Dengan melihat dan mempelajari contoh-contoh kalimat untuk kata "pembelajaran", kita akan terbantu untuk memahami arti dan pengertian dari kata tersebut. Perlu juga kalian pahami bahwa arti dan makna kata tersebut bisa berbeda untuk kalimat-kalimat yang tidak sama.
Bagaimana membuat kalimat dengan menggunakan kata "pembelajaran" dalam bahasa Indonesia?
Contoh kalimat yang menggunakan kata "pembelajaran" dapat dilihat pada contoh kalimat yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet seperti berikut ini.
Contoh-contoh Kalimat yang Menggunakan Kata "pembelajaran"
- 2. Memilih cara pembelajaran yang menarik.
- Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta mampu:
- Dalam proses pembelajaran ,media ini dapat diartikan sebagai berikut:
- Pertama, menjadikan IPNU sebagai pusat pembelajaran bagi generasi muda Indonesia,
- 2) Sarana fisik untuk menyampaikan isi / materi pembelajaran seperti: buku, film, Vdeo.
- Sistem pembelajaran mencakup pemantauan, pengkajian, dan perbaikan secara berkelanjutan.
- Contohnya, komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini.
- 5.10 Upaya perbaikan sistem pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir.
- Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta mampu menjelaskan tentang korupsi dan penyebabnya.
- Namun sebenarnya partisipasi adalah suatu proses pembelajaran dalam sebuah skenario perencanaan.
- Sarana dan prasarana masih dalam proses melengkapi termasuk media pembelajaran dan ruang belajar.
- Oleh karena itu, kajian tentang wacana menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran bahasa.
- Efektifitas fungsi pembelajaran mengacu pada kesesuaian media untuk menyampaikan isi pembelajaran.
- 1) Teknologi pembawa pesan yang yang dapat di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran (Schramm,1977)
- Ketiga media/teknologi tersebut adalah radio dan televisi, telekonferensi, dan pembelajaran berbantuan komputer.
- Pada pembelajaran dengan komputer dalam jaringan, interaktivitas peserta ajar menjadi lebih banyak alternatifnya.
- 5.5 Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.
- Dalam hal ini, guru diharapkan dapat memilih strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dengan membaca.
- Dengan demikian aksesibilitas pembelajaran melalui komputer baik secara mandiri maupun dalam jaringan akan meningkat.
- Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah (domain) belajar dan hirarkinya.
- Dari sini dapat diartikan bahwa Warintek dalam hal ini telah menerapkan pembelajaran berbantuan komputer secara mandiri.
- 1. Untuk mengetahui apakah pembelajaran cerita tersebut dengan cukup baik, mula-mula pengajar membacakan cerita tersebut.
- Pada pembelajaran dengan komputer dalam jaringan dikenal dua jenis fungsi komputer, yaitu komputer server dan komputer klien.
- Kajian dan penilaian atas strategi pembelajaran yang digunakan dilakukan melalui perbandingan dengan strategi-strategi pembelajaran terkini.
- 1. Bagi guru sebagai bahan masukan pada bidang studi IPA dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga gambar pada materi tumbuhan hijau.
- Sebaiknya alat peraga yang digunakan ditempelkan atau digantung di kelas agar memangkitkan ingatan siswa paa pembelajaran yang telah diajarkan.
- Secara umum pembelajaran berbasis komputer dapat dimasukkan dalam dua kategori yaitu komputer mandiri (standalone) dan komputer dalam jaringan.
- Karena itu, faktor pendidikan dan pembelajaran menjadi sangat penting untuk ditekuni oleh setiap anak bangsa, terutama anak-anak muda masa kini.
- 6.5 Akses dan pendayagunaan prasarana yang menunjang proses administrasi dan pembelajaran serta penyelenggaraan kegiatan tri dharma secara efektif.
- Cara pembelajaran yang menarik adalah cara pembelajaran yang membuat siswa tetap tertarik untuk mengikuti proses belajar-mengajar membaca di kelas.
- Dengan menggunakan cara pembelajaran yang menarik, akan tercipta iklim kelas yang kondusif bagi berlangsungnya proses belajar-mengajar secara efektif.
- 6.4 Akses dan pendayagunaan sarana yang dipergunakan dalam proses administrasi dan pembelajaran serta penyelenggaraan kegiatan tridarma secara efektif.
- Strategi pembelajaran memperhitungkan karakteristik pebelajar termasuk kemampuan awal yang beragam yang meng kan dosen menerapkan strategi yang berbeda.
- Dalam pembelajaran melalui komputer mandiri, interaktivitas peserta ajar terbatas pada interaksi dengan materi ajar yang ada dalam program pembelajaran.
- Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap teknologi mempunyai kendala dalam pemanfaatannya guna mendukung penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh.
- Isu ini mungkin tidak terlalu relevan bagi pembelajaran pada sekolah dimana siswa pada tingkat dan jenjang yang sama mengikuti program pembelajaran yang sama.
- Dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran dosen mendasarkan pada konsep bahwa setiap orang memiliki potensi untuk berkembang secara akademik dan profesional.
- Judul : Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dalam materi tumbuhan hijau dengan menggunakan alat peraga gambar di kelas V SDN No. 36/I Kilangan.
- “Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN No. 36/I Kilangan pada pembelajaran IPA dalam materi tumbuhan hijau dengan menggunakan alat peraga gambar.
- Hal ini mengakibatkan situasi belajar di kelas kurang efektif, sehingga materi yang disampaikan guru tidak diserap dengan baik hanya sebagian tujuan pembelajaran yang tercapai.
- Peran tersebut meliputi presentasi materi atau isi pembelajaran dan penyediaan sarana komunikasi atau interaksi antara institusi pendidikan jarak jauh dengan peserta program pendidikannya.
- 3. Memberdayakan LPP TVRI menjadi pusat pembelajaran bangsa serta menyajikan hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan kebudayaan daerah serta memperhatikan komonitas terabaikan.
- Melalui warposnet dan warnet tersebut, masyarakat dapat mencari informasi yang ada di Internet, termasuk didalamnya program pembelajaran yang disediakan oleh institusi pendidikan jarak jauh.
- Isi pembelajaran disampaikan melalui media dalam berbagai jenis sedangkan komunikasi/ interaksi antara peserta ajar dengan tenaga pengajarnya atau dilakukan dengan memanfaatkan sarana komunikasi.
- Bila isi pembelajaran memerlukan presentasi materi dalam berbagai format, misalnya teks, suara, gambar, animasi, film hidup, maka pertanyaan yang valid adalah apakah media mendukung untuk hal ini.
- Mengacu pada masalah yang telah di rumuskan maka tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tumbuhan hijau melalui media gambar di kelas 1V SDN 36/I Kilangan.
- Dalam makalah ini pembahasan utama adalah daya tarik penggunaan cerita tradisi lisan bagi pembelajaran asing dibandingkan dengan materi noncerita berdasarkan pengalaman mengajar di Universitas Melbourne.
- Karena ciri khasnya adalah keterpisahan jarak baik dalam arti fisik dan non-fisik seperti yang dikemukakan di depan maka kegiatan pembelajaran tatap muka dapat dikatakan terjadi dalam frekuensi yang rendah.
- Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut.
- Kurikulum merupakan rancangan seluruh kegiatan pembelajaran mahasiswa sebagai rujukan program studi dalam merencanakan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatannya untuk mencapai tujuan program studi.
- Selain itu, pembelajaran yang dibangun mendorong pebelajar mendemonstrasikan hasil belajarnya dalam berbagai bentuk kegiatan, unjuk kerja, kemampuan dan sikap terbuka, mau menerima masukan untuk menyempurnakan kinerjanya.
- 5.7 Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.
- Efisiensi dan efektivitas berkenaan dengan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran bagi mahasiswa, terutama mahasiswa baru, melalui interaksi kelas; pembelajaran di perpustakaan; pekerjaan laboratorium dan tugas akhir.
- Namun karena informasi dan program pembelajaran selalu tersedia, kecuali ada kerusakan pada jaringan atau komputer server penyedia informasi dan program pembelajaran, maka tidak terjadi penurunan pada taraf fleksibilitas waktu.
- Berdasarkan uraian teori dan kerangka berpikir di atas maka hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 36/I Kilangan.
- Ada pula teknologi yang mempunyai kendala aksesibilitas dan biaya dapat diatasi (misalnya pembelajaran dengan komputer) karena menjamurnya warnet, warposnet, dan Warintek serta semain kompetitifnya “baca murah” tarif jasa mereka.
- Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan berbagai pendekatan, strategi, dan teknik, yang menantang agar dapat mengkondisikan pebelajar berpikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber belajar.
- Demikian pula, dengan menggunakan cara pembelajaran yang menarik akan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran tersebut dan dapat menumbuhkan sikap yang positif terhadap pengajaran membaca dan membaca itu sendiri.
- Pendekatan pembelajaran yang digunakan berorientasi pada pebelajar (learner oriented) dengan kondisi pembelajaran yang mendorong pebelajar belajar mandiri maupun kelompok untuk mengembangkan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills).
- Aspek yang menjadikan masalah bagi penerapan pembelajaran berbantuan komputer di Indonesia adalah masalah aksesibilitas, baik dalam arti akses fisik, maupun kemampuan memanfaatkan komputer untuk kegiatan pembelajaran oleh tenaga pengajar dan peserta ajar.
- Kegiatan pembelajaran adalah pengalaman belajar yang diperoleh pebelajar dari kegiatan belajar, seperti perkuliahan (tatap muka atau jarak jauh), praktikum atau praktek, magang, pelatihan, diskusi, lokakarya, seminar, dan tugas-tugas pembelajaran lainnya.
- Untuk meminimalisir berita yang tanpa peristiwa sperti diungkap Wartawan Senior Parakitri T Simbolon satu dasawarsa yang lalu, perlu pembelajaran pemahaman pemakaian wacana di media massa seperti yang dicontohkan dalam analisis wacana surat kabar berikut ini4.
- Pemanfaatan PERMATA untuk penyelenggaraan telekonferensi dalam rangka pembelajaran jarak jauh ini dari segi biaya tidaklah terlalu memberatkan bagi peserta yang tinggal di kota tempat penyelenggaraan telekonferensi karena mereka tidak harus membayar tarif interlokal.
- Sesuai dengan masalah yang dikemukakan dalam latar belakang,maka rumusan masalah dalam penelitian ini ”Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 36/I Kilangan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga gambar dalam materi tumbuhan hijau”.
- Selain dituntut mempunyai skil atau kemampuan bermain bola yang bagus, seorang pemain sepak bola juga dituntut untuk mempunyai kondisi fisik yang bagus, oleh karena itu di dalam cabang olahraga sepak bola tidak hanya dilakukan pelatihan tentang tekhnik bermain dan pembelajaran strategi, tapi juga sangat diperlukan beberapa tahap latihan fisik.
- Meskipun cakupannya terbatas yakni hanya pembelajaran,sistem pluh in lebih efektif karena 1) terencana, proses penyampaian materi berdasarkan kurikulum, 2) terstruktur, merupakan bagian dari sistem pembelajaran yang tersiri atas guru, siswa, materi, media dll, 3) berjenjang, materi yang disajikan disesuaikan dengan tingkat dan umur para pebelajar.
- Selain berinteraksi dengan program pembelajaran, peserta ajar dapat pula berinteraksi dengan nara sumber dan peserta ajar lain yang dapat dihubungi melalui jaringan dengan memanfaatkan e-mail atau mailinglis, serta mereka dapat mengakses program pembelajaran yang relevan dari sumber lain dengan mengakses website yang menawarkan program pembelajaran secara gratis.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.