Tuesday 24 November 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "peran". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "peran"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "peran" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "peran", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "peran" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "peran"

  1. Mengoptimalkan peran agama dalam memberantas korupsi.
  2. Dan nelayanlah yang kebagian peran sebagai penunggu laut.
  3. Oleh karena itu, peran perpustakaan sekolah sangat penting.
  4. Susahnya main sandiwara itu kalau kita ketahuan punya peran ganda.
  5. Kadang kala dia suka tidak sadar juga dengan peran yang dimainkan.
  6. Pemberantasan korupsi = pencegahan + penindakan + peran masyarakat
  7. 1. Melibatkan peran aktif seluruh stakeholders pemerintahan daerah.
  8. Sehingga agama nyaris tidak berfungsi dalam memainkan peran sosial.
  9. Pada kondisi ini, nilai imajinasi sastra memiliki peran yang minimum.
  10. Kendati begitu peran personil lainnya tetap andil utamanya aransemen.
  11. Sekolah dapat memberikan peran dalam pendidikan konservasi kepada siswa.
  12. Akibatnya perempuan yang terjun di dunia kerja harus mengemban peran ganda.
  13. Sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan minat baca.
  14. Penyelenggara Negara mempunyai peran penting dalam konstelasi ketatanegaraan.
  15. Seandainya si Rangga tahu kalau lawan mainnya sudah punya peran pendamping….
  16. Apakah rakyat sungguh-sungguh memiliki hak untuk mengambil peran para keledai? 2.
  17. Kemampuan sastra sebagai cerminan masyarakat, tidak terlepas dari peran pengarang.
  18. Sebaliknya, bentuk dukungan yang diberikan harus disesuaikan dengan peran Indonesia.
  19. Lagian ini toh baru penjajakan atau sebagian dari peran yang mesti dilakoni si Rangga.
  20. Tokoh tambahan adalah tokoh yang sedikit sekali memegang peran dalam peristiwa cerita.
  21. Pasal 8 UU No. 28 th. 1999 mengatur peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara.
  22. Mangunwijaya dalam BBM menampilkan betapa besarnya peran Syahrir dalam aktivitas revolusi.
  23. Pengusaha memainkan peran ganda, yaitu sebagai pemain sekaligus korban dari adanya korupsi.
  24. Banyak pihak yang mengharapkan peran PBB dan AS dalam situasi ini, termasuk golongan muslim.
  25. Dia harus bekerja pada Belanda hanya semata-mata agar dapat mengambil peran dalam perjuangan.
  26. Oleh karenanya, dalam pelaksanaan kampanye ini nanti, peran tokoh agama akan menjadi penting.
  27. Proses ini biasanya ditandai dengan lansia menarik diri dari peran yang sebelumnya dijalankan.
  28. Untuk pemberantasan korupsi pemerintah perlu memberdayakan peran korporasi dan juga masyarakat.
  29. Dan boleh dibalik sekarang, bahwa yang jadi peran utama adalah si manis dan lawan mainnya si Rangga!
  30. Oleh para pendekar Partai Republik, pendekatan itu dianggap lebih tepat ketimbang peran besar negara.
  31. Inventarisasi biodiversity mengenai vegetasi, flora dan fauna dengan melibatkan peran serta masyarakat
  32. Dalam hal ini praktisi PR harus menyadari peran penting media dalam publikasi dan penyebaran informasi.
  33. Kekuatan pemilik modal memiliki peran penting dalam menempatkan dirinya pada tataran kelas sosial teratas.
  34. Lebih jauh lagi mereka kadang diperangkap dalam peran atau stereotipe yang membatasi efektivitas kerjanya.
  35. Lembaga lain yang mempunyai peran dalam proses hukum Tindak Pidana Kasus Korupsi sampai vonis final adalah:
  36. Hal serupa sudah lama dilakukan di Kanada dan Eropa, tempat negara memainkan peran utama dalam bidang kesehatan.
  37. Padahal, agama bisa memainkan peran yang lebih besar dalam konteks kehidupan sosial dibandingkan institusi lainnya.
  38. Justru disinilah peran orang tua atau keluarga yang sangat penting dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada anak.
  39. Tampa peran masyarakat pemilik kendaraan upaya penanggulangan pencemaran pada sumbernya tidak akan berhasil dengan baik.
  40. Sebagai pilar keempat demokrasi, pers memiliki peran penting dalam pencerdasan bangsa, termasuk dalam pencerdasan bahasa.
  41. "Aku tahu ini malam belajar, tapi aku nggak bisa nahan rasa kangenku," Rangga bicara dengan perannya sebagai peran utama.
  42. Bukti peran aktif AS aktif dalam mengatasi konflik di berbagai negara sebagai contoh di Korea Utara, Iran, dan Afganistan.
  43. “Maksud kamu, nanti akan ada peran dan tugas baru dari kalangan intelijen, seperti terhadap Al-Faruk dari CIA?” kata MH.
  44. Jadi peran menggambarkan perilaku yang seharusnya diperlihatkan oleh individu pemegang peran tersebut dalam situasi yang umum.
  45. Sebagai predator puncak, Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dan bioma hutan di Jawa.
  46. MESKIPUN esensi demokrasi adalah vox populi vox dei, kenyataannya peran sang populi maupun sang dei, bisa diambil-oper oleh KPU.
  47. Dalam proses tersebut, peran perawat yang dapat dikembangkan untuk merawat lansia, berdasarkan proses penuaan yang terjadi, yaitu :
  48. Pengertian partisipasi dalam arti sempit yaitu sebuah keikutsertaan, keterlibatan atau peran serta yang sifatnya sebagai pelengkap.
  49. Menurut Franz, sebenarnya agama bisa memainkan peran yang lebih besar dalam konteks kehidupan sosial dibandingkan institusi lainnya.
  50. Perempuan yang telah mengenyam dunia pendidikan sebagai hasil gerakan emansipasi, tidak lagi puas kalau dikungkung pada peran domestik.
  51. Akibat lebih lanjut, kita merasakan pangs akibat tumbuhan tidak secara optimal memanfaatkan CO2, peran tumbuhan sebagai produsen terhambat.
  52. Lebih lanjut dikemukakan bahwa karakteristik peran ini seringkali berbeda, tergantung dari budaya dan faktor-faktor sosial ekonomis lainnya.
  53. Hal ini dapat meningkatkan kerja sama diantara tim, workgroups, dan rekan bisnis, sehingga dapat melengkapi peran strategi bisnis perusahaan.
  54. Sebagai salah satu unsur evaluasi kinerja ibu dalam menjalankan peran dan fungsinya tentang pemenuhan kebutuhan bermain pada anak usia balita.
  55. Kontroversi mengenai peran AS di dunia menunjukkan bahwa nilai-nilai atau values yang dianut masyarakat AS berseberangan dengan pemerintahnya.
  56. Dengan adanya otonomi daerah, peran pemerintah daerah, khususnya pemerintah kabupaten atau pemerintah kota, lebih dominan dari pemerintah pusat.
  57. Sehingga dibutuhkan peran dan kinerja pemerintah daerah untuk dapat mempertahankan sagu sebagai makanan pokok yang memiliki kualitas pangan yang baik.
  58. Selain digaji kecil dan tidak bisa beralih peran menjadi majikan -kecuali dalam dagelan Srimulatan- ia juga bisa disiksa, bahkan diperkosa majikannya.
  59. Termasuk kami yang akan berkesempatan melihat langsung peran Michelle Obama sebagai surrogate Barack Obama di Florida pada hari Senin, 5 November 2012.
  60. Di lingkungan birokrasi di Indonesia, kondisi atau gambaran mengenai peran perempuan tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian Kerry Brown di Australia.
  61. Dari awal Obama ditekan oleh banyak teman se-partai untuk mengurangi atau meniadakan peran perusahaan asuransi swasta dalam layanan kesehatan masyarakat.
  62. Tugas anda semua adalah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mengambil peran dalam proses pembangunan untuk kemajuan bangsa kita di masa depan.
  63. Sehingga dirasa mendesak adanya suatu rumusan pandangan hidup organisasi berupa prinsip perjuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan bangsa.
  64. 7. Pergeseran peran informasi akuntansi manajemen dari salah satu dasar penting dalam pengambilan keputusan manajemen menjadi pembentuk perilaku manajemen.
  65. Bersama mayoritas anggota dan pimpinan DPR, untuk kedua kalinya, mereka memainkan peran serupa dalam Tersandung II, dengan akhir cerita yang tidak menentu.
  66. Cari posisi yang pas buat Bishop untuk menyerang, karena dalam Opening Yagura peran Bishop dan Silver General (yang tidak dipakai dalam Castle) sangat besar.
  67. Harapan tentang peran adalah harapan-harapan orang lain tentang perilaku yang pantas, yang seyogianya ditujukan oleh seseorang yang mempunyai peran tertentu.
  68. Dengan pertimbangan itulah disusun sebuah pedoman penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN dengan melibatkan peran masyarakat sebagai kontrol sosial.
  69. Pemicunya, dari yang remeh- temeh hingga ke perebutan "lahan basah", termasuk berebut peran sebagai beking bandar narkoba sebagaimana terjadi di Binjai kemarin.
  70. Apabila salah satu unsur mengalami disfungsi atau tidak mampu menyumbangkan peran sesuai kapasitasnya, maka akibatnya akan dirasakan oleh unsur-unsur yang lain.
  71. Ia dapat saja jatuh cinta karena kagum, karena iba, karena hutang budi, atau karena rayuan walaupun ke­tampanan wajah dan kepribadian juga memegang peran penting.
  72. b. Dengan menggunakan cerita tradisi lisan pembelajar dapat menyampaikan dalam media yang lain, misalnya sandiwara, peran serta (role play) ataupun pembuatan video.
  73. Berkaitan dengan peran masyarakat dalam mengungkap korupsi, Bab III PP No. 71 th. 2000 mengatur tentang penghargaan bagi masyarakat yang berjasa mengungkap korupsi.
  74. Obama menampik tekanan itu sebab ia maklum bahwa sebuah rencana undang-undang yang membesarkan peran negara pasti bakal gagal, baik di Senat maupun di Dewan Perwakilan.
  75. Dari uraian tersebut di atas dapat diidentifikasi peran yang dapat dimainkan oleh teknologi komunikasi dan informasi beserta infrastrukturnya dalam pendidikan jarak jauh.
  76. Kebijakan kepegawaian yang tidak sensitif gender lahir dari ketidaktahuan pengambil kebijakan (yang kebanyakan laki-laki) akan beratnya beban peran yang diemban perempuan.
  77. Sesungguhnya, pengembangan minat baca di sekolah, di masyarakat, dan di keluarga tidak bisa terlepas dari peran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  78. Kedudukan status sosial, memiliki hubungan yang tidak selamanya berbanding lurus dengan peran sosial, meskipun pada umumnya, hubungan keduanya kali sering berbanding lurus.
  79. Program pemeriksaan emisi dan perawatan kendaraan penumpang pribadi merupakan salah satu rangakaian upaya mengendalikan pencemaran udara yang melibatkan peran serta masyarakat.
  80. Ia menambahkan, peran jembatan tersebut juga sangat vital karena bibit unggul padi se-Kalimantan Barat berasal dari daerah yang terletak 20 kilometer dari ibukota kabupaten ini.
  81. Adanya laporan dari masyarakat yang terkena dampak pencemaran udara dari suatu pabrik juga merupakan salah satu wujud peran masyarakat dalam upaya menaggulangi pencemaran udara.
  82. Gerakan ini memasuki wilayah politik dan pemerintahan karena merupakan tarekat militer yang para pengikutnya berkeinginan memainkan peran politik untuk memperkokoh kekuasaannya.
  83. Tata pamong (governance) merupakan sistem untuk memelihara efektivitas peran para konstituen dalam pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, dan penyelenggaraan program studi.
  84. 2.2 Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi.
  85. Pemberantasan korupsi terbentuk dari tiga unsur pembentuk, yaitu pencegahan (antikorupsi/ preventif), penindakan (penanggulangan/ kontra korupsi/ represif) dan peran serta masyarakat.
  86. 2. Memantapkan kapasitas dan kredibilitas pemerintah, lembaga-lembaga politik dan demokrasi, serta pranata-pranata lokal/adat, dalam memainkan peran sebagai fasilitator atau mediator konflik.
  87. Menarik diri dapat terjadi akibat kehilangan orang yang dicintainya, kehilangan pendapatan, kehilangan peran dan identitas, kehilangan status, kehilangan tujuan hidup serta kehilangan kelompoknya.
  88. Media massa merupakan institusi yang berfungsi memberi informasi, edukasi dan hiburan, tetapi dengan semakin berkembangnya media massa fungsi tersebut semakin bergeser dengan peran institusi produksi.
  89. Secara khusus peran serta masyarakat diatur dalam PP No. 71/ 2000 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  90. Keputusan yang dilakukan controller adalah mengenai implementasi kebijakan yang ditetapkan manajer, Controller juga mempunyai peran penting dalam menetapkan program yang akan dijalankan beserta anggaran.
  91. Melihat berbagai persoalan tersebut di atas maka, penelitian tentang peran keluarga dalam mendukung pengobatan penderita TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Baumata menjadi sangat penting untuk dilakukan.
  92. Tentunya peran pelayanan kesehatan tidak hanya di dua hal tersebut namun meliputi upaya promotif dan rehabilitatif. Tapi yang mempunyai risiko yang membawa aspek hukum adalah upaya preventif dan kuratif..
  93. Untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal, konsep dan strategi pelayanan kesehatan bagi para lansia memegang peranan yang sangat penting dalam hal ini tidak lepas dari peran perawat sebagai unsur pelaksana.
  94. Perlu ditekankan dalam pengajaran akuntansi manajemen pergeseran peran informasi akuntansi manajemen dari salah satu dasar penting dalam pengambilan keputusan manajemen menjadi pembentuk perilaku manajemen.
  95. Berdasarkan fungsi dan wewenangnya, disini telihat bahwa peran BPKP dalam upaya pemberantasan korupsi dapat dijadikan modal dasar yang kuat dalam memerangi kejahatan korupsi yang sudah mewabah di negeri ini.
  96. Partisipasi semu merupakan peran serta masyarakat dala suatu kegiatan adalah proyek pembangunan yang sifatnya mengikuti rumusan dari atas, sementara atau hanya berlangsung pada saat suatu proyek dilaksanakan.
  97. Artinya disamping faktor petugas medis, pasien, obatnya dan teknik serta cara pengobatan, maka peran pengawasan dalam hal ini keluarga sangat penting untuk membantu kelancaran pasien dalam menjalani terapinya.
  98. Desain anda harus diperlakukan seperti semua peran dan langkah di papan catur karena mereka adalah bagian yang paling sering anda gunakan dan satu – satunya yang membuat permainan catur anda menjadi berbeda.
  99. Mengingat keterbatasan biaya pembangunan dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyediaan fasilitas parkir untuk umum maka usaha ini terbuka bagi warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia.
  100. Dalam penelitian ini kualitas transferbility menyajikan data deskriptif lebih lengkap, misalnya melalui latar belakang informan, jawaban dari pertanyaan wawancara, peran informan dalam perusahaan, dan lain-lain.
  101. Lebih lanjut Guy (1993) menyatakan langit-langit kaca yang menghambat perempuan untuk mencapai posisi puncak , sebagian disebabkan oleh efek tokenisme dan harapan akan peran gender yang dibebankan pada perempuan.
  102. Menurut perspektif ini pembedaan peran antara pencari nafkah (breadwinner) dan urusan rumahtangga (homemaker) didasarkan pada penilaian tentang manfaat atau utilitas yang ditimbulkan oleh adanya pembagian peran ini.
  103. Pengkotakan peran sosial laki-laki dan perempuan tidak sesuai lagi dengan perubahan zaman yang menuntut kerja bareng kedua jenis kelamin agar dapat bertahan hidup dan memenuhi tingkat kebutuhan yang semakin kompleks.
  104. Disinilah peran perawat teroptimalkan, terutama tentang hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan perorangan untuk mempertahankan kesehatannya, dan untuk itu perawat harus mengetahui dasar perawatan bagi pasien lansia.
  105. Oleh karena biasanya setiap individu/kelompok yang terlibat dalam interaksi dengan lebih dari satu kelompok maka masing-masing pun memiliki peran dan status berganda dan tidak jarang terjadi konflik peran dalam keadaan.
  106. Psychological Perspective on LearningBagaimana instruktur menampilkan peran dari media dan teknologi di dalam kelas, ini tergantung akan seberapa jauh mereka memahami akan bagaimana masyarakat telah belajar mengunakannya.
  107. Berdasarkan pendapat pakar tersebut, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap proses belajar anak, dibutuhkan kesabaran para orang tua untuk mendampingi buah hati menjadi manusia yang unggul dan produktif di masa depan.
  108. b. bahwa usaha kecil, di satu pihak perlu dilindungi dari ancaman persaingan, tetapi di lain pihak perlu diberdayakan dengan memberikan peluang berusaha agar mampu mewujudkan peran sertanya dalam pembangunan secara optimal;
  109. Dalam proses tukar menukar informasi melalui jaringan sistem komunikasi memegang peran yang menentukan dalam berbagai ketentuan seperti kecepatan pengalihan data, keandalan, aksesibilitas, cakupan geografik, dan sebagainya.
  110. “Jika posisi dan peran ketiga depertemen itu tidak berubah, berarti secara moral, fisik dan intelektual, Depag, Depkes dan Depdiknas merupakan tiga pilar utama yang menjadi sokoguru kebudayaan korupsi di negeri ini,” kata JP.
  111. Menurut Noviadi, 1999 (dalam Rusmani Asih, 2002), peran keluarga yang dapat dilakukan adalah pengawasan menelan obat, pengawasan penampungan dahak, membantu membersihkan alat-alat makan dan minum penderita, menepati jadwal kontrol.
  112. Dalam hal ini adalah berupa peningkatan peran masyarakat dalam pengembangan konsumsi pangan yang meliputi peningkatan pengetahuan/kesadaran dan peningkatan pendapatan untuk mendukung kemampuan akses pangan oleh setiap rumah tangga.
  113. Orang yang sedang berperilaku menuruti suatu peran tertentu disebut sebagai aktor atau pelaku, sedangkan orang yang mempunyai hubungan dengan aktor atau pelaku dan perilakunya disebut sebagai target (sasaran) atau orang lain (other).
  114. Lembaga-lembaga negara yang terlibat dalam pemberantasan korupsi memerlukan political will dalam pemberantasan korupsi, disamping itu yang terjadi selama ini adalah tidak terakomodasinya peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi.
  115. Epstein (1988) mengemukakan tiga kelompok teori yang menjelaskan proses terjadinya perbedaan gender di dunia kerja yaitu :(1) teori sosialisasi peran gender, (2) teori modal manusia (human capital theory), dan (3) teori sosial struktural.
  116. Penderita TB Paru yang teratur melakukan pengobatan disamping karena adanya kesadaran dari penderita untuk lepas dari penyakitnya juga didukung oleh karena adanya peran dari keluarga sebagai pengawas minum obat yang selalu mengontrol pengobatan penderita TB Paru.
  117. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah mengkaji tentang peran keluarga sebagai pengawas minum obat (PMO) dalam mendukung proses pengobatan penderita TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Baumata Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupan dan tujuan khususnya adalah 1).
  118. Implementasi kebijakan publik mengasumsikan bahwa para pemegang peran yang terlibat langsung mempunyai informasi yang perlu atau sangat berkaitan untuk dapat memainkan perannya dengan baik.Informasi ini justru tidak ada, misalnya akibat adanya gangguan komunikasi.
  119. Terkait dengan aspek pengelolaan dan pemeliharaan cadangan pangan pemerintah, Peraturan Pemerintah (PP) No 68 tahun 2002 menyebutkan secara tegas tentang pentingnya peran pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah desa dalam menangani masalah pangan.
  120. Dengan demikian cukuplah kerangka yang diperlukan untuk mengulas peran teknologi komunikasi dan informasi dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Indonesia dalam upaya untuk mengatasi kendala ruang dan waktu dalam menyampaikan program pendidikan/pembelajaran.
  121. Pemberantasan tindak pidana korupsi, melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan, dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku (Pasal 1 ayat (3) UU No. 30/ 2002).
  122. Teori peran dibagi dalam empat golongan istilah menurut Biddle dan Thomas, yaitu (a) Orang-orang yang mengambil bagian dalam interaksi sosial; (b) Perilaku yang muncul dalam interaksi tersebut; (c) Kedudukan orang-orang dalam perilaku; (d) Kaitan antara orang dan perilaku.
  123. a. bahwa usaha kecil merupakan kegiatan ekonomi rakyat sebagai bagian integral dunia usaha yang mempunyai kedudukan, potensi dan peran yang strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang makin seimbang dan pemerataan pembangunan berdasarkan demokrasi ekonomi;
  124. Tindak korupsi yang sudah sistematik ini sudah jauh memasuki dan berpotensi merusak operasionalisasi negara dan memainkan peran penting akan penguasaan segelintir elit atas negara di mana proses formulasi kebijakan yang dibuat hanya untuk menguntungkan segelintir elit tertentu.
  125. Sementara jika hubungan emosional dengan dokter atau perawat kurang bagus, misalnya; kurang ramah, kaku, kelihatan marah, kurang dekat, maka peran keluarga dapat memberikan motivasi agar penderita dapat terjalin hubungan emosional yang baik dengan petugas kesehatan (Perawat dan Dokter).
  126. Pemberantasan tindak pidana korupsi adalah serangkaian tindakan melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan, dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku (Pasal 1 ayat (3) UU No. 30/ 2002).
  127. Pemberantasan korupsi adalah serangkaian tindakan untuk mencegah dan menanggulangi korupsi (melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan) dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  128. Untuk para lansia yang masih aktif, peran perawat sebagai pembimbing mengenai kebersihan mulut dan gigi, kebersihan kulit dan badan, kebersihan rambut dan kuku, kebersihan tempat tidur serta posisi tidir, hal makanan, cara mengkonsumsi obat, dan cara pindah dari kursi ke tempat tidur atau sebaliknya.
  129. 1. Mereposisi peran pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, sebab korupsi di lingkungan pemerintah tidak akan terjadi bila pemerintah menjalankan fungsi kepemerintahan dengan baik, sehingga setiap tindakan pemerintah mulai dari tahap perencanaan sampai kepada tahap pengawasan berada dalam kontrol yang tepat.
  130. Beberapa hal yang dapat disarankan dari penelitian ini adalah (1) Perlunya penyuluhan tentang penyakit TB Paru secar intensif kepada keluarga yang langsung di laksanakan di rumah tempat penderita tinggal selama masa pengobatan dengan materi yang menekankan pada peran keluarga dalam mendukung pengobatan penderita TB Paru.
  131. Anggota keluarga sebagai pengawas minum obat cukup efektif dan efisien dalam memaksimalkan peran dan fungsi PMO karena tidak mengedepankan reward berupa materi sebagai imbalan jasa tetapi dimotivasi oleh kedekatan keluarga yang disadari oleh pengabdian yang tulus, iklas, sabar, dan tanggung jawab sebagai implementasi nilai keyakinan.
  132. 3.1 Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender) dan pengelolaan lulusan dan alumni (mencakup layanan alumni, peran dalam asosiasi profesi atau bidang ilmu, dukungan timbal balik alumni).
  133. Konten anda merupakan raja bukan? Mari kita umpamakan konten adalah raja dalam permainan catur, di posisi manakah desain website anda di papan tersebut? Apakah sebagai prajurit (Pion) yang berdiri di garis depan dan melindungi raja dari musuh? Lalu bagaimana dengan benteng, ratu, kuda, menteri dan peran penting lainnya dalam permainan catur?
  134. Berdasarkan model OSI layer yang memegang peran dalam mengakses jaringan untuk menyalurkan data dalam jaringan adalah Layer Physical yang berinteraksi secara langsung dengan saluran komunikasi dalam bentuk sinyal listrik dan Layer Data Link yang berperan dalam membentuk serta memahami sinyal listrik tersebut ke dalam bentuk yang dapat diolah lebih lanjut.
  135. Peningkatan peran tersebut diantaranya adalah dengan adanya dukungan akan kemudahan untuk memperoleh informasi (terkait dengan permasalahan peraturan mengenai hak kebebasan memperoleh informasi), perlindungan hukum atas diberikannya informasi mengenai korupsi (terkait dengan permasalahan peraturan mengenai perlindungan saksi dan korban/whisle blower act).
  136. Rumusan masalah yang dikaji dalam penulisan ini bagaimanakah peran keluarga sebagai Pengawas Minum Obat (PMO) dalam bentuk partisipasi, motivasi serta nilai dalam keluarga untuk mendukung proses serta keberhasilan pengobatan dan kesembuhan penderita TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Baumata kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  137. Pertama, pengakuan terhadap pentingnya peran pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah desa dalam pengelolaan ketahanan pangan; Kedua, pernyataan secara tegas tentang keberagaman pola pangan masyarakat, yaitu dengan memberikan keleluasaan pengertian atas pangan tertentu bersifat pokok, sesuai dengan pola pangan masyarakat setempat.
  138. Menurut Palandia (2002) pada hasil penelitiannya di Balai Pengobatan Paru-Paru(BP4) makassar, menyatakan bahwa peran keluarga cukup berpengaruh dalam proses pengobatan TB Paru yang tekait dengan upaya pengawasan minum obat, penentuan jenis pelayanan untuk pengobatan TB Paru dan pemberian motivasi kepada penderita TB Paru untuk melakukan pengobatan secara teratur.
  139. Demikian juga menurut Noviadi, 1999, (dalam Rusmani Asih, 2002) menyatakan bahwa peran keluarga yang dapat dilakukan adalah pengawasan menelan obat, pengawasan penampungan dahak, membantu membesihkan alat-alat makan minumpenderita, menepati jadwal kontrol serta memberikan motivasi agar penderita dapat terjalin hubungan emosional yang baik dngan petugas kesehatan (perawat atau dokter).
  140. Selain itu melihat langsung campaign rally Partai Republik yang sangat mengusik pikiran,kampus University of Central Florida di mana Michelle Obama akan hadir, markas-markas tim sukses dari kedua partai, peran tokoh-tokoh agama terutama kulit hitam di gereja dan Presiden Islam Inc, media massa Orlando Sentinel, Liga Pemilih Perempuan, mengikuti proses saat perhitungan suara di GOTV, dan masih banyak lagi.
  141. Dia memikirkan peran yang dipegang Yo Ci. Benarkah Yo Ci membantu para pekerja kasar, membantu para pemilik perahu dan pedagang? Mengatur dan menertibkan keadaan agar mereka semua tidak diganggu oleh penguasa setempat? Ataukah Yo Ci mempergunakan hubungannya dengan para penguasa untuk mengeduk keuntungan sebesarnya dari pemerasan itu? Membagi-bagi hasil pemerasan dengan penguasa? Dia harus berhati-hati sebelum melihat buktinya.
  142. Jenis atau rancang bangun penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengambarkan, meringkaskan peran keluarga sebagai pengawas minum obat (PMO) yang turut mendukung proses keberhasilan pengobatan penderita TB Paru terutama tentang peran keluarga kemudian ditarik kesimpulan sebagai gambaran tentang kondisi yang mendukung keberhasilan dan kesembuhan penderita TB Paru, (Bungin, 2001).
  143. Tercatat dalam sejarah, beberapa peristiwa yang menggambarkan kehidupan egaliter dan kontras dengan hukum Jahiliyyah, antara lain peran yang besar dari seorang perempuan bernama Khadijah binti Khuwaylid dalam nubuwwah Nabi Muhammad saw. dan penyebaran Islam, pembebasan Bilal bin Rabah oleh Abu Bakr, penolakan Nabi Muhammad saw. terhadap sikap feodal dan rasial terhadap Bilal bin Rabah, perubahan sikap 'Umar bin Khattab setelah rnasuk Islam yang menjadi penentang hukum Jahiliyah dan beberapa peristiwa lainnya.
  144. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam bentuk partisipasi terhadap proses pengobatan penderita TB Paru yaitu merujuk penderita ke puskesmas, membawa penderita di tenaga kesehatan, membantu penderita pada pemeriksaan di laboratorium, pemenuhan kebutuhan penderita, mengingatkan penderita untuk minum obat dan memberi obat untuk diminum setiap malam dan melakukan pengambilan obat untuk pesediaan, serta mengantarkan penderita malakukan pengontrolan di puskesmas bila selesai minum obat fase intensif (2 bulan) sangatlah diperlukan, namun ada pembatasan yang dikhususkan pada anak-anak yang ada dalam keluarga mengingat penularan penyakit tersebut melalui pernapasan.

Bagaimana teman-teman? jika kalian punya kalimat lain, silahkan tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.