Wednesday 30 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lokal". Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata "lokal"


Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "lokal" dalam bahasa Indonesia? Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat dari kata "lokal", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat yang menggunakan kata "lokal" dapat dilihat pada beberapa kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Membuat Kalimat dari kata

Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "lokal"

  1. Apa hidangan lokal khusus di sini?
  2. Si pekerja lokal sudah paham maksudnya.
  3. Di mana orang-orang lokal biasanya makan?
  4. Dimana saya dapat menikmati makanan lokal terbaik?
  5. a. Mendeskripsikan ketahanan pangan lokal di Maluku.
  6. Dimana saya bisa naik kereta lokal untuk menuju Evanston?
  7. Tempatnya agak bersih ketimbang kebanyakan restoran lokal lainnya.
  8. Para penumpang lokal berlompatan turun dan berlarian ke perkampungan.
  9. Adapun saran penulis agar tercipta diversifikasi pangan lokal di Maluku :
  10. Kecurigaan Andreas dan si pekerja lokal tentang si Plontos akhirnya terbukti juga.
  11. Politik Pangan di Maluku studi kasus kebijakan tentang ketahanan pangan lokal di Maluku.
  12. Ina mengajak Roy ke sebuah restoran lokal di sebuah sudut Sungai Ganga, yang hampir tutup.
  13. Juga bercakap-cakap dengan penduduk lokal banyak manfaatnya buat Roy untuk membuat tulisan.
  14. Kebudayaan lokal dan etnis akan ditelan oleh kekuatan budaya besar atau kekuatan budaya global.
  15. Di koran-koran lokal memang diberitakan bahwa salju pertama akan turun pada hari-hari minggu ini.
  16. Ia masih menaruh harapan besar, suatu hari kelak komik lokal kembali berjaya di negerinya sendiri.
  17. Apabila kita lihat dari jumlahnya pangan lokal sagu maka stok yang ada cukup untuk mengimbangi beras.
  18. "Excuse me, di manakah alamat penginapan ini?" Eddy bertanya pada penduduk lokal di meja sebelah itu.
  19. Daerah Maluku memiliki potensi pangan lokal yang bisa dikembangkan untuk menciptakan ketahanan pangan.
  20. Dalam pembuatan beton, dapat dimanfaatkan bahan-bahan lokal oleh sebab itu beton sangat populer dipakai.
  21. Kebijakan pangan miskin, karena BKP ingin menciptakan ketahananan pangan lokal dan disversifikasi pangan.
  22. "Contohnya beras, pasokannya terbatas, padahal ada sumber pangan lokal seperti sagu, singkong, dan jagung.
  23. Dalam pelaksanaan kebijakan ketahanan pangan lokal BKP mengalami hambatan yang akan diuraikan lebih lanjut
  24. Disini kita akan terjebak pada nilai minimum lokal yang disebabkan oleh kurangnya operator yang kita gunakan.
  25. Kondisi inilah yang membuat BKP mulai memetakan daerah pangan sesuai potensi pangan lokal di tiap-tiap daerah.
  26. Ketahanan pangan harus bertumpu pada sumber daya lokal sehingga mampu menghindarkan ketergantungan pada impor.
  27. Dalam pelaksanaannya BKP memiliki faktor pendukung dalam menciptakan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku.
  28. Jogja TV sebagai saluran televisi lokal menempati posisi ke-4 dibandingkan dengan saluran televisi nasional lain.
  29. Sehingga upaya kreatif dari masing-masing daerah untuk menggali kembali potensi sumberdaya lokal harus dilakukan.
  30. Jika dicermati daerah Maluku memiliki Potensi pangan lokal yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Maluku.
  31. Jenis-jenis ambulan untuk suatu wilayah dapat disesuaikan dengan kondisi lokal untuk pelayanan harian dan bencana.
  32. Baru pada paruh ke-dua tahun 1980-an mulai muncul stasiun televisi swasta di Jakarta dengan siaran lokal yaitu RCTI.
  33. Artinya, desentralisasi akan baik bila mengutamakan kepentingan rakyat lokal bukan elit daerah bukan pula elit pusat.
  34. Pemerintah daerah dalam hal ini BKP harus memaksimalkan sumber pangan lokal ketimbang harus membeli beras diluar daerah.
  35. Tanah diluar Jawa yang sebenarnya tidak cocok untuk tanaman padi dipaksa ditanami padi hingga potensi pangan lokal mati.
  36. Bahasa Indonesia yang tadinya berkembang dari bahasa Melayu itu telah menggusur sejumlah bahasa lokal (etnis) yang kecil.
  37. Dalam konteks ketahanan pangan lokal di Maluku yang menjadi kekuatan BKP dalam menjalankan program kerja sebagai berikut:
  38. Pola pikir masyarakat yang cenderung bergantung pada beras, menjadikan pangan lokal "sagu" hanya menjadi makanan pendamping.
  39. "ketersediaan lahan untuk pangan lokal seharusnya dapat diberdayakan, dan itu merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Daerah.
  40. 2. Apa faktor-faktor penunjang dan penghambat Badan Ketahanan Pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku?
  41. Namun apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan daerah dengan menggali potensi sumberdaya lokal menjadi kebijakan daerah tersebut.
  42. 4. Mengefektifkan sistem kewaspadaan dini sosial politik dan kemasyarakatan baik pada tingkat lokal maupun koordinasi tingkat nasional.
  43. Tenaga instrukturnya adalah volunteer yang harus warga asing (karena tak diberi gaji), dan juga penduduk lokal yang diberi gaji lumayan.
  44. Jumlah enumerator yang terlibat dalam pengumpulan data adalah sebanyak 35 yang berasal dari masyarakat lokal dan anggota Kanopi sendiri.
  45. Menurutnya, nasionalisme sastra tradisi Pujangga Baru menjadi agak mengingkari historis mereka sendiri, yakni nasionalisme lokal mereka.
  46. Layanan lain dari Warintek adalah akses informasi atau database lokal off-line baik bibliografi maupun teks penuh yang dikemas dalam CD-ROM.
  47. Peraturan daerah ini diharapkan menjadi legitimasi hukum Badan Ketahanan pangan dalam menciptakan ketahanan pangan berbasis lokal di Maluku.
  48. Dalam konteks Indonesia agak sulit bagi sebuah stasiun radio swasta lokal untuk mendapatkan 1250 pendengar bagi setiap siaran pendidikannya.
  49. Akibatnya, sistem pangan lokal yang khas digantikan oleh sistem pangan dari luar yang berorientasi pasar dengan beras sebagai komoditi utama.
  50. Padahal Maluku memiliki potensi yang besar sebagai lumbung pangan "sagu" sebagai basis ketahanan pangan lokal dalam menghadapi krisis pangan.
  51. 2. Pangan lokal harus dikemas secara inovatif dan modern agar memiliki daya tarik sehingga masyarakat lebih tertarik mengkonsumsi pangan lokal.
  52. Daerah Maluku yang merupakan daerah kepulauan "terkesan dipaksakan" untuk ditanami padi sehingga potensi lokal seperti sagu mulai terpinggirkan.
  53. BKP mencoba melihat kembali kearifan lokal dalam bidang pangan, sehingga tidak ada lagi desa rawan pangan jika konsumsi lokal bisa dimanfaatkan.
  54. 1. Melanjutkan dan mendorong berlangsungnya pelembagaan proses rekonsiliasi nasional dan lokal di daerah-daerah konflik dan daerah pasca-konflik.
  55. Ganes TH. menciptakan tokoh "Si Buta Dari Goa Hantu" yang menjadi trade mark-nya dan merupakan tokoh komik lokal yang paling populer sepanjang masa.
  56. Pemanfaatan pangan lokal dapat membantu masyarakat lokal dalam memenuhi pangan secara berkesinambungan terutama untuk kebutuhan pangan rumah tangga.
  57. Potensi pangan lokal sagu yang banyak tumbuh di daerah Maluku dapat dijadikan sebagai pengganti pangan untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras.
  58. Komposisi pendapatan jasa ini meliputi, biaya pasang, biaya abonemen (langganan) bulanan dan biaya pemakaian telepon untuk panggilan lokal jarak jauh.
  59. Penanaman kedua dilakukan pada musim hujan berikutnya, setelah sebelumnya dilakukan koleksi dan pembibitan tanaman lokal di Kebun Bibit Desa yang dibangun.
  60. Dari permasalahan inilah pemerintah Provinsi berupaya mengupayakan diversifikasi pangan berbasis pangan lokal "sagu" agar tercipta ketahanan pangan yang mandiri.
  61. Dan pada daerah tersebut, nantinya warga miskin yang selama ini mendapat jatah raskin akan diberikan pangan sesuai dengan jenis pangan lokal pada masing-masing daerah.
  62. Jika dianalisis sesuai variabel implementasi kebijakan, sasaran dari pembentukan BKP adalah mempercepat diversifikasi berbasis lokal hingga tercipta kemandirian pangan.
  63. Dengan kedatangan para penyerang dari utara dengan suara riuh bende yang dipukul bertalu-talu, penduduk lokal Desa Pemutran melarikan diri ke selatan yaitu ke arah hutan.
  64. Oleh karena itu, pemerintah tidak ragu-ragu mengonsepkan kurikulum muatan lokal yang memberikan peluang bagi sekolah-sekolah untuk mengajarkan BD di daerah masing-masing.
  65. 3. Data kuantitatif lahan dan produksi pangan lokal terutama sagu hendaknya di update 1 tahun sekali sebagai bahan perbandingan informasi terhadap ancaman alif fungsi lahan.
  66. Berbeda dengan nasib agensi periklanan daerah, umumnya agensi daerah lebih berfokus pada reklame luar ruang, reklame radio, reklame cetak lokal dan reklame event / kegiatan.
  67. "anggaran tersebut untuk menggalakkan sagu, serta pangan lokal lainnya jagung dan umbi-umbian sesuai potensi, karakteristik dan luas lahan di masing - masing kabupaten/kota,"
  68. Terkhususnya pada bidang ketahanan pangan yang mewujudkan ketahanan rumah tangga yang mandiri, berbasis pada kepulauan dan sumber daya lokal secara efektif dan berkelanjutan.
  69. 4. Peraturan Daerah No 10 tahun 2011 tentang pelestarian dan pengelolaan sagu harus dijadikan alat hukum yang tegas guna melindungi sagu sebagai pangan lokal masyarakat Maluku
  70. Seorang hacker dari Massachusetts berhasil mematikan sistem telekomunikasi di sebuah airport lokal (Worcester, Massachusetts) sehingga mematikan komunikasi di control tower dan
  71. Oleh karena itu, Komisi I DPR RI minta TVRI untuk mengalokasikan porsi program lokal di TV daerah supaya lebih besar dari porsi program nasional dengan tetap menjaga kualitasnya.
  72. Karena tidak ada kontrol komunitas atas pangannya sendiri, berbagai potensi sumber daya alam serta potensi sosial-ekonomi-budaya lokal tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.  
  73. Lebih jauh studi tersebut menyatakan bahwa kesediaan radio lokal untuk mengalokasikan waktu untuk siaran pendidikan pada umumnya (53 % dari responden) maksimum 60 menit per minggu.
  74. Berdasarkan pengamatan, masalah yang muncul saat meninjau toko-toko buku di beberapa tempat adalah buku-buku resep terbitan lokal khusus untuk anak-anak masih sangat kurang jumlahnya.
  75. Sumber-sumber pangan lokal ( jagung, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, dan sumber karbohidrat lainnya ) sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan pangan pokok pendamping beras.
  76. "Banyak orang merasa rendah diri jika mengkonsumsi pangan lokal seperti jagung dan umbi-umbian, padahal pangan non beras ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi jika diolah secara baik,"
  77. Para penumpang, penduduk lokal dari kampung terakhir di kaki bukit yang akan mereka kunjungi di utara India, persis di gugusan Pegunungan Himalaya, memandang ke arah para petualang asing itu.
  78. Dari pernyataan Naisbitt itu, kalau kita mempercayai, proses globalisasi tetap menempatkan masalah lokal ataupun masalah etnis (tribe) sebagai masalah yang penting yang harus dipertimbangkan.
  79. Dari proses wawancara peneliti berharap akan mendapatkan data-data seperti, ketahanan pangan di Maluku, kinerja Badan Ketahanan Pangan, serta penganekaragaman pangan berbasis lokal di Maluku.
  80. 2. Bahasa daerah dapat digunakan sebagai pendukung dalam penyelenggaraan siaran lokal TVRI untuk mata-mata acara tertentu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat di masing-masing daerah.
  81. Potensi pangan lokal yang dimiliki belum dikembangkan secara maksimal, karena harga belum memberikan keuntungan yang layak bagi produsen dan pengolahan serta konsumsi pangan lokal belum berkembang.
  82. Pasien seperti dia bikin malu kami," si pekerja lokal menggerutu dan kembali pada pekerjaan semula, mendata pasien-pasien baru sambil menerjemahkan perintah-perintah dokter pada para pasien lainnya.
  83. 1. Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Maluku No 04 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis lokaldi Maluku?
  84. Perwujudan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah (Badan Ketahanan Pangan) bersama masyarakat, dengan pangan lokal diharapkan Provinsi Maluku dapat menuju kemandirian pangan.
  85. "Hasilnya saat ini sangat nyata dalam menanggulangi kemiskinan dan mampu memberdayakan serta meningkatkan kemampuan masyarakat dan pemerintah lokal dalam pemberdayaan kegiatan pembangunan desa," ujarnya.
  86. Begitu selalu sapanya, setiap kali menyaksikan puluhan wartawan baik lokal maupun asing menyerbunya dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkutat pada "akankah ASEAN memiliki suatu mekanisme HAM tersendiri".
  87. Di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Purworejo, populasi ternak kambing peranakan mengalami gejalak kemunduran dan kelangkaan, sehingga masyarakat cenderung memelihara kambing lokal(Jawarandu dan Kacang).
  88. Bahasa Indonesia tentu saja memiliki karakter khusus karena dia berakar dari tradisi etnik lokal yang kemudian dimodifikasi dan diadopsi menjadi bahasa persatuan yang berfungsi sebagai perekat keberagaman etnik.
  89. Sebenarnya masyarakat lokal yang lebih tahu dan lebih mampu memecahkan persoalan pangan mereka. Dalam membuat kebijakan pangan, pemerintah harus mengikutsertakan berbagai unsur masyarakatlokal secara representatif.
  90. "Kita harus mandiri pangan dengan pangan lokal kita, pada waktu-waktu tertentu akses beras ke pulau-pulau susah, dan jika masih bergantung pada beras, dan apa kita harus menunggu sampai beras itu datang, itu konyol."
  91. Program pangan miskin yang akan diterapkan di Maluku sebenarnya baik untuk mengurangi ketergantungan pada beras, namun jika dilihat ini pangan lokal dalam hal tempat penyimpanan akan cepat rusak bila dibandingkan beras.
  92. Pangan Lokal adalah pangan yang diproduksi dan dikembangkan sesuai dengan potensi dan sumberdaya wilayah dan budaya setempat.18 Pangan lokal juga diartikan pangan yang asal usulnya secara biologis ditemukan di suatu daerah.
  93. Jaminan atas hak setiap komunitas masyarakat di tingkat lokal untuk menentukan sendiri kebijakan produksi, distribusi, dan konsumsi pangannya sesuai dengan kondisi ekologi, sosial, ekonomi dan budaya masing-masing komunitas. 
  94. Salah satu upaya agar mengurangi ketergantungan tehadap beras dan kerawanan pangan, maka pemerintah melakukan diversifikasi pangan dengan mengembangkan dan mengkonsumsi pangan lokal yang merupakan potensi daerah masing-masing.
  95. Alhamdulillah.Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas ridho dan rahmatNya, skripsi yang berjudul "Politik Pangan di Maluku studi tentang kebijakan ketahanan pangan lokal di Maluku" dapat terselesaikan.
  96. Perancangan desain dan kontak dengan seniman lokal dilakukan pada bulan Agustus-September 2008, pembuatan dilakukan pada bulan September-Oktober 2008 dan dipasang pada bulan Desember (apa tidak sebaiknya Januari - Februari?) 2008.
  97. Pengabaian potensi lokal dan pemfokusan pangan ke beras sehingga data tentang lahan sagu serta produksi sagu kurang digali oleh pemerintah setempat padahal hampir setiap daerah di Maluku terdapat kawasan sagu yang tumbuh secara alamiah.
  98. 1. BKP sebagai lembaga yang membantu Gubernur dalam membuat dan melaksanakan kebijakan pangan di Maluku harus lebih mensosialisasikan konsumsi pangan lokal bukan saja bagi masyarakat miskin, tapi semua elemen masyarakat tanpa terkecuali.
  99. Namun dalam pelaksanaan mewujudkan ketahanan pangan berbasis pangan lokal Badan Ketahanan Pangan Maluku masing mendapat kendala oleh karena paradigma masyarakat Maluku yang lebih memprioritaskan makan beras ketimbang pangan lokal "Sagu".
  100. 2) pemanfaatan potensi sagu masih rendah, pemanfaatan potensi sagu hanya terbatas pada skala petani/industri kecil dengan cara pengolahan manual karena tidak tersedia alat pengolahan sagu yang memadai secara lokal dan 4) masalah pemasaran.
Bagaimana sobat? mudah-mudahan kalimat di atas dapat membantu kalian. Jika punya kalimat lain, silahkan sobat tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.