Thursday 7 April 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "zaman". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "zaman"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "zaman" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "zaman", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "zaman" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "zaman"

  1. Kisah ini terjadi pada zaman Nabi Daud.
  2. Sayang, zaman keemasannya sulit terulang.
  3. "Itu seperti upeti di zaman raja-raja dulu?"
  4. Tapi masalahnya zaman sekarang banyak buldoser.
  5. Menurutnya, peradaban zaman dulu sebetulnya canggih.
  6. Sudah ketinggalan zaman memang jenis TV seperti itu.
  7. Bisa diibaratkan dua zaman melekat di si kacamata itu.
  8. Planet Venus ini sudah diketahui sejak zaman prasejarah.
  9. 1. Periode Klasik (650-1250 M), merupakan zaman kemajuan.
  10. "Di zaman sekarang ini, Tuan, kejujuran sudah sulit dicari.
  11. sendi kehidupan terpelanting ke zaman perunggu dan tribalisme.
  12. Dalam pemahaman Mangunwijaya, zaman Mataram adalah zaman Islam.
  13. Sedangkan arti cinta di zaman sekarang adalah seksualitas, materiel.
  14. Kapur digunakan sebagai bahan pengikat selama zaman Romawi dan Yunani.
  15. Cewek zaman sekarang memang cenderung memilih yang.praktis-praktis saja.
  16. 1. Periode awal, dimulai dengan zaman pra-sejarah (zaman Batu dan Zaman Logam)
  17. Patriotisme bukan seperti yang diindoktrinasikan orng-orang kolot zaman agraria itu.
  18. Pada zaman Edo periode akhir, di Jepang mulai dikenal bentuk awal dari nigiri sushi.
  19. Ia masih sangat berapi-api ketika berbicara tentang zaman kejayaan cerita silat dulu.
  20. Bagaimana manusia bisa melihat dosa di tengah hiruk pikuk zaman dan semesta seperti ini.
  21. Di zaman Jepang, Adam Malik aktif bergerilya dalam gerakan pemuda memperjuangkan kemerdekaan.
  22. Seorang pensiunan ambtenar zaman kolonial dulu. Sebetulnya Roy ingin berbalik dan berlari memeluknya.
  23. Pada zaman dulu, orang Jepang kuat karena makan sushi yang selalu dihidangkan dalam porsi yang besar.
  24. Cinta saya kepada tanah air dan bangsa kuungkapkan secara masa kini, zaman generasi pascanasionalisme.
  25. Pondasi jlan pada zaman Romawai, termasuk jalan ia Appia, merupakan tanah yang distabilkan dengan kapur.
  26. Cuma yang jadi pikirannya, kok di zaman modern seperti sekarang tega-teganya orangtua jadi penguasa mutlak.
  27. Citra negara yang dipimpinnya terseret kembali ke zaman praperadaban, sebagai negara yang barbar dan antihuman.
  28. "Tapi, apakah aku tidak boleh memilih jodohku sendiri?" Pernyataan ini memang sudah klise untuk zaman sekarang.
  29. Dengan selalu bersandar hanya kepada Allah SWT, Insya Allah, bangsa ini akan mencapai zaman keemasan yang sejati.
  30. Penguasa zaman dulu menggunakan beras sebagai indikator stabilitas ekonomi dan politik serta pencapaian kemakmuran.
  31. Gan KH berjanji akan terus menerjemahkan demi untuk mempopulerkan kembali cerita silat seperti di zaman jayanya dulu.
  32. Pada zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya di abad ke 12, kepulauan Maluku termasuk dalam wilayah kekuasaan kerajaan itu.
  33. Satu porsi sushi zaman dulu yang disebut ikkan sushi mempunyai neta yang terdiri dari 9 jenis makanan laut atau lebih.
  34. Untuk menjawab tantangan zaman ini jelah bukan tangungjawab generasi terdahulu melainkan tangungjawab generasi sekarang.
  35. Pertama, sejak zaman Balai Pustaka hingga kini, sastrawan Indonesia sebenarnya tidak dapat meninggalkan kebudayaan etniknya.
  36. Dalam BBM ditampilkan sosok Teto (Setadewa) seorang pemuda yang karena kehendak zaman terpaksa harus bergabung dengan Belanda.
  37. "Jangan bikin malu bangsa! Sejak zaman dulu, bangsa kita bukanlah pencuri!" bentak sang nakhoda dengan harga diri yang terluka.
  38. Kenapa aku mesti menurut saja apa kehendak orangtua, padahal zaman sudah bukan zaman Siti Nurbaya lagi," bicaranya mulai berisi.
  39. Namun, ada juga gunung berapi yang sudah tidak dapat meletus lagi sejak zaman prasejarah yang disebut dengan gunung berapi mati.
  40. Lanjutnya setelah mendapat perkenan: Adapun segala anak cucu patik hingga akhir zaman kelak akan bersedia taat dibawah Duli Tuanku.
  41. Lulus SMP Tirto Utomo melanjutkan sekolah ke HBS (sekolah setingkat SMA di zaman Hindia Belanda) di Semarang dan kemudian di Malang.
  42. Sushi sebanyak 1 kan (1 porsi) setara dengan 9 kan (9 porsi) sushi zaman sekarang, atau kira-kira sama dengan 18 kepal sushi (360 gram).
  43. Bukan hanya karena ia"Mutiara dari Timur", dan zaman gelap berlangsung terlalu panjang, mungkin justru karena ia berkiprah hanya sekejap.
  44. Akan tetapi pada akhir zaman kelak anak cucu tuan hamba jangan membuat durhaka kepada anak cucu hamba, walaupun mereka jahat dan zalim sekalipun.
  45. Latar belakang sejarah dan zaman serta latar belakang kemasyarakatan punya pengaruh yang besar dalam proses penciptaan, juga dalam penulisan novel.
  46. "Pada saat zaman kerajaan Bali, ada seorang raja dari kerajaan Buleleng, bernama Gusti Panji Sakti, melakukan perluasan kekuasaannya ke arah selatan.
  47. Untuk zaman sekarang segala pintu memang harus ditutup rapat, karena para pencoleng tidak akan pernah peduli barang-barang buruannya berasal dari mana.
  48. Tapi di zaman sekarang pun apa hukum ada gunanya? Entahlah. Dan Roy lebih mengelus dada lagi begitu melihat bocah cilik pengamen yang menangis meraung-raung.
  49. Zaleznik secara revolusioner mengemukakan pandangannya mengenai elemen-elemen esensial kepemimpinan yang tenggelam di balik wacana manajemen sempit zaman itu.
  50. Masyarakat Maluku masih bergantung pada beras oleh karena politik penyeragaman pangan zaman orde baru, dan mengesampingkan sagu yang dulu adalah pangan pokok orang Maluku.
  51. Perbedaan ini tentunya dapat dipahami mengingat kedua karya ini ditulis pada zaman yang berlainan-Laila Majnun ditulis pada abad pertengahan, sedangkan Roro Mendut pada abad ke-20.
  52. Memang dia sering mendengar bahwa, di zaman komputer ini banyak bocah-bocah tidak berdosa jadi barang dagangan, atau ibu-ibu yang begitu tega meninggalkan bayinya di sembarang tempat.
  53. Apakah ini berarti aku kalah? Tidak konsekuen? Orang ideal di zaman kiwari ini sukar untuk dapat peranan dalam pawai kehidupan, Roy! Orang-orang semacam itu tempatnya di pinggir jalan.
  54. Tokoh pemimpin yang berpindah tempat (Boyong / dari menteri menjadi presiden) dan akan menjadi peletak dasar sebagai pembuka gerbang menuju tercapainya zaman keemasan (Pambukaning Gapuro).
  55. Sekarang, setelah sekian lama abad risalah tersebut telah berjalan, manusia dihadapkan oleh tantangan zaman telah bergeser seiring dengan itu juga telah terjadi pergeseran tantangan zaman.
  56. Nasionalisme dan wawasan kebangsaan secara garis besar dapat dipihak dalam tiga bagian, yaitu zaman sebelum merdeka, zaman setalah kemer­dekaan, dan zaman modern saat ini (Indonesia baru).
  57. Yang kesemuanya beraksara Pallawa dan bahasanya bahasa Melayu Kuno memberi petunjuk bahwa bahasa Melayu dalam bentuk bahasa Melayu Kuno sudah dipakai sebagai alat komunikasi pada zamanSriwijaya.
  58. Persoalan-persoalan zaman dan kemasyarakatan dari suatu kurun waktu tertentu berpengaruh dan amat menentukan pemilihan tema-tema yang diungkapkan para sastrawan dalam karya sastra yang dihasilkannya.
  59. Poerwadarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia yang ia susun menerangkan fosil sebagai berikut: "Fosil adalah bekas binatang zaman dulu yang sudah jadi batu." Begitulah kira-kira, memfosil berarti juga membatu.
  60. Pengkotakan peran sosial laki-laki dan perempuan tidak sesuai lagi dengan perubahan zaman yang menuntut kerja bareng kedua jenis kelamin agar dapat bertahan hidup dan memenuhi tingkat kebutuhan yang semakin kompleks.
  61. Pagi ini mereka terpakasa berada di sekolah ini untuk menghindari diri dari celaan aparat desa karena tak menyekolahkan anak atau sebagai orang yang terjebak tuntutan zaman baru, tuntutan memerdekakan anak dari buta huruf.
  62. Memang sudah tiga tahun lebih merdeka, artinya keadaan serba kacau, dan kata para pemuda dan pemimpin-pemimpin yang bertekad menghadang-hadangi Belanda masuk, belum pernah terjadi seperti ini, bahkan di zaman Jepang sekalipun
  63. Dunia Beradab --memasuki perang kota yang akan lebih keji-- akan segera kehilangan monumen bersejarah sejak zaman Mesopotamia, dan menjadi bagian dari legenda masyhur tentang Khalifah Harun al-Rasyid beserta Hikayat 1001 Malam-nya.
  64. Selain itu harkat dan martabat bangsa akn semakin rendah jika para pemimpinnya kelak merupakan generasi yang tadinya adalah generasi yang kurang berbudi pekerti, cepat putus asa dan tidak menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.
  65. a. Setiap waktu sampai kapan pun tradisi lisan bisa dipakai, tidak seperti artikel biasa yang mungkin dalam beberapa saat seolah-olah sudah ketinggalan zaman berhubung informasi yang disampaikan dalam artikel itu sudah tidak digunakan lagi.
  66. Sewaktu pembelajar harus membandingkan salah satu cerita tradisi, misalnya Sangkuriang, dengan salah satu cerita Barat, ternyata mereka menunjukkan ketidaktahuan bahwa sejak zaman dahulu pun di Indonesia sudah dikenal adanya Oedipus Complex.
  67. Jadi, pada waktu menulis kedua karya tersebut, baik Nizami maupun Manguwijaya, menghadapi situasi yang sama di mana zaman dan kebudayaan ketika mereka menulis karya itu amat berbeda denganzaman dan kebudayaan ketika cerita babonnya mulai dikenal.
  68. Jaman berganti yang ditandai dengan jatuhnya rezim Soeharto, issue korupsi tetap menjadi issue yang paling sexy untuk diusung dalam mengambil hati rakyat dalam perjalanan reformasi -begitu zaman ini disebut banyak kalangan, pasca tumbangnya orde baru-.
  69. Selain itu persegi panjang keemasan juga ditemukan dalam Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci, The Roses of Heliogabalus karya Lawrence Alma-Tadema, Villa Stein Corbusier di Garces Fearus, Karya-karya Piet Mondrian, dan karya-karya seni zaman Renaissance lainnya.
  70. Semasa hidupnya, SH Mintardja lebih banyak dikenal sebagai penulis cerita bersambung serial silat dengan setting kerajaan Mataram zaman Sultan Agung di beberapa surat kabar, seperti Harian Bernas berjudul Mendung di Atas Cakrawala dan Api Di Bukit Menoreh di Kedaulatan Rakyat.
  71. Iis tersadar lagi kalau di sebelahnya ada orang lain, yang kalau ditilik dari penampilannya tidak jauh beda dengan Wawan. Memang bukan hal aneh untuk zaman sekarang, melihat anak-anak muda menyandang ransel di musim liburan, menyusuri jalan, menapaki bukit dan gunung untuk mengusir kejenuhan.
  72. Ketika seorang muslim yang hidup pada zaman modern sekarang ini mau mengkaji sejarah-sejarah ummat Islam yang gemilang, mereka akan menemukan bahwa para sahabat-sahabat mulia yang dipelopori oleh empat orang khalifah dan sepuluh orang penghuni surga, mereka mewarisi sebaik-baiknya teladan sepeninggal Rasulullah Saw.
  73. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, ia berkata: Bahwa Umar bin Aqyasy datang kepada Rasulullah Saw, ia masih punya pengaruh dari zaman jahiliyah, iapun enggan untuk berjabat tangan sampai Rasulullah mengenggam tanganya, ketika perang uhud berkecamuk, ia berkata: Kemana anak – anak pamanku? Dijawablah bahwa mereka ada di jabal uhud, , ia bertanya lagi kemana sifulan? Dijawab juga ada di jabal uhud.
  74. Dalam pusaka turun-temurun itupun pastilah masih banyak tersimpan yang baik-baik yang dapat dipakai untuk perumahan yang baru. Selanjutnya, dikatakan pula, … dalam zaman jarak menjadi dekat dan watas menjadi kabur oleh radio, surat kabar, buku, dan mesin terbang ini, Indonesia menjadi sebahagian daripada dunia yang luas… dalam pembangunan kebudayaan Indonesia yang baru, yang akan menjadi sebahagian daripada kebudayaan dunia, Indonesia Muda tiada mungkin menjadi penonton…
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.