Saturday 30 April 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "menyangkut". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "menyangkut"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "menyangkut" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "menyangkut", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "menyangkut" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "menyangkut"

  1. Gadis Eropa selalu lebih terbuka kalau menyangkut soal perasaan.
  2. Ini menyangkut jumlah atau banyaknya orang yang mempunyai tipe sama.
  3. Saya tidak ingin mencampuri urusan kalian, apalagi yang menyangkut kerajaan.
  4. Kemerdekaan pada intinya menyangkut aspek dasar dari manusia dan kemanusiaan.
  5. Apalagi, yang dilaporkannya barusan menyangkut penyimpangan cuma Rp 456 trilyun.
  6. Aku sendiri akan ikut memimpin pasukan karena ini menyangkut pula keselamatan puteriku!"
  7. "Sebagai rakyat, saya kecewa, karena penyimpangan ini kan menyangkut uang rakyat…," katanya.
  8. Di tingkat petani, seringkali kurang diperhatikan hal-hal yang menyangkut tingkat kematangan buah.
  9. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan berbagai informasi menyangkut masalah yang diajukan dalam penelitian.
  10. Sepanjang tidak menyangkut kepentingan umum, tidak ada kepentingan umum yang dilanggar itu urusan pribadi."
  11. Absorpsi merupakan proses penyerapan obat dari tempat pemberian, menyangkut kelengkapan dan kecepatan proses.
  12. Melalui fungsi representasi bahasa digunakan untuk menggambarkan situasi yang menyangkut berbagai aspek kehidupan.
  13. Adalah sudut pandang yang menyangkut hubungan atau keterlibatan pribadi pengarang dalam pokok masalah yang diceritakan.
  14. Sedangkan faktor kedua menyangkut kodrat perempuan yang harus menjalankan fungsi reproduksi seperti haid dan melahirkan.
  15. "Lho, kan beliau sudah katakan dengan gamblang: itu menyangkut kredibilitasnya agar bisa dipercaya mengasuh gorila betina!"
  16. Mau tidak mau perlu diakui, korupsi menyangkut moral bangsa dan moral pribadi dari oknum yang terlibat dalam praktek tersebut.
  17. Sementara bagi militer dan intel, masalah penyadapan data merupakan hal yang penting juga karena ini menyangkut keamanan negara.
  18. TETAPI, tentang kegaduhan menyangkut masa cuti bagi presiden dan wakil presiden pada musim kampanye nanti, rekan JP juga tercenung.
  19. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses sertifikat, terutama menyangkut kunci publik yang akan menggunakan PGP, antara lain :
  20. Lalu bagaimana sikap PKS menyangkut pemeriksaan demi pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap Suswono? "Kita menonton saja," kata Fahri.
  21. Dimanakah batas teritori dari cyberlaw? Untuk siapakah cyberlaw dibuat? Biasanya hukum menyangkut citizen dari yuridiksi hukum tersebut.
  22. Itulah perbedaannya dari Obama yang tak peduli dengan urusan citra dan suara, jika menyangkut prinsip negara, yaitu kebebasan dan pluralisme.
  23. Pendekar 212, jika kau memang tengah menyelidiki masalah besar menyangkut kematian, ratusan rakyat karena diracun ini, mari kita bekerjasama.
  24. Akan tetapi ketika menentukan sikap, memutuskan pilihan yang menyangkut kepentingan bangsa sendiri haruslah berdasarkan idialisme kemandirian.
  25. Roy menerangkan sebisanya, bahwa pencurian ini bukanlah menyangkut sebuah bangsa tapi semata-mata ulah seseorang yang tidak bertanggung jawab.
  26. Kolusi bukan hanya merupakan permasalahan hukum dan prosedur melainkan juga menyangkut mengenai permasalahan kualifikasi, skill dan inefisiensi.
  27. Jika fasilitas yang menyangkut fungsi kesehatan reproduksi tidak tersedia atau tidak memadai , maka perkembangan karier perempuan akan tersendat.
  28. Secara umum evaluasi kebijakan dapat dikatakan sebagai kegiatan yang menyangkut estimasi atau penilaian kebijakan yang mencakup substansi implementasi dan dampak.
  29. Penjaminan mutu internal menyangkut input, proses, output, dan outcome dalam sistem program studi itu sendiri, antara lain melalui audit internal dan evaluasi diri.
  30. Kadang-kadang, kesamaan itu amat mengagetkan karena ternyata bukan saja menyangkut unsur-unsur tertentu di dalam teks, melainkan juga wujud teks secara keseluruhan.
  31. "Padahal, sejarawan dan sosiolog Inggris, Thomas Carlyle (1795-1881) sudah bilang: 'Semua reformasi, kecuali menyangkut moral, hanya akan membuktikan kesia-siaan...'."
  32. Maka, mengingat mahapentingnya penegasan Mbak Ega itu, juga menyangkut nasib para wapres ke depan, seluruh rakyat Indonesia tampaknya harus belajar bahasa Indonesia lagi.
  33. 1. Bahasa perundang-undangan termasuk Bahasa Indonesia yang tunduk pada kaidah tata Bahasa Indonesia yang menyangkut pembentukan kata, penyusunan kalimat maupun pengejaannya.
  34. TETAPI, ketika anggota Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta yang memailitkan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia kini diperiksa Mahkamah Agung (MA) menyangkut tuduhan suap.
  35. Peneliti melakuakan pembacaan dan penelahan secara langsung baik yang menyangkut Berbagai data yang ada dalam sumber data sebagaimana yang telah ditetapkan dalam fokus masalah.
  36. 5. Kondisi sosial, politik dan ekonomi, ini menyangkut sumber daya lingkungan mendukung implementasi kebijakan, misalnya kelompok kepentingan, elit politik, serta opini publik.
  37. Mereka menyerahkan formulir 30 halaman kepada Presiden Abdurrahman "Gus Dur" Wahid, yang harus diisi sejujur-jujurnya, menyangkut jumlah kekayaan seluruh anggota keluarga besarnya.
  38. Sosialisasi juga menyangkut perbedaan orientasi, preferensi dan kompetensi laki-laki dan perempuan yang berpengaruh pada penentuan jenis pekerjaan yang pantas menurut jenis kelamin.
  39. Implementasi kebijakan tidak hanya melibatkan instansi yang bertanggungjawab untuk pelaksanaan kebijakan tersebut, namun juga menyangkut jaringan kekuatan politik, ekonomi, dan sosial.
  40. TETAPI, kekalahan Mas Amien dan Wiranto sama-sama membuka wacana bagi "peninjauan kembali" atas nilai dan pakem lama menyangkut "kepemimpinan", "kerakyatan", yang "ideal" dan "tidak ideal".
  41. h. menghentikan penyidikan apabila tidak terdapat cukup bukti tentang adanya tindak pidana yang menyangkut persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor serta perizinan angkutan umum.
  42. Untuk lebih meyakinkan, karena menyangkut banyak kepentingan, dilakukan perhitungan analisa kelayakan dengan menggunakan asumsi dasar yang dipergunakan oleh Ditjen BPK, Dephut selama ini, yaitu:
  43. Meskipun begitu, Jaksa Agung Marzuki Darusman menandaskan, proses hukum atas Syahril tak ada urusannya dengan masalah politik di DPR dan rencana amandemen UU BI yang menyangkut Dewan Gubernur BI.
  44. 6. Siaran TVRI yang menyangkut kegiatan politik wajib memberikan proporsi yang seimbang kepada setiap elemen atau komponen masyarakat sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
  45. Sementara, masyarakat mendesak KPK agar mengusut tuntas dugaan korupsi massal di KPU, menyangkut pengadaan kertas suara, kotak suara, tinta sidik jari, komputer, formulir, dan segel untuk pemilu lalu.
  46. c. meminta keterangan dan barang bukti dari pengemudi, pemilik kendaraan, atau pengusaha angkutan umum sehubungan dengan tindak pidana yang menyangkut persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor.
  47. Upaya diskriminasi status sosial tidak sekadar pada pembatasan wilayah antara orang Gedong dengan masyarakat pribumi (orang-orang Belitong), namun juga menyangkut sarana dan prasarana yang ada di Belitong.
  48. Di adegan ini seolah ingin mengatakan bahwa Amerika memiliki kapabilitas untuk menyimpan banyak data dan infromasi yang menyangkut kemanan internasional karena didukung dengan kemajuan teknologi yang tinggi.
  49. Tegasnya penerapannya harus melihat kepada lingkup permasalahannya, jika menyangkut masalah pidana maka yang diberlakukan adalah hukum pidana, sehingga mengesampingkan hukum perdata dan hukum administrasi negara.
  50. Sementara permasalahan di daerah ini menyangkut ketahanan pangan adalah pemikiran masyarakat yang selalu tergantung pada beras, dan mengkonsumsi umbi-umbian, jagung dan sagu, statusnya lebih rendah dari makan nasi.
  51. Yakni menyangkut persoalan ekonomi, penegakan hukum, pemberantasan KKN, keadilan sosial, pengingkaran terhadap amanat nurani rakyat, buruknya citra bangsa, dan longgarnya praktek keagamaan di kalangan pejabat negara.
  52. LXXIX. Tuntutan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sesuai dengan sifatnya adalah menyangkut kepentingan pribadi seseorang atau Badan selaku Wajib Pajak, karena itu dijadikan tindak pidana pengaduan.
  53. Belajar adalah proses pengembangan pengetahuan, ketrampilan-ketrampilan, atau pengembangan tingkah laku sebagai interaksi individu, menyangkut fasilitas-fasilitas fisik, psikologis, metode pembelajaran, media, dan teknologi.
  54. Interaktivitas yang kedua menyangkut apakah media yang akan dipakai mampu mendukung interaksi antara peserta ajar dengan nara sumber yang akan membantu peserta ajar dalam memahami materi ajar dan interaksi antar peserta ajar.
  55. (2) Kerusakan sikap dan perilaku, menyangkut pembenaran terhadap kondisi-kondisi hidup yang irasional, toleransi terhadap keburukan, dengki, iri hati dan permisif terhadap sikap mental terabaas serta "penyakit hati" manusia lainnya.
  56. Keempat, penyebab lain dari timbulnya kegagalan implementasi suatu kebijakan publik dapat terjadi karena kekurangan-kekurangan yang menyangkut sumber daya-sumber daya pembantu, misalnya yangmenyangkut waktu, biaya/dana dan tenaga manusia.
  57. "Terima kasih kepada ji-wi Siang Lomo yang telah menyatakan kesediaan mereka untuk membantu saudara Coa Kun. Sebetulnya, urusan ini memang bukan hanya menyangkut diri saudara Coa Kun, akan tetapi terutama sekali menyangkut kehidupan rakyat.
  58. Perubahan yang terjadi itu tidak hanya menyangkut masalah struktur dan bahasa, tetapi lebih jauh mengungkapkan permasalahan manusia baru (atau lebih tepat manusia marginal dan tradisional) yang dialami manusia di dalam sebuah proses perubahan.
  59. 7. Siaran TVRI yang menyangkut kegiatan Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden/wakil Presiden, Pemilihan Kepala Daerah dan Kepala Desa wajib dilakukan secara berimbang, netral santun, dan tidak memihak dengan menyediakan waktu yang dan durasi secara proposional.
  60. Pokok permasalahan yang menyangkut pemanasan global adalah banyaknya zat-zat pencemar baik yang berasal dari industri maupun domestik, yang berpotensial sebagai Gas Rumah Kaca (GRK), gas-gas inilah yang bergesekan/bereaksi dengan lapisan ozon yang menyebabkan ozon rusak.
  61. Karena ABC system menyediakan informasi biaya yang dihubungkan dengan berbagai kegiatan untuk menghasilkan produk, maka manajemen akan memperoleh kemudahan dalam memperoleh informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan yang menyangkut berbagai kegiatan bisnis mereka.
  62. Ketentuan ini hanya mengatur mengenai kerugian harta benda yang diderita oleh pihak ketiga, karena pada saat Undang-undang ini diberlakukan kerugian yang menyangkut jiwa atau kesehatan orang telah diatur di dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Sumbangan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas.
  63. Yang dimaksud dengan asas "bhineka tunggal ika" adalah bahwa materi muatan peraturan perundang-undangan harus memperhatikan keragamaan penduduk, agama, suku dan golongan, kondisi khusus daerah, dan budaya khususnya yang menyangkut masalah-masalah sensitif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  64. Dalam kaitannya dengan korupsi oleh lembaga birokrasi pemerintah, beberapa faktor yang perlu mendapatkan perhatian adalah menyangkut manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggajian pegawai yang ditandai dengan kurangnya penghasilan, sistem penilaian prestasi kerja yang tidak dievaluasi, serta tidak terkaitnya antara prestasi kerja dengan penghasilan.
  65. Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sudah ditandatangani di Jenewa, langkah- langkah di tangan GAM, soal posisi -teritorial, sosial, politik, ekonomi, dan soal-soal menyangkut pelanggaran HAM, rekonsiliasi, rehabilitasi, rekonstruksi, administrasi, demokrasi, di samping menyimpan sejumlah paradoks dan potensi konflik baru, juga mengandung aspek-aspek emosional seperti "harga diri", yang sulit kompromikan.
  66. Kewajiban pendaftaran kendaraan bermotor adalah untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk tertib administrasi, pengendalian kendaraan yang dioperasikan di Indonesia, mempermudah penyidikan pelanggaran atau kejahatan yang menyangkut kendaraan yang bersangkutan serta dalam rangka perencanaan, rekayasa dan manajemen lalu lintas dan angkutan jalan dan memenuhi kebutuhan data lainnya dalam rangka perencanaan pembangunan nasional.
  67. Ketentuan ini dimaksudkan untuk memberikan penegasan bahwa dalam hal pengangkutan campuran, Undang Undang ini hanya mengatur ketentuan mengenai tanggung jawab pengangkut udara, apabila kegiatan angkutan tersebut dilakukan dalam satu dokumen angkutan udara, sedangkan ketentuan mengenai tanggung jawab yang menyangkut moda angkutan lainnya diatur berdasarkan ketentuan mengenai tanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  68. Sedangkan secara teoritis, diharapkan penelitian ini memberikan pemahaman konsep dan teori ynag menyangkut ilmu kebahasan dan kesasteraan, khususnya yang mengungkap teorima wacana sosiologis sastra khususnya pada kajian sastra agar dapat memperkaya keilmuan ynag berhubungan dengan teori-teori mikro dan makro linguistik yang terkait dengan kajian mikro dan makro kesasteraan sering dengan interdisipin kajian cabang-cabang bahasa dan sastra
  69. Perdebatan mengenai pemberitaan pornomedia bukan saja menyangkut persoalan eksploitasi perempuan, namun persoalan yang lebih besar adalah sebuah tindakan pengabaian norma dan moral agama dan masyarakat, bahkan sebagai suatu tindakan yang menabrakan antara kepentingan media dan urusan-urusan agama, kepantasan, dan keprihatinan terhadap pendidikan masyarakat luas, sehingga banyak kalangan menempatkan pornomedia sebagai bentuk patologi sosial.
  70. Akan tetapi, menurut Col (dalam Turner dan Hulme,1997), untuk dapat menduduki jabatan-jabatan dalam birokrasi ada tiga faktor yang berpengaruh yakni: (1) tingkat keyakinan atasan atau pimpinan akan kemampuan perempuan untuk bekerja seperti halnya laki-laki, (2) kesediaan atasan atau pimpinan memberikan perlakuan khusus bagi perempuan terutama yang menyangkut fungsi kesehatan reproduksinya, dan (3) keyakinan atasan akan kemampuan atau kompetensi kerja perempuan
  71. Lanjut usia lebih percaya bahwa agama dapat memberikan jalan bagi pemecahan masalah kehidupan, agama juga berfungsi sebagai pembimbing dalam kehidupannya, menentramkan batinnya.  Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh ahli psikologi dan psikiatri C.G. Jung yang menganggap bahwa agama adalah sarana yang ampuh dan obat yang manjur untuk menyembuhkan manusia dari penyakit neurosis, dan penyakit neurosis yang diderita oleh orang yang berusia sudah 45 tahun keatas adalah berkaitan dengan soal kematian, menyangkut arti dan makna kehidupan (Syukur, 1990)
  72. Aturan-aturan dari pendidik dan pebelajar telah berubah karena dipengaruhi media dan teknologi yang digunakan di dalam kelas.Perubahan ini sangat esensial, karena sebagai penuntun dalam proses pembelajaran, pendidik (guru) berhak menguji media dan teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada hasil belajar siswa.LEARNINGBelajar adalah proses pengembangan pengetahuan, ketrampilan-ketrampilan, atau pengembangan tingkah laku sebagai interaksi individu, menyangkut fasilitas-fasilitas fisik, psikologis, metode pembelajaran, media, dan teknologi.
  73. Kemudian dalam pembuktian unsur dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, sering terjadi perbedaan persepsi adalah menyangkut penafsiran kata dapat yang oleh sebagian kalangan dipandang sebagai potensi, karena mengacu kepada cukup dengan dipenuhinya unsur-unsur perbuatan yang dirumuskan bukan dengan timbulnya akibat (penjelasan pasal 2 ayat(1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi), jika menilik syaratnya penempatan kata dapat tersebut, sebenarnya oleh pembuat undang-undang dimaksudkan hanya untuk menempatkan kedua delik tersebut, dari delik formil materiil menjadi delik formil dengan meninjau filosofi dari delik pencurian (Pasal 362 KUHP) dan penggelapan (Pasal 372 KUHP).
  74. Selain menyangkut pengertian keuangan negara, dalam praktek sering menjadi polemik adalah pengertian untusr melawan hukum, tetapi denan adanya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 003/PUU-IV/2006 tanggal 25 Juli 2006 yang meniadakan berlakunya penjelasan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang No. 31 Tahun 1999, sehingga perbuatan melawan hukum dalam arti materiil yaitu perbuatan yang dianggap tercela, tidak sesuai dengan rasa keadilan atau norma-norma kehidupan sosial masyarakat, dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat, karena pengertian melawan hukum secara materiil dipandang bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, maka seharusnya polemik tentang pengertian melawan hukum tersebut berakhir.
  75. Menurut Hakim, S.N ( 2003 ) secara fisik lanjut usia pasti mengalami penurunan, tetapi pada aktivitas yang berkaitan dengan agama justru  mengalami peningkatan, artinya perhatian mereka terhadap agama semakin meningkat sejalan dengan bertambahnya usia .  Lanjut usia lebih percaya bahwa agama dapat memberikan jalan bagi pemecahan masalah kehidupan, agama juga berfungsi sebagai pembimbing dalam kehidupannya, menentramkan batinnya.  Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh ahli psikologi dan psikiatri C.G. Jung yang menganggap bahwa agama adalah sarana yang ampuh dan obat yang manjur untuk menyembuhkan manusia dari penyakit neurosis, dan penyakit neurosis yang diderita oleh orang yang berusia sudah 45 tahun keatas adalah berkaitan dengan soal kematian,menyangkut arti dan makna kehidupan (Syukur, 1990).
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.