh reporter di lapangan dan dari sumber informasi lainnya.
- Pemilihan nama program Trijaya News Round Up juga tidak lepas dari format radio Trijaya yang memiliki format musik, informasi dan lifestyle serta target audiencenya, professional muda.
- Selain memiliki ciri khas sebagaimana disebutkan di atas, maka antara media cetak surat kabar dan majalah dengan media elektronik radio dan televisi, memiliki perbedaan yang khas pula.
- Untuk memperkuat hasil penelitian, penulis menyajikan hasil positioning radio di Jakarta berdasarkan Global Nielsen pada tahun 2010 yang penulis dapatkan dari dokumentasi Radio Trijaya.
- Badai matahari berdampak tidak langsung terhadap manusia, dampaknya adalah terganggunya sinyal radio sehingga menyebabkan jaringan komunikasi menjadi rusak, jelek, atau tidak berfungsi.
- Radio Trijaya adalah radio yang lengkap untuk para profesional muda, jadi para profesional muda tidak perlu mendengarkan radio lain untuk sekedar mendengarkan musik saja tau berita saja.
- Setiap produser yang sekaligus menjadi script writer dan gatekeeper mempunyai gaya tulis yang berbeda-beda, namun mereka adalah orang-orang yang terpilih dan berkompeten di radio Trijaya.
- Dalam memenuhi kebutuhan informasi profesional muda, radio Trijaya menghadirkan berbagai program, diantaranya program talkshow, news, sequence, feature, musik, dan program inspiring lainnya.
- Tommy pelan bangkit, kemudian turun dari ranjang dan seperti robot yang disetir dengan radio kontrol berjalan menuju pintu, kamera mundur sampai mendapatkan piintu luar dari kamar Munadi itu.
- 10 Strategi posisi inilah yang membuat radio Trijaya berbeda dari media lainnya ketika proses produksi program karena mampu menyajikan program yang mampu memperlihatkan keunggulan di dalamnya.
- Kendala lain bagi pemanfaatan siaran radio dan televisi adalah media ini adalah sekali tayang bila pada waktu penayangan para peserta tidak menyaksikan maka mereka kehilangan (Huda dkk, 2000).
- Dokumentasi yang pertama yakni grafik listening pattern atau pola intensitas pendengar dalam mendengarkan radio Trijaya dan kompetitornya bedasarkan survei Nielsen Media Research sebagai berikut:
- Dalam jaringan radio ini juga berlangsung pendidikan informal secara jarak jauh dengan mengangkat topik-topik yang menjadi perhatian masyarakat umum mulai dari masalah kesehatan, sosial dan politik.
- Studi yang dilakukan Nurul Huda dkk (2000) menunjukkan bahwa radio mempunyai keterbatasan dalam daya jangkau dan untuk memperluas daya jangka diperlukan stasiun relay atau kerjasama dengan radio lokal.
- Selain itu dari sisi peraturan, ada pula pembatasan daya jangkau stasiun pemancar radio yang diwujudkan dalam kategori stasiun pemancar mulai dari siaran internasional, nasional sampai pada siaran lokal.
- Sebagai media informasi dan berita untuk para profesional muda, radio Trijaya membuat program unggulan berita yang mampu mempertahankan posisi sebagai media informasi dan inspirasi untuk para pendengarnya.
- Radio Trijaya adalah radio swasta pertama yang memenuhi kebutuhan para pendengarnya profesional muda, yang tidak hanya menyajikan musik tetapi diperkaya dengan informasi yang bermanfaat untuk pendengarnya.
- Penggunaan citizen jourlism yang radio Trijaya gunakan juga adalah menghubungi lembaga yang terpercaya dan cara penyampaian laporan juga hanya merupakan tanya jawab antara penyiar dan orang di lembaga tersebut.
- produksinya juga melewati banyak proses dan tahap-tahap agar menghasilkan program yang layak siar dan sempurna ketika disiarkan sehingga menciptakan program sebagai media pemberitaan radio dibenak profesional muda.
- Pembuatan lagu dilakukan pada bulan Februari, rekaman dilakukan bersama dengan rekaman untuk program radio (bulan Juni) dan pemutarannya disesuaikan dengan kegiatan lainnya seperti program radio dan visit to school
- Potensi antar negara untuk meluncurkan ICBM/CBM berhulu ledak Nuklir menjadi sangat kecil, tentu saja karena ICBM/CBM menggunakan konsep radio dalam hal ini GPS untuk menuntun ICBM jatuh meledak tepat pada sasaran.
- Stasiun radio ini didirikan pada tahun 90-an dengan nama Safari Bisinis FM, lalu berganti nama menjadi Jakarta News FM, lalu berganti nama lagi menjadi Otomotion FM dan sampai sekarang menggunakan nama Motion Radio.
- Satu jam sebelum on air produser akan bekerja sama dengan bagian produksi radio Trijaya untuk mempersiapkan segala keperluan alat produksi program, line telephone, dan proses rekaman jika laporan para reporter direkam.
- Berita yang ditulis dalam program–program radio Trijaya adalah berita yang sesuai dengan syarat penulisan naskah radio yang aktual, berdasarkan fakta, menarik perhatian personal, singkat dan akrab di telinga pendengarnya.
- Di Indonesia terdapat banyak stasiun pemancar radio dan televisi baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta yang dapat dipakai untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh dengan menyiarkan program pendidikan.
- Setelah melakukan wawancara dengan nara sumber dan observasi mengenai proses produksi, peneliti akan meneliti urutan-urutan proses produksi dalam menyajikan program buletin radio yang berbeda dari program buletin radio lainnya.
- Program Trijaya News Round Up adalah program buletin pertama di Indonesia yang menyajikan kumpulan dari peristiwa atau pendapat dalam satu paket berita untuk para profesional muda yang tidak bisa mendengarkan radio setiap saat.
- Suatu peristiwa atau kejadian yang kemudian dijadikan berita adalah berita yang ditulis sesuai dengan syarat penulisan naskah radio yang aktual, berdasarkan fakta, menarik perhatian personal, singkat dan akrab di telinga pendengarnya.
- Pada grafik di atas terlihat bahwa radio Trijaya rata-rata memiliki grafik yang paling tinggi terhadap intensitas pendengar dengan target audiencenya yaitu para profesional muda dengan berbagai pekerjaannya berumur sekitar 25-45 tahun.
- "Dunia yang begitu luas dan besar kini bisa 'dilipat-lipat' dalam bentuk televisi, surat kabar, majalah, internet, dan radio sehingga bisa hadir di tengah-tengah keluarga dan di ruang yang sempit sekalipun" (Yasraf Amir Piliang, 1999).
- Jadi berita yang sebelumnya menjadi headline harus turun di segment selanjutnya karena ada peristiwa yang lebih baru dan lebih penting untuk didengar, karena berita radio itu harus cepat, jadi berita yang disiarkan adalah peristiwa yang baru.
- Latar belakang dari dibuatnya program ini adalah yang pertama membuat radio Trijaya itu menjadi lengkap, tidak hanya berisi lagu, tetapi juga berisi program-program yang berkualitas yang kaya dengan informasi yang bermanfaat bagi pendengarnya.
- Kendala pengalokasian waktu lebih banyak bagi siaran program pendidikan adalah biaya siaran dimana satuan biaya siaran radio per jam siaran per peserta untuk sejumlah 500 peserta masih sekitar 6 USD atau 1.5 USD untuk 1250 peserta (Bates, 1995).
- Radio Sonora merupakan stasiun radio yang memiliki komitmen untuk mewujudkan visi sebagai radio informasi dan hiburan yang paling diminati oleh pendengar dan pemasang iklan serta untuk mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
- Trijaya News Round Up adalah program buletin berita radio pertama yang hadir di Indonesia yang menyajikan berbagai kumpulan informasi penting untuk para profesional muda yang bersifat dinamis dalam memenuhi kebutuhan informasi di seluruh Indonesia.
- Menulis naskah berita radio berbeda dengan menulis berita media lainnya, penulisan naskah radio harus memenuhi syarat penulisan naskah berita radio yang aktual, berdasarkan fakta, menarik perhatian personal, singkat dan akrab di telinga pendengarnya.
- Trijaya juga menyajikan beragam informasi yang aktual dan faktual untuk para profesional muda, sehingga radio ini adalah radio yang sangat cocok untuk para profesional muda yang dinamis dan mempunyai keterbatasan dalam memperoleh hiburan dan informasi.
- Berikut adalah 11 strategi positioning bedasarkan perbedaan produk yang program Trijaya News Round Up gunakan dalam memproduksi dan mempertahankan posisi sebagai media pemberitaan radio bedasarkan penyajian data penelitian yang penulis dapatkan, yaitu:
- Radio Trijaya memberi informasi dan menginspirasi profesional muda melalui sajian program-programnya yang sesuai dengan misi dari radio Trijaya untuk menyajikan informasi dan hiburan dalam bentuk audio sesuai dengan kebutuhan Profesional Muda Indonesia.
- Walaupun kadang mirip sama media lainnya pemberitaannya, tapi kan bahasa radio kan berbeda, kalau mereka (koran dan media internet) detail, kalau kita (Trijaya) cendrung membuat orang tek, ngeh gitu mengenai berita kita, kan radio ga detail-detail amat.
- Walaupun kadang mirip sama media lainnya pemberitaannya, tapi kan bahasa radio kan berbeda, kalau mereka (koran dan media internet) detail, kalau kita (Trijaya) cendrung membuat orang tek, ngeh gitu mengenai berita kita, kan radio enggak detail-detail amat.
- Pers dalam pengertian luas meliputi segala penerbitan, bahkan termasuk media massa elektronik, radio siaran dan televisi siaran, sedangkan pers dalam pengertian sempit hanya terbatas pada media massa cetak, yakni surat kabar, majalah dan buletin kantor berita.
- MESKIPUN koran-koran terbit setiap hari, dan televisi serta radio memancarkan siaran dari pagi sampai pagi lagi, dalam sebulan ini, Joko Parepare merasa tidak membaca, tidak melihat, dan tidak mendengar apa -apa. Halaman koran dan layar televisi, semuanya seperti putih saja.
- Program radio Trijaya merupakan program berita radio yang sangat membutuhkan tim dan koordinasi yang baik, sehingga suatu program bisa berjalan dengan sempurna, dan pada program Trijaya News Round Up koordinasi yang baik sudah berjalan dengan solid, tangguh dan terorganisir.
- Misal, jika manajemen suatu stasion radio ingin melakukan penelitian terhadap target audien mereka yaitu pria berumur 25-44 tahun untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap program radio bersangkutan, maka penelitian tersebut hanya ditujukan kepada siapa saja pria berusia 25-44 tahun.
- Coba kita lihat betapa bahayanya jika frekuensi radio terganggu, radio di sini bukanlah radio mendengarkan siaran berita atau lagu-lagu seperti prambors, suaragama, dan mustang fm, tetapi lebih kepada alat yang menggunakan konsep radio seperti handphone, wi-fi, GPS, BTS, dan lain-lain.
- Disamping itu, positioning radio Trijaya dengan Tagline More Than Just Music ini sangat cocok menciptakan pikiran profesional muda bahwa radio Trijaya tidak hanya memiliki musik yang tepat untuk menemani para profesional muda setiap harinya tetapi juga radio Trijaya merupakan sumber media yang
- Siaran program dilakukan sesering mungkin melalui spot iklan (65% dari responden menyatakan bahwa mereka mendengarkan radio pada waktu yang tak tentu), atau pada slot waktu yang disepakati sebelumnya melalui talkshow (8,3% responden menyatakan bahwa mereka mendengarkan radio pada jam 06.00 - 09.00).
- Untuk mengatasi keterbatasan jangkauan, ada beberapa radio swasta yang membangun jaringan dengan anggota di berbagai kota, misalnya Trijaya Network terdiri atas stasiun radio Trijaya Jakarta, SCFM Surabaya, Prapanca Medan dan , Mercurius Top FM Makassar, dan Voice of Papua FM Jayapura (Trijaya, 2002).
- Program Trijaya News Round Up hadir sebagai media atau program untuk para profesional muda dengan menyajikan berbagai informasi yang sesuai dengan kebutuhan para profesional muda dan mampu mempertahankan posisinya sebagai media pemberitaan radio dengan mengaplikasikan strategi positioning perbedaan produk dalam proses produksinya.
- Seperti halnya keunggulan media radio yang personal dan akrab, jadi dalam menyampaikan berita pun program Trijaya News Round Up menyajikannya seperti dua orang yang saling berbicara satu sama lain, terutama untuk para reporter yang memberikan laporan, para reporter Trijaya hanya menyusun poin-poin apa yang akan disampaikan menggunakan formula 5 W+1
- Mulai dari teknologi yang sederhana dan murah, misalnya telekonferensi audio dengan memanfaatkan telepon melalui layanan PERMATA atau PERtemuan MelAlui Telepon Anda (Telkom, ), korespondensi melalui fax, siaran radio dan televisi, internet dan sampai yang canggih telekonferensi video dengan memanfaatkan satelit misalnya layanan Vidoe Link PT Indosat.
- Dengan adanya proses mapping, berita-berita yang akan disiarkan keesokan harinya menjadi lebih fokus, terarah serta terorganisir dengan baik karena program Trijaya News Round Up tidak menyiarkan berita biasa dimana suatu berita bisa disiarkan di media cetak, televisi dan internet, tetapi belum tentu program Trijaya News Round Up bisa menyiarkannya di radio Trijaya.
- Dalam menyusun dan menulis naskah produser sekaligus script writer program Trijaya News Round Up mengatakan naskah berita radio yang pertama harus enak didengar dan yang kedua naskah berita radio setelah ditulis lalu dibaca lagi sekaligus didengarkan seolah-olah kita memposisikan diri kita sebagai pendengar kemudian menilai berita apakah masuk ke pikiran kita atau tidak.
- Dengan menggunakan teori strategi perbedaan produk menurut Renald Kasali dalam memproduksi program maka dapat dihasilkan bahwa proses produksi program Trijaya News Round Up mampu membawa dan mempertahankan posisi program sebagai media pemberitaan radio nomer satu dengan mengaplikasikan 10 strategi positioning perbedaan produk dalam memproduksi program berita radio bagi profesional muda.
- Dari penyajian data penelitian yang penulis dapatkan mengenai proses produksi program TNRU, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi, penulis akan melakukan tahap selanjutnya yakni menganalisis strategi positioning yang diimplementasikan atau digunakan program dalam memproduksi sebuah program buletin berita radio dengan menggunakan teori strategi positioning menurut Renald Kasali.
- Bedasarkan dokumen contoh naskah yang penulis dapatkan dari radio Trijaya, penulis melihat dalam teknik penulisan naskah berita radio program Trijaya News Round Up, produser sekaligus script writter program Trijaya News Round Up menulis dengan teknik huruf kapital, spasi double, setiap kata ditulis seperti pengucapannya, tulisan angka dirubah menjadi kata dan pemenggalan kata menggunakan tanda “/” untuk koma dan tanda “//” untuk titik.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.