Friday 2 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil Observasi (Kegiatan 2). Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil Observasi (Kegiatan 2)


Teks laporan yang kalian pelajari pada Kegiatan 1 berkaitan dengan alam, manusia, dan hewan. Pada Kegiatan 2, kalian menganalisis teks laporan mengenai unsur alam yang disebut karbon. Kalian diharapkan dapat memahami bahwa jenis-jenis karbon tertentu memiliki manfaat bagi kita, tetapi jenis karbon yang lain merugikan. Tugas berikut ini disusun untuk memandu kalian dalam menguraikan dan membangun teks laporan. Analisis sederhana dari segi struktur teks dan ciri kebahasaan teks laporan akan kalian lakukan bersama-sama.

Tugas 1 Membaca Teks “Karbon”

Bacalah teks yang berjudul “Karbon” berikut ini. Setelah itu, kerjakan tugas yang disediakan sesuai dengan petunjuk!

Karbon
Kerja Sama Membangun Teks Laporan (Kegiatan 2)

1. Karbon adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti berlian dan grafit). Karbon biasanya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang kue). Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19 persen dari kerak bumi.

2. Kedua bentuk dasar karbon itu mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit, mempunyai kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan sebagai pelumas atau perangkat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian atau grafit mempunyai titik leleh dan titik didih tinggi.

3. Sifat optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.

4. Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek, tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi. Bentuk karbon apa pun saat bersenyawa dengan oksigen yang banyak pada suhu tinggi akan membentuk karbon monoksida. Karbon monoksida terbentuk sebagai hasil pembakaran mesin yang menggunakan minyak petroleum dan ditemukan dalam jumlah yang besar pada buangan knalpot mesin otomotif. Apabila terkena panas di atmosfer bersama oksigen bebas, karbon dasar akan terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif tidak reaktif. Bahan yang terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan kertas, tak akan terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.

(1) Apakah yang dimaksud dengan karbon? Jawaban kalian betul apabila berupa definisi. Jika dibalik, kalimat jawaban kalian itu menjadi seperti (a) atau (b) berikut ini.

(a) Unsur kimia yang disimbolkan dengan huruf C adalah ... ... ... ... (titik-titik ini kalian isi sendiri).
(b) Sekarang buatlah definisi lain berdasar teks laporan “Karbon” dengan melengkapi kalimat yang belum selesai pada tabel di bawah ini. Nomor 1 sudah dibuat sebagai contoh.

(2)Di manakah kalian menjumpai karbon? Di alam bebas, di perhiasan, atau di makanan? Misalnya, makanan dalam kemasan sering disertai keterangan mengenai komposisi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dengan mengamati keterangan itu, kalian dapat mengidentifikasi apakah makanan itu mengandung karbon atau tidak?

(3)Ada berapakah jenis karbon? Apakah setiap jenis dapat dibagi lagi menjadi subjenis? Jelaskan dengan disertai beberapa contoh!

(4)Mengapa karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran? Penjelasan dapat kalian berikan dengan tidak hanya berdasar isi teks.

(5) Apakah karbon memiliki manfaat bagi kita? Sebaliknya, apakah karbon juga merugikan kita? Apa kerugian yang diakibatkan karbon? Selain jawaban dari teks, carilah informasi lain dari sumber lain untuk menjawab pertanyaan ini. Kalian dapat mengaitkan jawaban dengan keberadaan karbon di alam bebas, perhiasan, atau makanan.

Tugas 2 Meringkas Isi Teks Laporan

Kerjakan tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!

(1) Teks laporan yang berjudul “Karbon” dapat disajikan secara ringkas. Caranya, kalian hanya menulis ulang kalimat inti dari setiap tahap pada struktur teks itu. Misalnya, mula-mula kalian mengemukakan definisi karbon. Selanjutnya, sebutkan jenis karbon menurut subkelas yang ada. Sebagai latihan, teruskan kerangka berikut ini! Karbon adalah unsur kimia yang dilambangkan dengan huruf C.

(2) Kalian sekarang tahu bahwa dalam membuat ringkasan, isi ringkasan wajib sama dengan isi teks yang diringkas. Kalian juga dapat memanfaatkan struktur teks itu sebagai panduan. Bandingkan ringkasan kalian dengan yang dibuat oleh teman- teman kalian, apa memang isinya sama antara ringkasan dan teks mengenai karbon. Jika belum, perbaiki lagi sampai berhasil!

(3) Cara meringkas seperti itu dapat kalian terapkan dalam memahami teks pada buku pelajaran untuk mata pelajaran selain bahasa Indonesia. Sering melalui kegiatan meringkas, proses belajar kalian akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Tugas 3 Menata Struktur Teks Laporan 

Kerjakan tugas di bawah ini sesuai dengan petunjuk!

(1) Berikut ini adalah laporan mengenai kekeringan di Indonesia. Tulisan itu belum selesai. Teruskan laporan ini agar dapat dimengerti dengan baik!

Kekeringan

Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrem dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.

Di Indonesia hujan turun secara tidak merata walaupun pada biasanya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum .......... .............. ..............

(2) Periksalah pekerjaan kalian itu sekali lagi, apakah teks kalian telah ditata menurut struktur teks baik, yang terdiri atas apa yang dinyatakan umum/klasifikasi^anggota/ aspek yang dilaporkan.

Tugas 4 Menanggapi Isi Teks Laporan

Kerjakan tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!

(1)Pekerjaan yang telah kalian buat pada Tugas 3 itu dapat kalian sajikan di depan teman-teman kalian dengan membacanya keras-keras dan teman-teman kalian menyimak secara saksama. Mintalah komentar dari teman-teman kalian, apakah pekerjaan kalian itu sudah baik. Berdasarkan masukan teman-teman kalian, perbaikilah pekerjaan kalian itu!

(2) Bergantilah peran, teman-teman yang semula mendengarkan sekarang bertindak sebagai penyaji dan kalian bertindak sebagai pendengar. Selain itu, berikanlah pula masukan untuk pekerjaan teman-teman kalian. Masukan itu dapat berupa usulan, saran, atau komentar.

Tugas 5 Mengolah Data Teks Laporan

Pada tugas ini kalian diharapkan dapat membangun teks laporan berdasar data yang disediakan. Untuk itu, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor! Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik

(1) Bacalah teks yang berjudul “Komodo” berikut ini dengan teliti. Setujukah kalian bahwa teks itu tergolong ke dalam teks laporan?

Tahukah kalian satwa melata apakah yang paling besar? Hewan itu adalah komodo. Hewan itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau di Indonesia.
Kerja Sama Membangun Teks Laporan (Kegiatan 2)

2. Komodo adalah satwa melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.

3. Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai satwa yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu satwa melata lainnya, seperti satwa mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai satwa kanibal.

4. Hampir semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan, gusinya berdarah dan menjadi media ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit satwa mangsanya, lalu membuntutinya sampai satwa itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.

5. Spesies satwa melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab, terbatasnya satwa yang menjadi mangsanya, dan habitatnya yang rusak. (Diadaptasi dari berbagai sumber)

(2) Informasi manakah yang membuat kalian dapat menentukan bahwa teks itu adalah teks laporan? Berikan penjelasan secukupnya!

(3) Dapatkah urutan paragraf 3 dan 4 dipertukarkan? Jelaskan mengapa demikian!

(4) Tidak semua kalimat berikut ini berisi ciri komodo. Bubuhkan tanda centang (√) pada kalimat yang cocok dan tanda silang (X) pada kalimat yang tidak sesuai!

Ciri Komodo

Komodo adalah satwa melata terbesar dan terberat di dunia. Panjang komodo secara rata-rata adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna gelap.
Komodo mempunyai kepala yang lancip dan ekor yang panjang.
Komodo mempunyai indra penciuman yang tajam.
Komodo dapat bertindak sebagai pemakan sesama.
Gusi komodo menutup nyaris semua bagian giginya.
Komodo mempunyai air liur yang tidak berbahaya.
Komodo nyaris punah yang, antara lain, disebabkan oleh kema- tian sebagai akibat dari perkelahian.
Perburuan pada komodo dapat mempercepat kepunahan komodo.
Berilah kesempatan kepada teman kalian untuk melaksanakan hal yang sama. Setelah itu, sekarang giliran kalian untuk bertindak sebagai pendengar!

(5) Ceritakan kembali teks laporan itu, baik secara tulis atau lisan. Mula-mula buatlah ringkasan dari teks itu secara tulis. Setelah itu, berdasar ringkasan itu, ungkapkan teks itu secara lisan di hadapan teman kalian. Akan tetapi, pada waktu kalian menyampaikan ringkasan itu, kalian tidak boleh membacanya.

Tugas 6 Menginterpretasi Teks Laporan

(1) Carilah contoh teks laporan hasil observasi pada peristiwa seperti banjir, kenaikan harga di pasar tradisional, dan sebagainya. Tiap-tiap kelompok mencari dua buah teks yang di dalamnya terdapat grafik, tabel, diagram atau bentuk-bentuk lain. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik

Dapatkah kalian menemukan laporan hasil observasi yang diungkapkan hanya dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram? Coba kalian interpretasikan apa maksud dan kegunaan tabel, grafik, atau diagram itu dalam sebuah teks laporan hasil observasi?

(2) Galilah kembali bentuk-bentuk laporan yang ada di media masa, lalu jika kalian menemukan bentuk laporan dan hal-hal lain mengenai laporan yang tidak kalian jumpai dalam penjelasan buku ini, diskusikanlah dengan teman-teman dan Bapak/ Ibu guru kalian.

(3) Perkayalah pengetahuan dan kemampuan kalian mengenai laporan hasil observasi dengan banyak membaca buku.

Sumber : buku pegangan murid bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas X


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.